MUHAMMAD ARDIANSYAH, 2102407019 Tokoh Joyo Dengkek dalam Novel Sirah Karya AY. Suharyono: Analisis Psikologi Sastra.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
DEVI DWI ASTITI, Kepribadian Tokoh dalam Novel Pawestri Tanpa Idhentiti Karya Suparto Brata.
Advertisements

INDRIANI KURNIA PUTRI, POLA PENGASUHAN ANAK PADA KELUARGA NELAYAN PANDHIGA (Studi Kasus tentang Peran Orangtua dalam mengasuh Anak di Desa Bajomulyo.
SUWARSIH, Kriminalitas dalam Novel Kembang Kantil Karya Senggono.
DIDIK AGUNAWAN, Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat dengan Teknik Skimming dan Scanning pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Rembang Tahun.
RATIH BUDI NURANI, Cerita Jaka Setya Lan Jaka Sedya Karangan Mas Arjasuwita Dalam Kajian Greimas.
HERI ROHMADANI, Heroisme Dalam Serat Menak Dewi Soja.
GALIH WICAKSONO, Tindak Tutur Ekspresif pada Rubrik Gambang Suling di Majalah Jaya Baya.
AHMAD MUHAJIR, FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA KELAS X DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMA ISLAM SULTAN AGUNG.
INDAH SETIYORINI, Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak (Studi Kasus Pada Keluarga Miskin di Desa Kangkung Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak)
INDRA HAPSORO SETYAWAN, Penggunaan Media VCD dalam Pembelajaran Mata Diklat Kewirausahaan untuk Pengembangan Menyangkut Minat Berwirausaha Siswa.
SITI ROKHANA, Analisis Tokoh Utama dengan Teori Psikoanalisa Sigmund Freud pada Cerpen HANA Karya Akutagawa Ryunosuke.
NOURMALIA KUSUMA WARDANI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUNTING KARANGAN DENGAN METODE SOSIODRAMA JURNALISTIK PADA SISWA KELAS IX F SMPN 11 SEMARANG.
SUWASTI RATRI ENI LESTARI, Semiotik Syair Lagu Karya Sujiwo Tejo Album Pada Suatu Ketika.
QODARUL AFFAN, SISTEM PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS AKTIF PADA BAGIAN UMUM PERHUTANI UNIT I JATENG.
WAHYU HANDAYANI, Serat Warawurcita dalam Kajian Struktural.
Identitas Mahasiswa - NAMA : DESI ARIYANTI - NIM : PRODI : Sastra Indonesia - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS : Bahasa.
KHUSNUL KHOTIMAH, PERBEDAAN HASIL PEMBUATAN CELANA PANJANG WANITA YANG MENGGUNAKAN POLA SISTEM SOEKARNO DAN SISTEM PRAKTIS DENGAN UKURAN S,M,L.
DIAH AYUNANI, Implikasi Hukum Pertanggungjawaban Publik Kepala Daerah Pasca Berlakunya Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan.
PUJIANIK, Novel Panglipur Wuyung Asmara Ing Bandjir Lusi Karya JA. Setia Kajian Stilistika.
LAILY HAYUNING TYAS, Analisis Kelayakan Penyajian Materi Kompetensi Berbicara Pada Buku Teks Basaku Basamu Basa Jawa dan Marsudi Basa lan Sastra.
MUHAMMAD HERU WIBAWA, WATAK DAN PERILAKU TOKOH UTAMA NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA.
ANDIKA RAKA DIANJAYA, Skizofrenia sebagai Fenomena Psikologis dalam Cerpen Le Horla Karya Guy de Maupassant.
NOR HIDAYAH, CITRA DIRI WANITA CINA DALAM NOVEL PUTRI CINA KARYA SINDHUNATA.
ROMADHASARI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK SISWA KELAS VIIIC SMP NEGERI 3 REMBANG DENGAN MEDIA KARTU GAMBAR MELALUI.
WAHIDAH NURHIDAYAH AMALATUN, Citra Perempuan Dalam Novel Anteping Tekad Karya AG Suharti.
TRIMIATI, Puitika Widodo Basuki Dalam Kumpulan Geguritan Layang Saka Paran.
YENNY NOOR AFIFA, KONFLIK BUDAYA TOKOH LELAKI DALAM NOVEL TIBA-TIBA MALAM KARYA PUTU WIJAYA.
JOKO WURYANTO, Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Lakon Dewa Ruci Versi Ki Anom Suroto dan Kemungkinannya sebagai Bahan Ajar bagi Siswa.
DEWI INDAH LESTARI, Struktur Dramatik Lakon Wayang Karna Tandhing Oleh Ki Enthus Susmono.
DWI TARYANTO, Genetika Gurit Banyumasan Nonton Ronggeng Karya Warto Tirta.
WAHYU HASTHO SUSILO, PILIHAN BAHASA DALAM IKLAN TELEVISI.
SHOFIYATUN, KONFLIK PSIKOLOGIS TOKOH UTAMA DALAM NOVEL TUHAN, IZINKAN AKU MENJADI PELACUR KARYA MUHIDIN M. DAHLAN.
FITRIA KUSUMA ASTUTI, Hegemoni Bendoro Jawa terhadap Perempuan dalam Novel Gadis Pantai Karya Pramoedya Ananta Toer.
CHARISAH MILATILLAH, Watak Tokoh-tokoh dalam Kumpulan Crita Cekak Ajur Karya Akhir Lusono.
AWAN KURNIAWAN, ASPEK SOSIAL DALAM NOVEL BILA MALAM BERTAMBAH MALAM KARYA PUTU WIJAYA.
NOVIA FITRIANI, Kepahlawan Dalam Serat Pedhalangan Arjuna Wiwaha.
ENIK MURDIESTI, PENYIMPANGAN PERILAKU ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM KUMPULAN CERPEN CERITA PENDEK TENTANG CERITA CINTA PENDEK KARYA DJENAR MAESA.
FRANSISCUS XAVERIUS HARDANTO, Penokohan dalam Novel Pertemuan Dua Hati Karya N.H. Dini dan Kemungkinannya sebagai Bahn Ajar di SMA/ MA.
DIDIK KUSUMA SAPUTRA, Fakta Cerita dan Tema Novel Purasani Karya Yasawidagda.
LUSIANA, PENGARUH PERLAKUAN MODEL PEMBELAJARAN BINCANG INTERAKTIF EVALUASI SEBAYA (BIES) DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA.
ANANG FEBRI PRIAMBADA, Bentuk dan Makna Leksikon Pembentuk Rumah Adat Kudus.
SUDIHARTI, Nilai Religius dalam Kumpulan Cerpen Derai-Derai Kamboja Karya Kusmawanti sebagai Alternatif Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMP.
HENI PURWATI, Gaya Bahasa dalam Cerita Sambung Sang Fotografer Karya Ay. Suharyono.
OKTAVIANA, KORELASI KEPRIBADIAN DENGAN HASIL BELAJAR PENCAK SILAT SENI JURUS TUNGGAL PADA MAHASISWA PKLO FIK UNNES SEMESTER 2 TAHUN AKADEMIK.
AULIA AHMAD RITAUDDINZ, SUDUT PANDANG DALAM NOVEL EDENSOR KARYA ANDREA HIRATA DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA.
ARIS GUNTORO, Ekspresi Wajah dalam Seni Lukis.
SANDRA PUSPITA, HUBUNGAN ANTARA SARANA DAN PRASARANA MENJAHIT DENGAN EFISIENSI MENJAHIT PADA MATA PELAJARAN MENJAHIT II SISWA KELAS XI SMK NEGERI.
NAURIE FAKIH, Variasi Bahasa Pengemis di Komplek Masjid Menara Kudus Kajian Sosiopragmatik.
NAUFAL ALIN, Perempuan Dalam Novel Dawet Aju Karya Widi Widajat.
MUHAMMAD ZAENUDIN, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI STRATEGI ATM DENGAN MEDIA CONTOH CERPEN SISWA KELAS X-8 SMAN 2 BAE KUDUS.
NOVITA LAELLY, Sinden Dalam Cerbung Tembang Katresnan Karya Atas S. Danusubroto.
WASIS HARDIYANING PAMUNGKAS, KONFLIK PSIKOLOGIS TOKOH PELACUR DALAM NOVEL MAAF, AKU TERPAKSA JADI PELACUR KARYA SUTIRMAN EKA ARDHANA.
SRI WAHYUNI, Motif Perubahan Perilaku Tokoh Utama dalam Novel Sumi (Jejak Cinta Perempuan Gila) Karya Maria Bo Niok.
DEWI MAFTUCHAH, Alur Novel Emprit Ambuntut Bedhug Karya Suparto Brata.
DEFIANA LUTFITASARI, Mitos Cerita Candi Gamelan Di Kabupaten Pekalongan.
DEDDY DWI WIJAYA, Struktur Cerita Misteri Alaming Lelembut pada Majalah Jawa Panjebar Semangat Tahun 2010.
ENDANG MURDININGSIH, NALURI DAN REAKSI TOKOH UTAMA PADA NOVEL MUKJIZAT CINTA KARYA MOHAMMAD MASYKUR A.R.SAID.
DINA NURMALISA, Citra Wanita dalam Novel Jala Karya Titis Basino
KHORIDATUL MAULA, KESANTUNAN BERBAHASA DALAM WACANA SMS PEMBACA PADA KOLOM SUARA WARGA DI HARIAN KOMPAS.
ARMI APRILIANINGSIH, Peningkatan Keterampilan Menulis Cerkak Siswa Kelas IX D SMP 3 Welahan Kabupaten Jepara dengan Pendekatan Keterampilan.
AMNAH FALESTINA, Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Sugesti- Imajinasi Media Lagu Siswa Kelas X MA Salafiyah Karang Tengah.
YUNITA ENDARWATI, Struktur Crita Cekak (Cerkak) Majalah ''Jaya Baya'' pada Tahun 90-an.
INDAH FITRIYA DWI SETYANINGSIH, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI ANAK MELALUI MEDIA GAMBAR DENGAN TEKNIK EVALUASI LANGSUNG SISWA KELAS V.
SETYANTO ARI NUGROHO, SURVEI PERSEPSI GURU NON PENJASORKES TERHADAP KINERJA GURU PENJASORKES DI SD SE KECAMATAN SUMBER KABUPATEN REMBANG TAHUN.
RESISTIA FRISKA CHRISTIANI, PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP RUBRIK KOK RENA-RENA PADA MAJALAH PANJEBAR SEMANGAT.
DIAN WARSITANINGRUM, Pembelajaran Menggambar di TK
NOVIA DWI TRANWATI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI MELALUI MEDIA ANGKA SISWA KELAS X SMA DIAN KARTIKA.
ASTERIA MURBANDARI, Novel Luruh Kuncup sebelum Berbunga Karya Mira W dan Kemungkinannya sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMP.
NURUL RIZQIAH, PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK CERITA ANAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGAPRESIASI CERITA ANAK SISWA KELAS VII SMP.
Identitas Mahasiswa - NAMA : IMA WULANDHARI - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan Sastra.
Transcript presentasi:

MUHAMMAD ARDIANSYAH, Tokoh Joyo Dengkek dalam Novel Sirah Karya AY. Suharyono: Analisis Psikologi Sastra

Identitas Mahasiswa - NAMA : MUHAMMAD ARDIANSYAH - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa) - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - ardy_lajur pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Dr. Teguh Supriyanto, M.Hum. - PEMBIMBING 2 : Eka Yuli Astuti, S.Pd., M.A. - TGL UJIAN :

Judul Tokoh Joyo Dengkek dalam Novel Sirah Karya AY. Suharyono: Analisis Psikologi Sastra

Abstrak Sirah adalah novel berbahasa Jawa karangan AY Suharyono. Novel ini diterbitkan pertama kali oleh Wedatama Widya Sastra, Jakarta, tahun Kehadiran novel ini sangat berarti untuk menambah khazanah sastra Jawa di tengah-tengah kelangkaan penerbitan karya sastra Jawa dalam wujud buku. Novel ini menceritakan pemilihan lurah di Desa Jati Dhoyong. Yang paling menarik untuk dikaji dalam novel ini adalah tokoh Joyo Dengkek. Tokoh tersebut fenomenal karena awalnya ia hanyalah orang miskin yang bekerja sebagai buruh. Namun akhirnya ia dapat terpilih menjadi seorang lurah di desa tempat tinggalnya. Joyo Dengkek terpacu untuk dapat berubah kehidupannya agar menjadi lebih baik karena dorongan dari tetangganya, yaitu Pak Dhukuh dan Pak Sudirman dengan mencalonkan sebagai lurah. Di samping itu, istrinya juga mendukungnya agar ia ikut serta dalam pemilihan lurah di desanya itu. Istrinya membujuk ia agar mau meminta bantuan kepada Mbah Kenci. Hal itu dikarenakan agar keinginannya menjadi lurah tersebut dapat terwujud. Awalnya ia menolak keinginan istrinya tersebut karena menurutnya hal itu bertentangan dengan aturan hidup yang selama ini ia jadikan pedoman. Namun karena istrinya merasa kecewa usulannya tidak ia terima, akhirnya ia pun berubah pikiran untuk meminta bantuan kepada Mbah Kenci. Hal itu ia lakukan karena di samping ia tidak ingin istrinya kecewa terhadap dirinya, ia juga tidak ingin kelak anak-anaknya merasakan penderitaan yang ia rasakan saat ini. Hal inilah yang membuat tokoh Joyo Dengkek menarik untuk diteliti. Ia memiliki keinginan untuk dapat hidup lebih baik lagi demi anak dan istrinya. Namun cara yang ia lakukan salah karena ia meminta bantuan kepada dukun supaya keinginannya itu dapat terwujud. Dan semenjak itulah, sifat ia berubah dari yang semula rendah hati menjadi sombong dan ingkar terhadap janji-janji yang telah ia sanggupi sendiri kepada Mbah Kenci. Masalah penelitian ini adalah bagaimana kepribadian tokoh Joyo Dengkek serta konflik apa saja yang dihadapi oleh Joyo Dengkek serta sikap yang ia ambil untuk menyeleseikan konflik tersebut dalam Sirah. Sejalan dengan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap kepribadian yang dimiliki Joyo Dengkek serta konflik-konflik yang ia alami dan penyeleseiannya dalam novel Sirah. Penelitian ini menggunakan pendekatan objektif. Penelitian ini menggunakan teori psikologi sastra Sigmund Freud yang mengacu pada pendeskripsian kepribadian tokoh utama dan konflik-konflik yang dihadapinya serta sikap yang diambil oleh tokoh utama tersebut dalam menghadapi konflik batin yang ia alami. Simpulan yang dapat ditarik dari pembahasan kepribadian tokoh Joyo Dengkek serta konflik apa saja yang diahadapi oleh Joyo Dengkek serta sikap yang ia ambil untuk menyeleseikan konflik tersebut dalam Sirah bahwa tidak ada keseimbangan antara id, ego dan superego yang dialami Joyo Dengkek. Pendorong id bertentangan dengan kekuatan pengekang superego. Joyo Dengkek cenderung mementingkan prinsip kenikmatan untuk dirinya sendiri. Ia berambisi untuk dapat terpilih menjadi lurah dengan meminta bantuan kepada Mbah Kenci mengikuti kemauan istrinya. Awalnya ia menolak keinginan istrinya tersebut, namun karena istrinya marah kemudian ia pun menerima usul dari istrinya tersebut untuk meminta bantuan kepada Mbah Kenci. Setelah ia bertemu dengan Mbah Kenci dan tenyata syarat yang diajukan Mbah Kenci tersebut salah satunya adalah ia harus memperbolehkan istrinya tidur dengan Mbah Kenci pada tanggal lima belas Jawa kelak setelah ia terpilih menjadi lurah ia pun menyetujui syarat tersebut. Sejak saat itulah ia mulai berubah. Joyo Dengkek yang awalnya rendah hati kepada siapa saja sekarang menjadi sombong bahkan tidak memikirkan istrinya sendiri yang sangat ia sayangi. Yang ada di otaknya sekarang hanya menjadi lurah dan ia pun rela istrinya kelak dibawa Mbah Kenci untuk menemaninya tidur. Ia berpikir jika kelak ia menjadi lurah, ia bisa mendapatkan semuanya termasuk wanita. Konflik-konflik yang dialami Joyo Dengkek adalah approach avoidance conflict, approach avoidance conflict, dan double approach avoidance conflict. Paling banyak yang dialami Joyo Dengkek adalah approach avoidance conflict dan approach avoidance conflict ada empat peristiwa, sedangkan double approach avoidance conflict hanya satu peristiwa. Dalam hal ini motif negatif mendominasi konflik yang terjadi daripada motif positifnya karena dalam cerita novel ini Joyo Dengkek memiliki ambisi yang besar untuk merebut kursi lurah dengan cara meminta bantuan kepada dukun. Itu merupakan cara yang tidak fair dalam memenangkan suatu kompetisi. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan Novel Sirah dianalisis khusus dengan Teori Sigmund Freud. Hendaknya Novel Sirah juga dianalisis dengan menggunakan teori lainnya dan dengan adanya cerita dari Novel Sirah ini dapat diambil hikmah yang positif, yaitu bahwa meminta bantuan kepada dukun dalam meraih suatu kesuksesan itu tidak dibenarkan dalam agama mana pun. Hal ini dapat berakibat fatal jika manusia meminta bantuan kepada selain Tuhan karena biasanya ada syarat-syarat yang harus dipenuhi sebelum kesuksesan tersebut diraih.

Kata Kunci tokoh, psikologi sastra, novel Sirah.

Referensi Ahmadi, Abu Psikologi Sosial. Surabaya: Bina Ilmu. Aminuddin Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Malang: Y A3. Effendi, Usman dan S. Praja, Juhaya Pengantar Psikologi. Bandung: Angkasa. Gerungan, W. A Psikologi Sosial. Bandung: Ereco. Hardjana, Andre Kritik Sastra: Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia. Hartoko, Dich dan Rahmanto, B Pemandudi Dunia Sastra. Yogyakarta: Kanisius. Husna, Nidaul Tokoh dan Penokohan dalam Novel Sirah Karya AY. Suharyono. Skripsi Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa: Unnes. Jarvis, Matt Teori-teori Psikologi. Bandung: Nusa Media. Minderop, Albertine Psikologi Sastra. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Nurgiyantoro, Burhan Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Satoto, Sudiro Metode Penelitian Sastra. Buku Pegangan Kuliah. Shofiyatun Konflik Psikologis Tokoh Utama dalam Novel Tuhan, Izinkan Aku Menjadi Pelacur Karya Muhidin M. Dahlan. Skripsi Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia: Unnes. Suharianto, S Dasar-dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia. Suharyono, AY Sirah. Jakarta: Wedatama Widya Sastra. Suryabrata, Sumadi Psikologi Kepribadian. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Tarigan, Henry Guntur Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa. Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Walgito, Bimo Psikologi Pengantar: Suatu Pengantar. Yogyakarta: Andi Offset. Wellek, Rene, dan Warren, Austin Teori Kesusastraan (edisi terjemahan oleh Melanie Budianta. Jakarta: Gramedia.

Terima Kasih