U NIVERSITAS M ERCU B UANA Kelompok 4 :  Herdian (44411010008)  Nia Kurnia Dewi  Risky Prianto.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Siapakah sebenarnya diri kita?
Advertisements

Semester Ganjil KELAS X KHUSNUL IBAD AL MUDZAKKIR LANJUT.
Penciptaan Manusia Menurut Al Quran Dan Hadis
Dosen : Ravianty Dony, Psikolog
Pendidikan AGAMA ISLAM untuk SMA kelas X
Al-Qur'an & Iptek Tugas agama XII IPS.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
JIWA MANUSIA PERETEMUAN KE-10.
KEPRIBADIAN MENURUT ISLAM
Manusia dan Agama.
HAKIKAT MANUSIA; Siapakah aku ini?
BAB 2 MANUSIA DAN PERANANNYA DALAM PANDANGAN ISLAM
Pendidikan AGAMA ISLAM untuk SMA kelas X
Kejadian Manusia Menurut Al-Quran
Pokok Bahasan 3, ARIS RISDIANA, S.Sos.I, MM
ANTARA PSIKOLOGI BARAT
Pertemuan Kedua Manusia dan Agama
Manusia Dan Alam Semesta
Islam dalam aborsi.
Menurut Para Ilmuan manusia
A GAMA I SLAM DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I.
Manusia dan Agama.
PENCIPTAAN MANUSIA.
Dalam konsep pengetahuan
Islam dan Pendidikan Manusia dalam Kandungan
HAKIKAT MANUSIA DALAM PANDANGAN ISLAM
 ADITIA SAHRUL GUNAWAN ( )  AGUNG PANGESTU ( )  AMALIAH NURRROHMAH ( )
Siapakah Manusia itu...? Manusia adalah Makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna di muka bumi ini, di karnakan Manusia di lengkapi dengan Akal dan Fikiran.
Pertemuan Ke 3 dan 4 Hakikat Manusia dalam Pandangan Islam
Manusia a. Asal Usul Manusia b. Manusia Makhluk Berakal.
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
Tugasnya sebagai khalifah di bumi
Hakekat Manusia dan Pengembangannya
KELOMPOK I 1. Ana Hisbiana Al F.(B2A015016)
A. Manusia dan Alam Semesta
Manusia dan alam semesta Manusia menurut agama islam
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
BAB 2 MANUSIA DAN PERANANNYA DALAM PANDANGAN ISLAM
Karateristik dan Perbedaan Individu
PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI
MANUSIA DAN STATUS KEBERADAANNYA
BAB II HAKEKAT MANUSIA DALAM ISLAM
MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDU DAN SOSIAL
DNJ / dasar-dasar pendidikan
Kebutuhan pokok &tujuan utama hidup manusia
KELOMPOK 8 NELLA SORAJAGUSTI NILA KHOIRUL NAIM NURINDAH BUDIYANI
Assalamu’alaikum.
EKSISTENSI MANUSIA.
HAKEKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
Konsep Manusia dan Agama
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
Konsepsi Kemanusiaan.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNSUR DAN PROSES PENCIPTAAN MANUSIA
HAKEKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
Materi HAKIKAT POLA PENGASUHAN ANAK
PENGEMBANGAN NILAI UNTUK PENDIDIKAN MANUSIA SEUTUHNYA
Cahya Indah Purnamasari
QS Al-Mu’minun :
PERKEMBANGAN PRANATAL
Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
HAKIKAT DAN PERAN MANUSIA
Pengertian manusia; Proses terjadinya manusia;
Manusia & Nilai-nilai Kemanusiaan Oleh: Arianto Achmad
Assalamualaikum wr. Wb. Alik Murih Prabowo A
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
AHMAD RAMADHAN P KEPRIBADIAN PEMIMPIN. kepemimpinan tidak dapat dilepaskan dari masalah hubungan antar pribadi. Pemimpin dengan sifat-sifat.
Chintya Apriliani Siti Nur Arisah SIFAT DAN HAKIKAT JIWA MANUSIA hakikat manusia adalah rohani atau jiwa. Jasmani dan nafsu merupakan alat atau bagian.
Transcript presentasi:

U NIVERSITAS M ERCU B UANA Kelompok 4 :  Herdian ( )  Nia Kurnia Dewi  Risky Prianto

E KSISTENSI M ARTABAT M ANUSIA Menurut Ajaran Agama Proses Penciptaan Manusia Tujuan Penciptaan Manusia Fungsi dan Peran Manusia Potensi (Fitrah) Manusia Struktur Kepribadian Hakikat Manusia END

Konsep Islam Teori Pengetahuan

T EORI P ENGETAHUAN Teori Behaviorisme Teori Kognitif Teori Psikoanalisis Teori Humanisme

MENYEBUTKAN MANUSIA SEBAGAI H OMO M ECHANICUS ( TINGKAH LAKU MANUSIA TERBENTUK DARI PROSES PEMBELAJARAN DENGAN LINGKUNGANNYA, TIDAK DARI ASPEK RASIONAL / EMOSIONALNYA )‏ T EORI B EHAVIORISME

MENYEBUTKAN MANUSIA SEBAGAI H OMO L UDENS ( MAKHLUK BERMAIN, MANUSIA BERPERILAKU UNTUK MEMPERTAHANKAN, MENINGKATKAN, DAN SELALU MENGAKTUALISASIKAN DIRINYA / BERSIFAT SELALU AKTIF )‏ T EORI H UMANISME

T EORI P SIKOANALIS menyebutkan manusia sebagai Homo Valent ( makhluk berkeinginan, memiliki perilaku interaksi antara komponen biologis, psikologis, dan sosial)‏

MENYEBUTKAN MANUSIA SEBAGAI H OMO S APIENS ( MAKHLUK BERFIKIR, YANG SELALU BERUSAHA MEMAHAMI LINGKUNGANNYA )‏ T EORI K OGNITIF

T EORI I SLAM T EORI I SLAM Konsep An-Naas Konsep Insan Konsep Basyar Konsep Banu Adam

K ONSEP B ANU A DAM Menyatakan bahwa manusia adalah sebagai anak keturunan adam yang merupakan manusia yang pertama.

K ONSEP A N -N AAS Menyatakan bahwa kepada semua manusia, bahwa kita sebagai makhluk sosial.

K ONSEP I NSAN Kita makhluk yang menjadi (becoming), psikologis, spiritualis, yang bergerak ke arah kesempurnaan.

K ONSEP B ASYAR Menyatakan bahwa makhluk (manusia) sekedar berada (being), biologis, statis, seperti hewan.

P ROSES P ENCIPTAAN M ANUSIA Pengetahuan Umum Pengetahuan Al-Qur’an

P ENGETAHUAN U MUM Teori medis / kedokteran Manusia keturunan Adam diciptakan Allah melalui percampuran sperma dan sel telur.

P ENGETAHUAN A L -Q UR ’ AN Manusia keturunan Adam diciptakan Allah dari nutfah. (Q.S. 23:13-14), (Q.S. 86:5, dan Q.S. 32: 8-9)‏ Contoh Surah : Al-Mu’minun : 13-14

P ENGETAHUAN A L -Q UR ’ AN Manusia keturunan Adam diciptakan Allah dari nutfah. (Q.S. 23:13-14), (Q.S. 86:5, dan Q.S. 32: 8-9)‏                               13. “Kemudian kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim).” 14. “Kemudian air mani itu kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu kami bungkus dengan daging. Kemudian kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta yang paling baik.” Contoh Pada Surah Al-Mu’minuun ayat 13-14, berbunyi :

S TRUKTUR K EPRIBADIAN MANUSIA JISMIYAHNAFSIYAHRUHANIYAH HAWA NAFSU AKALKALBU GHADABSYAHWAT

ASPEK JISMIAH (JASAD) ‏ Karakteristik:memiliki bentuk / rupa, bergerak / diam, tumbuh dan berkembang, jasad yang terdiri dari berbagai organ. Material yang substansi sebenarnya mati. Hidup karena dimotori oleh substansi lain, yaitu nafs dan ruh.

A SPEK NAFSIAH ADALAH KESELURUHAN KUALITAS KHAS KEMANUSIAAN BERUPA PIKIRAN, PERASAAN, KEMAUAN, DAN KEBEBASAN. N AFS MEMILIKI NATUR GABUNGAN ANTARA JASAD DAN RUH. A PABILA IA BERORIENTASI PADA NATUR JASAD MAKA TINGKAH LAKUNYA MENJADI BURUK DAN CELAKA, TETAPI APABILA MENGACU PADA NATUR RUH MAKA KEHIDUPANNYA MENJADI BAIK DAN SELAMAT. D ENGAN KATA LAIN NAFS DIPERSIAPKAN UNTUK DAPAT MENAMPUNG DAN MENDORONG MANUSIA UNTUK MELAKUKAN PERBUATAN BAIK DAN BURUK. A SPEK N AFSIYAH

S TRUKTUR RUH MEMBERIKAN CIRI KHAS DAN KEUNIKAN TERSENDIRI MENURUT AJARAN I SLAM. R UH MERUPAKAN SUBSTANSI PSIKOLOGIS MANUSIA YANG MENJADI ESENSI KEBERADAANNYA. R UH MEMBUTUHKAN JASAD UNTUK AKTUALISASI DIRI. S AMPAI SAAT INI BELUM ADA YANG MEMAHAMI HAKIKAT RUH SECARA PASTI, KARENA RUH MERUPAKAN SEBUAH MISTERI ILAHI. D ALAM A LQURAN DIJELASKAN BAHWA RUH MERUPAKAN URUSAN DAN ATAU HANYA DIPAHAMI OLEH A LLAH. M ANUSIA SAMA SEKALI TIDAK MEMAHAMINYA KECUALI SEDIKIT (QS. A L -I SRA : 85). R UH ADALAH ASPEK PSIKIS MANUSIA YANG BERSIFAT SPIRITUAL. A SPEK R UHANIYAH

T UJUAN P ENCIPTAAN M ANUSIA  Tujuan Umum di Dunia Untuk sukses di dunia dan di akhirat dengan cara melaksanakan amal shaleh yang merupakan investasi pribadi manusia sebagai individu.  Tujuan dalam Keluarga Untuk mempunyai keluarga yang bahagia dan tentram.  Tujuan dalam Masyrakat Untuk mendapatkan Keberkahan yang melimpah.  Tujuan Bernegara Menjadi warga Negara yang baik dalam bernegara.  Tujuan dalam Pergaulan Internasional Untuk saling membantu antara negara yang satu dengan negara yang lain.

F UNGSI DAN P ERAN M ANUSIA 1. Menjadi Abdi ALLAH 2. Menjadi Saksi ALLAH 3. Menjadi Khalifah ALLAH

P OTENSI (F ITRAT ) M ANUSIA  Potensi Fisik (Psychomotoric) Merupakan potensi fisik manusia yang dapat diberdayakan sesuai fungsinya untuk berbagai kepentingan dalam rangka pemenuhan kebutuhan hidup.  Potensi Mental Intelektual (IQ) Merupakan potensi yang ada pada otak manusia  Potensi Mental Spritual Question (SP) Merupakan potensi kecerdasan yang bertumpu pada bagian dalam diri manusia yang berhubungan dengan jiwa dan keimanan dan akhlak manusia.  Potensi Sosial Emosional Merupakan potensi yang ada pada otak manusia fungsinya mengendalikan amarah, serta bertanggung jawab terhadap sesuatu.

S EKIAN