DASAR-DASAR SENI RUPA
Standar Kompetensi Mengapresiasi karya seni rupa Mengekspresikan diri berkaitan dengan karya seni rupa
Kompetensi Dasar Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara Mendiskusikan karya seni rupa terapan yang memanfaatkan berbagai teknik dan corak Melaporkan pengamatan terhadap karya seni rupa terapan yang memanfaatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara
ADA 7 UNSUR YANG MENJADI DASAR TERBENTUKNYA WUJUD KARYA SENI RUPA UNSUR-UNSUR SENI RUPA ADA 7 UNSUR YANG MENJADI DASAR TERBENTUKNYA WUJUD KARYA SENI RUPA
1. TITIK Titik adalah unsur seni rupa dua dimensi yang paling dasar. Titik dapat dikembangkan menjadi garis dan bidang. Titik bisa divariasi ukuran dan warnanya sehingga membentuk satu kesatuan wujud karya seni.
2. GARIS Garis merupakan barisan titik yang memanjang dan arah tertentu dengan kedua ujung terpisah Garis bisa berbentuk panjang, pendek, tebal, tipis, lurus, lengkung, patah, bergelombang, horizontal, vertikal, diagonal, dsb.
MACAM GARIS horizontal, vertikal, diagonal,
MACAM GARIS LENGKUNG BUSUR,LENGKUNG KUBAH,LENGKUNG MENGAPUNG
MACAM GARIS LENGKUNG GERAKAN,ZIG-ZAG
Menurut wujudnya garis di bagi menjadi dua : Garis nyata Garis yang di hasilkan dari coretan atau goresan langsung. Garis semu Garis yang muncul karena adanya kesan batas dari suatu bidang, warna, atau ruang.
Contoh karya lukisan dengan tekhnik garis
3. BIDANG Dalam seni rupa dua dimensi terbentuk karena Hubungan beberapa garis Bidang memiliki kesan filosofis, misalnya bidang rata dan lebar terkesan luas, bidang horizontal terkesan tenang
Contoh bentuk bidang yang biasa kita kenal
4. BENTUK MENURUT DIMENSINYA 2 DIMENSI 3 DIMENSI
BENTUK 2 DIMENSI
BENTUK 3 DIMENSI
Ruang yang mengelilingi wujud bentuk disebut ruang negatif. Ruang yang diisi/di tempatioleh wujud bentuk disebut ruang positif. Ruang yang mengelilingi wujud bentuk disebut ruang negatif.
Contoh wujud ruang.
Contoh wujud ruang.
6. WARNA Warna adalah kesan yang ditimbulkan oleh pantulan cahaya pada mata. dalam seni rupa teori warna yang dipakai adalah teori warna BREWSTER yang terkenal dengan “TEORI LINGKARAN WARNA “
Teori lingkaran warna brewster
Cara penyusunan warna a. Analogus
b. Monokromatik
d. Komplementer
7. TEKSTUR Tekstur nyata adalah nilai raba dari suatu permukaan bisa halus, kasar, licin, lembut, tajam,dsb. Tekstur semu Tekstur yang tidak memiliki kesan yang sama antara pengli hatan dan perabaan
Tekstur di bagi jadi dua a. Tekstur nyata Tekstur yang bisa diraba dan dilihat b. Tekstur semu Tekstur yang tidak memiliki kesan yang sama antara penglihatan dan perabaan
Contoh tekstur semu
8. GELAP TERANG Gelap terang terjadi karena adanya perbedaan intensitas cahaya yang diterima oleh suatu obyek. Gambar akan terbentuk karena ada nya gelap terang. Gelap terang menimbulkan kesan tekstur dan kedalaman.
Contoh gelap terang pada karya lukisan.
TERIMA KASIH DRS.AGOES SOESILO SMK NEGERI 11 SURABAYA