Multimedia Design Principles Pertemuan 9 Matakuliah: T0732 / Sistem Multimedia Tahun: 2007.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Desain Web Nanik Triana, M.Kom
Advertisements

Desain Web R0312 – Grafik Komputer.
DASAR-DASAR DESAIN DAN DASAR-DASAR DESAIN DESAIN UNTUK MEDIA WEB Widianto Nugroho, S.Sn.
Cara Menghitung Ukuran File Gambar
Image Editing Pertemuan Matakuliah: L0182 / Web & Animation Design Tahun: 2008.
KONSEP WEB.
PENGERTIAN CSS.
Interaksi Manusia dan Komputer
CSS.
Web and Multimedia based Programming K2133 Pemrograman berbasis Web dan Multimedia 1.
Designing Effective Output / Input
Gaya Geser Pada Penampang Beton Prategang Pertemuan 12
Pertemuan 6 Alat Bantu Authoring Multimedia
Menggunakan Macromedia Dreamweaver MX Dan Macromedia Flash MX Pembuatan Website Objek Wisata Pergunungan Daerah Jawa Barat Dengan for further detail, please.
Pengertian Identity Manual Pertemuan 10
Matakuliah : S0084 / Teori dan Perancangan Struktur Beton
Matakuliah: R0604/ Komputasi Desain Arsitektur II Tahun: 2008 Pertemuan 5 Viewing Object.
Pertemuan 26 PERANCANGAN LANJUT
Pertemuan <<3>> MENU, FORMULIR, DAN KOTAK DIALOG
Pertemuan 12 Perancangan dan Pengembangan Sistem Multimedia Interaktif
1 Pertemuan 19 Rendering perspektif mata burung Matakuliah: R0124 / Teknik Komunikasi Arsitektur Tahun: 2005 Versi: >/ >
NamaSlide Tika Listiani Umar3-5 Erwin Suganda6-8 Indah Rahmawati Putri9-11 Ivan David12-14 Heru Setiawan15-17.
Interaksi Manusia & Komputer Desain
Interaksi Manusia dan Komputer
WEBSITE PEMBUATAN for further detail, please visit
Tahapan Pengembangan Multimedia
Membangun Menu Sistem dan Skema Navigasi
KONSEP DASAR DESAIN WEB
Pramita Firnanda 2 D3 Teknik Informatika A
Web-Based User Interface
DESAIN.
Step 4 : Membangun Menu Sistem dan Skema Navigasi
Step 3: Memahami Prinsip Desain Antarmuka
Membangun Menu Sistem dan Skema Navigasi
Perancangan Multimedia Bertalya
Web-Based User Interface
Web-Based User Interface
Text dan Hypertext Pertemuan 3
konsep TEXT Anwari.,S.Sos.,M.Si diharapkan mahasiswa akan mampu :
Matakuliah : Desain Komunikasi Visual II (New Media)
Pertemuan 4 ALGORITMA lanjutan….
(Cascading Stylesheet)
HTML Introduction and Formatting Session 06 & 07
CSS Pertemuan 12 Matakuliah : L0182 / Web & Animation Design
Oleh: Syukriya Al Asyik, S.kom
Mobile Device User Interface
KRITERIA DESAIN, STANDAR DESAIN, DAN METODE ANALISIS PERTEMUAN 6
Menyeimbangkan fungsi dan estetika Pertemuan 9
DESAIN STRUKTUR BALOK BETON PERSEGI BERTULANGAN RANGKAP PERTEMUAN 14
Pemilihan Tipe Windows
Membangun Web yang baik (lanjutan)
STRUKTUR BETON DI DALAM GESER DAN TORSI PERTEMUAN 08
Sikllus Pengembangan Aplikasi Multimedia
DESAIN STRUKTUR KOLOM PENDEK PERSEGI PERTEMUAN 17
Hyperlink & Form Pertemuan 11
Designing Effective Output / Input
DESAIN PONDASI DANGKAL GABUNGAN PERTEMUAN 22
DESAIN GRAFIS IMK 2015 Laseri, S.Kom.
Hyperlink and Form Session 10 & 11
Introduction to Web & HTML Pertemuan 08
REKAYASA WEB Development Process
Matakuliah : S0084 / Teori dan Perancangan Struktur Beton
KAPASITAS PENAMPANG MENAHAN GAYA LINTANG Pertemuan 13
Matakuliah : Desain Komunikasi Visual II (New Media)
Prategang Pada Struktur Statis Tak Tentu Pertemuan 13
Abdu Hari Wijaya Nurul Fajri
MUHAMAD HENRICK CAHYANTO, ST SMAN 11 BANDUNG
MUHAMAD HENRICK CAHYANTO, ST SMAN 11 BANDUNG
Rekayasa Perangkat Lunak
E L E M E N MULTIMEDIA Toto Haryadi MULTIMEDIA
Transcript presentasi:

Multimedia Design Principles Pertemuan 9 Matakuliah: T0732 / Sistem Multimedia Tahun: 2007

Bina Nusantara Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : memilih desain yang baik untuk informasi, interface dan navigasi aplikasi multimedia

Bina Nusantara Outline Materi Perancangan Informasi Navigasi Perancangan Interface Metafora

Bina Nusantara Arsitektur Informasi Linear / Sequential  menceritakan Hierarchical  informasi terorganisasi Network / Web  exploring

Bina Nusantara Isu Struktural Depth / Kedalaman Breadth / Keluasan

Bina Nusantara Navigasi Pertanyaan Kunci –Where am I? (Di mana aku ?) –Where have I been? (Dari mana aku?) –Where can I go to? (Ke mana aku bisa pergi?) Teknik Navigasi –Browsing –Searching –Site Maps –Indexes

Bina Nusantara Navigasi Menyediakan indikator - ‘you are here’ –Cascading menus –Thumbnail maps –Color coding Menyediakan ‘Search facilities’ –Sitemaps

Bina Nusantara Atribut Usability Kecocokan antara sistem dan dunia nyata Kendali dan kebebasan  menyediakan undo dan redo Konsistensi dan standarisasi  “exit” atau “quit” ? Pencegahan kesalahan Fleksibilitas dan efisiensi penggunaan  expert/basic mode Estetika dan perancangan minimalis Bantu user untuk mengenali, mendiagnosa, dan memperbaiki kesalahan  understandable error message From Jacob Nielsen’s “Ten Usability Heuristics”Ten Usability Heuristics

Bina Nusantara Isu Perancangan Antarmuka Hyperlinks, icons dan buttons Penempatan (Alignment) Text Warna Ukuran dan resolusi layar

Bina Nusantara Hyperlinks, Icons, dan Buttons Gunakan warna umum untuk mengindikasikan status hyperlinks (selected, rollover, atau clicked) Sediakan icons/buttons yang masuk akal Jangan paksa user untuk mengenali icon baru/spesial Bagaimana buttons diaktifkan/dipilih  highlight atau perubahan bentuk

Bina Nusantara Penempatan (Alignment) Baik untuk elemen ‘horizontal’ maupun ‘vertical’ Alignment yang baik membantu komunikasi yang lebih baik / bersih Centered text terlihat tidak indah dan menambah waktu membaca Keseragaman alignment untuk semua elemen di keseluruhan halaman website

Bina Nusantara Text Membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membaca dari layar daripada dari buku Perhatikan hirarki informasi Tampilkan informasi kunci lebih dulu Dalam menulis : langsung, padat, paragraf pendek dan gunakan point-point (bulleted lists) Batasi penggunaan typefaces : max 2 typeface Sans-serif faces lebih mudah dibaca

Bina Nusantara Warna Gunakan kombinasi yang sederhana  teori warna Warna hangat (warm colors) terlihat lebih besar dari warna dingin (cool colors) Warna cerah (bright colors) lebih besar dari warna gelap (dark colors) Warna kuat (intense), warna primer (saturated) dapat menyebabkan mata lelah jika digunakan dalam jumlah besar, jadi jangan gunakan warna-warna tersebut sebagai latar belakang (background)

Bina Nusantara Mana yang lebih baik?

Bina Nusantara Resolusi Layar 2006 Statistic 2001 Statistic 640x480: 5.3 % 800x600: 13.2 % 1024x768: 44.4 % 1152x864: 5.2 % 1280x1024: 31.9 % From Screen-Resolution.com 640x480: 5.7 % 800x600: 52.5 % 1024x768: 32.7 % 1152x864: 2.3 % 1280x1024: 2.9 % From statmarket.com Resolusi semakin lama semakin besar Rancang untuk yang terrendah dan paling banyak digunakan untuk menjamin keberhasilan

Bina Nusantara Poin-Poin Perancangan Interface Tentukan di mana area kendali (control area) dan area utama (stage area) Pilih gambar background yang tidak ramai dan gambar button yang tepat Perlihatkan ke-penting-an suatu informasi secara visual KISS

Bina Nusantara Metafora Aplikasi yang kompleks dapat dimengerti dengan lebih mudah jika user interfacenya digambarkan dengan sesuatu yang sudah umum Metafor yang tepat memudahkan user untuk belajar/mengingat aturan/prosedur aplikasi sesedikit mungkin

Bina Nusantara Metaphor Example – ReadPlease

Bina Nusantara Metaphor Example – PowerDVD = Tape Deck

Bina Nusantara Isu-Isu Metafora Digunakan untuk menggambarkan aplikasi, bukan suatu button Memungkinkan beberapa metafora dalam satu aplikasi Metafora tidak harus selalu ada Gunakan metafora yang akan dimengerti oleh lebih banyak user Beberapa metafora belum tentu dikenal pada kebudayaan yang berbeda

Bina Nusantara Q & A