Interaksi Manusia dan Komputer (Model Kognitif)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TEORI ALGORITMA.
Advertisements

Lingkungan Pengembangan Antarmuka Pemakai
Design and Analysis of Algorithm Divide and Conquer Algorithm
Algorithma Pemrograman
Interaksi Manusia dan Komputer
Algoritma Divide and Conquer
Algoritma Divide and Conquer
Algoritma Divide and Conquer
Algoritma.
Algoritma Divide and Conquer
Algoritma Pemrograman
Perancangan Tampilan.
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi
Usability Heuristic, User Requirement and Cognitive Model
INTERACTION ASRI M PUTRA 4 TS. Usebility Heuristic.
Algoritma Divide and Conquer
Teori, prinsip dan pedoman IMK
Dialogue Notations and design
Dialogue Notation and Design
Pengantar UML.
PERTEMUAN I PENGANTAR ALGORITMA
ALGORITMA & PEMROGRAMAN I-A
ALGORITMA PEMROGRAMAN 1C (KONSEP BAHASA PEMROGRAMAN)
KONSEP dan NOTASI BAHASA
Model pengguna (Kognitif)
Firrar Utdirartatmo:Teori Bahasa dan Otomata JJ Learning Yogyakarta,
Interaksi Manusia & Komputer Desain
BAB 1 BAHASA PEMROGRAMAN
Latihan Ujian UTS dan UAS no 16 – 20 IMK
MODEL PENGGUNA Denny Sagita.
Teori , Prinsip, dan Pedoman Pertemuan 2
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Model pengguna (Kognitif)
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN 1A
Analisa Algoritma (IF1282)
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN (Pertemuan 01)
ALGORITMA PEMROGRAMAN 1C (KONSEP BAHASA PEMROGRAMAN)
Interaksi Manusia Dan Komputer (Manusia.. Lanjutan)
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Analisa Algoritma Konsep Algoritma.
Interaksi Manusia dan Komputer
Analisa Algoritma : Pendahuluan
DAN PERANCANGAN DIALOG
ARSITEKTUR & LINGKUNGAN SISTEM KECERDASAN BUATAN
Interaksi Manusia dan Komputer (Proses Desain)
Algoritma dan Pemrograman I Dosen : Utami Dewi Widianti
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Interaksi Manusia dan Komputer (Desain dan Notasi Dialog)
TEORI BAHASA & OTOMATA (PENGENALAN KOMPILASI)
KONSEP dan NOTASI BAHASA
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
Algoritma Divide and Conquer
Algoritma Divide and Conquer
Pertemuan Kesepuluh Model kognitif
Pendahuluan Komputer adalah alat bantu untuk menyelesaikan masalah.
Algoritma Divide and Conquer
KOMPUTASI PEMROGRAMAN
Interaksi Manusia dan Komputer (Proses Desain)
Algoritma Divide and Conquer
Model pengguna (Kognitif)
Chapter 4 : Entrepreneur's competencies
Model pengguna (Kognitif)
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Model Kognitif.
Model pengguna (Kognitif)
Dialogue Notation & Design Part-2
Transcript presentasi:

Interaksi Manusia dan Komputer (Model Kognitif) Rahma Dwi Wahyuni, S.Kom Interaksi Manusia dan Komputer (Model Kognitif)

Pendahuluan Model Kognitif memodelkan aspek pengguna : Pemahaman Pengetahuan Maksud / tujuan Pemrosesan Kategori Umum Kompetensi Kinerja Selera Komputasi Tidak ada pembagian yang jelas

Tujuan dan Hirarki Tugas Pemrosesan mental sebagai metode divide and conquer Divide: membagi masalah menjadi beberapa upa-masalah yang memiliki kemiripan dengan masalah semula namun berukuran lebih kecil (idealnya berukuran hampir sama), Conquer: memecahkan (menyelesaikan) masing-masing upa-masalah (secara rekursif), dan Combine: mengabungkan solusi masing-masing masalah sehingga membentuk solusi masalah semula.

Isu Untuk Hirarki Tugas Butir-butir Dimana kita harus memulai? Dimana kita harus berhenti Rutin mempelajari perilaku, bukannya penyelesaian masalah Tugas unit Konflik Kesalahan

Teknik-teknik Tujuan, operator, metode, dan seleksi Teori kompleksitas kognitif Analisis Tugas Hirarki

GOMS Goals (tujuan-tujuan), apa yang pengguna inginkan untuk dicapai Operators (Operator-operator), aksi dasar yang dilakukan pengguna Methods (metode-metode), dekomposisi tujuan ke dalam subtujuan / operator Selection (seleksi), maksud seleksi diantara metode-metode yang saling berkompentensi

Kompleksitas Kognitif Teori Dua deskripsi paralel: Pengguna produksi aturan Umum perangkat jaringan transisi aturan produksi adalah dalam bentuk: jika kondisi maka tindakan Transisi jaringan yang tercakup dalam model dialog

Permasalahan dengan Hirarki Tujuan Teknik Post Hoc Pakar vs Pemula Aspek kognitif Kemungkinan perluasan sederhana POST HOC , dalam segmentasi post-hoc kita mencari kelompok-kelompok konsumen yang serupa dalam hal bagaimana mereka berperilaku, apa yang mereka pikirkan, inginkan atau ketahui, dan atau kombinasi-kombinasi variabel lainnya seperti social-ekonomi-demograf ASPEK KOGNITIF, mengetehui manfaat dari sesuatu yang di rancang

Notasi Linguistik Pemahaman dari perilaku pengguna dan kesulitan kognitif didasarkan pada analisis bahasa diantara pengguna dan sistem Serupa dalam hal penekanan pada model-model dialog Terbagi dalam Backus-Naur Form (BNF) dan Task-Action Grammar (TAG) BNF, teknik notasi untuk tata bahasa bebas konteks , sering digunakan untuk mendeskripsikan sintaks dari bahasa yang digunakan dalam komputasi, seperti komputer bahasa pemrograman , format dokumen , set instruksi dan komunikasi protokol . It is applied wherever exact descriptions of languages are needed, for instance, in official language specifications, in manuals, and in textbooks on programming language theory. Itu diterapkan di mana pun deskripsi yang tepat dari bahasa yang diperlukan, misalnya, dalam spesifikasi bahasa resmi, di manual, dan di buku teks teori bahasa pemrograman. TAG, Membuat konsistensi lebih eksplisit Encoding pengguna dunia pengetahuan aturan tata bahasa Bukan terminal dimodifikasi untuk menyertakan fitur tambahan semantik