Aturan dan Tanggung Jawab Tim Pilihan-pilihan berikut dapat diambil untuk menerapkan sumber daya manusia kepada sebuah proyek yang akan membutuhkan n manusia.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Perencanaan Perangkat Lunak
Advertisements

Proses perangkat lunak dan metrik proyek
REKAYASA SISTEM.
PENDAHULUAN Pertemuan 1.
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK I
Konsep Manajemen Proyek
Manajemen Mutu Perangkat Lunak
KONSEP MANAJEMEN PROYEK
PERENCANAAN PROYEK PERANGKAT LUNAK
Mata Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak
KOMPONEN SPK.
Konteks Metode Analisis dan Desain Sistem
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
Perencanaan Rekayasa Perangkat Lunak
Managing Software Requirement 1
SESI 3. KONSEP MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK
SESI 4. PERENCANAAN PROYEK PL
Pengantar Teknologi Sistem Informasi C
SISTEM INFORMASI A. Ridwan Siregar.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Perencanaan proyek perangkat lunak
Perencanaan Proyek Perangkat Lunak
Manajemen Proyek Sistem Informasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Materi Sesi ke 8 Pengembangan Sistem Informasi Manajemen
ERP (Enterprise Resource Planning)
Rekayasa Perangkat Lunak Perencanaan Proyek Perangkat Lunak
Spesifikasi Perangkat Lunak
KOMPONEN SPK.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pendhahuluan Software engineering BY: Y. PALOPAK S.Si., MT.
Manajemen Proyek Perangkat Lunak
Manajemen Sistem Informasi
Pengelolaan Proyek Sistem Informasi
4. Konsep Manajemen Proyek Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
Peranan sistem informasi dan teknologi informasi
Analisa Perancangan Berbasis Objek
Aspek Penilaian Prosentase Tugas Mandiri--20 %
PENGENALAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Oleh : Dewi Sartika, S.Kom
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
STRUKTUR SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
MANAJEMEN PROYEK TI PERTEMUAN KE 3 SAFITRI JAYA, S.Kom, M.T.I
Rekayasa Perangkat Lunak Pendahuluan
Manajemen Proyek Sistem Informasi
Oleh : Dewi Sartika, M.Kom
KONSEP MANAJEMEN PROYEK
Konsep dan Pengertian Manajemen Proyek
Rekayasa perangkat lunak (rpl)
PERENCANAAN (PROYEK) PERANGKAT LUNAK
Software Engineering ( Pressman )
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Manajemen Proyek Sistem Informasi DAY-1
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Software Quality Assurance (SQA)
MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Software Engineering ( Pressman )
Konsep Manajemen Proyek
MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK
Proyek Sistem Informasi
PERENCANAAN PROYEK PERANGKAT LUNAK
Pertemuan #1: Software & Software Engineering
PERENCANAAN PROJEK PERANGKAT LUNAK
KONSEP MANAJEMEN PROYEK
PROYEK SISTEM INFORMASI
Pengantar Perangkat Lunak
Transcript presentasi:

Aturan dan Tanggung Jawab Tim Pilihan-pilihan berikut dapat diambil untuk menerapkan sumber daya manusia kepada sebuah proyek yang akan membutuhkan n manusia yang bekerja selama k tahun : n orang mengerjakan tugas-tugas fungsional yang berbeda sebanyak m, yang relatif hanya ada sedikit saja kombinasi kerja ; koordinasi merupakan tanggung jawab seorang manajer proyek n orang bertugas mengerjakan tugas-tugas fungsional yang berbeda sehingga terbentuk ”tim” informal ; seorang pemimpin tim dapat dipilih; koordinasi diantara anggota tim merupakan tanggung jawab seorang manajer perangkat lunak. n orang diatur di dalam tim; setiap tim bertugas mengerjakan satu tugas fungsional atau lebih ; masing- masing tim memiliki sebuah struktur yang spesifik yang ditentukan untuk semua tim yang bekerja pada sebuah proyek

Tiga Organisasi tim yang umum : Demokrasi terdesentralisasi (DD), tim ini tidak memiliki pemimpin yang permanen tetapi terkoordinasi dipilih untuk bertugas didalam durasi yang pendek Terkontrol terdesentralisasi (CD), tim rekayasa perangkat lunak ini memiliki pemimpin tertentu yang mengkoordinasi tugas-tugas khusus serta memiliki pemimpin-pemimpin sekunder yang bertanggung jawab atas masalah sub-sub tugas. Terkontrol tersentralisasi (CC), Koordinasi pemecahan masalah tingkat puncak dan internal tim diatur oleh pimpinan tim.

Konsep Manajemen Proyek Manajemen proyek Perangkat Lunak (PL) yang efektif berfokus pada 3 P, dimana harus berurut yaitu 1. Manusia EI telah mengembangkan suatu model kematangan kemampuan manajemen manusia (untuk mempertinggi kesiapan organisasi PL dalam membuat aplikasi yang semakin kompleks sehingga menarik, menumbuhkan, memotivasi, menyebarkan dan memelihara bakat yang dibutuhkan EI telah mengembangkan suatu model kematangan kemampuan manajemen manusia (untuk mempertinggi kesiapan organisasi PL dalam membuat aplikasi yang semakin kompleks sehingga menarik, menumbuhkan, memotivasi, menyebarkan dan memelihara bakat yang dibutuhkan

Manusia dalam pengembangan PL terdiri dari : a. Player (Pemain) Manajer Senior,menentukan isu bisnis yang mempengaruhi dalam proyek Manajer Senior,menentukan isu bisnis yang mempengaruhi dalam proyek Manajer Proyek, merencanakan, memotivasi, mengorganisir,mengontrol aplikasi/produk Manajer Proyek, merencanakan, memotivasi, mengorganisir,mengontrol aplikasi/produk Pelaksana,mempunyai ketrampilan teknik untuk merekayasa aplikasi Pelaksana,mempunyai ketrampilan teknik untuk merekayasa aplikasi Pelanggan, menentukan jenis kebutuhan bagi PL yang akan dibuat Pelanggan, menentukan jenis kebutuhan bagi PL yang akan dibuat Pemakai akhir, yang berinteraksi dengan PL yang dibuat Pemakai akhir, yang berinteraksi dengan PL yang dibuat

b.Team Leader (Pimpinana Tim) Manajemen proyek merupakan kegiatan manusia intensif sehingga memerlukan praktisi yang cakap. 2. Problem Analisis yang mendetail mengenai kebutuhan PL akan memberikan informasi untuk menghitung perkiraan kuantitatif & perencanaan organisasi. Tetapi itu sulit karena informasi yang diberikan customer tidak lengkap.

Ruang lingkup masalah dibatasi dengan 1. konteks 2. Tujuan informasi 3. Fungsi & unjuk kerja

3. Proses Proses PL memberikan suatu kerangka kerja dimana rencana komprehensip bagi pengembangan PL yang dapat dibangun dengan 1. Sejumlah kumpulan tugas yang berbeda, kemampuan penyampaian & jaminan kualitas 2. Aktifitas pelindung, jaminan kualitas PL, manajemen konfigurasi PL & pengukuran

Analisis Pemahaman lengkap mengenai persyaratan perangkat lunak sangat penting bagi keberhasilan usaha pengembangan perangkat lunak. program yang dianalisis dan ditentukan secara tidak baik akan mengecewakan pemakainya dan akan membawa kegagalan bagi pengembangnya. Tugas analisis persyaratan merupakan sebuah proses penemuan, perbaikan, pemodelan, dan spesifikasi., Model-model data yang dibutuhkan, aliran control dan informasi, dan tingkah laku operasional diciptakan.

Analisis persyaratan perangkat lunak dapat dibagi menjadi lima area kerja : 1. Pengenalan masalah 2. Evaluasi dan sistesis 3. Pemodelan 4. Spesifikasi 5. Kajian

Kebutuhan pengguna dari segi software(website) 1. Perangkat lunak sistem sekumpulan program yang ditulis untuk melayani program-program yang lain (kompiler, dan editor, komponen sistem operasi, driver, prosesor) di area perangkat lunak sistem ditandai dengan eratnya interaksi dengan perangkat keras komputer ; penggunaan oleh banyaknya pemakai ; operasi konkuren dll. 2.perangkat lunak bisnis Pemrosesan informasi bisnis merupakan area aplikasi perangkat lunak yang paling luas. (account, receivable/payable, inventor dll) Telah mengembangkan perangkat lunak informasi management (MIS).Aplikasi dalam area ini menyusun kembali struktur data yang ada dengan suatu cara tertentu untuk memperlancar operasi bisnis atau pengambilan keputusan manajemen

3. Perangkat lunak teknik dan ilmu pengetahuan Ditandai dengan algoritma number crunching dan memiliki jangkauan aplikasi mulai dari astronomi sampai vulkanologi, dari analisis otomotif sampai dinamika orbit pesawat ruang angkasa dan lain-lain. 4. Embedded software Produk pintar telah menjadi bagian yang umum bagi hampir semua konsumen dan pasar industri. Embedded software ada dalam read-only memory dan dipakai untuk mengontrol hasil serta sistem untuk keperluan konsumen dan pasar industri

5.Perangkat lunak komputer personal Pasar Perangkat lunak kompuetr personal telah berkembang selama dekade terakhir. Pengolah kata, multimedia, hiburan, manajemen database, aplikasi keuangan, bisnis dan personal, akses database hanya merupakan beberapa saja dari ratusan aplikasi yang ada 6. Perangkat lunak kecerdasan buatan Perangkat lunak menggunakan algoritma non-numeris untuk memcahkan masalah kompleks yang tidak sesuai untuk perhitungan atau analisis secara langsung. Areanya adalah sistem pakar dan area aplikasi lainnya untuk perangkat lunak kecerdasan buatan adalah pengakuan, pembuktian teorema, dan permainan game.