IMPLEMENTASI PEMBUATAN ANIMASI

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Penggunaan Symbol di dalam Movie Flash
Advertisements

Pembuatan Interaksi di dalam Movie Flash (1)
TUTORIAL INTERNET. Apabila sudah masuk ke jendela windows seperti di atas, klik tombol ‘START’ di pojok kiri bawah seperti pada gambar.
Penuntun Kelas VIII Semester 2
Membuat Presentasi Menggunakan Microsoft PowerPoint.
POWER POINT OKI SADMA.
Pengenalan Program Macromedia Flash
Variasi Animasi dalam Flash
Langkah langkah Penyuntingan Video Klip
Pengenalan Action di dalam Movie Flash
Pengenalan PowerPoint 2007
MENAMPILKAN HEADER/FOOTER DAN PAGE NUMBERING
Pengenalan FLASH Dr. Lily Wulandari.
Mengimport Symbol, Instance dan Library Pengolahan Layer & Frame
Langkah membuat gerak planet
PROGRAM S1 TEKNIK INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI NURUL JADID MOH. FURQAN, S. Kom.
Digitasi Data Spasial Pertemuan 5.
SISTEM OPERASI WINDOWS
DATABASE & TABLE.
X. PEMBUATAN PRESENTASI DENGAN STAR IMPRESS
MACROMEDIA FLASH. PERTEMUAN I Interface Drawing Latihan.
Macromedia Flash.
Membuat Baris Menu.
Menu.
Rama Lesmana Pendidikan Matematika
Penjelasan Umum Ms. Powerpoint
Pertemuan 7 P ENGENALAN P OWERPOINT. M ENEMPATKAN O BJEK G AMBAR ATAU F OTO DENGAN P ERINTAH I NSERT P ICTURE 1. Tempatkan titik sisip atau penunjuk sel.
Field Name / Nama Field Data Type / Tipe Data
Area Kerja Macromedia Flash 8
ANIMASI MOTION SHAPE PROGRAM S1 TEKNIK INFORMATIKA
Selamat Mengikuti Pelatihan Multimedia.
Membuat File Database & Tabel
Mengoperasikan perangkat lunak Lembar Sebar
Animasi Banner dengan Flash
Animasi Banner dengan Flash
Produksi 3D untuk Desainer
Manajemen File dengan Windows Explorer
B. Membuat Dokumen Baru.
C. Manajemen File dengan Windows Explorer
Field Name / Nama Field Data Type / Tipe Data
MENAMBAH ANIMASI, SOUND, MOVIE
Microsoft Power Point.
Tutorial Adobe Premiere Pro.
Pertemuan 5 & 6 Membuat Form secara otomatis Menggunakan tombol Form
Macromedia Flash.
MODUL 1 POWER POINT OFAN KOMARUZAMAN.
Adi Rachmanto,S.Kom –UNIKOM
MENGIDENTIFIKASI FUNGSI MENU DAN IKON PADA PENGOLAH ANIMASI
Menu.
Frame by frame Buat objek lingkaran dengan menggunakan oval tool (warna garis hitam dan warna dalam merah)
Macromedia Flash.
BAB 4 Manajemen File dengan Windows Explorer
BAB 4 Manajemen File dengan Windows Explorer
Microsoft Office PowerPoint 2007
3. Kegiatan Belajar 3: Teknik Animasi Tweening
Animasi Tweening.
#2 Animasi Sigit Pambudi, M.Eng
Kegiatan Belajar 2: Teknik Animasi Tweening
4. Kegiatan Belajar 4: Teknik Animasi Motion Guide
Komputer 3 Dian C. Rini N, M.Kom
Membuat Slide Presentasi Sederhana Menggunakan Adobe Flash CS 6
Motion Guide Ambil gambar (kupu-kupu) dengan klik kiri File > Import > Import to Library.
Animasi Banner dengan Flash
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Video Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Macromedia Flash.
TUJUAN PEMBELAJARAN Setelah Mendengar Penjelasan siswa akan dapat menjelaskan pengertian teknik animasi tweening. Setelah berdiskusi dan menggali informasi,
Alika shauma fardanty. SETELAH KITA MASUK KE MICROSOFT WORLD, AKAN TAMPAK LEMBAR KERJA KOSONG. PASTIKAN MENU RULER DIAKTIFKAN. JIKA BELUM KLIK VIEW.
PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUNG KALIMANTORO Suryadi, S.Kom., M.Kom.
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Video Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Relaksasi Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Transcript presentasi:

IMPLEMENTASI PEMBUATAN ANIMASI

Frame dan keyframe Frame adalah satuan terkecil di dalam sebuah animasi dalam Flash. Ditampilkan dengan sebuah kotak kecil di yang terletak di bawa angka-angka timeline. Keyframe adalah sebuah frame yang mendefinisikan satu atau beberapa perubahan di dalam animasi yang kita kembangkan. keyframe adalah sebuah frame, sedangkan sebuah frame, belum tentu dapat didefinisikan sebagai sebuah keyframe.

Timeline Timeline mengorganisasikan dan mengontrol isi dari sebuah dokumen melalui sebuah satuan waktu dalam satu atau kumpulan layer dan frame. Kumpulan layer adalah seperti potongan strip film yang berumpuk satu sama lain. Masing-masing berisi tampilan yang berbeda yang muncul pada Stage. Komponen utama dari Timeline adalah kumpulan layer, kumpulan frame dan sebuah Playhead.

Gambar Sebuah jendela timeline

Keterangan : Playhead Keyframe kosong Timeline header Guide layer icon Frame View pop‑up menu Animation frame-by-frame Animasi tweening Untuk berpindah langsung ke posisi Playhead Tombol onion-skinning Indikator frame Indikator Frame Rate Elapsed Time indicator

Scene Menggunakan Scenes adalah serupa dengan menggunakan beberapa file SWF secara bersamaan untuk membuat sebuah presentasi yang besar. Masing-masing Scene memiliki sebuah Timeline. Ketika Playhead mencapai frame terakhir dari sebuah Scene, playhead tersebut akan melanjutkan ke Scene selanjutnya.

FPS ( Frame Per Second ) Frame rate, kecepatan untuk memainkan sebuah animasi, ditunjukan dalam sebuah angka yang disebut frame per second (fps). Frame rate yang sangat lambat, membuat animasi seakan-akan putus-putus; frame rate yang terlalu cepat mengaburkan detail dari animasi.

Frame by frame Animasi frame-by-frame memberikan kita kontrol yang sangat rinci atas film (karena teknologi ini digunakan untuk membuat animasi gambar sampai saat ini sebelum teknik animasi komputer 2D dan 3D yang berbeda lahir). Prinsip animasi frame-by-frame ini adalah dengan membuat gambar yang menarik dalam berbagai versi dari objek yang sama dalam frame berbeda.

Manajemen layer menambah layer menggeser layer Klik kanan pada layer yang sudah ada, lalu pilih Insert Layer. Klik pada tombol Add New Layer. menggeser layer Untuk menggeser layer, kita dapat meng-klik tombol mouse pada layer yang bersangkutan dan tahan (jangan dilepas tombol mousenya). Kemudian kita dapat menggeser-geser layer tersebut ke posisi yang kita inginkan.

Manajemen layer memberi nama layer mengunci layer Untuk memberi nama pada layer, kita dapat klik 2 kali pada layer yang bersangkutan (tepat pada bagian tulisan nama layer), kemudian isilah dengan nama yang kita inginkan, lalu tekan tombol Enter. mengunci layer Fitur ini sangat berguna pada saat editing, terutama agar layer-layer yang tidak kita pakai tidak akan terganggu atau terpengaruh oleh editing kita. Untuk mengunci semua layer, klik gambar kunci yang terdapat di atas panel layer. Untuk mengunci 1 atau beberapa layer, klik tanda titik kedua di sebelah kanan nama layer.

Manajemen layer menyembunyikan layer Untuk menyembunyikan semua layer, klik gambar mata yang terdapat di atas panel layer. Untuk menyembunyikan 1 atau beberapa layer, klik tanda titik pertama di sebelah kanan nama layer.