Roesfiansjah Rasjidin Teknik Industri – FT – UEU.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Experiential Learning Johnson, David W & Frank P. Johnson Joining Together: Group Theory and Group Skills. Pearson Education, Inc: New Jersey Sarilani.
Advertisements

Pengembangan Sistem Informasi - 4
Assalamu'alaikum....
MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMBELAJARAN
OPERATION RESEARCH Presented by Andira.
Oleh : SLAMET HARIYANTO
Distribusi Peluang Diskrit
MODEL UMUM SISTEM PERUSAHAAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
LANDASAN DAN PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM
Fifth Discipline ...

SEJARAH & PERKEMBANGAN SYSTEM DYNAMICS
Aplikasi Instruksional
Pelatihan dan Pengembangan
DISUSUN OLEH : IPHOV KUMALA SRIWANA
Mengamati Fenomena di dunia nyata Tujuan yang jelas dan bermakna PERSIAPAN.
Oleh: Asep Hidayatullah (071187)
Jurusan Teknik Gas dan Petrokimia FTUI
TRAINING DESIGN / PENYUSUNAN PROGRAM TRAINING
Desain dan Analisis Algoritma
Roesfiansjah Rasjidin Program Studi Teknik Industri FT - UEU.
MODELING AND ANALYSIS - 1 Pertemuan - 05
Bina Nusantara Model Simulasi Peretemuan 23 (Off Clas) Mata kuliah: K0194-Pemodelan Matematika Terapan Tahun: 2008.
BAB II.
BAB 1 MENGENAL SIMULASI.
Pertemuan 23 SIMULASI SISTEM
RENCANA INDUK JANGKA PANJANG
Desain, Prototipe dan Konstruksi
SISTEM DINAMIS ROESFIANSJAH RASJIDIN Program Studi Teknik Industri
Information Systems, Organizations, and Strategy
CONTROLLING FUNGSI TERAKHIR DARI FUNGSI MANAJEMEN
Implementasi Dalam konteks Studi Kebijakan
PENGEMBANGAN ORGANISASI (ORGANIZATIONAL DEVELOPMENT)
Definisi Penganjaran Berbantuan Komputer
PEMODELAN SISTEM Modul 8 JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
MODEL UMUM PERUSAHAAN SIM-6.
KOSEP DASAR SISTEM KARAKTERISTIK SISTEM.
Model Pengambilan Keputusan
Model problem based learning
Pertemuan ke XI, Persepsi dan Komunikasi
BAB I TEKNIK SIMULASI.
MODEL PENGAMBILAN KEPUTUSAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
Pengantar Sistem Kendali
STRATEGI MENGAJAR HANSISWANY KAMARGA.
KEMAMPUAN KOMUNIKASI SECARA EFEKTIF
LANDASAN DAN PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM
PEMODELAN SISTEM Modul 8 JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
MANAJEMEN SISTEM INFORMASI
E-Learning dan Strategi Implementasinya
Learning Theory Artificial Intelligence Teknik Informatika – UNIKOM
07/16/96 KONSEP SISTEM Budi Susetyo, MSc.
PEMBELAJARAN BERBASIS PAIKEM.
MENGENAL MODEL PEMBELAJARAN
APA DAN BAGAIMANA BELAJAR ?
PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN
TEORI PENGAMBILAN KEPUTUSAN
LANDASAN DAN PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM
THE SCHOOL LIBRARIAN AS LEARNING ALCHEMIST TRANSFORMING THE FUTURE OF EDUCATION DISAMPAIKAN OLEH WINI SUDARWANTI.
HUBUNGAN ANTARA SKB & PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Chapter 8 Analytical, Group, and Mixed-Mode Process
PEMODELAN SISTEM Dasar pemodelan dan simulasi sistem.
Information Systems, Organizations, and Strategy
Pembelajaran AKTIF dimaksudkan bahwa dalam proses pembelajaran guru harus menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya, mempertanyakan,
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN

MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF
III. Dinamika Robot 1.Pendahuluan  Persamaan Dinamika : Formulasi matematis yang menggambarkan tingkah laku dinamis dari manipulator dengan memperhatikan.
Chapter 11 Intrapreneurship and Innovation
Transcript presentasi:

Roesfiansjah Rasjidin Teknik Industri – FT – UEU

Penyerdehanaan Kerumitan Mempelajari Sistem Kompleks Setiap link dalam feedback loops disederhanakan Elemen-elemen kompleksitas dinamis ditiadakan agar eksperimen dapat dikendalikan Hal ini menghambat pembelajaran berbagai konsekwensi dari aksi-aksi dan membelokkan umpan balik keluaran yang semestinya Kualitas model mental yang rendah Ketidakmampuan menyimpulkan secara benar tentang dinamika sistem non-linier yang kompleks

Meningkatkan Proses Pembelajaran Melibatkan semua kerumitan dalam pembelajaran Virtual worlds: model, simulasi atau dunia mikro yang formal dimana para pengambil keputusan dapat memperbaharui keahlian mengambil keputusan dan melakukan eksperimen-eksperimen. Model-model fisik, permainan-permainan peran, atau simulasi-simulasi komputer Simulasi komputer dibutuhkan dalam kajian sistem dengan kompleksitas dinamis yang nyata

Keutamaan dunia virtual Low-cost laboratories Waktu dan ruang dapat dimampatkan Tindakan dapat diulang pada kondisi yang sama atau berbeda Tindakan dapat dihentikan untuk melakukan analisis atau refleksi Keputusan-keputusan yang berbahaya, tidak layak, atau tidak etis dalam dunia nyata dapat diambil pada dunia virtual Eksperimen terkendali dimungkinkan Time delay dalam lingkaran pembelajaran pada dunia nyata dapat diturunkan secara drastis Irreversibility banyak tindakan dan kebutuhan untuk menjaga performa tinggi menghambat eksperimen pada berbagai kemungkinan yang belum dicoba

Keutamaan dunia virtual Strategi-strategi yang menimbulkan perfomansi rendah dan bencana dapat dicobakan pada dunia virtual Kondisi-kondisi ekstrim memberikan gambaran yang lebih jelas tentang struktur dan dinamika sistem Satu-satunya cara praktek untuk merasakan bencana/kehancuran/masalah, seperti flight simulator High-quality outcome feedback Perfect, immediate, undistorted and complete outcome feedback Derajat variasi random pada dunia virtual dapat dikendalikan Dunia virtual merupakan “open boxes” dimana asumsi- asumsinya diketahui secara keseluruhan dan dapat dimodifikasi

Mengefektifkan Dunia virtual Scientific method: merefleksikan keluaran simulasi Meniadakan defensive reactions terhadap pengujian hipotesis, akuntabilitas, dan perbandingan strategi-strategi berbeda Assumptions can be inspected, critized, and changed Decision makers involvement

Esensi Simulasi The only practical way to test the models (with dynamic complexity) Simulation leads to radical changes in the way we understand reality Simulation speeds and strengthens the learning feedbacks Can be designed to overcome the formalization which omit important aspects of the problem

DISKUSI DAN TANYA JAWAB