Flow Control & Exception Handling

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
EXCEPTION HANDLING.
Advertisements

Try, Catch, Finally Throws
Malang,22 November 2012
Pemrograman Berorientasi Objek
Universitas Muhammadiyah Malang Fakultas Teknik Jurusan Teknik Informatika Semester Genap Nur hayatin, S.ST.
Dasar Exception Handling
Pemrograman JAVA (TIB09)
PENYELEKSIAN KONDISI (PEMILIHAN)
PERTEMUAN 4 Penyeleksian kondisi
PHP (2) Pemrograman Internet.
Struktur Kontrol.
Struktur Kontrol #2 Perulangan
Pengenalan Pemrograman 1 Versi 2.0 Struktur kontrol.
KONTROL ALUR EKSEKUSI PROGRAM
Flow Control & Exception Handling
PERTEMUAN 2 Variabel, Ekspresi, Operator, dan Flow Control
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Nandang Hermanto PK2 Pertemuan 3. Perulangan Pernyataan while Pernyataan do..while Pernyataan for.
MATA KULIAH : PEMROGRAMAN 3 JAVA PROGRAMMING (JSE)
Pengenalan Pemrograman 1 Versi 2.0 Struktur kontrol.
Dasar exception handling
EXCEPTION TRY-CATCH-FINALLY
Flow Control & Looping Pertemuan 4 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita.
2 JAM TEORI dan 1 jam praktek
PELATIHAN JAVA FUNDAMENTAL
Algoritma & Pemrograman 1
Struktur Kontrol Pemilihan
Struktur kontrol ∞ kondisi. ∞ if-else ,
Exceptional Pendahuluan Bugs dan error dalam sebuah program sangat sering muncul meskipun program tersebut dibuat oleh programmer berkemampuan tinggi.
Pertemuan 12 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita
Do you remember this?.  Strategy  Concrete Strategy  Context  Client Strategy Pattern consists of..
Struktur kontrol.
Perulangan (Iteration)
03 Elemen Dasar Bahasa Java
MATERI IV OOP (Object Oriented Programming) Chapter II.
Dasar exception handling
Try, Catch, Finally Throws
Pemrograman berbasis obyek
Algoritma & Pemrograman 1
Penanganan Eksepsi.
Object-oriented Programming (OOP) with JAVA 2011/2012
Struktur Kontrol Perulangan
Struktur Kontrol Struktur kontrol if Struktur kontrol if-else
MODUL 3 PERULANGAN PERCABANGAN ARRAY
Pernyataan Pertemuan 3 Season 1
Pemprograman Berorientasi Objek
STRUKTUR KONTROL.
Struktur Kontrol Pemilihan
Pertemuan 5 Tipe Data, Operator, Tata Bahasa
Penanganan Eksepsi Pertemuan Ke- 9.
INPUT DATA, PERCABANGAN & PERULANGAN DENGAN JAVA
PERCABANGAN & PERULANGAN DALAM JAVA
Algoritma & Pemrograman 1
Perulangan / Looping / Repetisi PEMROGRAMAN DASAR
Pemrograman Web Lanjut “Pertemuan ke-3”
Percabangan dan Perulangan.
Algoritma & Pemrograman 3
Latihan & Studi Kasus Perulangan / Looping PEMROGRAMAN DASAR
Exception Handling, Package, Abstract Class & Interface
PRAKTIKUM DASAR PEMROGRAMAN
JAVA FUNDAMENTAL.
Percabangan/Penyeleksian Kondisi
Flow Control & Exception Handling
Pemrograman Berorientasi Obyek
Dasar exception handling
Pernyataan Kondisional, Perulangan dan Jump
Konsep Bahasa Pemrograman I Operator
Struktur Kontrol Pemilihan
Struktur Kontrol Pemilihan Struktur kontrol pemilihan adalah pernyataan dari Java yang mengijinkan user untukmemilih dan mengeksekusi blok kode spesifik.
DPH1C4 Pemrograman berorientasi Obyek
Transcript presentasi:

Flow Control & Exception Handling Pemrograman Berorientasi Obyek Flow Control & Exception Handling

Flow Control / Kontrol Alur Digunakan untuk mengatur alur eksekusi program sesuai dengan kondisi yang telah ditentukan. Dalam Java ada 3 macam kontrol alur: Selection (Percabangan/Seleksi) Iterasi (Perulangan/Looping) Jump

Selection Terdapat 2 kata kunci dalam Java untuk melakukan seleksi: if dan switch Sama-sama digunakan untuk menentukan alur eksekusi program mana yang akan dijalankan pada suatu percabangan.

if … else …

Penjelasan if … else … Jika kondisi di dalam if bernilai True, maka statement(s) di dalam blok if yang akan dieksekusi dan mengabaikan statement(s) yang ada di dalam blok else. Demikian juga sebaliknya, jika kondisi pada if bernilai False, maka statement(s) di dalam blok if tidak dieksekusi dan statements(s) yang ada di blok else yang akan dieksekusi.

Contoh penggunaan if … else …

if … else … Bertingkat Pada prinsipnya sama saja, hanya kita dapat mengkombinasikan penggunaannya menjadi bertingkat. if(kondisi1) { pernyataan1; } else if(kondisi2) { pernyataan2; else if(kondisi3) { pernyataan3; else { pernyataan default;

Contoh if … else… bertingkat

switch case Penggunaan switch case mirip dengan penggunaan if bertingkat, di mana kita dapat menggunakannya untuk percabangan yang lebih dari satu. Dapat dijadikan alternatif terbaik dibandingkan if bertingkat.

contoh

Iterasi atau Perulangan Java memiliki 3 jenis iterasi yang dapat digunakan untuk mengulang sejumlah statement(s) yang sama tanpa menulis statement(s) tersebut secara berulang, yaitu: for while do - while

for Pola penggunaan for : for(inisialiasasi;kondisi;iterasi){ pernyataan; } Inisialisasi: nilai awal iterasi / inisialisasi variabel awal. Kondisi: pernyataan yang akan diperiksa dan berupa boolean True or False. Iterasi: pernyataan yang mengubah nilai variabel pengontrol jumlah perulangan.

… Berikut ini 3 tahap urutan eksekusi bentuk for: Pernyataan untuk inisialisasi akan dieksekusi di mana eksekusi ini hanya akan dilakukan sekali saja pertama kali. Kondisi akan diperikasa apakah bernilai True atau False. Jika True maka pernyataan dalam blok for akan dieksekusi. Pernyataan iterasi dieksekusi, kemudian kembali ke tahap kedua di atas.

Flowchart for

Contoh for

Contoh for (1) Output???

Contoh for (1) Output???

Contoh for (2) Output???

Contoh for (2) Output???

Contoh for (3) Output???

Contoh for (3) Output???

while while(kondisi) { pernyataan; } Kondisi dapat berupa ekspresi boolean yang mengembalikan nilai True atau False. Pernyataan akan dieksekusi jika kondisi bernilai True.

Flowchart while

contoh

do while do { blok perulangan; } while(kondisi); Pernyataan yang akan dieksekusi harus diletakkan dalam blok code sekalipun hanya ingin mengeksekusi satu buah pernyataan saja. Pengecekan kondisi True atau False dilakukan pada bagian akhir sehingga pernyataan dalam blok perulangan akan dieksekusi minimal 1 kali, walaupun eksekusi do..while pertama kali menemukan kondisi FALSE.

Flowchart do-while

contoh

Jump Java mengenal 3 buah perintah untuk memindahkan alur eksekusi program ke bagian lain dalam program. break continue return

break Penggunaan break adalah untuk menghentikan proses perulangan dalam for, while dan do while.

Contoh break…

continue Mengabaikan statement dari iterasi yang sedang berjalan kemudian melanjutkan pada iterasi berikutnya.

Contoh continue…

return Perintah return biasanya digunakan di dalam method. Dengan menggunakan perintah ini, maka alur eksekusi dikembalikan ke bagian dari program yang memanggil method tersebut.

Exception Handling Exception handling adalah suatu mekanisme penanganan error yang mungkin terjadi dalam suatu program. Misalnya sebuah program yang memiliki operasi pembagian, di mana suatu ketika user menginputkan bilangan pembagi atau denumerator 0, maka program tersebut harus memiliki suatu exception handling untuk kasus tersebut. Contoh kasus lain: Akses keyboard Akses CD ROM Akses File Akses Database sehingga apabila alat-alat yang kita butuhkan dalam program kita tersebut tiba-tiba terputus aksesnya maka program kita tidak secara tiba-tiba mati dan agar program kita bisa terus berjalan

Tidak Menggunakan Exception Handling Menggunakan Exception Handling … Tidak Menggunakan Exception Handling Menggunakan Exception Handling Menjalankan perintah Jika dalam menjalankan perintah menemui error Program berhenti Exception akan melemparkan error tersebut Catch akan menerima dan memproses error tersebut Program menjalankan perintah selanjutnya

… Sehingga dengan menggunakan Exception Handling kita dapat memprevent terjadinya runtime error yang menyebabkan program kita berhenti di tengah tengah jalan. Contoh exception yang bisa terjadi: java.lang.ArithmeticException  terjadi jika kita melakukan pembagian bilangan dengan 0. exception ArrayIndexOutOfBounds  terjadi jika kita mencoba mengakses elemen array yang tidak ada. NumberFormatException  terjadi ketika kita mencoba melalui parameter bukan angka dalam method integer. Dsb…

Cara menangani exception Untuk menangani exception dalam Java, kita gunakan blok try-catch menempatkan pernyataan yang mungkin menghasilkan exception di dalam blok ini. Bentuk umum dari blok try-catch adalah:

contoh

Contoh 2 import java.util.Scanner; /** * * @author christine */ public class input { public static void main(String[] args) { Scanner a = new Scanner(System.in); System.out.println("Masukkan nama anda = "); String nama = a.next().toString(); System.out.println("Hallo "+nama); }

Take Home Buat program sederhana Outputnya : Masukkan tinggi segitiga :9

Ketentuan Tugas kelompok 2 orang Copas nilai = 0 Dikumpulkan minggu depan hardcopy sourcecode dan printscreenya. GBU

See You Next Week