EMMY PUSPITASARI, 2102405584 Tokoh Utama dalam Cerkak Mancanegara Serenada Schubert Terjemahan Moechtar.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
DEVI DWI ASTITI, Kepribadian Tokoh dalam Novel Pawestri Tanpa Idhentiti Karya Suparto Brata.
Advertisements

SUWARSIH, Kriminalitas dalam Novel Kembang Kantil Karya Senggono.
KRISTIANA EVA YULIANI, Tokoh Arjuna Sebagai Titik Temu Antara Wayang Gombal dan Carita Baratayuda.
RATIH BUDI NURANI, Cerita Jaka Setya Lan Jaka Sedya Karangan Mas Arjasuwita Dalam Kajian Greimas.
IMA ISTIANI, Tokoh Panji Dalam Serat Panji Balitar.
HERI ROHMADANI, Heroisme Dalam Serat Menak Dewi Soja.
AHMAD MUHAJIR, FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA KELAS X DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMA ISLAM SULTAN AGUNG.
NINTA KARINA BANGUN, FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR STANDAR KOMPETENSI MENCATAT DIKTE UNTUK MEMPERSIAPKAN NASKAH PADA SISWA.
SUCI ANGGARINI, Aspek Tokoh dan Penokohan dalam Kumpulan Cerkak Panggung Sandiwara Karya Daniel Tito dan Kesesuaiannya sebagai Bahan Ajar di.
RUDIANTO, NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM SERAT CEMPORET KARYA R. NG. RANGGAWARSITA.
SITI ROKHANA, Analisis Tokoh Utama dengan Teori Psikoanalisa Sigmund Freud pada Cerpen HANA Karya Akutagawa Ryunosuke.
SUWASTI RATRI ENI LESTARI, Semiotik Syair Lagu Karya Sujiwo Tejo Album Pada Suatu Ketika.
YULIA PUSPITASARI, Struktur Cerita dan Nilai Kepatuhan Masyarakat Desa Somawangi Kabupaten Banjarnegara Dalam Narasi Cerita Rakyat Raden Somawangi.
ZULNITA MUSFIANI, Intertekstual Wayang Gombal dalam Majalah Jaya Baya.
WAHYU HANDAYANI, Serat Warawurcita dalam Kajian Struktural.
DHENY PURWINARTI, Citra Perempuan Jawa dalam Novel Sanja Sangu Trebela Karya Peni.
PUJIANIK, Novel Panglipur Wuyung Asmara Ing Bandjir Lusi Karya JA. Setia Kajian Stilistika.
LAILY HAYUNING TYAS, Analisis Kelayakan Penyajian Materi Kompetensi Berbicara Pada Buku Teks Basaku Basamu Basa Jawa dan Marsudi Basa lan Sastra.
MUHAMMAD HERU WIBAWA, WATAK DAN PERILAKU TOKOH UTAMA NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA.
ANDIKA RAKA DIANJAYA, Skizofrenia sebagai Fenomena Psikologis dalam Cerpen Le Horla Karya Guy de Maupassant.
NOR HIDAYAH, CITRA DIRI WANITA CINA DALAM NOVEL PUTRI CINA KARYA SINDHUNATA.
ROMADHASARI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK SISWA KELAS VIIIC SMP NEGERI 3 REMBANG DENGAN MEDIA KARTU GAMBAR MELALUI.
DIANA EKA JAYANTI, Parikan Dalam Gendhing Tayub Blora.
NURUL BEKTI RUSILAWATI, Peningkatan Kemampuan Menulis Skenario Sandiwara pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Ngawen dengan Media Film Animasi.
TRIMIATI, Puitika Widodo Basuki Dalam Kumpulan Geguritan Layang Saka Paran.
YENNY NOOR AFIFA, KONFLIK BUDAYA TOKOH LELAKI DALAM NOVEL TIBA-TIBA MALAM KARYA PUTU WIJAYA.
JOKO WURYANTO, Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Lakon Dewa Ruci Versi Ki Anom Suroto dan Kemungkinannya sebagai Bahan Ajar bagi Siswa.
DEWI INDAH LESTARI, Struktur Dramatik Lakon Wayang Karna Tandhing Oleh Ki Enthus Susmono.
TAWAR INDARWANTO, Tinjauan Tema, Amanat, Fungsi Ekspresif Referensial dan Puitik dalam Kumpulan Puisi Le feu de joie Karya Louis Aragon.
SHOFIYATUN, KONFLIK PSIKOLOGIS TOKOH UTAMA DALAM NOVEL TUHAN, IZINKAN AKU MENJADI PELACUR KARYA MUHIDIN M. DAHLAN.
DEDY BAGOS ARDIYANTO, SURVEI MOTIVASI SISWA MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMP NEGERI DAN SEDERAJAT SE- KECAMATAN KARANGAWEN.
CHARISAH MILATILLAH, Watak Tokoh-tokoh dalam Kumpulan Crita Cekak Ajur Karya Akhir Lusono.
AWAN KURNIAWAN, ASPEK SOSIAL DALAM NOVEL BILA MALAM BERTAMBAH MALAM KARYA PUTU WIJAYA.
NOVIA FITRIANI, Kepahlawan Dalam Serat Pedhalangan Arjuna Wiwaha.
ENIK MURDIESTI, PENYIMPANGAN PERILAKU ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM KUMPULAN CERPEN CERITA PENDEK TENTANG CERITA CINTA PENDEK KARYA DJENAR MAESA.
FRANSISCUS XAVERIUS HARDANTO, Penokohan dalam Novel Pertemuan Dua Hati Karya N.H. Dini dan Kemungkinannya sebagai Bahn Ajar di SMA/ MA.
DHITA YULIA NAWATI, LINGKUNGAN PENDIDIKAN DAN AKTIVITAS BELAJAR YANG MENDUKUNG PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi di SMA Negeri 1 Bawang Banjarnegara)
B.WIDIA HAYU SAMAPTA, Novel Ombak Sandyakalaning dalam Kajian A.J. Greimas.
LAZUARDI FAJAR NURRAKHMANSYAH, UPAYA MEWUJUDKAN NILAI-NILAI KEJUJURAN SISWA MELALUI KANTIN KEJUJURAN DI SMP NEGERI 7 SEMARANG.
DIDIK KUSUMA SAPUTRA, Fakta Cerita dan Tema Novel Purasani Karya Yasawidagda.
SUDIHARTI, Nilai Religius dalam Kumpulan Cerpen Derai-Derai Kamboja Karya Kusmawanti sebagai Alternatif Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMP.
FINNA DWI ESTIANINGRUM, Cerita Rakyat Ki Sondong Majeruk dan Ki Sondong Makerti Dalam Perspektif Greimas.
HENI PURWATI, Gaya Bahasa dalam Cerita Sambung Sang Fotografer Karya Ay. Suharyono.
EKO WAHYU HIDAYAT, MAKNA SEMIOTIK BABAD DJALASUTRA.
OKTAVIANA, KORELASI KEPRIBADIAN DENGAN HASIL BELAJAR PENCAK SILAT SENI JURUS TUNGGAL PADA MAHASISWA PKLO FIK UNNES SEMESTER 2 TAHUN AKADEMIK.
AULIA AHMAD RITAUDDINZ, SUDUT PANDANG DALAM NOVEL EDENSOR KARYA ANDREA HIRATA DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA.
AYU PUSPITASARI, AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA PENERAPAN METODE DISKUSI DI SMP NEGERI 12 SEMARANG.
PUJI MARYATI, Ekspresi Esmiet dalam Sembilan Crita Cekak di Majalah Panjebar Semangat.
WIWIT UJI SHARASWATI, Struktur Cerita Novel Kembang saka Persi Karya Soebagijo I.N.
PARAMITA MUTAQIENAH, Cerita Rakyat Ki Ageng Giring di Desa Gumelem Kabupaten Banjarnegara.
NAUFAL ALIN, Perempuan Dalam Novel Dawet Aju Karya Widi Widajat.
EMA KURNIANINGRUM SUNI, Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Dengan Menggunakan Strategi ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) Melalui Media.
BAGUS PRASETYO ADILUHUNG, Sirwenda Danurwenda Dalam Kajian Strukturalisme Greimas.
RIZKI MAISAROH, Gaya Bahasa Dalam Cerbung Kenya Kebak Wewadi Karya Pakne Puri Di Majalah Panjebar Semangat.
SRI WAHYUNI, Motif Perubahan Perilaku Tokoh Utama dalam Novel Sumi (Jejak Cinta Perempuan Gila) Karya Maria Bo Niok.
DEWI MAFTUCHAH, Alur Novel Emprit Ambuntut Bedhug Karya Suparto Brata.
DIAN MUSTIKASARI, Serat Dharma Sasana Dalam Kajian Semiotik.
DEDDY DWI WIJAYA, Struktur Cerita Misteri Alaming Lelembut pada Majalah Jawa Panjebar Semangat Tahun 2010.
ENDANG MURDININGSIH, NALURI DAN REAKSI TOKOH UTAMA PADA NOVEL MUKJIZAT CINTA KARYA MOHAMMAD MASYKUR A.R.SAID.
ODA SHYANTICA HANINGTYAS, DEIKSIS DALAMROMANVENDREDI OU LAVIE SAUVAGE KARYA MICHEL TOURNIER.
DINA NURMALISA, Citra Wanita dalam Novel Jala Karya Titis Basino
ARMI APRILIANINGSIH, Peningkatan Keterampilan Menulis Cerkak Siswa Kelas IX D SMP 3 Welahan Kabupaten Jepara dengan Pendekatan Keterampilan.
AMNAH FALESTINA, Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Sugesti- Imajinasi Media Lagu Siswa Kelas X MA Salafiyah Karang Tengah.
YUNITA ENDARWATI, Struktur Crita Cekak (Cerkak) Majalah ''Jaya Baya'' pada Tahun 90-an.
NOVIA DWI TRANWATI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI MELALUI MEDIA ANGKA SISWA KELAS X SMA DIAN KARTIKA.
NITA BUDI EMAWATI, Nilai Moral Cerkak-cerkak Sumono Sandy Asmoro di Majalah Panjebar Semangat Berdasarkan Analisis Struktural.
WIWIN RIA PRAMESTI, Nilai-nilai Pendidikan Karakter Pada Kompetensi Menyimak Dalam Buku Remen Basa Jawi Terbitan Erlangga.
ASTERIA MURBANDARI, Novel Luruh Kuncup sebelum Berbunga Karya Mira W dan Kemungkinannya sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMP.
Identitas Mahasiswa - NAMA : PRIHESTI SETIA WULANDARI - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa.
RENI IRWANTI SEPTIYANI, Peningkatan Kemampuan Menulis Cerkak dengan Metode Curah Gagasan pada Siswa Kelas IX E SMP 19 Purworejo.
Transcript presentasi:

EMMY PUSPITASARI, Tokoh Utama dalam Cerkak Mancanegara Serenada Schubert Terjemahan Moechtar

Identitas Mahasiswa - NAMA : EMMY PUSPITASARI - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa) - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - emmy_P pada domain hotmail.com - PEMBIMBING 1 : Dr. Teguh Supriyanto, M.Hum - PEMBIMBING 2 : Sucipto Hadi Purnomo, S.Pd., M.Pd. - TGL UJIAN :

Judul Tokoh Utama dalam Cerkak Mancanegara Serenada Schubert Terjemahan Moechtar

Abstrak Serenada Schubert adalah kumpulan cerkak mancanegara yang berisi sebelas cerkak yang diterjemahkan oleh Moechtar. Kehadiran cerkak terjemahan akhir-akhir ini jarang ditemukan, padahal keberadaannya penting untuk memperkaya khazanah kesastraan Jawa. Karena itu cerkak dalam buku ini perlu diteliti. Peneliti mengambil lima cerkak secara acak yang digunakan sebagai bahan penelitian. Kelimanya adalah “Ngumbara Kelunta-lunta”, “Pepesthening Takdir”, “Sing Maha Kuwasa Wis Pirsa”, “Penjaga Greja”, dan Topan Salju”. Kumpulan cerkak Serenada Schubert merupakan buku terbitan pertama CV. Bintang Surabaya pada Maret 2003 dalam bentuk terjemahan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran tokoh utama tiap-tiap cerkak dalam kumpulan cerkak mancanegara Serenada Schubert terjemahan Moechtar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tokoh utama tiap-tiap cerkak dalam kumpulan cerkak mancanegara Serenada Schubert terjemahan Moechtar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan objektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis struktural yang berfokus pada pendeskripsian unsur tokoh dan penokohan. Metode ini mengkaji unsur-unsur yang ada dalam cerita sekaligus pembangun teks tersebut. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah gambaran tokoh utama yang terdapat pada lima cerkak. Tokoh wong wadon sebagai tokoh utama dalam cerkak “Ngumbara Kelunta-lunta” mempunyai watak mudah terharu, lari dari masalah, mudah panik, mudah terpengaruh, tidak mudah menyerah dan bisa menjaga harga diri. Tokoh Stoner sebagai tokoh utama dalam cerkak “Pepesthening Takdir” mempunyai watak mudah putus asa, psimis, penurut, cuek dan besar rasa keingintahuannya. Tokoh Aksionov sebagai tokoh utama dalam cerkak “Sing Maha Kuwasa Wis Pirsa” mempunyai watak mudah bergaul, rajin dan disiplin, mudah panik, jujur, mudah putus asa, pasrah, mudah terharu, taat dan sopan.Tokoh Albert Edward sebagai tokoh utama dalam cerkak “Penjaga Greja” mempunyai watak bertanggung jawab, pekerja keras, keras kepala, tidak mudah menyerah, jujur, tegar dan mudah percaya dengan orang lain. Tokoh Maria sebagai tokoh utama dalam cerkak “Topan Salju” mempunyai watak mudah jatuh cinta, bimbang, setia, penyayang, pemalu dan introver. Watak-watak tersebut digunakan secara efektif oleh pengarang untuk menguatkan cerita. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar kumpulan cerkak Serenada Schubert dijadikan sebagai bahan ajar di Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas, terutama untuk pengajaran apresiasi sastra Jawa. Selain itu, kumpulan cerkak mancanegara ini bisa digunakan pengarang sebagai model terjemahan cerkak mancanegara lainnya > Serenada Schubert mujudake kumpulan cerkak mancanegara kang isine ana sewelas cerkak kang dijarwekake dening Moechtar. Cerkak jarwan akhirakhir iki angel diprangguli, kamangka cerkak-cerkak jenis iki bisa nyugihake botheane sastra Jawa, mula cerkak iki perlu diteliti. Peneliti njupuk cerkak lima kanthi acak kanggo bahan panaliten. Lima-limane yaiku “Ngumbara Keluntalunta”, “Pepesthening Takdir”, “Sing Maha Kuwasa Wis Pirsa”, “Penjaga Greja”, dan Topan Salju”. Kumpulan cerkak Serenada Schubert iku mujudake buku pisanan kang dibabar dening CV. Bintang Surabaya ing wulan Maret 2003 kanthi wujud jarwan. Underaning perkara kang dirembug ing panaliten iki yaiku kepriye gambarane paraga utama saben cerkak ing kumpulan cerkak mancanegari Serenada Schubert kang dijarwekake Moechtar. Panaliten iki nduweni tujuwan yaiku nggambarake paraga utama saben cerkak ing kumpulan cerkak mancanegara Serenada Schubert kang dijarwan dening Moechtar. Panaliten iki nggunakake pendekatan objektif. Metode kang digunakake ing panaliten iki yaiku metode analisis struktural kang nengenake marang deskripsine unsur tokoh lan penokohan. Kanthi metode iki di jlentrehake mungguh apa kang ana ing njerone teks. Asile panaliten iki yaiku gambaran watak paraga utama kang ana ing limang cerkak. Paraga wong wadon dadi paraga utama ing cerkak “Ngumbara Kelunta-lunta” nduwe watak gampang trenyuh, nyelaki masalah, bingungan, gampang diojok-ojoki, nglokro lan bisa jaga harga dhiri. Paraga Stoner dadi paraga utama ing cerkak “Pepesthening Takdir” nduwe watak nglokro, psimis, nurut, sak penake dhewe lan kepengin mangerteni samubarang. Paraga Aksionov dadi paraga utama ing cerkak “Sing Maha Kuwasa Wis Pirsa” nduwe watak ora apik, grapyak, sregep lan disiplin, bingungan, jujur, nglokro, pasrah, gampang trenyuh, taat lan sopan. Paraga Albert Edward dadi paraga utama ing cerkak “Penjaga Greja” nduwe watak tanggung jawab, kerja keras, temen, kementhos, nglokro, jujur, tegar, lan gampang diojok-ojoki. Paraga Maria dadi paraga utama ing cerkak “Topan Salju nduwe watak gampang tresna, bingungan, setya, sayang, isinan, lan introver. Watak-watak kang kababar pranyata di dayakake kanthi efektif kanggo njejegake cerita. Mula panaliti atur pamrayoga lan panjurung supaya cerkak mancanegara Serenada Schubert bisa kanggo mulang ing Sekolah Menengah Pertama lan ing Sekolah Menengah Atas, mligine ing pamulangan apresiasi sastra Jawa. Saliyane kuwi, cerkak mancanegara iki bisa dadi model kanggo njarwekake cerkak mancanegara liyane.

Kata Kunci Tokoh utama.

Referensi Ami, Diasa Watak dan Perilaku Tokoh Utama Wanita Novel Kenanga. (Skripsi). Semarang: FBS. Unnes. Aminuddin Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Malang Y A3. Baribin, Raminah Teori dan Apresiasi Prosa Fiksi. Semarang: IKIP Semarang Press. Chatman, Seymour The Semantics of Style. Dalam Social Science Information. Paris:Koch Damono, Sapardi Djoko Sosiologi Sastra Sebuah Pengantar. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa : Depdikbud. Eagleton, Terry Teori Kesusastraan. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka Kementerian Pendidikan Malaysia. Endraswara, Suwardi Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Medpress. Jabrohim Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: PT. Hanindita Graha Widia. Kartono, Kartini Kepribadian dan Mental Higiene. Bandung: Alumni. Luxemburg, Jan Van, Mieke Bal, dan Willem G. Weststeijn Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia (Terjemahan Dick Hartoko). Moechtar Serenada Schubert Kumpulan Cerkak Manca Pilihan. Surabaya: CV. Bintang. Nurgiyantoro, Burhan Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Pradopo, Rachmat Djoko Prinsip-prinsip Kritik Sastra. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Pradopo, Rachmat Djoko Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Stanton, Robert Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Suharianto, S Dasar-dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia Sudjiman, Panuti Memahami Cerita Rekaan. Bandung: Angkasa. Suryabrata, Sumadi Psikologi Kepribadian. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Teew Sastra dan Ilmu Sastra. Yogyakarta: Pustaka Utama

Terima Kasih