SEQUENCE DIAGRAM.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Bab 8 collaboration diagram
Advertisements

Analisis & Informasi Proses Bisnis (CSA221)
Pertemuan 4 Use Case dan Aktor
Bab 7 sequence diagram Catur Iswahyudi.
Siti Mukaromah, S.Kom.  Pembelian Tiket:  Membeli Tiket:
PEMODELAN SISITEM INFORMASI
CLASS DIAGRAM.
13 KOMPONEN DIAGRAM UML & PROSES MODEL WATERFALL
Interaction Diagram.
Pertemuan 6 Structural modelling
USE CASE DIAGRAM.
USE CASE DIAGRAM.
Sequence diagram.
Interaksi Objek.
Sequence dan Collaboration
USE CASE DIAGRAM.
Diagram Interaksi - Sequen Diagram
USE CASE DIAGRAM.
Deployment Diagram.
Rekayasa Perangkat Lunak Proses Rekayasa Perangkat Lunak
SEQUENCE DIAGRAM Kelompok V Ferdy Widjaja ( )
Sequence dan Collaboration
Lecture Note: Retno Budi L Model Bisnis v [STMIK MDP] Retno Budi Lestari Pemodelan Kebutuhan.
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Pemodelan Kebutuhan Lecture Note: Trisnadi Wijaya, SE., S.Kom Model Bisnis v [STMIK MDP] 1Trisnadi Wijaya, SE., S.Kom.
Collaboration Diagram
Metode Perancangan Program
Pertemuan 7 Unified Modelling Language (UML)
Design View 2.
Rekayasa Perangkat Lunak Use Case
CLASS DIAGRAM.
Soal Kuis I PSBO.
USE CASE DIAGRAM.
USE CASE DIAGRAM.
Use Case Diagram Ika Novita Dewi.
LATIHAN PSBO Total : 35 PG.
Soal latihan psbo.
Rinci Kembang Hapsari,S.Si, M.Kom
SEQUENCE DIAGRAM.
Sequence Diagram.
ANALISIS DAN PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
Sequence Diagram Level Design
PEMODELAN SISITEM INFORMASI
Object oriented analyst and design
Citra N., S.Si, MT Sisfo - UNIKOM
Collaboration Diagram
Collaboration Diagram and Sequence Diagram
SOAL PERTEMUAN 1-6 PSBO 4 SKS
PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
PEMODELAN OBJECT ORIENTED
Pemodelan Sistem Bisnis
Pertemuan 10 UML Diagram Sequential
USE CASE DIAGRAM.
Use Case Diagram.
Waktu : 2 menit 30 detik/slide
PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
DESIGN VIEW 2 Pertemuan 18 Matakuliah : Konsep object-oriented
USE CASE DIAGRAM E. Haodudin Nurkifli
REVIEW UML.
SOAL LATIHAN 1 SIMULA di perkenalkan pertama kali pada tahun …..
E. Haodudin Nurkifli Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan
Unified Modeling Language (UML)
KONSEP DASAR PENDEKATAN OBJEK
SEQUENCE DIAGRAM.
Oleh : Cosmas Haryawan -- Pengenalan UML --
Oleh : Cosmas Haryawan -- Pengenalan UML --
SEQUENCE DIAGRAM. Materi : Pendahuluan Tujuan Komponen Simbol Istilah Jenis-jenis SD Contoh Study Kasus.
Sequence Diagram & Collaboration Diagram
Object oriented analyst and design
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Transcript presentasi:

SEQUENCE DIAGRAM

Sequence Diagram Sequence diagram adalah visual coding ( perancangan form/layar) Interaksi object yang tersusun dalam suatu urutan waktu/kejadian Diagram ini secara khusus berasosiasi dengan use case diagram Memperlihatkan tahap demi tahap apa yang seharusnya terjadi untuk menghasilkan sesuatu didalam use case Sequence diagram dapat merubah atribut atau methode pada class yang telah dibentuk oleh class diagram. Bahkan menciptakan sebuah class baru Sequence diagram memodelkan aliran logika dalam sebuah system dalam cara yang visual

Sequence Diagram Biasanya digunakan untuk tujuan analisa dan desain Mefokuskan pada identifikasi method didalam sebuah system Sequence diagram biasanya dipakai untuk memodelkan : Deskripsi tentang system yang ada pada sebuah/beberapa use case pada use case diagram, yang menggambarkan hubungan antara actor dan use case Logika dari method (operation, function atau procedure) Logika dari services ( high level method)

Komponen Sequence Diagram Actor Menggambarkan seseorang atau sesuatu (seperti perangkat, sistem lain) yang berinteraksi dengan sistem Boundary Mengambarkan interaksi antara satu atau lebih actor dengan sistem, memodelkan bagian darisistem yang bergantung pada pihak lain disekitarnya dan merupakan pembatas sistem dengan dunia luar.

Komponen Sequence Diagram Control Menggambarkan “perilaku mengatur”, mengkoordinasikan perilaku sistem dan dinamika dari suatu sistem, menangani tugas utama dan mengontrol alur kerja suatu sistem Entity Menggambarkan informasi yang harus disimpan oleh sistem (struktur data dari sebuah sistem)

Komponen Sequence Diagram Object Message Menggambarkan pesan/hubungan antar obyek yang menunjukkan urutan kejadian yang terjadi Message to Self Mengambarkan pesan/hubungan obyek itu sendiri, yang menunjukkan urutan kejadian yang terjadi

Komponen Sequence Diagram Return Message Menggambarkan pesan/hubungan antar obyek, yang menunjukan urutan kejadian yang terjadi. Lifeline Eksekusi obyek selama sequence (message dikirim atau diterima dan aktifasinya)

Contoh Sequence Diagram

Boxes-Sequence Diagram Sebuah kotak yang tampil pada posisi paling atas diagram, yang mewakili object, use case, class dan actor Penamaan pada use case atau actor harus konsisten dengan use case diagram, demikian juga dengan class harus konsisten dengan class diagram Nama actor dapat sama dengan nama class, tapi mempunyai arti yang berbeda Lihat sequence diagram dibawah ini !

Boxes-Sequence Diagram

Boxes-Sequence Diagram name : class/actor name name bersifat optional boxes berupa object diberikan tanda garis bawah object yang tidak bernama disebut anonymous objects boxes berupa class, actor atau use case tidak perlu digaris bawahi contoh boxes berupa class Joni : anggota : Seminar Buku

Boxes-Sequence Diagram boxes berupa actor dapat juga digambar dengan stick figure boxes dapat juga menggambarkan sebuah tempat penyimpanan (database) boxes dapat menggunakan stereotypes <<actor>> untuk menggambarkan actor <<controller>> untuk menggambarkan controller class <<UI>> untuk menggambarkan User Interfaces class DB

Message – Sequence Diagram Awal pertama pesan di sudut kiri atas Message digambarkan dengan garis berpanah terbuka, yang menunjukkan arah messages entry message yang dikirim untuk dirinya sendiri (boxes) digambarkan dengan bentuk : entry messages antara boxes yang berupa actor manusia, maka message diberikan dengan label yang menggambarkan komunikasi (user interfaces) message digambarkan dengan arah dari kiri ke kanan Entry

Message – Sequence Diagram Label pada message rata kearah panah untuk mudah memahami diagram Setiap message dikirimkan ke class memakai static method pada class tersebut, begitu juga dengan object message dapat menggunakan stereotypes <<create>> untuk menggambarkan creation <<destroy>> untuk menggambarkan destructor Asynchronous message Sebuah message yang dikirimkan dimana pengirim tidak perlu menunggu hasil dari sebuah message Digambarkan dengan partial arrowhead biasanya digunakan untuk mengirim asynchronous message ke hardware/software service (engine like ASP engine, dll) Cetak()

Message – Sequence Diagram return values ditampilkan dengan garis berpanah terputus, yang menggambarkan hasil dari pengiriman message return values digambarkan dengan arah dari kanan ke kiri bersifat optional abaikan, jika anda bingung dengan return values dari sebuah messages messages dan return values dapat digabungkan dengan format : methodname(parameter) message : [return values] contoh: simpan Cari() : found

Looping Logic – Sequence Diagram Digambarkan dengan sebuah frame dengan label loop dan sebuah kalimat yang mengindikasikan pengulangan [ for each seminar ] dan interaction operator loop.

Looping Logic – Sequence Diagram Atau menandai message dengan tanda bintang *, untuk menandakan perulangan hanya untuk sebuah messages

Looping Logic – Sequence Diagram

Interaction Operator – Sequence Diagram Sebuah operator untuk pengelompokkan Digambarkan dengan sebuah kotak dengan tanda masing-masing interaction operator, yaitu alt, alternatives menggambarkan pilihan yang setidaknya ada sebuah sebuah proses yang dilakukan opt, option menggambarkan pilihan yang bisa diproses bisa juga tidak loop, menggambarkan perulangan

Regions dipakai untuk menggambarkan pilihan (if) pada sequence diagram dipisahkan dengan garis terputus dikombinasikan dengan interaction operator alt Setiap regions harus mempunyai guard/keterangan, contoh gambar sebelumnya [else] atau [applicant on eligibility in ] Biasa digunakan dengan interaction operator “alt”

Object Lifelines Garis terputus yang tergantung dari boxes, yang menggambarkan life span (rentang/masa hidup) object

Entity, Boundary, and Control Class