Permainan (Games) Edukatif

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF, DELEGASI DAN PEMBERDAYAAN
Advertisements

KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF, DELEGASI DAN PEMBERDAYAAN
Collaborative Learning (Pembelajaran Kolaboratif).
Program Orientasi Pendidikan
Apa yang dimaksud dengan pembelajaran diperguruan tinggi?
MEMBANGUN TEAM BUILDING
PARTICIPATORY RURAL APPRAISAL (PRA) by elfia farida.
BERMAIN Ns. Nurma Afiani, S.Kep.
LANDASAN DAN PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM
TEORI BELAJAR HUMANISTIK
Pemimpin Kreator Masa Depan: Dari Bulaksumur Untuk Indonesia Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Gadjah Mada 2007.
Dr. Leonardo W. Permana, MARS.
Pertemuan 8 KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN.
PERTEMUAN 15.
ORIENTASI dan SASARAN KURSUS.
Pembentukan Sikap Dan Tingkah Laku
MEMBANGUN TEAM BUILDING
HUBUNGAN ANTAR MANUSIA (HUMAN RELATION)
Intervensi Pengembangan Team
Konsep Dasar PKM & Penyelenggaraannya
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
MEMBENTUK KEPEMIMPNAN
Mengelola Dinamika Kelompok
TANTANGAN KODE ETIK KESEHATAN MASYARAKAT
KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN
KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN
By : DEVI SILVIA dan ERNI SUHERNI
BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA
METODE DAN DESAIN PELATIHAN
PENGORGANISASIAN (ORGANIZING)
STRATEGI PEMBELAJARAN
Teori Belajar Humanistik
MEMBANGUN TEAM BUILDING
KONSELING KELOMPOK.
PEMBELAJARAN TIM ( TIM Learning) kuliah minggu 6
KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
STRATEGI MENGAJAR HANSISWANY KAMARGA.
Teori Belajar Humanistik
PRINSIP-PRINSIP BELAJAR
1. PERSIAPAN SOSIAL Bertujuan mengajak partisipasi atau peran serta masyarakat sejak awal kegiatan, perencanaan program, pelaksanaan,
KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
Konsep CBSA.
KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN
LANDASAN DAN PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
TEORI BELAJAR HUMANISTIK
MOTIVASI & DINAMIKA KELOMPOK
PENGELOLAAN KELOMPOK BELAJAR PLS
TEORI BELAJAR HUMANISTIK
MEDIA PEMBELAJARAN By: Durinda Puspasari.
KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF, DELEGASI DAN PEMBERDAYAAN
PERTEMUAN 15.
STKIP Kusuma Negara Jakarta
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
LANDASAN DAN PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM
HAKIKAT BELAJAR & PEMBELAJARAN
Apa yang dimaksud dengan pembelajaran diperguruan tinggi?
PEMBERDAYAAN KELUARGA
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
strategi pembelajaran // stah dnj
Mengelola Dinamika Kelompok
KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN
KEPEMIMPINAN 1 KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN KEPEMIMPINAN 2 MENGAPA KOMUNIKASI PENTING?  BAGI KEHIDUPAN MANUSIA “mendorong kemajuan peradaban manusia” dan.
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
NAMA ANGGOTA : 1.ARSI PURNAMA DEWI ( ) 2.FRISCA TAMARA IKA PRATIWI ( ) 3B PENDIDIKA N BIOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF.DR. HAMKA.
MEMBANGUN TEAM BUILDING
PENYUSUNAN PROGRAM PELATIHAN
Mengelola Dinamika Kelompok
Transcript presentasi:

Permainan (Games) Edukatif Desain Games Persiapan Non Teknis Pertimbangan Dalam Memilih Games Eksplorasi Nilai-Nilai Games Muh.Samsudin

Permainan Permainan adalah kegiatan yang ditandai oleh aturan serta persyaratan persayaratan yang disetujui bersama dan ditentukan dari luar untuk melakukan kegiatan dalam tindakan yang bertujuan. (Bettelheim : Hurlock,1978)

Jenis Permainan Permainan Individual Permainan Berkelompok Permaian Indoor games Permainan Outdoor games

Permainan Beregu Dapat dimainkan mulai usia 8 tahun Mempunyai aturan-aturan yang disepakati Mengandung unsur kompetisi Membangun kekompakan tim/regu Partisipasi Anggota Tim Waktu

just for fun ??? NO....!

Mengapa games partisipatoris dipilih? Pada prinsipnya makhluk memiliki sifat dasar suka permainan. Sesungguhnya kehidupan di dunia hanyalah permainan dan senda gurau. Manusia dapat belajar dari ‘pengalaman’ Permainan bagi manusia dipilih yang bermuatan nilai dan implementatif dalam kehidupan.

Dasar Teorinya? Tiap manusia memiliki dorongan dan keinginan untuk tumbuh dewasa Tiap orang pada dasarnya mampu bertanggungjawab pada pertumbuhannya sendiri. Tiap individu memiliki potensi jauh lebih besar dari apa yang diketahui orang lain. Yang penting saat ‘’sekarang’’ sehingga masa lalu adalah pengalaman dan memandang secara utuh utk menghadapi masa depan. Pertumbuhan manusia / pengembangan diri melalui proses insightful learning.

permainan sebagai metode, kok dipilih? Permainan adalah suatu metode yang sesuai untuk belajar ketrampila sosial dan soft skill. Permainan dapat menciptakan suasana yang santai dan menyenangkan. Tingkah laku seseorang dalam permainan ‘sama’ dengan tingkah lakunya dalam kehidupan sehari-hari. (cara mengambil keputusan, komunikasi, memecahkan masalah)

modelnya? Outdoor Games Indoor Games

Desain Games Disain games Non Teknis meliputi: Tujuan Prosedur Diskusi-Pembahasan Debreef

Disain Games Teknis Format : (Individual/Kelompok) Waktu Tempat : (Di luar-Di dalam Ruangan) Materi-Alat Peserta : Jumlah Individu dalam Tim

Format Fisik Desain Nama Game : Circle Name Bentuk : Kelompok Tempat : Di Luar atau Di dalam ruangan Materi : Peluit-Sempritan Waktu : 30 menit Peserta : Kelompok dinamis Tujuan : Menumbuhkan keakraban kebersamaan dan saling memahami Kesadaran interaksi dengan orang lain Prosedur: 1. Fasilitator menjelaskan kepada peserta tentang aturan games dan bagaimana games dimainkan. 2. Fasilitator menanyakan kepada peserta, bagaimana pengalaman peserta terlibat dalam games. 3. Fasilitator meminta beberapa peserta untuk menjelaskan nilai – nilai yang terkandung dalam games. 4. Secara interaktif fasilitator memberikan kesempatan kepada peserta untuk menanggapi. 5. Fasilitator menanyakan bagaimana implementasi nilai dlm tugas. 6. Fasilitator menyimpulkan makna permainan.

Diskusi-Pembahasan Mengapa orang perlu mengenal orang lain Apa manfaatnya. Efektifkah selama ini cara kita Mengenal orang lain Komitmen apa yang dibangun selama mengenal orang lain Teori-teori yang terkait dengan interaksi personal Debreef Pemaknaan. Mewawancarai kembali komitmen-pemahaman atas nilai games Implementasi dalam tugas. Reflektif ; dgn kata bijak dari tokoh dunia, ayat atau hadits.

Aturan Games (utk Fasilitator) Setelah melakukan streatching fasilitator meminta pada peserta untuk berkelompok membentuk lingkaran sesuai dengan bunyi peluit: Priiit…Priiit…Priiiit (berarti peserta berkumpul 3 orang dan membentuk lingkaran.) Priit 5 Kali….. 7 kali dst dst… Dalam kelompok diberikan Tugas misalya: menghafal nama, menghafal misi stikes, menyebutkan satu perbuatan yang harus dijauhi selama kuliah dll Fasilitator menanyakan berapa tean baru anda apa yang anda ketahui? Atau alasan kelompok memilih “kata”? Mengapa?

Pertimbangan Memilih Games

Langkah-Langkah Melakukan need assesmet pada institusi-unit-unsur atau yang terlibat dalam games Identifikasi masalah Rumuskan prioritas masalah Rumuskan Tujuan Pilih Games

Identifikasi Masalah PRIORITAS Need Assesment Tujuan GAMES

Eksplorasi Nilai-Nilai Games Eksplorasi dari peserta tentang muatan nilai dalam games Sebaiknya tiap peserta mengungkapkan yang dirasakan Mengaitkan nilai games dalam interaksi keseharian Pendekatan nilai-nilai tersebut dengan psikologi-managemet dan agama.

Game :Nilai-Nilai Idiologis Komitmen Organisasi Komitmen pada Faham Yang Diyakini Persamaan Visi Idiologi Jenis Game Misalnya: All Stand UP dengan berbagai Variasi. Tim Building Games