PENGEMBANGAN MODEL KOMUNIKASI PENDIDIKAN ISLAM

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
BAB 4 BERPERILAKU TERPUJI
Advertisements

Hj. Ifa Faizah Rohmah, M.Pd.
Matan Keyakinan dan Cita-Cita Hidup Muhammadiyah
Selamat Datang Wahai Tamu Yang Mulia
Dr. CHUSNUL CHOTIMAH, M.Ag
HADITS KEDUAPULUH TUJUH
Amanah dalam Perspektif Sunnah
Macam-Macam Sujud By: Kelompok 3 M.Aghitsni Mubarok(13)
BAB VI Oleh: Muhamad Fatoni,M.Pd.I. KEWAJIBAN ZAKAT عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعَثَ
Dr. Hj. Ilfi Nur Diana, M.Si FE UIN Maliki Malang
Adapun Hak Allah atas hambanya ialah agar mereka menyembahnya dan tidak menyekutukannya dengan sesuatu apa pun.
Qur’anic Campus. Mengapa Qur’anic Campus? Andalan Untuk Membangun Peradaban Keselamatan Dunia dan Akhirat.
BEBERAPA PERMASALAHAN FIQIH
HADITS KEDUAPULUH DUA.
Pentingnya Maulid Nabi
TEORI-TEORI KOMUNIKASI
OLEH: MUHAMAD FATONI,M.Pd.I BAB III. Allah Menilai Hati Manusia عن أبي هريرة قال : قال رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم : ' إن الله لا ينظر إلى صوركم.
Bagaimana Tinjauan keterlibatan Muslimah dalam Politik ?
Menyongsong Momen Pergantian. Momen Pergantian  Apa yang dilakukan di saat ada momen pergantian?  Pergantian itu bisa pergantian kepemimpinan, pergantian.
SUMBER-SUMBER HUKUM ISLAM
MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DAKWAH ADALAH KEBUTUHAN MANUSIA
Kata.
Akhlaq Kepada Allah.
PENGERTIAN HAM Ham adalah hak yang melekat pada diri setiap manusia sejak awal dilahirkan yang berlaku seumur hidup dan tidak dapat diganggu gugat oleh.
TAKWA.
IMAN KEPADA QADHA dan QADAR
Model Pengelolaan Kekayaan Alam dan Energi Dalam Islam
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ قَالَ أَخْبَرَنِي يُونُسُ بْنُ يَزِيدَ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ حَدَّثَنِي.
BIRRUL WALIDAIN.
Kelompok 2 Elvrado Wega S Rini Agustin
MENELADANI RASUL.
HUKUM, HAM, dan Demokrasi dalam ISLAM
II DOKTRIN ISLAM Apa itu Islam? 30 Oktober 2004
Workshop Penulisan Makalah
MENUNTUT ILMU Pengertian Menuntut Ilmu
Ar-Risalah Pengertian Risalah Rasul dan Nabi Auliya dan Ulama.
ISLAM SEBAGAI Way of Life
Hk Acara Perdata Peradilan Agama Dr. Gemala Dewi,SH.,LL.M
إِنَّا فَتَحْنَا لَكَ فَتْحًا مُبِينًا
BAB II IMAN DAN TAQWA.
ISLAM SEBAGAI Way of Life
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Sumber Hukum Islam Al-Qur’an Al hadist Ijtihad. ALQURAN SEBAGAI SUMBER HUKUM PERTAMA ISLAM DAN SEJARAH PEMBUKUAN ALQURAN.
Bab 8 SISTEM POLITIK Bab 8 ISLAM Sistem politik Islam.
Materi III IMAN Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
لَّقَدْ كَانَ فِي يُوسُفَ وَإِخْوَتِهِ آيَاتٌ لِّلسَّائِلِينَ
ASSALAMU’ALAIKUM. ASSALAMU’ALAIKUM BAGAIMANA WANITA DAN PERANANNYA? DO YOU KNOW? BAGAIMANA WANITA DAN PERANANNYA?
PENTINGNYA AGAMA DAN USAHA AGAMA
فَضَائِلُ الدَّعْوَةِ
Etika Islam Dalam Penerapan Ilmu
Perjuangan Nabi Muhammad saw.
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
Ciri Aliran Sesat Oleh Nanang Kohar, SH.
Menemani Rasulullah di Surga
ASSALAMU’ALAIKUM WARRAHMATULLAHI WABARAKATUH
BAB VI Jujur dan Amanah.
Cinta yang membawa ke surga
Hak asasi manusia dan demokrasi DALAM islam
Al-Fath (10) وَمَنْ لَمْ يُؤْمِنْ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ فَإِنَّا أَعْتَدْنَا لِلْكَافِرِينَ سَعِيرًا Dan barangsiapa yang tidak beriman kepada Allah dan.
ALIRAN SESAT CIRI-CIRI DAN CARA-CARA MENGHINDARINYA
TAAT PADA ATURAN TAAT PADA ATURAN. QS. An – Nisa’ 4 : 59 Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara.
Cinta yang membawa ke surga
MODUL SIRAH NABAWIYAH.
Materi III IMAN Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
Materi III IMAN Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
KEMUNGKARAN TANGGUNGJAWAB BERSAMA
Cinta yang membawa ke surga
BAB 6: AKHLAK MUSLIM TERHADAP MAKHLUK LAIN
Meneladani Perjuangan Dakwah Rasulullah Saw di Mekah
Transcript presentasi:

PENGEMBANGAN MODEL KOMUNIKASI PENDIDIKAN ISLAM

Komunikasi dalam Islam adalah kategori komunikasi dalam konteks kajian Islam yang berarti dakwah, informasi yang berarti tabligh, change and development yang berarti amar ma’ruf nahi munkar, dan wisdom atau ethic yang berarti akhlak

Beda kom Islam dan Barat Komponen Aspek Komunikasi Islam Barat Komunikator Who Otoritatif,Tuhan, Jibril, Manusia, anggota masyarakat Otoritatif pada awal Massage Says get what Wahyu, hadits, interpretasi ulama, ajaran Islam Apa saja bisa dijadikan media What abaout Tauhid, ibadah, talabul ilmi, muamalah, interaksi sosial Power, stabilitas sosial, gap, knowledge, profit Why Tugas amar ma’ruf nahi munkar Profit, material atau inmaterial, power, politik, pelayanan

Komunikan To or from whom Tuhan-malaikat Tuhan-manusia Manusia-Tuhan Manusia-manusia Diri-diri

Channel When Ada pemilahan waktu dan acara In what manner Disesuaikan dengan situasi Under what circumtance Disesuaikan Which what channel Semua media yang mungkin

Effect Why Nasehat menasehati, amar ma’ruf nahi munkar Profit, kemanusiaan, human right, kepuasan diri What effect Baldah thayyibah, keberadaan saling berkomunikasi untuk mengingatkan Kemakmuran ekonomi, kesetaraan, modernisasi

Prinsip dan Kaidah Public Relations dalam Perspektif Al-Qur’an Menggunakan perkataan yang benar … فَلْيَتَّقُوا اللَّهَ وَلْيَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا   …hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar. (Q.S.al-Nisa’/3: 9)

Menggunakan bahasa yang mudah dipahami serta berbekas pada pihak lain. وَقُلْ لَهُمْ فِي أَنْفُسِهِمْ قَوْلًا بَلِيغًا ....dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. (Q.S.al-Nisa’/3: 63) Menggunakan komunikasi yang menyenangkan pihak lain ....وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا ....dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia (Q.S. al-Isra’/17:23)

Menggunakan bahasa komunikasi yang mulia (menghormati dan menghargai pihak lain) …فَقُلْ لَهُمْ قَوْلًا مَيْسُورًا …maka katakanlah kepada mereka ucapan yang pantas. (Q.S. al-Isra’/17:28)

Menggunakan bahasa komunikasi yang agung dan memuliakan pihak lain. أَفَأَصْفَاكُمْ رَبُّكُمْ بِالْبَنِينَ وَاتَّخَذَ مِنَ الْمَلَائِكَةِ إِنَاثًا إِنَّكُمْ لَتَقُولُونَ قَوْلًا عَظِيمًا Maka apakah patut Tuhan memilihkan bagimu anak-anak laki-laki sedang Dia sendiri mengambil anak-anak perempuan di antara para malaikat? Sesungguhnya kamu benar-benar mengucapkan kata-kata yang besar (dosanya). (Q.S. al-Isra’/17:40)

Menggunakan bahasa komunikasi yang baik وَقُولُوا لَهُمْ قَوْلًا مَعْرُوفًا dan ucapkanlah kepada mereka kata-kata yang baik. (Q.S.al-Nisa’/3:5) Menggunakan bahasa yang lemah lembut فَقُولَا لَهُ قَوْلًا لَيِّنًا لَعَلَّهُ يَتَذَكَّرُ أَوْ يَخْشَى Maka berbicaralah kamu berdua kepadanya dengan kata-kata yang lemah lembut, mudah-mudahan ia ingat atau takut."(Q.S.Taha/20: 44) Lebih lanjut qawl yang Sayyidina Ali: اَلْحَقُّ بِلاَ نِظَامٍ يَغْلِبُهُ اْلبَاطِلُ بِالنِّظَامِ

Prinsip dan Kaidah Public Relations dalam Perspektif Al-Hadits Menerapkan musyawarah untuk mufakat أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ يَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ أُمَّتِي لَا تَجْتَمِعُ عَلَى ضَلَالَةٍ فَإِذَا رَأَيْتُمْ اخْتِلَافًا فَعَلَيْكُمْ بِالسَّوَادِ الْأَعْظَمِ Artinya: Anas bin Malik berkata: Sesungguhnya umatku tidak dibenarkan untuk berkumpul dalam satu kebatilan, apabila menemukan perbedaan selesaikanlah dengan syawadhil a’dham (musyawarah untuk mufakat).

Menghormati, menghargai dan mengakui hak asasi manusia عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْمُسْلِمُ مَنْ سَلِمَ الْمُسْلِمُونَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ وَالْمُهَاجِرُ مَنْ هَجَرَ مَا نَهَى اللَّهُ عَنْهُ   Artinya: Dari Abd Allah bin ‘Amr RA, dari Rasulullah SAW berkata: Orang Islam yang sempurna adalah orang yang apabila orang-orang muslim (di dekatnya) selamat dari lisannya dan tangannya (kekuasaannya), dan orang yang hijrah yaitu orang yang hijrah dari sesuatu yang dilarang Allah.

Menggunakan perkataan yang baik ....وَقَالَ لِلْآخَرِينَ قَوْلًا حَسَنًا وَقَالَ لَا طَاعَةَ فِي مَعْصِيَةِ اللَّهِ إِنَّمَا الطَّاعَةُ فِي الْمَعْرُوفِ Artinya: …Nabi berkata kepada sahabat yang lain dengan perkataan yang baik, dan Nabi berkata: tidak ada ketaatan pada maksiat kepada Allah dan sesungguhnya ketaatan itu hanya pada sesuatu yang baik

Menggunakan bahasa yang lugas ...وَقَالَ لَهُ قَوْلًا شَدِيدًا Artinya…Nabi berkata kepada laki-laki tersebut dengan perkataan yang lugas…

Menggunakan bahasa penjelasan عَنْ يَحْيَى بْنِ حُصَيْنٍ عَنْ جَدَّتِهِ أُمِّ الْحُصَيْنِ قَالَ سَمِعْتُهَا تَقُولُ حَجَجْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَجَّةَ الْوَدَاعِ قَالَتْ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَوْلًا كَثِيرًا ثُمَّ سَمِعْتُهُ يَقُولُ....   Artinya: Dari Yahya ibn Husain dari neneknya, yaitu ummu al-Husain. Yahya berkata: saya mendengar nenek saya berkata: “saya melaksanakan haji wada’ bersama Nabi Muhammad saw”. Ummu al-Husain berkata: Rasulullah bersabda. dengan perkataan yang banyak (penjelasan) kemudian saya mendengarkan beliau bersabda…