PEMBERDAYAAN SOFTWARE COREL DRAW GRAPHIC (CDG) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA Oleh Satya Santika 118612008.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MEDIA PENYULUHAN PERTANIAN
Advertisements

P4i_E.cLa5s.CoMmuNiTy_i4iN_sBy.id Anis Nur Khamidah D Badi’atul Munawwaroh D Citra Puspita Sari D Khusnul Khotimah D
MEDIA PENDIDIKAN.
RAGAM MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
SUMBER BELAJAR.
Selamat Datang pada sesi ini
Media Pembelajaran Dosen Pengampu: Syafi’i S.Pd. M.Pd
BALAI DIKLAT KEAGAMAAN BANJARMASIN
Pengembangan Media Komunikasi dalam Penyuluhan Agribisnis
Dra. Istiyati Catharina, M.Pd.
SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
MEDIA PENYULUHAN PERTANIAN
PERKEMBANGAN DAN PENGENALAN BEBERAPA MEDIA
RiTA RAHMANIATI, M.Pd DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALANGKA RAYA
DRS. CIPTO BUDY HANDOYO,M.PD./uny/fbs/musik.  82 % MATA  12 % TELINGA  6 % LAINNYA  82 % MATA  12 % TELINGA  6 % LAINNYA Kata para ahli berkaitan.
 AECT (Association for Educational Communications and Technology) segala bentuk dan saluran untuk proses transmisi informasi  Olson teknologi untuk.
PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR
GUNTUR SUMILIH, M.App.Sc. Widyaiswara Matematika LPMP Jawa Timur
KONSEPSI MEDIA PEMBELAJARAN
Media = Perantara/pengantar,
TOPIK 12 PRESENTASI RENCANA USAHA KEWIRAUSAHAAN. Media Lebih dari satu media (alat) Lebih dari satu media (alat) Media sesuai dengan tujuan Media sesuai.
PEMANFAATAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
SK DIKDASMEN DEPDIKBUD No. 136/C/Kep/R/1991 Tanggal 6 april tahun 1991 telah mensahkan penggunaan media pendidikan transparansi OHP pada mata pelajaran.
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INOVATIF
Matematika Word Media Pembelajaran Tujuan Materi Refrensi Profil
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
MEDIA PEMBELAJARAN.
MEDIA PEMBELAJARAN 1 2 Latar Belakang Pengertian Manfaat Jenis Media
Media Pembelajaran Matematika
WORKSHOP DAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Produksi Konten Multimedia
Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa
BERBAGAI JENIS MEDIA PEMBELAJARAN
MEDIA AUDIO VISUAL PERTEMUAN 9 KHAOLA RACHMA ADZIMA PGSD FKIP.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
Modul 6 Strategi Pembelajaran/PDGK4105
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Media Pembelajaran OLEH : RATNASARI
PERTEMUAN 9 HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
Intermezzo... Media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan proses pembelajran. Media sangat bermanfaat sebagai penyampai.
MEDIA PENGAJARAN
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
KONSEP PENGENBANGAN DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN [Stereotype Guru Profesional]
Pembelajaran Berbasis
Media Pembelajaran PLS
Media Pembelajaran PLS
Kelompok 6 Defi Desiana ( ) Nurul Hasanah ( ) Legiyem ( )
MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO DAN VISUAL
Media Audio Disusun Oleh: Desi Muji Hartanti ( ) Tutut Widiyanti ( ) Mega Ayu Setyana ( ) Kelas: A5-14.
NAMA KELOMPOK 1.Leli Mahfiroh ( ) 2.Raswan ( )
Linda Fitri Andriyani ( K )
MEDIA PEMBELAJARAN Oleh : Choirudin, M.Pd.
BERBAGAI JENIS MEDIA PEMBELAJARAN
APA ITU MEDIA ? APA ITU MEDIA PEMBELAJARAN ?
KULIAH KE EMPAT MP JENIS /KLASIFIKASI DAN KARAKTERISTIK MP 23/8/2018.
KONSEPSI MEDIA PEMBELAJARAN
KONSEPSI MEDIA PEMBELAJARAN
TAKSONOMI MEDIA PENYULUHAN PERTANIAN Agustina Bidarti
Media Pembelajaran.
MEDIA PEMBELAJARAN.
MEDIA PEMBELAJARAN Drs. YUSUF AFENDY, M.Pd.I.
Konsep dasar sumber belajar. DEFINISI SUMBER BELAJAR sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
MEDIA PEMBELAJARAN.
KONSEPSI MEDIA PEMBELAJARAN
SUMBER BELAJAR.
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
Dandan Irawani Lubis, S.Ag, M.Pd Widyaiswara Ahli Madya Balai Diklat Keagamaan Medan MEDIA Pembelajaran.
MEDIA PEMBELAJARAN. LATAR BELAKANG Agar penyampaian materi pelajaran dapat diterima dengan baik serta menarik bagi peserta didik, tidak cukup hanya dengan.
Transcript presentasi:

PEMBERDAYAAN SOFTWARE COREL DRAW GRAPHIC (CDG) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA Oleh Satya Santika 118612008

Pendahuluan Kerucut pengalaman belajar peserta didik (E. Dale)

Alasan Guru Tidak Menggunakan Media terbatasnya waktu untuk membuat persiapan mengajar, sulit mencari media yang tepat, tidak tersedianya biaya gurunya ‘gaptek’ (gagap teknologi)

Klasifikasi Media dari Anderson No. Golongan Media Contoh dalam Pembelajaran 1. Audio Kaset tape recorder, cd audio, siaran radio, dan telepon atau telewicara. 2. Cetak Buku pelajaran, modul, brosur, leaflet, gambar, dan makalah. 3. Audio-cetak Kaset audio yang dilengkapi ahan tertulis 4. Proyeksi visual diam Overhead Tranparansi (OHT) dan film bingkai (slide) 5. Proyeksi audio visual diam Film bingkai (slide) bersuara 6. Visual gerak Film bisu 7. Audio visual gerak Film gerak bersuara, VCD, dan televisi 8. Obyek fisik Benda nyata, model, spesimen 9. Manusia dan lingkungan Guru, Budayawan, Ekonom, Pustakawan, laboratorium, kebun binatang, cagar alam, sungai, hutan, sawah, dan lautan 10. Komputer CAI (pembelajaran berbantuan komputer) dan CBI (pembelajaran berbasis komputer)

Software Corel Draw Graphic (CDG) Coreldraw merupakan software editor grafis berbasis vector, dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corporation yang berbasis di Ottawa, Kanada. Versi terakhir, sampai makalah ini dibuat adalah Versi X6, diluncurkan pada pertengahan Maret 2012.

Pola Pemberdayaan CDG dalam Pembelajaran Matematika pola pemanfaatan langsung (di lab komputer); pola pemanfaatan di kelas; pola penugasan; dan pola individual.

pola pemanfaatan langsung (di lab komputer)

pola pemanfaatan di kelas

Pola penugasan

pola individual

Kelebihan pada pemberdayaan CDG Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis Mengatasi perbatasan ruang, waktu dan daya indera, seperti: Objek yang terlalu besar digantikan dengan model Obyek yang kecil dibantu dengan pembesaran micro Obyek yang terlalu kompleks dapat disajikan dengan model 3. Mengatasi keterbatasan heterogenitas pemikiran peserta didik: Memberikan perangsang yang sama Mempersamakan pengalaman Menimbulkan persepsi yang sama.

Kekurangan pada pemberdayaan CDG Komputer yang digunakan dituntut untuk lebih mengutamakan kemampuan grafis dan memori yang kuat. Intensitas penggunaan mouse dan keyboard menentukan efektivitas pembelajaran Materi matematika harus selalu dikaitkan dengan unsur geometri 2D euclid terlebih dahulu

Terima Kasih