Spiritualitas Ekaristi

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
“Bertolak ke tempat yang dalam, mengemban perutusan dan berbuah” SURAT GEMBALA PRAPASKA 2013.
Advertisements

Sabda Kehidupan Mei 2009 “Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari.
HIDUP DARI MISTERI EKARISTI
PERSEKUTUAN DOA NHKBP YOGYAKARTA Doa dalam Keheningan “Parningotan tu Angka na Monding” R. Yobel HKBP Yogyakarta. Senin, 21 November 2011.
“I Care !” PA Interaktif GKI Cinere Selasa, 2 April 2013.
IKUT KRISTUS Kristus yang diikuti Gereja adalah
GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI
KATEKESE ANALISIS SOSIAL
SAKRAMEN-SAKRAMEN Kata “sakramen” berasal dari bahasa Latin “sacramentum” yang berarti : hal-hal yang berkaitan dengan yang kudus atau yang ilahi. Dalam.
BERDOA DEFINISI: Kepercayaan manusia terhadap Allah.
MERAYAKAN NATAL DALAM LITURGI GEREJA KATOLIK
S.A.K.R.A.M.E.N.T.A.L.I Sakramentali: tanda2 suci yg ditetapkan o/ Gereja u/ mengudusan macam2 situasi kehidupan. Doa yg diiringi dg tanda salib dan tanda2.
KORBAN Roma 12:1 Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang.
PUASA DALAM PERSPEKTIF IMAN KRISTEN
Pengalaman Religius Keyakinan akan adanya Allah [Iman] tidak lepas dri kehidupan manusia, maka kepercayaan dipengaruhi oleh pengalaman-pengalaman. Ada.
JUMAT AGUNG Makna Hari Jumat Agung: Hari ini ditetapkan sebgai hari laku tanpa dosa dengan kewajiban berpantang dan berpuasa bagi seluruh anggota Gereja.
Biarkan Anak-Anak Datang Kepada-Ku
TUJUH SAKRAMEN DALAM GEREJA KATOLIK
GEREJA &SAKRAMEN Pertemuan ke 9.
SAKRAMEN-SAKRAMEN PENYEMBUHAN
Dipersiapkan oleh: Vonny
AKSI PUASA PEMBANGUNAN (APP) 2012 DIPERSATUKAN DALAM EKARISTI, DIUTUS UNTUK BERBAGI KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA.
MARI BERBAGI DALAM EKARISTI: ALLAH YANG BERBAGI AGAR KITA PUN BERBAGI
PERAYAAN MISTERI KRISTEN
Bacaan injil : Yoh 15:26-27 ; 16:12-15
MISTERI PASKAH DALAM SAKRAMEN-SAKRAMEN GEREJA “Hari Minggu Panggilan“
KERANGKA DASAR APP KEUSKUPAN SURABAYA TAHUN 2012
PANGGILAN HIDUP MEMBIARA
Presentasi Agama Kristen tentang “Agama Katholik”
Babtis.
SAKRAMEN BAPTIS, PERJAMUAN KUDUS & GEREJA BERSAKSI
BAB IV TUGAS GEREJA GEREJA YANG MENGUDUSKAN (LITURGIA)
PASKAH, APAKAH MASIH HARUS DIRAYAKAN ?
ALLAH KASIH KARUNIA DAN PENGHAKIMAN
Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Santo Thomas Aquinas
Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Santo Thomas Aquinas
PEMBEKALAN PRODIAKON PITC RUMPUT, 15 MARET 2015
YESUS KRISTUS (Lanjutan)
SAKRAMEN-SAKRAMEN Kata “sakramen” berasal dari bahasa Latin “sacramentum” yang berarti : hal-hal yang berkaitan dengan yang kudus atau yang ilahi. Dalam.
Spiritualitas Ketidaksempurnaan
CINTA EKARISTI dan ADORASI
Ekaristi Sumber Berkat Dalam Keluarga
PENGANTAR Tahun Ekaristi KAJ memasuki bulan ke-6 (awal..)
ADORASI SEBAGAI DEVOSI EKARISTI
GEREJA: BERBAGAI UPACARA DAN RITUAL
SELAMAT DATANG & MENGIKUTI
TEMA APP 2012 KATOLIK SEJATI HARUS PEDULI DAN BERBAGI
EKARISTI Kekuatan bagi Perutusan sehari-hari
SENGSARA DAN WAFAT YESUS
Membuka Hadiah Terbesar Natal
EXODUS MOTIVES.
CIRI KEPEMIMPINAN KATOLIK
AKU BERSYUKUR MARIA DESI PURNAMI
Problem: Pada waktu Israel memisahkan diri dari Tuhan, dan telah gagal menjadikan kebenaran Kristus milik mereka oleh iman, hari sabat itu telah kehilangan.
PERSPEKTIF TEOLOGIS KATOLIK DALAM PERAN SOSIAL KEMASYARAKATANNYA
MERAYAKAN ADVEN MENYIAPKAN NATAL
SIAPAKAH MANUSIA DALAM ROMA 7?
DOA DAN PUASA PDT. A. LETLORA S.Th, M.Min.
Secara antropologis dan aktual dapat dikatakan bahwa kita sebenarnya mengalami kehadiran dan karya Allah yg trinitaris secara nyata,dan secara konkret.
1. MENELUSURI HAKIKAT GEREJA a. Gereja : umat allah Dalam perjanjian baru gambaran gereja sebagai umat allah dapat ditemukan dalam 1ptr. 2:10; rm. 9:25.
Minggu, 05 Agustus Minggu, 5 Agustus 2018 Dilayankan Oleh : Pdt. DR. Djoko Prasetyo A.W. M.Th.
Roh Kudus dan Tritunggal Maha Kudus
BAB VII YESUS SEBAGAI SAHABAT, TOKOH IDOLA, DAN JURUSELAMAT
BAB VII YESUS, SAHABAT, TOKOH IDOLA, PUTRA ALLAH DAN JURUSELAMAT
KEHIDUPAN DALAM GEREJA MULA-MULA
YESUS PUTRA ALLAH DAN JURU SELAMAT
Sengsara Tuhan Yesus keempat. Pembukaan Ibadah : Pnt : Jemaat yang dikasihi Tuhan, di Perayaan Minggu sengsara keempat Sebuah perenungan menjenguk hati.
MAKNA JUMAT AGUNG 1 Petrus 2:24 Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup.
ALLAH MENCIPTAKAN… Lesson 1 for July 6, 2019.
GEREJA SEBAGAI UMAT ALLAH. Apakah?  Ini ? ATAU Ini ? 
Transcript presentasi:

Spiritualitas Ekaristi

I. Peranan Kristus dalam Perayaan Ekaristi Kehadiran dan tindakan Yesus Peristiwa salib sebagai kurban Perjanjian Baru. Ciri khas kurban Yesus Kristus : Yang menjadi Imam Agung atau yang mengurbankan dan yang dikurbankan adalah Yesus sendiri. Kurban salib Yesus Kristus adalah kurban sekali untuk selamanya (efapaks). Bandingkan kurban Perjanjian Lama yang berulangkali untuk menghapus dosa sendiri dan umat. Pada diri Yesus adalah kurban untuk dosa-dosa manusia, karena Ia sendiri tidak berdosa.

Berangkat dari sana mungkin akan timbull pertanyaan : bagaimana mungkin peristiwa salib yang defacto suatu peristiwa eksekusi hukuman mati dapat disebut sebagai kurban, padahal suatu tindakan kurban bisa terjadi dalam konteks kultis atau upacara religius ?

Jawab : Inti sari suatu tindakan kurban bukanlah bentuk kultis, melainkan pada tindakan penyerahan diri. Dan ini terjadi dalam peristiwa wafatNya Kristus. Perbedaan kurban dalam agama asli dan kurban Yesus: kurban agama-agama asli adalah do ut des (karena memberi maka mendapat), sedangkan kurban Yesus Kristus adalah tanggapan kasih Allah Dengan demikian gagasan kurban pada intinya adalah penyerahan diri.

Perayaan Ekaristi adalah kurban salib Kristus secara sakramental Kurban salib Kritus adalah kurban berdarah sedangkan kurban Kristus dalam ekaristi tidak berdarah. Ini dapat dijelaskan bahwa kurban salib Kristus dalam ekaristi dalam bentuk simbol atau sakramental. Perayaan ekaristi adalah kurban salib Yesus Kristus yang dihadirkan bersama Gereja dan benar-benar kurban Gereja bukan yang menyaongi, tetapi kurban Gereja sejauh ambil bagian dalam satu-satunya kurban salib Yesus Kristus.

Kehadiran Yesus Kristus dalam rupa roti dan anggur : Yesus hadir secara nyata dalam rupa roti dan anggur.

II. Ekaristi dan Kehidupan Setelah kita sungguh mengerti bahwa ekaristi memegang peranan penting dalam kehidupan Gereja kita akan mencoba menggali sejenak mengenai kaitan ekaristi dengan kehidupan nyata.

III. Kehidupan Kita Manusia senantiasa bergulat dengan kehidupannya. Ada peristiwa suka dan peristiwa duka atau pun kerap terjadi peristiwa kekeringan di mana kita pun kerap bingung apakah ini peristiwa suka ataukah peristiwa duka. Dalam peristiwa-peristiwa itu kerap kita memisahkan antara kehidupan iman dengan realitas kehidupan. Atau ketika kita mengikuti perayaan ekaristi kita kerap tidak dapat menyadari buah-buah dari perayaan yang baru saja dilaksanakan. Tidak jarang terjadi perkelahian setelah perayaan (misalnya masalah parkir), atau makan selama perayaan dan pada saat komuni ikut menyambut komuni dan lain-lain. Berangkat dari sana ada sebuah kesimpulan bahwa perayaan ekaristi kerap dilepaskan dengan kehidupan konkret kita. Ekaristi kerap dilaksanakan sekedar sebuah kewajiban dan tidak menjemput pada pengalaman konkret hidup umat. Oleh karena itu muncul pertanyaan apa sesungguhnya sayang keliru di sini ? Mengapa Gereja berpendapat bahwa ekaristi adalah puncak kehidupan Gereja, sedangkan kenyataannya ada yang kurang menghayatinya ?

1. Belajar dari Teilhard de Chardin Teilhard adalah seorang imam, sekaligus sebagai seorang arkeolog. Ia bergabung dengan palang merah internasional saat perang dunia I. Dari sana ia dapat merasakan betapa besar penderitaan umat manusia. Setelah perang itu ia kerap berada di daerah-daerah non katolik untuk penelitian-penelitian arkeologi. Kendati demikian ia memiliki iman dengan Tuhan yang sangat kuat. Ia berpendapat bahwa seluruh masalah kehidupan manusia sesungguhnya adalah masalah iman. Berkenaan dengan ekaristi ia menghayati bahwa seluruh penderitaan umat manusia zaman kini digabungkan dengan penderitaan Kristus. Kristus telah menebus segala-galanya di dalam diriNya. Hal itu terjadi dalam persembahan kurban ekaristi. Oleh karena itu setiap memandang Kristus kita diingatkan atas cinta kasihNya yang begitu besar kepada manusia. (Le Cœr de la Matière).

2. Untuk Kita Dalam perjalanan hidup selama satu minggu, setiap orang memiliki suka dan duka dalam hidup ini. Suka-duka, kekeringan dalam hidup ini adalah bagian dari doa. Orang akhirnya harus kembali ke Dia dalam segala situasi hidup. Ini adalah suatu kecenderungan dan keterarahan kodratiah manusia.