Aplikasi Mobile Belajar Melafalkan Bahasa Inggris

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
Advertisements

BPR – Tahap 1 (Persiapan)
Unified Modelling Language (UML)
METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
13 KOMPONEN DIAGRAM UML & PROSES MODEL WATERFALL
Flow Control & Exception Handling
Analisa dan Desain Objek
Architecture dan design
Algoritma & Pemrograman 1
Rancang Bangun APLIKASI KONSULTASI MAKANAN SEHAT BAGI PENDERITA dIABETES BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN TEKNOLOGI J2ME Dedy Bagus Rusdianto
Renanda Cahaya Saputra 1)
APLIKASI KUMPULAN DOA DAN HADITS BERBASIS MOBILE Sendi Arta Gumelar,
Oleh Nama : Rindriana Martasari Putri NIM :
NAMA : RIO ANDREANTO NIM : PROGRAM : S1 (Strata Satu)
Nama : Dwi Nur Aini NPM Fakultas Ilmu Komputer & Teknologi Informasi
Rekayasa Perangkat Lunak Proses Rekayasa Perangkat Lunak
APLIKASI TES IQ DENGAN MENGGUNAKAN JAVA 2 MICRO EDITION PADA PERANGKAT MOBILE 1. PENDAHULUAN.
PERTEMUAN KE 2 JAVA SERVER PAGES (JSP) BY : TITO SUGIHARTO
Mata Praktikum Sistem Informasi Pertemuan-2 PJ : Nuraini Purwandari Copyright©2010. This presentasion is dedicated to Laboratory of Information of Universitas.
APLIKASI KAMUS PSIKOLOGI PADA PERANGKAT MOBILE DENGAN Harry Prasetyo Diputra for further detail, please visit
PERANCANGAN BASIS DATA
Pembuatan Aplikasi Mobile Learning Pada Sistem Android
Latar Belakang Perkembangan telepon selular (handphone) pada jaman sekarang sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat, menjadi suatu hal yang berguna.
komponen antarmuka pengguna
Pengantar UML.
Mobile Programming Intro Android.
Pemrograman Berorientasi Objek IST AKPRIND Yogyakarta
Algoritma & Pemrograman 1
PEMROGRAMAN VISUAL II Outline: UML (Unified Modeling Language)
KONSEP INTERFACE
Pemrograman internet ABU SALAM, M.KOM.
PROTOTIPE (Berkerja dengan Model Pertama)
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Pengenalan Analisa Desain
Content Provider pada Android
Pengenalan UML.
PENGEMBANGAN APLIKASI SPELLING CHECKER BHS. INDONESIA
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Pengenalan Borland Delphi 7.0
Android AN’ ANQINUDIN L.,S.Kom.
Unified Modelling Languange (UML)
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Permograman Mobile 2 Notification, dialog, dan intent.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Nur Dwi Ramadani ( )
Android Multimedia Nur Dwi Ramadani
Pemrograman Berorientasi Objek IST AKPRIND Yogyakarta
9 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
ANALISA DAN PERANCANGAN
ANALISA DAN PERANCANGAN
ANALISA DAN PERANCANGAN
PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
Sidang Skripsi 8 Februari 2012 Carli Darmansah
APLIKASI CERITA ANAK PADA PERANGKAT MOBILE BERBASIS ANDROID SKRIPSI
RANCANG BANGUN APLIKASI RESEP MASAKAN KHAS INDONESIA BERBASIS MOBILE ANDROID PADA KELOMPOK PKK DI KELURAHAN LEBAK GEDE BANDUNG SKRIPSI Diajukan sebagai.
PEMBANGUNAN APLIKASI PEMBELAJARAN IQRA BERBASIS ANDROID
Suplemen collaboration diagram component diagram
PERANCANGAN APLIKASI E-RENTAL BERBASIS MOBILE ANDROID
APLIKASI TENSES BAHASA INGGRIS BERBASIS SISTEM OPERASI ANDROID
APLIKASI ALAT MUSIK TRADISIONAL CALUNG BERBASIS MOBILE ANDROID SKRIPSI   Diajukan sebagai salah satu syarat untuk Penyusunan skripsi pada Program Studi.
Sistem Penjadwalan Kuliah Pada Program Studi Sistem Informasi UNIKOM
Mata Praktikum Sistem Informasi Pertemuan-2
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
Disusun Oleh Nama : Traya Hana Agustha NIM :
MUHAMMAD RIZKY ABDILLAH
APLIKASI PANDUAN PARIWISATA BERBASIS MOBILE ANDROID DI KOTA BANDUNG
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
SISTEM INFORMASI PEMBELAJARAN 16 TENSES DALAM BAHASA INGGRIS BAGI SISWA-SISWI PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KOTA BANDUNG BERBASIS PLATFORM ANDROID.
PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN BAHASA INGGRIS BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS SEKOLAH DASAR NEGERI IV DUREN KARAWANG) Disusun oleh : Melfin Richard Sakul.
PEMROGRAMAN MOBILE 1 RPS 8
Transcript presentasi:

Aplikasi Mobile Belajar Melafalkan Bahasa Inggris Tugas Akhir Aplikasi Mobile Belajar Melafalkan Bahasa Inggris Irianto Bunga Pratama 06 41010 0080

Pendahuluan Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi universal pada ruang lingkup internasional. Bagi para pemula yang belajar bahasa Inggris secara mandiri, menghadapi masalah dalam pelafalan yang baik dan benar. Teknologi komputer yang berkembang saat ini dapat membantu dalam pembelajaran secara mandiri dikarenakan memiliki fasilitas multimedia yang dapat mengeluarkan gambar, suara, dan pengenalan suara. Android adalah sebuah sistem operasi berberbasiskan java, yang berjalan pada linux 2.6 kernel di dalam mobile phone. Sistem ini sangat ringan dan memiliki banyak fitur antara lain voice search, speech input, text to speech. Dengan adanya dukungan fitur tersebut, penulis akan membuat Aplikasi Mobile Belajar Melafalkan Bahasa Inggris. Maka dengan adanya Aplikasi Mobile Belajar Melafalkan Bahasa Inggris diharapkan para pemula yang ingin belajar bahasa Inggris dasar dapat melafalkan kata-kata bahasa Inggris dengan baik dan benar secara mandiri

Gambar 1 Gambaran Umum Sistem Gambaran Sistem Pembuatan Aplikasi Mobile Belajar Melafakan Bahasa Inggris membutuhkan fitur Text-to-Speech dan Speech Input yang dapat melafalkan serta mencocokkan suara pengguna dengan sebuah kata bahasa Inggris yang benar pada database. Dalam hal ini, fitur Text-to-Speech dan Speech Input telah tersedia pada sistem operasi Android. Gambar 1 Gambaran Umum Sistem Pada gambar 1, pengguna terlebih dahulu memilih kategori yang telah tersedia, kemudian akan muncul gambar, kata dalam bahasa Inggris, kata cara pengucapan dan kata dalam bahasa Indonesia. Pengguna menggunakan fungsi “Dengar” untuk mendengarkan pelafalan kata dalam bahasa Inggris dari database (mengaktifkan fitur Text-to-Speech). Text-to-Speech yang aktif akan mengubah teks dari database menjadi suara yang akan didengar pengguna. Setelah itu, pengguna menggunakan fungsi “Lafal” agar dapat melakukan pelafalan yang akan dicocokkan dengan kata bahasa Inggris yang tersimpan pada database (mengaktifkan fitur Speech input). Speech input yang aktif akan mengubah suara dari pengguna menjadi teks, dimana membutuhkan koneksi internet agar dapat merespon terhadap RecognizerIntent dan melakukan streaming pada server google. Pencocokan yang dilakukan akan menghasilkan sebuah nilai yang akan disimpan dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Selain itu, pengguna juga dapat menambah serta menghapus pengguna lain dan hanya seorang admin yang diperbolehkan untuk menambah, mengubah serta menghapus kategori dan item baru.

Text to Speech Pada aplikasi ini item akan muncul dan pengguna dapat menggunakan fungsi “Dengar” agar dapat mendengar pelafalan kata bahasa Inggris yang tersimpan pada database. Proses pelafalan dapat dilakukan karena menggunakan paket/fitur Android yang telah tersedia yaitu Text-toSpeech (TTS) yang didukung oleh mesin TTS yaitu Pico TTS. Untuk mengimplementasikan Text-to-Speech, aplikasi perlu mengetahui bahasa mana yang akan digunakan untuk berbicara sebagai sumber daya bahasa, dalam kasus ini aplikasi menggunakan bahasa Inggris dimana bahasa ini telah didukung. Jadi suara dan kamus khusus sebagai sumber daya bahasa yang diperlukan diambil sebelum aplikasi TTS dapat memulai untuk berbicara. Apabila terjadi penyimpangan terhadap pelafalan, TTS API memungkinkan aplikasi untuk melakukan query platform untuk ketersediaan file bahasa. Sekarang Text-to-Speech dimisalkan dengan benar diinisialisasi dan dikonfigurasi, aplikasi dapat memulai untuk berbicara, dengan menggunakan method speak(), contohnya: String kt_bhs_ing = "one"; mTts.speak(kt_bhs_ing, TextToSpeech.QUEUE_FLUSH, null); Ketika pelayanan TTS pada aplikasi telah selesai digunakan, maka dapat dihentikan dengan memanggil mTts.shutdown(), dalam activity method onDestroy().

Speech Input Pada aplikasi ini setelah item muncul dan pengguna mendengarkan kata dalam bahasa Inggris, maka pengguna dapat menggunakan fungsi “Lafal” agar dapat melafalkan kata bahasa Inggris sesuai contoh pelafalan yang telah dilakukan. Proses memasukkan suara pengguna dapat dilakukan karena menggunakan paket/fitur Android yang telah tersedia yaitu Speech Input yang didukung oleh server google dimana membutuhkan koneksi internet agar dapat merespon RecognizerIntent. Untuk mengimplementasikan Speech Input, aplikasi memverifikasi bahwa perangkat target mampu mengenali speech input: //cek fitur voice recognition PackageManager pm = getPackageManager(); List activities = pm.queryIntentActivities(new Intent(RecognizerIntent.ACTION_RECOGNIZE_SPEECH), 0); if (activities.size() != 0){ speakButton.setOnClickListener(this); } else {   speakButton.setEnabled(false);   speakButton.setText("Pengenalan suara tidak aktif"); } Aplikasi kemudian menggunakan startActivityForResult() untuk memberitahukan bahwa sedang meminta voice recognition, serta sebuah parameter tambahan yang menentukan salah satu dari dua model bahasa. Aplikasi voice recognition yang menangani hasil dari proses voice input, kemudian melewati pengenalan string kembali ke aplikasi dengan memanggil onActivityResult(). //memulai voice recognition private void startVoiceRecognitionActivity() {     Intent intent = new Intent(RecognizerIntent.ACTION_RECOGNIZE_SPEECH); intent.putExtra(RecognizerIntent.EXTRA_LANGUAGE_MODEL,   RecognizerIntent.LANGUAGE_MODEL_FREE_FORM); intent.putExtra(RecognizerIntent.EXTRA_PROMPT, "Speech recognition demo"); startActivityForResult(intent,VOICE_RECOGNITION_REQUEST_CODE);}//menangani hasil balik protected void onActivityResult(int requestCode, int resultCode, Intent data) { if (requestCode == VOICE_RECOGNITION_REQUEST_CODE && resultCode == RESULT_OK) { //memasukkan hasil kedalam daftar ArrayList<String> matches = data.getStringArrayListExtra(    RecognizerIntent.EXTRA_RESULTS);     mList.setAdapter(new ArrayAdapter<String>(this, android.R.layout.simple_list_item_1,matches)); } super.onActivityResult(requestCode, resultCode, data); }

Use Case Diagram Gambar 2 Use Case Diagram Aplikasi Mobile Belajar Melafalkan Bahasa Inggris

Use Case Diagram Kemampuan sistem untuk dapat berinteraksi dengan pengguna dan admin dapat digambarkan dalam use case diagram pada gambar 2. Use case untuk menambah pengguna, menghapus pengguna, dan mengaktifkan pengguna merupakan perluasan/extend dari use case untuk melihat daftar pengguna karena pada use case ini belum tentu dikerjakan pada saat use case melihat daftar pengguna dikerjakan. Use case untuk mencocokkan pelafalan merupakan bagian/include dari use case untuk mengaktifkan pengguna karena pada use case ini akan dilakukan jika use case mengaktifkan pengguna dikerjakan. Use case untuk melihat perbandingan profil merupakan bagian/include dari use case untuk melihat nilai karena pada use case ini akan dilakukan jika use case melihat nilai dikerjakan. Use case untuk menambah item merupakan bagian/include dari use case untuk menambah kategori karena pada use case ini akan dilakukan jika use case menambah kategori dikerjakan.

Activity Diagram Mencocokkan Pelafalan Gambar 3 Activity Diagram Mencocokkan Pelafan

Activity Diagram Mencocokkan Pelafalan Proses pada gambar 3 dimulai dari pengguna memilih kategori setelah itu akan ditampilkan item : gambar, kata dalam bahasa Inggris, kata ucap dan kata dalam bahasa Indonesia serta fungsi “Dengar” agar dapat mendengar suara pelafalan dari kata bahasa Inggris yang diproses dari Text-to-Speech. Pengguna melanjutkan dengan memasukkan suara (melafalkan sesuai contoh pelafalan) yang akan diproses oleh Speech input untuk diubah ke teks, setelah itu dicocokkan. Kemudian pengguna menunggu hasil yang akan ditampilkan berupa kata “Benar” atau “Salah”. Apabila kata “Salah” yang tampil maka akan dikalkulasi nilai salah dan dikembalikan ke item tersebut untuk melakukan pengulangan lafal hingga benar. Apabila kata “Benar” yang tampil maka akan dikalkulasi nilai yang ada, setelah itu akan ditampilkan item selanjutnya berupa gambar, kata dalam bahasa Inggris, kata ucapan dan kata dalam bahasa Indonesia. Apabila telah menyelesaikan pembelajaran melafalkan bahasa Inggris maka hasil akhirnya berupa nilai keseluruhan yang ditambahkan tanggal dapat digunakan dalam grafik nilai.

Sequence Diagram Mencocokkan Pelafalan Gambar 4 Sequence Diagram Mencocokkan Pelafan

Sequence Diagram Mencocokkan Pelafalan Pada gambar 4 dimulai dari pengguna meminta ujian item pada form ujian item, dimana id kategori diambil dari globalvariabel agar dapat menyesuaikan dengan item yang akan ditampilkan. locale pada kontrol TTS diatur untuk dapat melafalkan kata dalam bahasa Inggris, language serta language model pada kontrol speech input diatur untuk dapat mengubah suara pengguna kedalam bentuk teks yang akan disesuaikan dengan bahasa yang telah diatur. Pada kontrol loaditem id kategori akan dicek terlebih dahulu untuk menyesuaikan pengambilan data item, dimana data item yang diambil berasal dari item standar atau item database.

Class Diagram Mencocokkan Pelafalan Gambar 5 Class Diagram Mencocokkan Pelafalan

Class Diagram Mencocokkan Pelafalan Pada gambar 5, menunjukkan class diagram mencocokkan pelafalan, dimana class FUjianItem berelasi dengan class GlobalVariabel, class ItemStandar, class ItemDatabase, class Nilai, class TextToSpeech, class SpeechInput, dan class DatabaseHelper agar dapat melakukan fungsi mencocokkan pelafalan dan menyimpan nilai kesalahan kedalam database.

Class Diagram Menambah Data Gambar 6 Class Diagram Menambah Data

Class Diagram Menambah Data Pada gambar 6, menunjukkan class diagram menambah data, dimana class FPengaturanPengguna berelasi dengan class FTambahPengguna yang berarti class FTambahPengguna adalah bagian dari class FPengaturanPengguna, agar pada aplikasi, class FTambahPengguna dapat dijadikan tab tambah pengguna pada form pengaturan pengguna. Relasi antara class FTambahPengguna dengan class Pengguna dimaksudkan agar isian yang dibutuhkan untuk membuat pengguna baru dapat ditampung terlebih dulu. Relasi antara class FTambahPengguna dengan class DatabaseHelper dan class Pengguna dimaksudkan agar hasil tampungan pada class Pengguna, dapat digunakan class DatabaseHelper untuk menyimpan kedalam database. Relasi antara class FPengarutanKategori, class FTambahKategori, class Kategori dan class DatabaseHelper sama halnya dengan menangani fungsi tambah pengguna, begitu juga untuk menangani fungsi tambah item yang ditangani oleh relasi antara class FPengaturanItem, class FTambahItem, class Item dan class DatabaseHelper. Relasi antara class Kategori dengan class Item dilakukan untuk menunjukkan hubungan antara item dan kategori, dimana kategori boleh tidak memiliki item dan sebuah item maksimal memiliki satu kategori.

Component Diagram Aplikasi Gambar 7 Component Diagram Aplikasi

Component Diagram Aplikasi Pada gambar 7, menunjukkan komponen diagram aplikasi belajar melafalkan bahasa Inggris yang berguna untuk mempermudah pengembang untuk mengetahui urutan compiler dan runtime.

Deployment Diagram Aplikasi Gambaran 8 Deployement Diagram Aplikasi

Deployment Diagram Aplikasi Pada gambar 8, menunjukkan deployement diagram aplikasi belajar melafalkan bahasa Inggris yang berguna untuk menampilkan rancangan fisik jaringan, dimana untuk mengetahui dimana tempat komponen diletakkan.

Kebutuhan Perangkat Keras Aplikasi Mobile Belajar Melafalkan Bahasa Inggris dijalankan pada perangkat handphone (telepon genggam) Android, jadi perangkat keras yang digunakan adalah handphone Android. Spesifikasi handphone yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi ini adalah: Layar berwarna 16M colors Internal memory 20,28MB Support GPRS dan Wifi CPU 800MHz processor

Kebutuhan Perangkat Lunak Kebutuhan perangkat lunak yang digunakan untuk mengembangkan Aplikasi Mobile Belajar Melafalkan Bahasa Inggris adalah: Sistem Operasi Froyo 2.2 Android SDK r10-linux ADT Plugin for Eclipse Eclipse 3.6.0 Sqlite3.6.2 Terminal/cmd

Tampilan Ujian Item/Mencocokkan Pelafalan Gambar 9 Tampilan Item

Tampilan Ujian Item/Mencocokkan Pelafalan Tampilan ujian item berfungsi untuk menampilkan item berdasarkan kategori, dapat dilihat pada gambar 9. Pada tampilan ini, terdapat text view kesalahan yang berfungsi untuk menampilkan nilai kesalahan dalam pelafan, text view judul/kategori item yang berfungsi untuk menampilkan nama kategori, image view gambar item yang berfungsi untuk menampilkan gambar item, text view kata dalam bahasa Inggris yang berfungsi untuk menampilkan kata dalam bahasa Inggris, image view gambar kata cara ucap yang berfungsi untuk menampilkan kata cara ucap sesuai kamus bahasa Inggris, text view kata dalam bahasa Indonesia yang berfungsi untuk menampilkan kata dalam bahasa Indonesia, tombol dengar yang berfungsi untuk mengucapkan kata dalam bahasaa Inggris dan tombol lafal untuk menerima pelafalan pengguna.

Kesimpulan Kesimpulan yang dapat diambil dari pembuatan Aplikasi Mobile Belajar Melafalkan Bahasa Inggris adalah sebagai berikut: Berdasarkan hasil uji coba, Aplikasi Mobile Belajar Melafalkan Bahasa Inggris yang dibuat mampu berjalan pada sistem operasi android versi 2.2 Berdasarkan hasil uji coba, didapatkan bahwa Aplikasi Mobile Belajar Melafalkan Bahasa Inggris yang dibuat bersifat dinamis, dimana dapat melakukan maintenance data kategori dan item.

Saran Saran yang dapat diberikan untuk pengembangan lebih lanjut antara lain: Mengembangkan aplikasi dengan menambahkan server untuk menangani manipulasi data dinamis yaitu kategori dan item pada suatu jaringan, agar terjaga validnya data yang digunakan dalam pembelajaran. Mengembangkan aplikasi dengan menambahkan animasi serta desain grafis yang lebih menarik untuk mendukung interaksi pembelajaran antara pengguna dengan aplikasi. Mengembangkan aplikasi dengan menambahkan fungsi pemilihan bahasa, agar dapat melafalkan dan mencocokkan pelafalan dalam berbagai bahasa, serta pengaturan tingkat kemudahan dalam pengenalan pelafalan pengguna

Daftar Pustaka Android Developers. 2010. Android SDK Docs. http://www.android.com/ diakses tanggal 5 November 2010 Avestro, Joyce. 2007. JENI-Web Programming-Bab 7 - Pengenalan MVC. http://poss.ipb.ac.id/files/JENI-Web%20Programming-Bab%207-Pengenalan%20MVC.pdf diakses tanggal 11 November 2010 Blackduck. 2010. Android – Opportunity, Complexity, and Abundance. http://ducks.blackducksoftware.com/~whitepapers/WP-AND-0910-UL-AC-W.pdf diakses tanggal 12 Oktober 2010 Boggs, Wendy and Boggs, Michael. 2002. Mastering UML with Rational Rose 2002. California: Sybex Inc. DiMarzio, Jerome. 2008. Android A Programmer’s Guide. USA America: The McGraw-Hill Companies Hashimi, Sayed Y. and Komatineni, Satya. 2009. Pro Android. United State of America: Appress, Inc. Hashimi, Sayed Y., Komatineni, Satya and MacLean, Dave. 2010. Pro Android 2. United State of America: Appress, Inc. Izzan, Ahmad dan Mahfuddin, FM. 2007. How To Master English. Jakarta: Kesaint Blanc Melissa, Gressia. 2008. Pencocokan Pola Suara (Speech Recognition) dengan Algoritma FFT dan Divide and Conquer. Bandung: Institut Teknologi Bandung Mohindra, Dhruv. 2008. The Android Project: Incident Response And Forensics. http://www1.webng.com/dhruv/material/android_report.pdf diakses tanggal 12 Oktober 2010 Rizky, Soetam. 2006. Interaksi Manusia dan Komputer. Surabaya: STIKOM Salim, Drs. Peter, M.A. 2006. The Contemporary English – Indonesian Dictionary with British and American Pronunciation and Spelling. Jakarta: Media Eka Pustaka Selaras Sunny, Ananti. 2009. Speech Recognition Menggunakan Algoritma Program Dinamis. Bandung: Institut Teknologi Bandung Sholiq. 2006. Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek dengan UML. Yogyakarta: Graha Ilmu Sholiq. 2010. Analisis dan Perancangan Berorientasi Obyek. Bandung: CV. Muara Indah Sudarmawan, ST., MT. dan Ariyus, Dony. 2007. Interaksi Manusia dan Komputer. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET