KOMBINASI WARNA oleh: Dra.Enny Zuhni Khayati,M.Kes.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ERGONOMIKA TEMPAT DAN KONDISI LINGKUNGAN KERJA
Advertisements

KONSEP DASAR MEMBUAT HIASAN BUSANA DAN LENAN RUMAH TANGGA
keyakinan, kepercayaan, ketelitian, kehidupan.
DASAR-DASAR DESAIN.
MEMBUAT POLA MOTIF HIASAN BUSANA DAN LENAN RUMAH TANGGA
Teknik Sulaman Fantasi dan Sulaman Brazilian oleh: Dra
Floor Plan Pertemuan Matakuliah: DESAIN INTERIOR III Tahun: 2009/2010.
DASAR-DASAR SENI RUPA.
DASAR-DASAR SENI RUPA.
Warna cahaya Warna pigmen
Tujuan Instruksional Umum : Tujuan Instruksional Khusus :
INTERIOR DECORATION Hiasan yang dirancang untuk ruang kantor, lobby, kamar hotel, rumah tempat tinggal, galery dsb, dengan desain warna, peralatan, dan.
NURUL ATIKAH BINTI ABDUL NAPIS
PENGANTAR DESKTOP PUBLISHING
BAB I APRESIASI KARYA SENI RUPA TERAPAN DAERAH BANYUMAS
MENGHIAS KAIN.
MENGHIAS KAIN.
MEMBUAT HIASAN BUSANA ( KK 008 ).
PEMBUATAN ALAT BANTU PENGAJARAN
Macam-macam Skema Warna
SEJARAH WARNA Yunani kuno c/ Phytagoras, Plato, Aristoteles
KOMPOSISI WARNA Komposisi berasal dari bahasa Inggris composition yg berarti mengarang, menyusun atau menggubah. Komposisi warna adalah susunan warna2.
SENI BUDAYA IX BAB II BERKARYA SENI RUPA.
PENGERTIAN SENI RUPA CABANG-CABANG SENI RUPA
Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Indonusa Esa Unggul Topik 10 Teori Warna.
Keseimbangan, Penekanan, Kesatuan
Pengenalan desain grafis 2
Nurul Hanifah R KDG-15.1.A Menu Pengertian Warna Spektrum Warna
UNSUR DAN PRINSIP PERANCANGAN TAMAN
Kondisi kerja dan Psikologi Kerekayasaan
Basic Design Principles
Teknologi Dan Rekayasa
UNSUR UNSUR DESAIN BUSANA
LOGO.
E l E M E N Warna.
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
Unsur dasar senirupa Pertemuan ke 2.
WARNA.
Desain: unsur konsep, rupa, dan komposisi
Maria Gorretie Endang Tri Astuti, S.Pd
PENGETAHUAN WARNA ROSITA CAROLINA OLEH : MATA KULIAH
ASSALAMU ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH
Warna kedalaman dan spasi
PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PROFESI GURU
SENI RUPA (VISUAL ART) Skema Warna.
DIMENSI WARNA DEDDY AWARD WIDYA LAKSANA, M.Pd
Color Palette Grafika Komputer 8.
Nilai & Warna, Ruang, Gerakan
Konsep Pewarnaan Website
Mengenal Warna Buah.
Warna, Symbol, Safety dan Typography OSKAR JUDIANTO SSn. MM. MDs.
PRODI DESAIN PRODUK & FDIK
KELOMPOK 9 perpaduan warna
DESAIN PORTOFOLIO Universitas Esa Unggul Pertemuan Ke-6
MATERI TENTANG KLASIFIKSI WARNA PRODI DESAIN PRODUK & FDIK
PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI
PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI
PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI
PSV3109 MULTIMEDIA KREATIF DALAM PENDIDIKAN SENI VISUAL
REKA BENTUK VISUAL.
DAYA KAPILARITAS. DAYA KAPILARITAS TUJUAN Mengetahui daya kapilaritas pada medium kertas tisu 2. Mengetahui komponen penyusun zat warna pada tinta.
Sedia buku nota.. Salin…sambil salin sambil dengar penerangan guru……hari ini gambar tidak perlu lukis……okkkkkkkk Jangan bising???
Sedia buku nota.. Salin…sambil salin sambil dengar penerangan guru……hari ini gambar tidak perlu lukis……okkkkkkkk Jangan bising???
REKA BENTUK VISUAL.
DESAIN AND INTERIOR Desain interior adalah Ilmu yang mempelajari perancangan suatu karya seni yang ada di dalam suatu bangunan dan digunakan untuk memecahkan.
3.1.Mendiskusikan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap terang, tekstur, dan ruang Menjelaskan unsur-unsur tata.
Kondisi kerja dan Psikologi Kerekayasaan
Studio Bentuk Arsitektur Bentuk Prinsip-prinsip perancangan.
David Brewster  Warna primer  Warna sekunder  Warna tersier.
SENI BUDAYA IX BAB II BERKARYA SENI RUPA. Untuk menciptakan karya seni rupa perlu adanya gagasan / ide ekspresi pada seseorang yang terlibat dalam pembuatan.
Transcript presentasi:

KOMBINASI WARNA oleh: Dra.Enny Zuhni Khayati,M.Kes.

Teori Brewster yang disempurnakan Oleh Herbert Ives Teori Brewster pertama kali dikemukakan pada tahun 1831. Teori ini menyederhanakan warna-warnayang ada di alam menjadi 4 kelompok warna, yaitu warna primer, sekunder, tersier, dan warna netral. Kelompok warna ini sering disusun dalam lingkaran warna brewster. Lingkaran warna brewster mampu menjelaskan teori kontras warna (komplementer), split komplementer, triad, dan tetrad. Rumus yang diperoleh dari Teori Brewster t oleh Herbert Ives disempurnakan menjadi skema lingkaran warna.

warna LINGKARAN /RODA WARNA WARNA PRIMER WARNA SKUNDER WARNA TERSIER WARNA QUANTERNARY WARNA PANAS WARNA DINGIN WARNA NETRAL

LINGKARAN WARNA BREWSTER

Warna Dasar ( a).warna primer  Merupakan warna dasar yang tidak merupakan campuran dari warna-warna lain. Warna yang termasuk dalam golongan warna primer adalah merah, biru, dan kuning (b). Warna sekunder: warna hasil campuran yang seimbang antara warna primer dengan warna primer dengan proporsi 1:1. . warna ungu (violet) campuran merah dan biru,warna orange campuran warna merah dan kuning, dan warna hijau campuran warna kuning dan biru. warna jingga merupakan hasil campuran warna merah dengan kuning (c). Warna tersier: merupakan hasil campuran warna sekunder dengan warna primer. Contohnya: (c.1) warna merah ungu campuran warna merah dengan ungu (c.2) warna ungu biru campuran warna ungu dengan biru

Warna Dasar

Warna panas dan warna dingin (e)Warna Panas: Warna –warna yang mengarah pada warna kuning dan jingga dikategorikan ke dalam warna panas. Warna ini memiliki kesan panas mencolok, semangat,bijaksana dan dinamis. (f) Warna dingin Warna –warna yang mengarah pada warna biru dan hijau dikategorikan ke dalam warna dingin. Warna ini memiliki kesan lembut, sejuk, teduh, dan tenang

.

(d). Warna netral: Warna netral merupakan hasil campuran ketiga warna dasar dalam proporsi 1:1:1. Warna ini sering muncul sebagai penyeimbang warna-warna kontras di alam. Biasanya hasil campuran yang tepat akan menuju hitam.

CARA MENYUSUN WARNA WARNA BERSESUAIAN a.Warna Analogous b. Warna Monocromatik 2. WARNA KOMPLEMEN a. Komplemen lurus/ berseberangan b. Split Komplemen / sebelah menyebelah c. Komplemen triadic(segi tiga sama kaki) d. Komplemen segi empat d. Komplemen Tetradic (segi empat panjang/ komplemen ganga)

Kombinasi Warna analogus Kombinasi Warna analogus adalah hubungan warna yang bersebelahan pada lingkaran warna,skema warna Analog menggunakan warna yang bersebelahan pada roda warna.

Cara penyusunan warna a. Analogus

b. Monokromatik

Monokromatik

Komplemen berseberangan/ lurus Warna komplementer adalah hubungan warna-warna yang saling berhadapan dalam roda atau lingkaran warna sehingga sehingga warna ini disebut juga warna kontras

.Komplementer lurus/ berseberangan

.Split Komplementer atau kombinasi kontras sebelah menyebelah Skema warna split-komasdplementer adalah variasi dari skema warna yang saling melengkapi. Selain warna dasar, menggunakan dua warna yang berdekatan dengan yang bersebelahan .

Skema warna triadic menggunakan warna yang merata berjarak sekitar roda warna

f. Skema warna persegi mirip dengan persegi panjang, tapi dengan semua empat warna berjarak dua warna secara merata di dalam lingkaran warna. Skema warna persegi akan berfungsi maksimal jika Anda membiarkan salah satu warna dominan

e. Kombinasi kontras segi empat panjang ( Tetradic) Kombinasi persegi panjang atau skema warna tetradic menggunakan empat warna dibagi menjadi dua pasangan yang saling melengkapi.

JENIS WARNA( HUE)

WARNA –WARNI BAHAN TEKSTIL

MENONJOLKAN WARNA HITAM DI ATAS PUTIH HIJAU DI ATAS PUTIH MERAH DI ATAS PUTIH WARNA TUA DI ATAS WARNA MUDA WARNA MUDA DI ATAS WARNA TUA HITAM DI ATAS KUNING MERAH DI ATAS KUNING KUNING DI ATAS UNGU

PENGARUH PENGGUNAAN WARNA Pemilihan warna hendanya disesuaiakan dengan maksud yang ingin dicapai. Warna Merah disebut sebagai warna yang paling menghangatkan, dapat memberi tekanan sehingg dapat digunakan untuk menonjolkan Warna Merah jika dipergunakan secara berlebihan akan menimbulkan suasana yang meresahkan atau tidak menenangkan.

Lanjutan pengaruh warna Penggunaan warna yang pas atau proporsi yang baik akan memberi kesan yang enak dipandang mata Warna lembut, misalnya warna merah yang digunakan dalam volume ringan dengan cara menambahkan warna putih misalnya merah muda akan memberi kesan menyenangkan Warna Panas menghangatkan, sedangkan warna dingin menyejukkan Warna Tua mengecilkan/ menyempitkan, sedangkan warna muda membesarkan/ lebih berkesan luas.

Kesesuaian warna bahan dengan warna hiasan

APA KESAN SAUDARA DENGAN KOMBINASI WARNANYA ?

Kesesuaian antara warna bahan dan warna benang hias

Pengulang menghasilkan Irama warna warna yang tidak membosankan dan sangat menarik

BLUS DENGAN DESAIN HIASAN FLORA

Desain motif Hiasan Blus Desain Hiasan Punggung Desain Hiasan Dada Desain Hiasan lengan

BAGAI MANA DENGAN KOMBINASI DI BAWAH INI ? C

LATAR HITAM A B

. A B

CONTOH KOMBINASI WARNA

CONTOH KOMBINASI WARNA

EVALUASA 1. Mengapa dalam mengkombinasikan warna harus dipilih yang baik? 2. Bagaimana cara penggunaan warna untuk titik pusat perhatian ? 3. Bagaimana konsep mengkombinasikan warna yang baik ? 4. Bagaimana strategi saudara mengaja kombinasi warna pada siswa?

TUGAS BUATLAH MEDIA BELAJAR MENCIPTA KOMBINASI WARNA BERBASIS RODA WARNA BREWSTER YANG DAPAT BERPUTAR SELAMAT MENGERJAKAN

TERIMAKASIH ATAS PERHATIANNYA SUKSES SELALU