Perancangan Interior Rumah Komik Indonesia di Surabaya NOVI SUSANTI 41408029 KELOMPOK 10 MARIANA. W, S.Sn, M.MT Dra. ANIK RAKHMAWATI
+ LATAR BELAKANG Invasi komik cerita ber- GAMBAR dan cerita PENDEK ERA 1930 ERA1950-1953 ERA 1961-1971 ERA 1960-1965 Komik Indonesia Era Budaya Indonesia Era Politik dan Nasionalisme Era Superhero Indonesia Era Tionghoa Barat Invasi komik Komik Era 1990-2000 keatas + Perancangan Rumah Komik Indonesia di Surabaya Komik Indonesia menjadi tuan di negeri sendiri Your date here Your footer here
BAGAIMANA MERANCANG RUMUSAN MASALAH Interior Rumah Komik Indonesia yang EDUKATIF dan INFORMATIF kepada PENGUNJUNG ? BAGAIMANA MERANCANG Interior Rumah Komik Indonesia yang MEWADAHI komikus untuk BERKARYA, MEMAMERKAN dan MEMASARKAN karyanya? Your date here Your footer here
GRAMEDIA EXPO-CONVENTION HALL A+B LINGKUP + LOKASI PERANCANGAN JALAN BASUKI RAHMAT SURABAYA +/- SITE: + DEKAT CBD SURABAYA-PUSAT HIBURAN, SUDAH DIKETAHUI PUBLIK SURABAYA DAN DEKAT DENGAN TOKO BUKU GRAMEDIA SEHINGGA BISA BERKEMBANG LEBIH LAGI + AKSES TRANSPORTASI MUDAH DITEMUKAN, SEPERTI BEMO-TAXI-BUS KOTA DAN PUBLIK SEPERTI JEMBATAN PENYEBRANGAN DAN ZEBRA CROSS AGAK PADAT DI SAAT-SAAT WEEKEND JALUR PERLU WAKTU UNTUK MEMUTAR LINGKUP PERANCANGAN LUAS PERANCANGAN: 1140 M2 FASILITAS YANG ADA: - FASILITAS INFORMASI - FASILITAS PAMERAN - FASILITAS EDUKASI - FASILITAS PUBLIK KOMERSIAL - RUANG SERVIS DENAH GRAMEDIA EXPO Your date here Your footer here
PROSES DESAIN MASALAH +PROBLEM SOLVING RUMAH KOMIK INDONESIA STUDI PUSTAKA PROSES DESAIN TUJUAN: MENARIK MINAT MASYARAKAT UNTUK KEMBALI MENCINTAI KOMIK INDONESIA ANALISIS KOMIK INDONESIA BISA MENJADI TUAN DI NEGERI SENDIRI PROGRAMMING KONSEP (PICTURE AND STORY) LATAR BELAKANG KOMIK INDONESIA KEHILANGAN IDENTITAS KURANGNYA MINAT MASYARAKAT KE KOMIK INDONESIA – AWARENESS DAN DISTRIBUSI -PERMAINAN BIDANG GEOMETRIS-STILASI ELEMEN KOMIK -WARNA CORPORATE PENGULANGAN BENTUK MINIMALISIR TEXT MASALAH +PROBLEM SOLVING RUMAH KOMIK INDONESIA Your date here Your footer here
ANALISA +PROBLEM SOLVING JENDELA DIBUAT PENGGUNAANPENCAHAYAAN BUATAN BISA DIMINIMALISIR TAK ADA JENDELA PLAFON TINGGI MEZANIN RUANG YANG DIHASILKAN TIDAK TERKESAN TERLALU TINGGI/ RENDAH+MENAMBAH KEBUTUHAN JUMLAH RUANG Existing TERLALU MASIF/ TERTUTUP MENYAMARKANDESAIN YANG DIRANCANG TIDAK TERLALU MASIF NAMUN BISA SECARA FUNGSIONAL MEMISAHKAN RUANG ITU SENDIRI TEKNOLOGI INTERAKTIF YANG BISA DIGUNAKAN PENGUNJUNG SIGNAGE MENARIK INFORMATIF Rumusan Masalah EDUKATIF KEBUTUHAN RUANG FUNGSIONAL EDUKATIF MEMASARKAN, MEMAMERKAN DAN MEWADAHI KEBUTUHAN RUANG YANG MEMAKSIMALKAN FUNGSINYA Your date here Your footer here
KONSEP + SKETCH THE PICTURE AND STORY COMIC ESSENCE -SEMI FORMAL FORMULA UNTUK MEMBUAT KOMIK, TANPA CERITA, KOMIK HANYA SEBUAH GAMBAR DAN TANPA GAMBAR, KOMIK HANYA SEBUAH CERITA MEMBOSANKAN PICTURE STORY FLOW-PLOT - PESAN YANG DISAMPAIKAN MELALUI PENATAAN YANG BAIK LEBIH MUDAH DITERIMA (ALIM SUMARMO, M. PD) - A PICTURE WORTH A THOUSAND WORD (CHINESE PROVERB) - KOMUNIKASI NON VERBAL PERTAMA MANUSIA (MARCELL BONEFF) SUASANA RUANG -SEMI FORMAL TIDAK MENGEKANG PENGUNJUNG MENGARAHKAN NAMUN MEMBERI KEBEBASAN POLA PENATAAN LINEAR BERCABANG WARNA MINIMALISM TEXT SIGNAGE ANALOGI BENTUK DASAR KOMIK WARNA CORPORATE ALAM - TRANSPARANT BUATAN: FIBER LOGAM DLL MATERIAL INTERIOR + MEBEL Your date here Your footer here
KONSEP+ SKETCH MATERIAL WARNA: ORGANISASI+ SIRKULASI DOMINASI WARNA KOMIK+ CORPORATE MONOCHROME HITAM-PUTIH WARNA DASAR KOMIK DISPLAY MERAH CORPORATE KOLONI PENERBIT BUKU KOMIK KHUSUS LOKAL DARI GRAMEDIAPOWER -COKLAT (AKSEN) ELEMEN INDONESIA-NETRAL KONSEP+ SKETCH DOMINASI LOGAM-MULTIPLEKS- FIBER LOGAM+MULTIPLEKS SIGNAGE FIBER PLAFON ORGANISASI+ SIRKULASI MEBEL BENTUK: POLA PENATAAN TERARAH-MENYEBAR THE PICTURE AND STORY SIRKULASI LINEAR BERCABANG INTERIOR LAYOUT TEKNOLOGI-INFORMATIF -INTERACTIVE TOUCH SCREEN -STANDING PLASMA AKUSTIK PANEL AKUSTIK GLASSWOOL SPEAKER GANTUNG SPEAKER TANAM (DISPLAY) PENCAHAYAAN: GENERAL-TASK-SUPPLEMENTARY ALAMI PENGHAWAAN - LINEAR SLOT DIFFUSER MAINTENANCE AC CASSETE MERATA ALAMI Your date here Your footer here
KONSEP+ SKETCH APLIKASI MEBEL KONSTRUKSI HARDWARE BAHAN THE PICTURE AND STORY KONSTRUKSI HARDWARE BAHAN BUILT IN PERMANENT MENANBAH DINDING TERIKAT KE PLAFON TIDAK BISA DIPINDAH FIZZER GANTUNG BUILT IN BEARINGS PUTAR LOGAM LACI-PINTU MULTIPLEKS MEBEL MULTIPLEKS PLAT ALUMINIUM SUEDE (UPHOLSTERY) LOGAM- BESI HOLLOW GANTUNG AREA KAFE Your date here Your footer here
LAYOUT Your date here Your footer here
POTONGAN POTONGAN Your date here Your footer here
MAIN ENTRANCE Your date here Your footer here
PERSPEKTIF Your date here Your footer here
PERSPEKTIF Your date here Your footer here
PERSPEKTIF Your date here Your footer here
MAKET Your date here Your footer here
RUMAH KOMIK INDONESIA– KESIMPULAN INFORMATIF DISPLAY-DINDING-PENGGUNAAN TEKNOLOGI(INTERACTIVE SCREEN)-DISPLAY 3D MENARIK MINAT PENGUNJUNG EDUKATIF KEBUTUHAN RUANG PERPUSTAKAAN, WORKSHOP, PROSES BELAJAR MEWADAHI-MEMASARKAN-BERKEMBANG DALAM KARYA WORKSHOP- RUANG PAMER TAK TETAP- SOUVENIR MENGEMBANGKAN KOMIK DAN KOMIKUS INDONESIA UNTUK TERUS BERKARYA RUMAH KOMIK INDONESIA– KOMIK INDONESIA, TUAN DI NEGERI SENDIRI Your date here Your footer here