INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Faktor Manusia dan Lingkungan Kerja
Advertisements

2. FAKTOR MANUSIA Sistem komputer terdiri atas tiga aspek yaitu :
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Faktor Manusia.
Pertemuan ke 4 1 erna kumalasari nurnawati.  komputer dimodelkan secara konvensional sebagai suatu kombinasi pemroses sentral dan hubungannya dengan.
Interaksi Manusia dan Komputer Kuliah ke 3 : Profil pemakai
Interaksi Manusia dan Komputer - part 2 Danny Kriestanto, S.Kom., M.Eng.
PEMODELAN SISTEM PENGOLAHAN MANUSIA
FAKTOR MANUSIA SESI II. LUMINANS banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh permukaan objek. (1 luks = 1 lumen/m 2 ) LUMINANS = RINCIAN OBYEK DAPAT.
ASPEK MANUSIA DALAM IMK
ASPEK MANUSIA DALAM IMK
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER “Faktor Manusia”
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Oleh : VISKA ARMALINA, ST., M.Eng
FAKTOR MANUSIA IMK - M2.
FAKTOR MANUSIA.
Interaksi Manusia dan Komputer
IMK 1. Pengantar IMK. 2. Faktor Manusia Kerangka Kerja
Interaksi Manusia Dan Komputer (Manusia)
MANUSIA.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
Pertemuan 2 FAKTOR MANUSIA.
SALURAN INPUT OUTPUT.
Sensasi dan Persepsi Akademi Perawat Panti Waluya.
Interaksi Manusia dan Komputer
Memahami Faktor manusia yang berhubungan dengan IMK
Faktor Manusia.
Pertemuan 2 FAKTOR MANUSIA.
FAKTOR MANUSIA DALAM INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER.
SI122 – Interaksi Manusia dan Komputer
Teori Pemprosesan Informasi
ASPEK MANUSIA DALAM IMK
Interaksi Manusia & Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia & Komputer Faktor Manusia
Profil pemakai Pertemuan ke 3.
Oleh : IMAM BUKHARI, S.KOM., MM
Profil pemakai Pertemuan ke 3.
Anna Dara Andriana S.Kom.,M.Kom
Interaksi Manusia – Komputer Rani Susanto, M.Kom
Interaksi Manusia Dan Komputer (Manusia.. Lanjutan)
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Faktor Manusia Dalam IMK Kuliah II
FAKTOR MANUSIA (2) (LANJUTAN) DOSEN. UTAMI DEWI WIDIANTI.
MEMORI DAN PROSES BERPIKIR
Faktor Manusia.
Faktor Manusia dalam IMK
Interaksi Manusia dan Komputer
Profil pemakai Pertemuan ke 3.
Faktor Manusia.
Interaksi Manusia Dan Komputer (Manusia)
Pertemuan 2 FAKTOR MANUSIA.
Bina Sarana Informatika
FAKTOR MANUSIA SESI II.
Pertemuan 2 FAKTOR MANUSIA.
Faktor Manusia.
Pertemuan Ketiga Manusia
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
FAKTOR MANUSIA.
Faktor Manusia.
PERILAKU BERBAHAYA & DETERMINAN PERILAKU BERBAHAYA
Interaksi Manusia dan Komputer
1 Visi Menjadi Perguruan Tinggi yang Unggul di bidang Teknologi Telematika dan membentuk insan yang berkarakter di Indonesia Misi 1. Menyelenggarakan.
PERTEMUAN 2 Faktor Manusia
Faktor Manusia.
Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI.
PERTEMUAN 3 Faktor Manusia
Faktor Manusia Pendahuluan Aspek dalam sistem komputer ▫ Aspek hardware (Perangkat Keras) ▫ Aspek software (Perangkat Lunak) ▫ Aspek brainware (Manusia)
Transcript presentasi:

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER HUMAN Oleh: HARIS MUNANDAR

AGENDA PENGANTAR PEMODELAN SISTEM PENGOLAH SALURAN INPUT – OUTPUT MANUSIA MODEL OF MEMORY (HUMAN) THINKING SKILL AND MENTAL MODELS ERROR AND MENTAL MODELS

PENGANTAR

Aspek Sistem Komputer Sistem Komputer Brainware Software Hardware

Pemodelan Komputer Pengontrol Peranti Pengingat Asosiatif Pengolah Pusat Pengingat Asosiatif Pengontrol Peranti Komunikasi

Perbandingan Kecakapan Relatif Kecakapan Manusia Kecakapan Komputer Estimasi Intuisi Kreativitas Adaptasi Kesadaran serempak Pengolahan abnormal Pengingat asosiatif Pengambilan keputusan non-deterministik Pengenalan pola Pengetahuan dunia Kesalahan manusiawi Kalkulasi akurat Dedukasi logika Aktivitas perulangan Konsistensi Pekerjaan serempak Pengolahan rutin Penyimpan dan pemanggil kembali data Pengambilan keputusan deterministik Pengolahan data Pengetahuan domain Bebas dari kesalahan

PEMODELAN SISTEM PENGOLAH

Model Sistem Pengolahan pada Manusia dan Komputer

SALURAN INPUT – OUTPUT MANUSIA

Indera Penglihatan Luminasi Kontras Kecerahan Sudut dan ketajaman penglihatan Medan penglihatan warna: psikologi warna & persepsi Membaca 250 kata/ menit

Indera Pendengaran Deteksi suara: 20 H z - 20 KH z Kebisingan percakapan: 50 dB – 70 dB Menyediakan informasi: jarak, arah, objek

Sentuhan Menyediakan umpan balik dari lingkungan. Dikaitkan dengan aspek ergonomis. Contoh: penggunaan papan ketik.

Gerakan Kepala dan mata, terdapat 2 cara perekaman dari mata dan kepala untuk dikonversikan kedalam input data , yaitu: Metode pertama: Electrophysiological, perekaman dilakukan dengan pergerakan yang dilakukan oleh otot-otot yang mengontrol mata. Metode kedua: menggunakan photoelectric reflection untuk merekam gerakan dalam refleksi cahaya dari mata.

MODEL OF MEMORY (HUMAN)

Model Persepsi, Kognisi, dan Pengingat Manusia

Register Sensori Menyimpan suatu informasi dalam waktu yang sangat singkat Iconic – visual Echoic – sound/voice Haptic – touch Informasi berlalu dari alat sensor (sensory) ke memori jangka pendek dengan perhatian Secara terus menerus akan diperbaharui

Pengingat Jangka Pendek Menahan informasi secara terbatas untuk suatu periode waktu/ pendek (a few second). Pengambilan informasi secara sementara. Contoh: perhitungan-perhitungan yang ringan.

Pengingat Jangka Panjang Permanent, Menyimpan informasi dalam jangka waktu yang tidak terbatas. Contoh yang terdapat pada memori jenis ini adalah: Experience knowledge Procedure rules From behaviour

THINKING

Thinking Reasoning Deducative Inductive Abductive Problem Solving Gestalt Problem Space Analogi

SKILL AND MENTAL MODELS

Skill and Mental Models Keahlian (Skill) Bagaimana keahlian manusia didapat? Bagaimana manusia meningkatkan keahliannya ? Menurut Anderson ACT : Dengan menggunakan metode umum(general-purpose rules) untuk menginterprestasi masalah Dengan mengembangkan metode yang lebih khusus untuk menyelesaikan tugas Metode ditingkatkan untuk mempercepat penyelesaian Kesalahan dan Mental Models Manusia dapat membuat kesalahan (human-error) Kemampuan dan Keterbatasan Manusia mempunyai keterbatasan kemampuan dipengaruhi oleh : Jenis Kelamin Kemampuan fisik ; keletihan , dll Usia Pengaruh Psikologis ; stress, Depresi, dll

ERROR AND MENTAL MODELS

Error and Mental Models Slips (tergelincir) niat benar, tetapi gagal melakukannya dengan benar Penyebab: Kemampuan secara phisik yang lemah, tidak memperhatikan dll. Perubahan arah aspek kemampuan perilaku (kebiasaan) dapat menyebabkan Slips Mistakes (kekeliruan) Perhatian yang salah Penyebab : Pengertian yang salah Manusia menbuat ‘mental models’ untuk memjelaskan perilaku (kebiasaan). Jika salah (berbeda dengan sistem yang nyata) kesalahan dapat terjadi.

Terima Kasih…