KECENGKAHAN/KONTRAS Revisi (Tgl) : 0 (22 Des 2007)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PEMBIASAN/REFRAKSI Pembiasan cahaya (refraksi) merupakan peristiwa pembelokkan jalannya cahaya pada bidang batas antara dua medium bening yang berbeda.
Advertisements

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
SYSTEM APPROACH (pendekatan sistem)
Pengolahan Data (Data Processing)
GEOMETRI RUANG (DIMENSI 3)
BAB 4 PUSAT LABA.
BARIK / TEKSTUR Revisi (Tgl) : 0 (22 Des 2007).
KELAINAN Revisi (Tgl) : 0 (22 Des 2007).
INDUKSI DAN INDUKTANSI
PERSAMAAN-PERSAMAAN MAXWELL
TEORI LINKAGE Hubungan sebuah tempat dengan yg lain
Revisi (Tgl) : 0 (22 Des 2007) PANCARAN. Pancaran / pola memusat Pancaran dpt dipandang sbg jenis perulangan khusus. Gatra yg berulang atau bagian racana.
PESAWAT SEDERHANA.
BAHASA INDONESIA SEMENJANA (Tri Atmadji Sutikno)
Lingkaran.
MEKANIKA TEKNIK II (RANGKA BATANG)
"Metode Penugasan".
Revisi (Tgl) : 0 (22 Des 2007) KERAPATAN. Kerapatan ialah cara gatra menyebar, yg dpt berkerumun rapat2 disuatu daerah atau bertebaran jarang2 di daerah.
Muatan & Materi.
PRINSIP-PRINSIP Datum
RANGKA LANJAR Meragang dg bidang
Prisma dan Tabung Prisma dasar dan ragamnya
TRIMATRA (TIGA DIMENSI)
Keseimbangan, Penekanan, Kesatuan
1. Caturtira (4 sisi) Gb. 204, Caturtira mempunyai 4 bidang, 4 sudut & 6 sisi Setiap bidang berbentuk trikona (segitiga sama sisi) bila caturtira terletak.
RACANA DINDING KUBUS, TONGGAK, DINDING
BIDANG BERSAF/DERET Sejumlah titik membentuk garis
PASAR BEBAS, EFISIENSI, BARANG SWASTA, EKSTERNALITAS & KEGAGALAN PASAR
UNSUR DAN PRINSIP PERANCANGAN TAMAN
BIAYA PRODUKSI.
PSP.
ELEMEN SENI RUPA Sanuka T. D KKN-PPL UNY 2013.
Bab 5 PERULANGAN Revisi (Tgl) : 0 (22 Des 2007).
PRINSIP-PRINSIP DESAIN GRAFIS
RACANA DINDING KUBUS, TONGGAK, DINDING
Prisma dan Tabung Prisma dasar dan ragamnya
Bahasa visual Untuk Media internal.
1. Caturtira (4 sisi) Gb. 204, Caturtira mempunyai 4 bidang, 4 sudut & 6 sisi Setiap bidang berbentuk trikona (segitiga sama sisi) bila caturtira terletak.
TRIMATRA (TIGA DIMENSI)
RANGKA LANJAR Meragang dg bidang
E S T E T I K A B E N T U K RACANA RUANG R A C A N A R U A N G.
TEORI FIGURE/GROUND Teori2 figure/ground dipahami dr tata kota sbg hubungan tekstural antara bentuk yg dibangun (building mass) dan ruang terbuka (open.
GARIS HUBUNG Revisi (Tgl) : 0 (22 Des 2007).
INDUKSI DAN INDUKTANSI
Kekuasaan, Wewenang dan Kepemimpinan.
PRINSIP-PRINSIP KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
MELUKIS GARIS TEGAK LURUS
Seni rupa 2 dimensi.
LAPISAN LANJAR Menumpuk lapisan lanjar Gb.319. bab sebelumnya
PENGARAHAN Azas-azas Manajemen.
DESKRIPSI DATA NUMERIK
MELUKIS GARIS TEGAK LURUS
Kekuasaan, Wewenang dan Kepemimpinan Materi Kuliah PS.
SIMBOL KONSTRUKSI, TANAH, BATU, BETON
Teori tentang Desain Komunikasi Visual
GAMBAR PERSPKTIF Kata “Perspektif” berasal dari kata bahasa Itali “Prospettiva” yang berarti “gambar pandangan”. Menggambar Perspektif adalah suatu.
Kebutuhan air Kebutuhan air dalam bangunan artinya air yg dipergunakan baik oleh penghuninya ataupun oleh keperluan2 lain yg ada kaitannya dg fasilitas.
Kepala Sprinkler (sprinkler head)
Bahasa visual Untuk Media internal.
Standar proporsi yang dianggap ideal secara sistematis yaitu :
ASSALAMU’ALAIKUM. WR.WB
RUPA DASAR 3 DIMENSI Berikut ini aplikasi bentuk trimatra untuk bidang arsitektur :
MELUKIS GARIS TEGAK LURUS
MELUKIS GARIS TEGAK LURUS
MELUKIS GARIS TEGAK LURUS
SISTEMATIKA PENULISANNYA Oleh: Yulianto Tell RAGAM KARYA ILMIAH.
IMBANGAN AHLI KUMPULAN: - NABILAH NAZIHAH BT ABD. GHAFFAR
LAPISAN LANJAR Menumpuk lapisan lanjar Gb.319. bab sebelumnya
Materi Kuliah PS Kekuasaan, Wewenang Meti Mediyastuti, S.Sos, M.AP.
Studio Bentuk Arsitektur Bentuk Prinsip-prinsip perancangan.
Transcript presentasi:

KECENGKAHAN/KONTRAS Revisi (Tgl) : 0 (22 Des 2007)

Klik di sini untuk melanjutkan Kecengkahan atau kontras terjadi setiap waktu walaupun kehadirannya mungkin diabaikan. Contoh: sepotong garis lurus yg bertemu dg garis lengkung, bentuk yg lebih besar drpd bentuk yg lain, pd arah tegak yg berdampingan dg arah datar. Kecengkahan adalah perbandingan yg membuat perbedaan menjadi jelas. Klik di sini untuk melanjutkan

Kecengkahan, keteraturan dan kelainan Kelainan ada dlm keteraturan sbg unsur yg teratur Diantara kelainan dan keteraturan terdpt kecengkahan krn keteraturan mematuhi adat, sedangkan kelainan menolaknya, tetapi kecengkahan terdpt juga dlm keteraturan itu sendiri. Klik di sini untuk melanjutkan

Kecengkahan unsur rupa dan pertalian Penggunaan kecengkahan dlm kaitannya dg unsur rupa dan pertalian: Kecengkahan raut (gb.59a) Kecengkahan ukuran (gb.59b) Kecengkahan warna (gb.59c) Kecengkahan barik (gb.59d) Kecengkahan arah (gb.59e) Kecengkahan kedudukan (gb.59f) Kecengkahan ruang (gb.59g) Kecengkahan gaya berat (gb.59h) Klik di sini untuk melanjutkan

Klik di sini untuk melanjutkan Satu2 bentuk gatra sudah biasa mengandung unsur yg cengkah hingga tampak lebih menarik. Untuk mempertajam kesadaran akan kecengkahan dlm bentuk, kita akan mengambil 4 btk : Gb.60a Gb.60b Gb.60c Gb.60d Klik di sini untuk melanjutkan

Klik di sini untuk melanjutkan Racana Kecengkahan Dg mencengkahkan unsur pertalian dpt dibentuk racana kecengkahan. Racana spt itu atertib krn sangat mengesampingkan keberaturan yg ketat. Racana atertib tdk memiliki garis racana dan kedudukan gatranya bebas. Pd kedua hal itu keseimbangan hrs tetap ada tetapi jenisnya berbeda. Utk menjelaskannya, keseimbangan pd racana tertib sama spt keadaan 2 bobot yg sama, yg ditempatkan pd jarak yg sama dr titik tumpu (gb.61a) Klik di sini untuk melanjutkan

Klik di sini untuk melanjutkan Keseimbangan pd racana atertib sama spt keadaan 2 bobot yg tak sama, yg ditempatkan pd jarak yg tak sama dr titik tumpu yaitu bobot yg lebih ringan lebih jauh dan yg lebih berat lbh dekat, dg penempatan yg cermat (gb.61b) Pd racana kecengkahan, raut dan ukuran gatra jarang berulang, tetapi memiliki pertalian kemiripan yg longgar. Jenis gatra dpt lebih dr 1 tetapi biasanya ada 1 yg menonjol. Diantara 2 jenis gatra atau lebih mungkin terdapat kecengkahan raut, ukuran dan / atau warna. Pd susunan racana kecengkahan tdk ada aturan yg tentu. Klik di sini untuk melanjutkan

Klik di sini untuk melanjutkan Raut dan ukuran gatra disesuaikan dg keperluan. Keserupaan dicari tdk hanya diantara unsur rupa, tetapi juga diantara unsur pertalian utk memelihara kesatuan; sekali2 terdpt kecengkahan yg membangkitkan rupa. Cara unsur pertalian diolah dlm racana kecengkahan Arah (gb.62a) Kedudukan (gb.62b) Ruang (gb.62c) Gaya berat (gb.62c) Klik di sini untuk melanjutkan

Keseragaman dan ketegasan Ada dua segi yg perlu diperhatikan pd racana cengkah: 1.Keseragaman gatra terbesar: diperoleh jika dlm racang 1 jenis gatra menduduki lbh banyak ruang drpd gatra yg lain. Gatra ini dg gatra lain berbeda raut, ukuran, warna,barik,arah kedudukan,ruang,dan /atau gaya beratnya merupakan gatra terbesar krn menyebar didaerah yg lebih luas.Keseragaman gatra terbesar membantu pembentukan rancang menjadi satu keseluruhan yg utuh.

2. Ketegasan gatra terkecil: keseragaman gatra terbesar tdk perlu membuat gatra terkecil dilupakan. Sebaliknya gatra terkecil sering menjadi tegas dan menuntut banyak perhatian. Hal itu spt suatu kelainan, yg lebih mudah terlihat. Keseragaman gatra terbesar dan ketegasan gatra terkecil biasanya bekerja sama dlm racana kecengkahan. Sekalipun hanya ada1 jenis gatra dlm sebuah rancangan, berbagai unsur pertalian dpt digarap utk menciptakan keseragaman dan ketegasan. Keseragaman gatra terbesar spt bobot yg besar, lbh dekat pd titik tumpu, dan ketegasan gatra terkecil spt bobot yg kecil, terletak jauh dr titik tumpu, keduanya menghasilkan keseimbangan yg dilukiskan pd gb 61b.