HIKMATU TASYRI'.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Session 3 : Hidup dalam Roh Kudus.
Advertisements

KAJIAN TAHSIN AL-QUR’AN Jum’at 8 Januari 2013
Berjalan Bersama Dengan Allah
Q.S. At-Tahrim Ayat 8.
KRISTUS, KEGENAPAN HUKUM TAURAT
PUJIAN UNTUK ANAK KITA oleh Munif Chatib
Ada Apa dengan VALENTINE?
KEMAMPUANKU TERBATAS Kelas VII Oleh: L. Atrik Wibawa.
KRISTUS DAN HUKUM DALAM KHOTBAH DI ATAS BUKIT
NOMADEN? Kejadian 30:25-43 vs NOMADEN?.
Islam dan Kepurbakalaan
APA YANG ALLAH TELAH PERBUAT
Air kehidupan: Yesus Air BaptisanAir yang menyucikan Pencegahan penyakit PengobatanKegunaan lainnya ROHANIFISIK.
KEBAHAGIAAN DI BALIK KEMATIAN
WAHYU 7 ORANG-ORANG YANG DIMETERAIKAN DARI BANGSA ISRAEL DAN
SUNGAI AIR KEHIDUPAN, POHON KEHIDUPAN DAN KEDATANGAN TUHAN
MU’JIZAT AL-QURAN.
Gerakan Pemuda.
KEBAKTIAN KEBANGUNAN ROHANI
Oleh Triawan Wicaksono
BERTAHAN DALAM PENCOBAAN
Perjalanan ke Emaus.
WAWASAN KEWIRAUSAHAAN
Pdt. Alex Letlora GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI
JANJI DOA Pelajaran 10 Maret 10, 2012.
‘LAKUKAN KEHENDAK-NYA, JANGAN TUNDA’.
Luas Daerah ( Integral ).
Antara dunia dan akhirat
PASAL 19 NYANYIAN ATAS JATUHNYA BABEL, PERJAMUAN KAWIN ANAK DOMBA,
PEMINDAHAN HAK DENGAN INBRENG
PELATIHAN SHALAT KHUSYU’ shalat sebagai meditasi tertinggi dalam Islam
ETOS KERJA DALAM ISLAM keutamaan kerja karakter Rasul dalam bekerja
DANIEL 3 UJIAN IMAN.
KERENDAHAN HATI ORANG BERHIKMAT
HARI KE : Allah Menciptakan :
Kejadian 6: :9 Inilah riwayat Nuh: Nuh adalah seorang yang benar dan tidak bercela di antara orang-orang sezamannya; dan Nuh itu hidup bergaul dengan.
Meraih kesempurnaan (sikap memberi yang terbaik)
Sifat-sifat Terpuji By : Uswatun Hasanah.
MATERI KAM GPIB JEMAAT IMMANUEL BEKASI 16 AGUSTUS 2010
RAHASIA DI BALIK JUMBAI
Bagaimana Siang dan Malam Berlaku?
KESERIUSAN HAMBA KEPADA ALLAH (bentuk keikhlasan hamba)
KELOMPOK 2 ANISA KHAFIDA MADINATUL MUNAWAROH NURUL HASANAH
PENDAFTARAN TANAH Pendaftaran Tanah (Pasal 1 angka 1 PP No.24 Th 1997)
WUDHU’ TATA CARA DEFINISI WUDHU’ MEMBATALKAN RUKUN WUDHU’ DO’A SESUDAH
I B A D A H IBADAH dalam pengertian khusus adalah segala perbuatan, ucapan, dan itikad dalam melakukan hubungan langsung dengan Alloh. (Trangkum dlm rukun.
Islam Sebagai Way of Life Disusun oleh :  M. Asnun Munir  Ellyn  Zulfa Wafiroh  Disusun oleh :  M. Asnun Munir
QUR’AN CAMP Sabtu, 21 Agustus 2010 Masjid Nurul ‘Ashri Deresan
Hukum Nun Sukun atau Tanwin
HUKUM BACAAN ALIF LAM SYAMSIYAH DAN ALIF LAM QAMARIYAH (LAM TA`RIF)
Muthia ulfah A Nurul hidayah A
(Hadits dari Riyadhus Shalihin no 1389)
DOA HARIAN RAMADHAN.
MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
L/O/G/O  Miftahul Muniroh ( )  M. Farkhan ( ) Kelompok 2:
SEMESTA BILINGUAL BOARDING SCHOOL SEMARANG
PELATIHAN SHALAT KHUSYU’ shalat sebagai meditasi tertinggi dalam Islam
BERLOMBA DALAM KEBAIKAN QS. AL FATHIR:32
Fikih sehari-hari.
HIDUP TERASA LEBIH INDAH JIKA KITA BERSYUKUR
Andalus Corporation Pte Ltd
Al-syamsiyah & Al-qomariyah
BAB VII Menjaga Sikap Istiqamah.
PELATIHAN SHALAT KHUSYU’ shalat sebagai meditasi tertinggi dalam Islam
Thaharah Oleh: Nova Saha Fasadena. DEFINISI THAHARAH  Menurut bahasa artinya bersih, bersuci.  Menurut istilah melenyapkan sesuatu yang ada di tubuh,
PELATIHAN SHALAT KHUSYU’ shalat sebagai meditasi tertinggi dalam Islam
FIQH ZAKAT Materi : Ruang Lingkup Zakat. Indikator hasil belajar Mendeskripsikan pengertian zakat Menerangkan dasar hukum kewajiban zakat Menjelaskan.
اَ. بَ تَ ثَ جَ حَ خَ دَ ذَ رَ زَ سَ س.
أَعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ تقرب إلى الله ما استطعت واعلم أنك لن تتقرب إليه بشيء هو أحب إليه من كلامه Dekatkanlah dirimu kepada Allah.
Transcript presentasi:

HIKMATU TASYRI'

MEMPERSEMBAHKAN

KAJIAN SHOLAT

Oleh Drs Nur Slamat

1. SHOLAT DAN GERAK 2. SHOLAT NAIK TURUN 3. TANGAN DAN KAKI 4 1.SHOLAT DAN GERAK 2.SHOLAT NAIK TURUN 3.TANGAN DAN KAKI 4.SHOLAT DAN ENERGI 5.SHOLAT DAN DARAH 6.SHOLAT MENUNDUK 7.SALAM KEKANAN DAN KIRI 8.SHOLAT DAN HURUF KAJIAN SHOLAT MELIPUTI :

9. MEMBUKA RAHASIA 17 10. SHOLAT BERTANDING ATAU BERLATIH 11 9.MEMBUKA RAHASIA 17 10.SHOLAT BERTANDING ATAU BERLATIH 11.SHOLAT DAN BUAH 12.SHOLAT DAN ALAS KAKI 13.SABAR, SHOLAT DAN’ KHUSYU’

TEMA : SHOLAT DAN KEHIDUPAN

APA ADA HUBUNGAN ANTARA SHOLAT DENGAN KEHIDUPAN ?

A D A BAHKAN ERAT TIDAK BISA DIPISAHKAN

APA DALAM KEHIDUPAN ITU KONDISINYA NAIK TURUN SHOLAT JUGA TURUN NAIK

BAGIAN 1

SHOLAT DAN GERAK

KENAPA SHOLAT MEMAKAI GERAKAN

TANDA HIDUP ADALAH GERAK SHOLAT JUGA GERAK ( RUKU’ SUJUD I’TIDAL DUDUK BERDIRI )

MATI TIDAK GERAK SHOLAT ORANG MATI ( SHOLAT JANAZAH ) TIDAK GERAK ( TIDAK RUKU’ DAN TIDAK SUJUD )

MEMBUAT KETENTUAN SHOLAT BETAPA BAGUS DAN INDAH ALLAH MEMBUAT KETENTUAN SHOLAT سبحان الله MAHA SUCI ENGKAU YA ALLAH

HIDUP SHOLAT GERAK TIDAK BISA DIPISAHKAN

APA INI SINDIRAN BAHWA YANG HIDUP HARUS SHOLAT YANG SHOLAT BERARTI HIDUP YANG TIDAK SHOLAT BERARTI MATI YANG MATI TIDAK GERAK

الم تر ان الله يسبح له من فى السموت والارض والطير صفت كل قدعلم صلاته وتسبيحه والله عليم بما يفعلون TIDAKKAH KAMU TAHU BAHWASANNYA KEPADA ALLAHLAH BERTASBIH APA YANG ADA DI LANGIT DAN DI BUMI DAN (JUGA) BURUNG DENGAN MENGEMBANG KAN SAYAPNYA.MASING-MASING MENGETAHUI (CARA) SHOLAT DAN TASBIHNYA…..SURAT 24 AYAT 41

YANG DI LANGIT DAN YANG DI BUMI SEMUANYA SHOLAT

TETAPI APA ADA MANUSIA HIDUP NAMUN TIDAK SHOLAT

SHOLAT GERAKNYA DIATUR HIDUP GERAKNYA JUGA DIATUR

GERAK DALAM HIDUP NAMANYA BERAKTIFITAS ATAU BERBUAT

GERAK YANG BAIK ADALAH GERAK YANG DIATUR BERARTI HIDUP YANG BAIK ADALAH HIDUP YANG DIATUR

SHOLAT MEMBERIKAN PELAJARAN BAHWA HIDUP INI DIATUR

YANG WAJIB SHOLAT ADALAH YANG SADAR

YANG GILA TIDAK WAJIB SHOLAT

SHOLAT TIDAK BISA PISAH DENGAN KESADARAN

DI SA’AT SHOLATPUN SEHARUSNYA SADAR KALAU SEDANG MENJALANKAN SHOLAT

APA SEHARUSNYA SEPERTI ITU ? BAGAIMANA DENGAN KEADAAN SHOLAT KITA ?

YANG MENJADI PERTANYAAN ADALAH SEBERAPA BESAR UPAYA KITA UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN SA’AT SHOLAT ?

SHOLAT MEMBERIKAN PELAJARAN KESADARAN BAHWA HIDUP INI DIATUR

SHOLAT SADAR HIDUP DIATUR

LALU SIAPA YANG MENGATUR HIDUP ?

YANG MENGATUR HIDUP ADALAH YANG PERTAMA KALI DISEBUT DALAM SHOLAT ( الله اكبر )

SADAR BAHWA HIDUP INI DIATUR MERUPAKAN BUAH DARI SHOLAT

ALANGKAH INDAHNYA KEHIDUPAN YANG DIDASARI DENGAN KESADARAN BAHWA HIDUP INI ADA YANG MENGATUR

BETAPA TENANGNYA ORANG TERSEBUT DALAM KEHIDUPAN INI

TENANG DALAM HIDUP DIGAMBARKAN DENGAN TUMA’NINAH DALAM SHOLAT ( DIAM SETELAH BERGERAK )

MAKANYA DALAM SHOLAT SETELAH GERAK HARUS BERHENTI SEJENAK ( TUMA’NINAH )

DENGAN DEMIKIAN SEBENARNYA ALLAH MENGHENDAKI KETENTRAMAN BAGI YANG SHOLAT

ORANG YANG SHOLAT SEMESTINYA HIDUP DAN KEHIDUPANNYA TENANG & TENTRAM ( TUMA’NINAH )

BAGAIMANA DENGAN PERASAAN & KEADAAN KITA SUDAHKAH BERBUAH SEPERTI ITU BAGAIMANA DENGAN PERASAAN & KEADAAN KITA SUDAHKAH BERBUAH SEPERTI ITU ? PADAHAL KITA SHOLAT SUDAH LAMA

ALLAH BERFIRMAN الابذكرالله تطما ن القلوب ARTINYA ; INGATLAH,HANYA DENGAN MENGINGAT ALLAH HATI MENJADI TENTRAM ( SURAT 13: 28 )

AKHIRNYA WALAUPUN HIDUP MENGHADAPI MASALAH ( GERAK ) TETAPI HATI TETAP TENTRAM ( TUMA’NINAH )

ITULAH SEBABNYA MAKA SETIAP GERAKAN PASTI NAMA ALLAH DISEBUT الله اكبرATAU سمع الله لمن حمده

AKHIRNYA ORANG YANG SHOLAT SEHARUSNYA SADAR BAHWA HUBUNGAN DENGAN ALLAH SEMESTINYA TIDAK BOLEH PUTUS

BAGIAN KE 2

SHOLAT NAIK TURUN

Makna Sholat Dalam Kehidupan Kehidupan Kita adalah naik turun seperti orang sholat. Perhatikan gambar berikut :

JIKA KITA PERHATIKAN SHOLAT ITU DI AWALI BERDIRI DI AKHIRI DUDUK

BERDIRI BERDIRI TURUN NAIK SUJUD SUJUD

KALAU BOLEH DI GAMBARKAN SHOLAT DI IBARATKAN SEPERTI GAMBARAN NAIK TURUN

SHOLAT NAIK TURUN

KARENA SHOLAT ADA HUBUNGANYA DENGAN HIDUP DAN KEHIDUPAN MAKA HIDUP & KEHIDUPAN ITU NAIK TURUN

KALAU MEMANG KEHIDUPAN ITU BENAR-BENAR NAIK TURUN DAN TIDAK BISA LEPAS DARI KONDISI ITU SADARLAH

BAHWA DALAM KEHIDUPAN INI ADA YANG MENGUASAI SIAPA DIA ?

ITULAH DIA الله YANG SELALU DISEBUT DALAM SETIAP GERAKAN

DIA ( ا لله ) SELALU DISEBUT SETIAP PERPINDAHAN GERAKAN YAITU DENGAN UCAPAN الله اكبر ATAU سمع الله لمن حمده

DISEBUT SETIAP PERPINDAHAN GERAKAN MAKSUDNYA SA’AT NAIK ,ALLAH DISEBUT SA’AT TURUN, ALLAH DISEBUT JUGA

SEBENARNYA KITA DI INGATKAN OLEH ALLAH DALAM MENGHADAPI HIDUP DAN KEHIDUPAN INI

DALAM MENGARUNGI KEHIDUPAN INI TIDAK BISA LEPAS DARI KEADAAN NAIK DAN TURUN

BERSYUKUR TURUN BERARTI BERARTI NAIK SABAR

DALAM HIDUP DAN KEHIDUPAN TIDAK BISA LEPAS DARI SYUKUR & SABAR

DARI GAMBARAN DI ATAS DAPAT DIAMBIL PELAJARANNYA BAHWA SHOLAT BERBUAH SYUKUR DAN SABAR

APA SYUKUR ITU ? SYUKUR ADALAH MENGGUNAKAN NI’MAT SESUAI DENGAN KEHENDAK YANG MEMBERI NI’MAT ( ALLAH )

APA BUAH DARI BERSYUKUR APA BUAH DARI BERSYUKUR ? لئن شكرتم لازيد نكم ARTINYA : SESUNGGUHNYA JIKA KAMU BERSYUKUR,PASTI KAMI AKAN MENAM BAH ( NI’MAT ) KEPADAMU (SURAT 14 AYAT 7)

DARI GAMBARAN SHOLAT NAIK TERSEBUT DAPAT DIAMBIL PELAJARANNYA BAHWA SHOLAT MENGUNDANG TAMBAHNYA NI’MAT

TURUN BERARTI SABAR APA SABAR ITU TURUN BERARTI SABAR APA SABAR ITU ? SABAR ADALAH MENAHAN DIRI HANYA IKUT ALLAH SAJA ( APAPUN KONDISINYA )

APA BUAH SABAR ITU ? والله يحب الصبرين ARTINYA : ALLAH MENCINTAI ORANG ORANG YANG SABAR SURAT 3 AYAT 146 BUAH SABAR ADALAH DICINTAI ALLAH

سلام عليكم بما صبرتم ARTINYA : SELAMAT ATASMU (MASUK SURGA ) KARNA KESABARANMU SURAT 13 AYAT 24 BUAH SABAR MASUK SURGA

YANG SHOLAT DIAJAK MASUK SURGA OLEH ALLAH

AKHIRNYA DENGAN SHOLAT SADARLAH KITA BAHWA GERAKAN SHOLAT TERNYATA ADA PELAJARANNYA

TIDAK ADA YANG SIA-SIA IBADAH YANG DIBERIKAN ALLAH PADA KITA INGAT INI BARU GERAKAN BELUM YANG LA INNYA

BAGIAN KE 3

TANGAN DAN KAKI

TANGAN KIRI DI BAWAHNYA BERSEDEKAP TANGAN KANAN DI ATAS TANGAN KIRI DI BAWAHNYA TANGAN KANAN MEMEGANG TANGAN KIRI

KANAN KIRI LAMBANG LAMBANG KEBENARAN KEBATILAN

اصحب اليمين اصحب الشمال GOLONGAN KANAN GOLONGAN KIRI AHLI SURGA AHLI NERAKA

TANGAN TANGAN KANAN MEMEGANG KIRI KEBENARAN MENGUASAI KEBATILAN KALAH MENANG

DIKUASAI KEBENARAN YANG SHOLAT KEBATILAN TERKALAHKAN

TANGAN BERTOLAK PINGGANG BERARTI MENANTANG SHOLAT TIDAK DEMIKIAN

K A K I

DUDUK TAHIYAT AWAL TAHIYAT AKHIR

TAHIYAT AWAL KAKI KANAN TEGAK KAKI KIRI ROBOH KAKI KANAN MERDEKA KAKI KIRI DIDUDUKI KEBATILAN TAK BERDAYA KEBENARAN MENANG

TAHIYAT AKHIR KAKI KIRI ROBOH KAKI KANAN TEGAK KAKI KIRI DI BAWAH KAKI KANAN DI ATAS KEBENARAN MENANG KEBATILAN KALAH

DIKUASAI OLEH KEBENARAN YANG SHOLAT DIKUASAI OLEH KEBENARAN KEBATILAN DALAM DIRINYA TAK BERDAYA APA SEMESTINYA SEPERTI INI PRAKTEK DALAM KEHIDUPAN

DUDUK BERSILA KAKI KIRI ROBOH KAKI KANAN ROBOH

ان الصلاة تنهى عن الفحشاء والمنكر ARTINYA : SESUNGGUHNYA SHOLAT ITU MENCEGAH DARI ( PERBUATAN PERBUATAN ) KEJI DAN MUNGKAR ( SURAT 29 AYAT 45 )

BAGAIMANA DENGAN KEADAAN DIRI KITA APA SUDAH BERBUAH SEPERTI ITU BAGAIMANA DENGAN KEADAAN DIRI KITA APA SUDAH BERBUAH SEPERTI ITU ? PADAHAL KITA SHOLAT SUDAH LAMA KITA SHOLAT SUDAH PULUHAN TAHUN

KALAU SAMPAI SEKARANG AKHLAK KITA BELUM BAIK SEMESTINYA KITA KOREKSI DIRI APA SHOLAT KITA BELUM BAIK

K A P A N…………. KAPAN LAGI USIA SEMAKIN BERTAMBAH KESEMPATAN SEMAKIN SEMPIT

BAGIAN KE 4

SHOLAT DAN ENERGI

KALAU KITA PERHATIKAN SHOLAT ITU DARI ATAS KE BAWAH DAN DARI BAWAH KE ATAS BERDIRI BERDIRI SUJUD SUJUD

DARI ATAS KE BAWAH DAN SEBALIKNYA KALAU BOLEH DIGAMBARKAN IBARAT GARIS VERTIKAL

SEDANG SALAM KE KANAN DAN KE KIRI KALAU BOLEH DIGAMBARKAN IBARAT GARIS HORIZONTAL

DUA GARIS TERSEBUT ( VERTIKAL & HORIZONTAL ) KALAU DIGABUNGKAN MENJADI ( PLUS )

MANUSIA TERBUAT DARI TANAH SEDANG TANAH ITU NEGATIF

PLUS & MINUS INI IBARAT BATERAI ATAU AKI YANG SIAP DI ISI

SHOLAT = MENGISI DAYA DAN KEKUATAN DARI ALLAH PERHATIKAN ADZAN حي على الصلا ة JAWABNYA لاحول ولا قوة الا بالله العلي العظيم KEKUATAN DAYA

SEBENARNYA SA’AT SHOLAT SEDANG MENGISI ENERGI / DAYA / KEKUATAN OLEH KARNANYA SA’AT SHOLAT ISINYA DZIKIR ( ذ كر )

SESUNGGUHNYA AKU INI ADALAH ALLAH.TIDAK ADA TUHAN SELAIN AKU MAKA SEMBAHLAH AKU DAN DIRIKANLAH SHOLAT UNTUK MENGINGATKU SURAT 20 AYAT 14

YANG MENJADI PERTANYAAN ADALAH SEBERAPA BANYAK SAMBUNG DENGAN ALLAH SA’AT SHOLAT

DI SITULAH LETAK KWALITAS SHOLAT DI SITU PULA LETAK ENERGI YANG KITA SERAP YANG ERAT HUBUNGANNYA DENGAN KEMAMPUAN MENCEGAH DIRI DARI PERBUATAN KEJI DAN MUNGKAR

APA DZIKIR (ذ كر ) ITU ? YAITU INGAT KEPADA ALLAH NYAMBUNG DENGAN ALLAH TIDAK PUTUS HUBUNGAN DENGAN ALLAH

GAMBARAN DZIKIR ( ذ كر ) ذ URUTAN HURUF KE 9 ك URUTAN HURUF KE 22 ر URUTAN HURUF KE 10 9 + 22 + 10 = 41 4 + 1 = 5 SURAT KE 5 = AL-MAIDAH ( HIDANGAN ) HIDANGAN UNTUK KEHIDUPAN DAN KEKUATAN

ا ب ت ث ج ح خ د ذ ر ق ك ل م ن و ه لا ء ي URUTAN HURUF HIJAIYAH ا ب ت ث ج ح خ د ذ ر 10 9 8 7 6 5 4 3 2 1 ز س ش ص ض ط ظ ع غ ف 20 19 18 17 16 15 14 13 12 11 ق ك ل م ن و ه لا ء ي 30 29 28 27 26 25 24 23 22 21 URUTAN HURUF HIJAIYAH

فا ذ كروا ني اذ كر كم INGATLAH (DZIKIRLAH ) KAMU SEKALIAN KEPADAKU NISCAYA AKU INGAT ( PULA ) KEPADAMU SURAT 2 AYAT 152

ALLAH ALLAH NYAMBUNG MENGISI KITA KITA

SALAH SATU FUNGSI HIDANGAN ADALAH UNTUK KEKUATAN

TIDAK MAKAN TIDAK KUAT JIWA TIDAK DI ISI LEMAH

BAGIAN 5

SHOLAT DAN DARAH

DARAH HIDUP & SHOLAT

DARAH MERAH

Your Text Here DARAH DARAH HIDUP SHOLAT TIDAK BISA DIPISAHKAN

DARAH DALAM BAHASA ARAB دم

ا ب ت ث ج ح خ د ذ ر ق ك ل م ن و ه لا ء ي URUTAN HURUF HIJAIYAH ا ب ت ث ج ح خ د ذ ر 10 9 8 7 6 5 4 3 2 1 ز س ش ص ض ط ظ ع غ ف 20 19 18 17 16 15 14 13 12 11 ق ك ل م ن و ه لا ء ي 30 29 28 27 26 25 24 23 22 21 URUTAN HURUF HIJAIYAH

د م ( DAM / DARAH ) HURYF د URUTAN KE 8 HURUF م URUTAN KE 24 8 + 24 = 32 3 + 2 = 5

APA YANG DIMAKSUD DENGAN ANGKA 5 APA YANG DIMAKSUD DENGAN ANGKA 5 ? 5 ADALAH SURAT KE 5 YAITU AL-MAIDAH ( HIDANGAN ) DENGAN DEMIKIAN ANGKA 5 DISINI ERAT HUBUNGANNYA DENGAN DARAH MERAH

DARAH MERAH SALAH SATU FUNGSINYA ADALAH MENDISTRIBUSIKAN MAKANAN ( HIDANGAN / AL-MAIDAH / SURAT KE 5 )

DENGAN DEMIKIAN SHOLAT WAJIB 5 KALI SAMA DENGAN HIDANGAN ATAU DARAH MERAH ATAU AL-MAIDAH

TIDAK SHOLAT BERARTI TIDAK MAKAN ( MATI ROHANI )

SHOLAT MERUPAKAN KEBUTUHAN POKOK ORANG HIDUP SEBAGAIMANA HIDANGAN MERUPAKAN KEBUTUHAN JASMANI YANG HIDUP

DARAH HARUS MENGALIR MENGALIR = BERGERAK BERGERAK PERTANDA HIDUP DARAH MENGALIR GAMBARAN SHOLAT TIDAK SHOLAT IBARAT DARAH TIDAK MENGALIR ( M A T I )

BENTURAN ANGGOTA BADAN TERBENTUR DENGAN BENDA KERAS TERJADILAH MEMAR DARAH MENJADI BEKU TIDAK MENGALIR WARNA MENJADI BIRU HITAM GELAP

APA MAKNANYA ? MANUSIA BENTURAN DENGAN ATURAN ALLAH MAKA DIA BIRU GELAP / BERDOSA

يوم ينفخ في الصورونحشرالمجرمين يومئذزرقا PADA HARI ( YANG DI WAKTU ITU ) DITIUP SANGKAKALA DAN KAMI AKAN MENGUMPULKAN PADA HARI ITU ORANG-ORANG YANG BERDOSA DENGAN MUKA YANG BIRU MURAM SURAT 20 AYAT 102

DARAH PUTIH

DARAH PUTIH BERFUNGSI MENOLAK SERANGAN PENYAKIT SEBAGAI DAYA TAHAN TUBUH

DARAH PUTIH DIHUBUNGKAN DENGAN SHOLAT ADALAH MENOLAK DAN MENCEGAH MASUKNYA PERBUATAN KEJI DAN MUNGKAR ( KEJELEKAN )

ان الصلاة تنهى عن الفحشاء والمنكر ARTINYA : SESUNGGUHNYA SHOLAT ITU MENCEGAH DARI ( PERBUATAN ) KEJI DAN MUNGKAR SURAT 29 AYAT 45

SALAH SATU BUAH DARI SHOLAT ADALAH SEHAT ROHANI

CUCI DARAH BERATI DARAH KOTOR MAKNANYA DARAH = KEHIDUPAN DALAM KEHIDUPAN ADA HAL YANG MASUK YANG TIDAK BENAR ( KOTOR )

واتبع السيئة الحسنة تمحها CUCI DARAH واتبع السيئة الحسنة تمحها DAN SEGERALAH ENGKAU SUSULI PERBUATAN DENGAN PERBUATAN NISCAYA JELEK BAIK AKAN MENGHAPUSKANNYA HADIS RIWAYAT TIRMIDZI

ان الحسنت يذهبن السيئات SESUNGGUHNYA PERBUATAN PERBUATAN BAIK ITU MENGHAPUSKAN ( DOSA ) PERBUATAN YANG BURUK SURAT 11 AYAT 114

KANKER DARAH SEL DARAH PUTIH MAKAN SEL DARAH MERAH

TERJADILAH PERUBAHAN SIFAT DARI MENOLAK SERANGAN PENYAKIT BERUBAH MENJADI GANAS MEMAKAN SEL DARAH MERAH

KENAPA BISA TERJADI ? DARAH ADALAH KEHIDUPAN BERARTI BILA DALAM PRAKTEK KEHIDUPAN TIDAK SESUAI DENGAN ATURAN HIDUP YANG DIGARISKAN OLEH ALLAH ( AGAMA )

BERARTI ADA KESALAHAN DALAM PRAKTEK KEHIDUPAN OLEH KARNANYA SETIAP KESALAHAN PASTI BERAKIBAT

SALAH MAKAN AKIBATNYA……………………… SALAH TIDUR AKIBATNYA ……………………… SALAH MINUM OBAT AKIBATNYA……………………….

MENGAKU BERAGAMA TETAPI BERDUSTA

APA ITU ? ارءيت الذي يكذ ب بالد ين ARTINYA : TAHUKAH KAMU ( ORANG ) YANG MENDUSTAKAN AGAMA ? SURAT 107 AYAT 1

BAGIAN 6

SHOLAT MENUNDUK

MENUNDUK PERLAMBANG PATUH DAN TA’AT PATUH DAN TA’AT BERARTI MUDAH DIATUR MUDAH DIATUR BERARTI LUNAK

ORANG YANG SHOLAT APA SEMESTINYA HATINYA LUNAK

PERHATIKAN SA’AT SUJUD BADAN DILIPAT LIPAT INI MERUPAKAN GAMBARAN BETAPA LUNAKNYA ORANG YANG SHOLAT

MENUNDUK BERARTI LUNAK LUNAK BERARTI MUDAH DIATUR MUDAH DIATUR BERARTI TA’AT YANG SHOLAT BERARTI TA’AT

BAGAIMANA DENGAN KEADAAN KITA SEKARANG APAKAH SUDAH SEPERTI ITU PADAHAL KITA SHOLAT SUDAH LAMA R E N U N G K A N…………….

TIDAK MENUNDUK BERARTI TIDAK LUNAK TIDAK LUNAK BERARTI KERAS KERAS BERARTI SULIT DIATUR SULIT DIATUR PERTANDA SOMBONG

TIDAK MENUNDUK BERARTI KERAS BERARTI SULIT DIATUR BERARTI SOMBONG

APA PANTAS SUDAH SHOLAT TETAPI MASIH SOMBONG

YANG SHOLAT TIDAK PANTAS SOMBONG SIAPA YANG SOMBONG ITU ?

IBLIS SOMBONG YANG SOMBONG SEPERTI IBLIS APA SOMBONG ITU ?

SOMBONG ADALAH MENOLAK KEBENARAN DAN MERENDAHKAN ORANG LAIN

IBLIS MENOLAK PERINTAH ALLAH BERSUJUD PADA ADAM DARI SINI INILAH YANG DIMAKSUD DENGAN MENOLAK KEBENARAN

فسجدوا الا ابليس MAKA MEREKA BERSUJUD KECUALI IBLIS فسجدوا الا ابليس MAKA MEREKA BERSUJUD KECUALI IBLIS. IA MEMBANGKANG (PERINTAH ALLAH) SURAT 20 AYAT 116 INILAH YANG DIMAKSUD DENGAN MENOLAK KEBENARAN

IBLIS MENJAWAB AKU LEBIH BAIK DARI ADAM

ا نا خير منه AKU LEBIH BAIK DARI PADA DIA ( ADAM ) ( SURAT 7 AYAT 12 ) DARI SINILAH YANG DIMAKSUD DENGAN MERENDAHKAN ORANG LAIN

PERNAHKAH KITA MERENDAHKAN ORANG LAIN

PANTASKAH SUDAH SHOLAT TAPI MASIH SOMBONG PADAHAL SHOLAT ITU MENUNDUK

SUDAH SHOLAT TETAPI MASIH SOMBONG LALU BUAHNYA SHOLAT DIMANA ?

PULUHAN TAHUN KITA SHOLAT KOK BELUM BANYAK BUAHNYA MARI DIRENUNGKAN………….

BAGIAN 7

SALAM KANAN KIRI

DARI ATAS KE BAWAH INI GAMBARAN HUBUNGAN ALLAH DENGAN HAMBA

DARI ATAS KE BAWAH BERDIRI SUJUD MENUJU

HUBUNGAN ATAS DAN BAWAH BERBUAH HUBUNGAN KANAN DAN KIRI MAKSUDNYA

HUBUNGAN HAMBA DENGAN ALLAH MEMBUAHKAN HASIL HUBUNGAN BAIK DENGAN SESAMA MAKHLUK

ATAS BAWAH DAN KIRI KANAN KALAU DIGAMBAR MENJADI

HUBUNGAN BAIK DENGAN MAKHLUK YANG DISEBARKAN ADALAH KEDAMAIAN ( SALAM )

YANG SHOLAT DAMAI DENGAN SESAMA TETANGGA DAN SAUDARA

ALANGKAH INDAHNYA AJARAN SHOLAT INI ALANGKAH MULYANYA IBADAH INI ALHAMDULILLAH KITA HANYA DIBERI

SEMOGA KEHIDUPAN KITA DIWARNAI OLEH NILAI DAN MA’NA SHOLAT AMIN YA ROBBAL ‘ALAMIN

BAGIAN 8

SHOLAT DAN HURUF

SHOLAT 17 ROKA’AT NAMA SHOLAT 17 HURUF JUGA = 3 HURUF صبح = 3 HURUF ظهر = 3 HURUF عصر = 4 HURUF مغرب = 4 HURUF عشاء

DENGAN DEMIKIAN HURUF ADA HUBUNGANNYA DENGAN ROKA’AT SHOLAT YAITU : 17 ROKA’AT 17 HURUF 3+3+3+4+4=17

ح ب ص 1 22 6 14 2 ر ظ ه 2 54 10 27 17 ر ص ع 3 10 42 14 18 ب ر غ م 4 2 10 24 55 19 ء ا ش ع 5 61 29 1 13 18 JUMLAH 234

ALANGKAH INDAHNYA PENATAAN HURUF MAKNA 234 2 ROKA'AT 3 ROKA'AT 4 ROKA'AT ALANGKAH INDAHNYA PENATAAN HURUF

BUKANKAH MACAM ROKA'AT SHOLAT 2 3 4

AT-TAUBAH ( PENGAMPUNAN ) 2 + 3 + 4 = 9 SURAT KE 9 AT-TAUBAH ( PENGAMPUNAN ) BUKANKAH YANG SHOLAT MEMPEROLEH PENGAMPUNAN

BETAPA INDAHNYA ALLAH MENATA SEGALANYA TERMASUK NAMA DAN JUMLAH HURUF SERTA JUMLAH ROKA’AT

HURUF SAJA DITATA BEGITU INDAH SEMESTINYA MANUSIA JUGA INDAH KALAU MAU DITATA OLEH ALLAH

DARI SINI DAPAT DIAMBIL MAKNANYA SEMESTINYA ORANG YANG SHOLAT MUDAH DITATA OLEH ALLAH

BAGIAN 9

MEMBUKA RAHASIA 17

17 1+7 = 8 HURUF HIJAIYAH NOMER 8 ADALAH HURUF ( DAL )د SATU

URUTAN HURUF HIJAIYAH ا ب ت ث ج ح خ د ذ ر 10 9 8 7 6 5 4 3 2 1

ADA APA DIBALIK HURUF د HURUF DAL KALAU DIGAMBAR SEPERTI GAMBAR SUJUD

DENGAN DEMIKIAN 17 PERLAMBANG SUJUD DAN SUJUD ITU YA SHOLAT 17 = SUJUD = SHOLAT

APA BETUL HURUF DAL ITU SUJUD د ا ل 8 = د 1 = ا 23 = ل 8+1+23= 32 SURAT 32 = AS SAJDAH ( SUJUD )

URUTAN HURUF HIJAIYAH ا ب ت ث ج ح خ د ذ ر 10 9 8 7 6 5 4 3 2 1 ز س ش ص ض ط ظ ع غ ف 20 19 18 17 16 15 14 13 12 11 ق ك ل م ن و ه لا ء ي 30 29 28 27 26 25 24 23 22 21

ALANGKAH TEPATNYA ALLAH MEMILIH 17 TERNYATA TIDAK SEMBARANG BILANGAN YANG ALLAH PILIH

17 ADALAH 8 ( 1+7 ) PINTU SORGA ADA 8 في الجنة ثما نية ابواب ARTINYA : DI SURGA TERDAPAT 8 PINTU ( HADIS RIWAYAT BUKHORI ) DUA

DARI SINI BISA DIAMBIL PEMAHAMANNYA ORANG YANG SHOLAT 17 ROKA’AT PANTAS MASUK SURGA ( 17 = 8 PINTU SORGA = 8 )

17 SETIAP 1 ROKA’AT HARUS MEMBACA 7 AYAT ( SURAT AL-FATIHAH ) TIGA

EMPAT 17 SURAT KE 17 ADALAH SURAT AL-ISRO' BUKANKAH SHOLAT ITU DIPEROLEH MELALUI PERISTIWA ISRO' MI'ROJ

BAGIAN 10

SHOLAT BERTANDING ATAU BERLATIH

BERTANDING DAN BERLATIH LEBIH LAMA BERLATIH

SA’AT SHOLAT DAN DI LUAR SHOLAT LEBIH LAMA DI LUAR SHOLAT

SHOLAT IBARAT BERTANDING SEDANG DI LUAR SHOLAT IBARAT BERLATIH

YANG SUDAH BERLATIH SAJA MASIH KALAH APALAGI TIDAK BERLATIH

YANG MENJADI PERMASALAHAN ADALAH SEJAUH MANA DI LUAR SHOLAT KITA MENJADIKANNYA SEBAGAI PELATIHAN ?

ALANGKAH BAGUSNYA KALAU KITA BISA MENJADIKAN DI LUAR SHOLAT SEBAGAI PELATIHAN

MA’NANYA ADALAH APAPUN PERMASALAHAN YANG KITA HADAPI DIANGGAP SEBAGAI PELATIHAN

BUKANKAH SALAH SATU BENTUK PELATIHAN ADALAH DIHADAPKAN PADA TANTANGAN ( PERMASALAHAN )

SEDANG PERMASALAHAN TIADA HENTI HENTINYA DENGAN SILIH BERGANTI DIMANAPUN KITA BERADA KAPANPUN WAKTUNYA

DENGAN DEMIKIAN SEBENARNYA KITA DILATIH OLEH ALLAH TERUS MENERUS TANPA HENTI

ALLAH MELATIH KITA TANPA PUTUS DENGAN MATERI PELATIHAN YANG TEPAT DAN PAS

APA MATERINYA ? YAITU SEMUA PERMASALAHAN YANG KITA HADAPI

APA MAUNYA ALLAH DALAM PELATIHAN APA MAUNYA ALLAH DALAM PELATIHAN ? KITA DI INGATKAN TUGAS POKOK DALAM HIDUP DANKEHIDUPAN ADALAH PENGABDIAN KEPADANYA

وما خلقت الجن والا نس الا ليعبد ون ARTINYA : AKU TIDAK MENCIPTAKAN JIN DAN MANUSIA MELAINKAN AGAR MENGABDI KEPADAKU SURAT 51 AYAT 56

DIINGATKAN APALAGI ? ولله مافي السموت وما في الا رض والى الله ترجع الامور ARTINYA : KEPUNYAAN ALLAH LAH SEGALA YANG ADA DI LANGIT DAN DI BUMI; DAN KEPADA ALLAH LAH DIKEMBALIKAN SEGALA URUSAN SURAT 3 AYAT 109

MENGEMBALIKAN SEGALA URUSAN KEPADA ALLAH ITULAH MAUNYA ALLAH TERHADAP KITA ITULAH BAGIAN DARI DZIKIR ( MENGINGAT ALLAH )

DENGAN DEMIKIAN KITA BERLATIH DZIKIR DI LUAR SHOLAT SEMOGA DI SA’AT SHOLAT SUDAH TERBIASA BERDZIKIR

KALAU INI DILAKUKAN BERARTI DILUAR SHOLAT SUDAH TERBIASA BERLATIH DZIKIR ( INSYA ALLAH MENANG SA’AT BERTANDING )

BAGIAN 11

SHOLAT DAN BUAH

RUKUN ISLAM MUSIMAN TIDAK MUSIMAN BUAH MUSIMAN TIDAK MUSIMAN

SALAH SATU RUKUN ISLAM YANG TIDAK MUSIMAN SHOLAT SALAH SATU BUAH YANG TIDAK MUSIMAN ADALAH PISANG

TANPA MUSIM SHOLAT PISANG

DAN POHON PISANG YANG BERSUSUN-SUSUN (BUAHNYA) SURAT 56 AYAT 29 وطلح منضود DAN POHON PISANG YANG BERSUSUN-SUSUN (BUAHNYA) SURAT 56 AYAT 29

MARI KITA BACA POHON PISANG

1 POHON PISANG DAUNNYA LEBAR MA’NANYA DAUN LEBAR BISA UNTUK PAYUNG BERARTI YANG SHOLAT MEMBERIKAN KETEDUHAN KETENANGAN DAN PERLINDUNGAN KEPADA YANG LAINNYA

2 DAUN PISANG LEBAR BERFUNGSI UNTUK MEMBUNGKUS MA’NANYA ORANG YANG SHOLAT SEMESTINYA MEBUNGKUS / MENUTUP AIB SAUDARANYA

3 HATI POHON PISANG WARNANYA PUTIH MA’NANYA ORANG YANG SHOLAT SEMESTINYA HATINYA PUTIH BERSIH TIDAK KOTOR TIDAK ADA DENGKI IRI DAN SOMBONG

4 POHON PISANG MUDAH DITANAM MA’NANYA ORANG YANG SHOLAT MUDAH MENYESUAIKAN DIRI DIMANAPUN BERADA ( DALAM HAL KEBAIKAN )

5 POHON PISANG MUDAH DIRAWAT MA’NANYA ORANG YANG SHOLAT DIATUR ALLAH MUDAH DAN TIDAK MUDAH MENGELUH APALAGI PROTES

6 PELEPAH DAUN PISANG CEKUNG IBARAT TALANG UNTUK JALAN AIR MA’NANYA ORANG YANG SHOLAT SERING DISIRAM AIR ARTINYA ORANG YANG SHOLAT SERING DISIRAM KEBENARAN

7 TANDAN BUAH PISANG NUNDUK KEBAWAH MA’NANYA ORANG YANG SHOLAT RENDAH HATI TIDAK SOMBONG APA LAGI MEMBAGAKAN DIRI

8 BUAH PISANG TIDAK PERNAH ADA ULAT DI DALAMNYA MA’NANYA SHOLAT SEMESTINYA BERBUAH IKHLAS KARNA TIDAK ADA ULATNYA ATAU ORANG YANG SHOLAT HATINYA SEHAT GAK ADA ULATNYA ( HATI SELAMAT / SALIM )

9 PANGKAL PISANG MENGELUARKAN AIR BAGUS UNTUK PENYUBUR RAMBUT DAN DINGIN MA’NANYA SHOLAT MENCERDASKAN FIKIRAN DAN MENJADIKAN KEPALA DINGIN

10 KANDUNGAN AIR DALAM POHON PISANG BANYAK SEKALI MA’NANYA ORANG YANG SHOLAT DILIPUTI OLEH KEBENARAN ( AIR IBARAT KEBENARAN ) SURAT 13 AYAT 17

11 BUAH PISANG MUDAH DIKUPAS BANDINGKAN DENGAN BUAH SALAK MA’NANYA ORANG YANG SHOLAT MEMBERIKAN KEMUDAHAN PADA YANG LAIN

12 MENGIRING KEMANTEN DIDAMPINGI POHON PISANG DI KANAN KIRINYA MA’NANYA MENJADI KEMANTEN ITU SENANG WALAUPUN KEADAAN SANGAT SENANG JANGAN LUPA SHOLAT

13 POHON PISANG DIPAKAI ALAS MEMANDIKAN ORANG MATI MA’NANYA KEMATIAN ERAT HUBUNGANNYA DENGAN RASA SEDIH DAN DUKA WALAUPUN SEDIH DAN DUKA SHOLAT TIDAK BOLEH DITINGGALKAN

14 DI DEPAN TEROP DIPAMPANG POHON PISANG MA’NANYA MENDIRIKAN TEROP ERAT HUBUNGANNYA DENGAN REPOT WALAUPUN KEADAAN REPOT HARUS TETAP SHOLAT

15 BUAH PISANG BERPUTAR DAN BERSUSUN MASING MASING BUAH CONDONG KE ATAS MA’NANYA ORANG YANG SHOLAT MENGEMBALIKAN SETIAP URUSAN KE ATAS ( KEPADA ALLAH )

BAGIAN 12

SHOLAT DAN ALAS KAKI

اني اناربك فاخلع نعليك انك بالوادالمقدس طوى SESUNGGUHNYA AKU INILAH TUHANMU,MAKA TANGGALKANLAH KEDUA SANDALMU; SESUNGGUHNYA KAMU BERADA DI LEMBAH YANG SUCI,THUWA SURAT 20 AYAT 12

NABI MUSA DISURUH MELEPAS ALAS KAKINYA KARENA BERADA DI TEMPAT YANG SUCI SHOLAT JUGA BERADA DI TEMPAT YANG SUCI OLEH KARNANYA ALAS KAKI HARUS DILEPAS

ALAS KAKI / SANDAL SELALU BERADA DI BAWAH SERING TERKENA BARANG KOTOR BAHKAN NAJIS SHOLAT HUBUNGANNYA DENGAN KESUCIAN OLEH KARNANYA SHOLAT DENGAN ALAS KAKI TIDAK BISA BERTEMU

APA MA’NA DIBALIK SEMUA ITU APA MA’NA DIBALIK SEMUA ITU ? YANG SHOLAT SEMESTINYA MENANGGALKAN AKHLAK YANG KOTOR,NAJIS DAN SIFAT YANG RENDAH

BAGIAN 13

SABAR SHOLAT & KHUSYU'

واستعينوا بالصبر والصلاة وانها لكبيرة الا على الخشعين ARTINYA : DAN MINTALAH PERTOLONGAN ( KEPADA ALLAH ) DENGAN SABAR DAN SHOLAT. DAN SESUNGGUHNYA YANG DEMIKIAN ITU SUNGGUH BERAT,KECUALI BAGI ORANG-ORANG YANG KHUSYU’ SURAT 2 AYAT 45

KHUSYU' SHOLAT SABAR MUNGKINKAH MENGGAPAI KHUSYU' TANPA SABAR

1 2 3 SABAR SHOLAT KHUSYU' LUAR DALAM LUAR DALAM KWALITAS BAGUS BAGUS BAGUS

SABAR SEBELUM SHOLAT MAKNANYA DI LUAR SHOLAT AKHLAKNYA BAGUS

SABAR SHOLAT ( SABAR DULU BARU SHOLAT ) WUDHU SHOLAT ( WUDHU DULU BARU SHOLAT ) APA ADA HUBUNGAN ANTARA SABAR DENGAN WUDHU ? DIMANA HUBUNGANNYA ?

1 BERWUDHU DIAWALI DENGAN MENCUCI TANGAN TERLEBIH DAHULU APA MAKNANYA ?

TANGAN LAMBANG KEKUASAAN TANGAN DICUCI BERARTI KEKUASAAN BERSIH ( TIDAK MENYALAHI ATURAN ) BUKANKAH YANG SEPERTI INI MEMBUTUHKAN KESABARAN

BUKANKAH MANUSIA DIBERI KEBEBASAN MEMILIH BUKANKAH MANUSIA DIBERI KEBEBASAN MEMILIH ? MEMILIH YANG BENAR BERSIH BUKANKAH MEMBUTUHKAN KESABARAN

2 SETELAH MENCUCI TANGAN DILANJUTKAN DENGAN BERKUMUR APA MAKNANYA ?

BERKUMUR MEMBERSIHKAN MULUT MAKNANYA PEMBICARAAN MAKANAN DAN MINUMAN BERSIH ( HALAL )

3 MENGHIRUP AIR KE HIDUNG APA MAKNANYA 3 MENGHIRUP AIR KE HIDUNG APA MAKNANYA ? HIDUNG UNTUK PENCIUMAN BAU HARUM BUSUK ( KEBAIKAN ) ( KEBURUKAN )

BAU HARUM DIHIRUP DIMASUKKAN MAKNANYA YANG DISERAP DIMASUKKAN KEDALAM DIRINYA IALAH YANG BAIK SAJA

4 MEMBASUH MUKA / WAJAH APA MAKNANYA 4 MEMBASUH MUKA / WAJAH APA MAKNANYA ? WAJAH UNTUK MENGHADAP BUKANKAH DIMANAPUN KITA MENGHADAP DISITULAH WAJAH ALLAH

DIMANAPUN DAN KAPANPUN KITA BERADA MERASA DIPERHATIKAN ALLAH MERASA JIWANYA DITANGAN ALLAH

فاينما تولوا فثم وجه الله MAKA KEMANAPUN KAMU MENGHADAP DI SITULAH WAJAH ALLAH SURAT 2 AYAT 115

APA WAJAH YANG BERSIH / YANG WUDHU DIMANAPUN BERADA MERASA DISITULAH ALLAH APAKAH YANG SEPERTI INI MEMBUTUHKAN KESABARAN

5 MEMBASUH KEDUA TANGAN APA MAKNANYA BERKUASA TETAPI BERSIH DARI PELANGGARAN APA YANG SEPERTI INI MEMBUTUHKAN KESABARAN

6 MENGUSAP KEPALA APA MAKNANNYA 6 MENGUSAP KEPALA APA MAKNANNYA ? BERFIKIR JERNIH BERKEPALA DINGIN ( TIDAK MUDAH MARAH )

7 MENGUSAP DUA TELINGA APA MAKNANYA BERSIH PENDENGARAN BUKANKAH YANG DEMIKIAN INI MEMBUTUHKAN KESABARAN

8 MEMBASUH DUA KAKI APA MAKNANYA 8 MEMBASUH DUA KAKI APA MAKNANYA ? BENAR DALAM MELANGKAH BUKANKAH HIDUP INI MELANGKAH KE DEPAN BUKANKAH DEPAN YANG SESUNGGUHNYA ADALAH AKHIRAT

9 BERDO’A اللهم اجعلني من التوابين YA ALLAH JADIKAN SAYA TERMASUK ORANG-ORANG YANG BERTAUBAT

10 واجعلني من المتطهرين YA ALLAH JADIKANLAH SAYA TERMASUK ORANG-ORANG YANG MENSUCIKAN DIRI ( BERSIH / SUCI )

11 واجعلني من عبادك الصالحين YA ALLAH JADIKANLAH SAYA TERMASUK HAMBA-HAMBAMU YANG SHOLEH

SETELAH SELESAI WUDHU DALAM ARTI PERBUATAN BARU MASUK SHOLAT BUKANKAH SEBELUM SHOLAT SUDAH BERSIH DULU DARI PERBUATAN KOTOR

SETELAH KONDISI BERSIH SUCI BARU MENGHADAP YANG MAHA SUCI INSYA ALLAH SAMBUNG DENGAN YANG MAHA SUCI WUDHU SHOLAT SAMBUNG

AIR LAMBANG KEHIDUPAN وجعلنا من الماء كل شيء حي DAN DARI AIR KAMI JADIKAN SEGALA SESUATU YANG HIDUP SURAT 21 AYAT 30

AIR LAMBANG KEBENARAN BUIH LAMBANG KEBATILAN SURAT 13 AYAT 17

YANG BERWUDHU BERARTI HIDUP YANG BERWUDHU BERARTI BENAR YANG BERWUDHU BERARTI BERSIH

WUDHU DENGAN AIR BERMAKNA YANG BERWUDHU HIDUP BERSIH SUCI BENAR

D E B U

DEBU MANUSIA DICIPTAKAN DARI TANAH/ DEBU فا نا خلقنكم من تراب SESUNGGUHNYA KAMI TELAH MENJADIKAN KAMU DARI TANAH SURAT 22 AYAT 5

YANG BERTAYAMMUM DIINGATKAN OLEH ALLAH BAHWA KAMU BERASAL DARI TANAH YANG ENGKAU USAPKAN DI WAJAH DAN TANGANMU ITU TANAH ITU RENDAH SEMESTINYA MANUSIA MERASA RENDAH DIHADAPAN ALLAH JANGAN SOMBONG

WUDHU BERSUCI MENGGUNAKAN AIR TAYAMMUM BERSUCI MENGGUNAKAN DEBU AIR DAN DEBU APA ITU ?

TANAH / DEBU BAHAN FISIK MANUSIA TANAH TIDAK BISA HIDUP KALAU TIDAK DISIRAM AIR

TANAH DAN AIR PERLAMBANG FISIK / TUBUH MANUSIA YANG HIDUP