Pemodelan & Kualifikasi IMK
Komunikasi User - Sistem Batch input Direct manipulation
user - interface - sistem INTERAKSI user - interface - sistem (beda karakter, sudut pandang)
user - interface - sistem INTERAKSI user - interface - sistem (beda karakter, sudut pandang) KOMUNIKASI USER – SISTEM GAGAL ?
MODEL INTERAKSI INTERAKSI KOMUNIKASI USER – SISTEM GAGAL ? Meminimalisasi kegagalan dengan… MODEL INTERAKSI INTERAKSI user - interface - sistem (beda karakter, sudut pandang) KOMUNIKASI USER – SISTEM GAGAL ?
TERMINOLOGI dalam INTERAKSI Domain daerah keahlian & pengetahuan dalam kegiatan nyata Task operasi yang memanipulasi konsep pada domain Goal output yang diinginkan dari sebuah tugas Intention aksi khusus yang disyaratkan untuk mencapai tujuan Task Analysis melibatkan identifikasi problem space untuk user dari sistem interaktif dalam aspek domain, tugas, tujuan, rencana. Menilai sistem interaktif
System defined core languange Atribut komputasI User defined task languange Atribut psikologis
MODEL INTERAKSI (DONALD NORMAN)
PEMODELAN SISTEM
Model konseptual atau model perancang: Gambaran sistem (system image) model yang diciptakan oleh perancang Gambaran sistem (system image) sistem yang diciptakan oleh perancang dan dilihat oleh pengguna menyangkut apa yang terlihat di layar tampilandokumentasi Model mental (pengguna): model yang diciptakan oleh pengguna ketika pengguna berinteraksi dengan suatu sistem model mental terbentuk jika USER pernah menggunakan sistem
INTERFACE menyebabkan MASALAH bagi USER GULF of EXECUTION Perbedaan antara formulasi user aksi untuk mencapai tujuan dengan aksi yang diperbolehkan sistem GULF of EVALUATION Perbedaan antara presentasi fisik state sistem dengan harapan user
ERGONOMI Karakteristik fisik dari interaksi Interface meningkatkan/menurunkan kinerja user
Pengaturan Kontrol & Display Fungsional Kontrol & display diatur sedemikian rupa sehingga terhubung secara fungsional Sekuensial Kontrol & display diorganisasikan dengan menunjukkan urutan penggunaannya Contoh : area penerbangan (aviation) Frekuensi Fungsi yang paling sering, diletakkan pada lokasi yang mudah diakses
Isu Kesehatan Posisi Fisik Temperatur Pencahayaan Suara/Kebisingan user dapat menjangkau semua kontrol nyaman, semua display terlihat Temperatur Penelitian menunjukkan bahwa kinerja user akan menurun pada suhu yang tinggi/rendah – hilang konsentrasi Pencahayaan Pencahayaan yang cukup harus tersedia untuk memudahkan user melihat user Suara/Kebisingan Waktu Display CRT tidak baik dilihat dalam waktu lama
PENGGUNAAN WARNA Warna yang digunakan pada display harus dapat dibedakan dan tidak mempengaruhi kontras Jika warna sebagai indikator harus berkaitan dengan kesepakatan umum misal : merah warning
Sistem Interaktif
TUJUAN SISTEM INTERAKTIF an interactive system allows for a dialog between the computer and the user Prof. Dr. Armin B. Cremers
TUJUAN SISTEM INTERAKTIF How to make USABLE How to measure the USABILITY
PARADIGMA INTERAKSI PRINSIP USABILITY
PARADIGMA INTERAKSI Kemajuan teknologi komputer dan membangun aplikasi kreatif meningkatkan kualitas interaksi
Beberapa terminal terhubung seri ke host komputer Time Sharing System Beberapa terminal terhubung seri ke host komputer
REAKTIF & KOLABORATIF Time Sharing System Beberapa terminal terhubung seri ke host komputer Sistem menjadikan user lebih REAKTIF & KOLABORATIF
Video Display Unit (VDU) Tampilan di layar lebih baik daripada cetakan untuk menyajikan informasi strategis dalam jumlah besar yang digunakan untuk pemrosesan cepat
Programming Toolkit dari alat bantu pemrograman ini diharapkan akan tercipta sistem interaktif yang lebih kompleks
Sistem Window & Sistem WIMP Untuk mencapai tujuan user perlu mengaktifkan beberapa window secara bersamaan
Personal Computer teknologi tak selalu harus canggih melainkan nyaman digunakan
Model Interaksi manusia - komputer Command Line
Interaksi berbasis Bahasa Alami Perlu sistem penterjemah pada 2 arah
Natural Languange User semakin luwes bahasa yang digunakan, lebih baik Perancang sistem makin luwes bahasa user, makin rumit sistem penterjemah
Cetak daftar semua mahasiiswa dengan IP > 3.0 Perintah Terjemahkan bahasa dBase : DISPLAY ALL FOR IPSEM < 3.0 Cetak daftar semua mahasiiswa dengan IP > 3.0
keuntungan - tidak memerlukan sintaks khusus, - luwes, - alamiah kelemahan mempunyai dualisme, bertele-tele, tidak efisien dan perancangan perangkat lunaknya sangat rumit
Tipe Interaksi Menu - Pilih mouse/tombol
Tipe Interaksi Borang
SISTEM PENJENDELAAN
Manfaat Penjendelaan Penampilan lebih banyak informasi Pengaksesan lebih banyak sumber informasi Pengkombinasian berbagai informasi Pengontrolan bebas atas sejumlah program
Direct Manipulation WYSIWYG (repesentasi dokumen final nantinya) Respon cepat secara visual & audio pada layar memudahkan pemberian informasi mengenai aksi user WYSIWYG (repesentasi dokumen final nantinya)
Penerapan Manipulasi Langsung Editor WYSIWYG SIMULATOR Kontrol Lalu Lintas Penerbangan
PRINSIP PENDAYAGUNAAN
PRINSIP PENDAYAGUNAAN Menggali pemahaman aspek manusia pada proses interaksi
LEARNABILITY Kemudahan yang memungkinkan user baru berinteraksi secara efektif & mencapai performance maksimal”
mkdir LEARNABILITY SYNTESIZABILITY Mendukung user memperkirakan efek dari operasi sebelumnya pada keadaan sekarang mkdir
LEARNABILITY FAMILIARITY Pengetahuan & pengalaman user dalam dunia nyata dapat diterapkan saat berinteraksi dengan sistem baru affordance
FLEXIBILITY Menyediakan banyak cara bagi user dan sistem untuk bertukar informasi
ROBUSTNESS MENGGUNAKAN KOMPUTER UNTUK MENCAPAI SEKUMPULAN TUJUAN YANG TERKAIT DENGAN PEKERJAANNYA Observability - Analisis Terperinci & Pemahaman Atas Kebutuhan User - Bunyi, Tulisan Tidak Boleh Menganggap Semua user telah mahir dalam menggunakan Komputer
PERANCANGAN TAMPILAN INTERFACE YANG BAIK = TAMPILAN MENARIK PERANCANG HARUS: BERJIWA SENI MENGERTI PENGGUNA MAMPU MENDOKUMENTASI
DOKUMENTASI DESAIN a. Membuat sketsa pada kertas (lembar kerja tampilan) n No. sheet : 5 Navigasi : Klik “selesai” ganti tampilam dengab no. 1 klik “simpan” aktifkan penyimpan berkas klik “Batal” kosongkan borang Pengisian data Pribadi Nama : Alamat : Tgl. Lahir : simpan Batal selesai Keterangan : Judul jendela pakai arial 12point teks pakai arial 10
DOKUMENTASI DESAIN T2 T3 T1 T4 T5 a. Membuat sketsa pada kertas (jaring semantik tampilan) T2 ESC Alt-X T3 T1 simpan selesai T4 cetak T5
DOKUMENTASI DESAIN a. Membuat sketsa pada kertas b. Menggunakan peranti Prototype c. Menulis tekstual (kaitan masing-masing jendela) d.Menggunakan CASE
DOKUMENTASI DESAIN a. Membuat sketsa pada kertas b. Menggunakan peranti Prototype c. Menulis tekstual (kaitan masing-masing jendela) d.Menggunakan CASE Note : b & d tidak selalu diterapkan , berharga cukup mahal
CASE
CARA PENDEKATAN (PROGRAM APLIKASI) Special purpose software General purpose software
Special Purpose Software User Centered Design User Design
General Purpose Software Menekan “memaksa” user menggunakan sistem dengan CUSTOMIZATION
`