Hadis Ke-34 (40 Hadis Imam Khumaini) عن أبي جعفر عليه السلام قال : لما أُسرِيَ بِالنبِي ­ عليه الصلاة و السلام قال : مَا حَالُ المُؤمِنِ عِنْدَكَ؟ قال.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
تلخيص من كتاب عمدة الأحكام. a) Bahasa : الدعاء (Do’a) b) Istilah : “Ibadah tertentu yang memiliki gerakan tertentu, perkataan dan perbuatan tertentu,
Advertisements

KELEBIHAN BULAN RAMADHAN
Esensi Puasa dari sudut pandang Hadits
Cara Sholat Rasulullah SAW (Sifat Sholat Rasul) ISLAM
memetakan hidup dari titik akhirnya
IBADAH RUTIN KOMISI KAUM BAPAK Jumat 14 November 2014
SERTIFIKASI 1 PENGANTAR AKHLAQ.
Nasihat Rasulullah Menyambut Bulan Ramadhan
Nasihat Rasulullah Menyambut Bulan Ramadhan
SYAHADAT Syahadat merupakan asas dan dasar bagi rukun Islam lainnya. Syahadat merupakan ruh, inti dan landasan seluruh ajaran Islam. Syahadat sering disebut.
Korelasi Iman dan Ibadah
KESERIUSAN HAMBA KEPADA ALLAH (bentuk keikhlasan hamba)
KELOMPOK 2 ANISA KHAFIDA MADINATUL MUNAWAROH NURUL HASANAH
MA’RIFATUSY SYAHADATAIN
Akhlaq Terhadap Rasulullah SAW.
PENGERTIAN ISLAM DAN AJARANNYA
IMAN KEPADA RASUL.
Bab 8 Iman Kepda Qada dan Qadar Allah swt.
AQIDAH UNIT 9 Kelas Bimbingan Dewasa.
BAB II IMAN DAN TAQWA.
S u g e n g R a w u h.
HadiTH Tiga Serangkai KURSUS BIMBINGAN UGAMA (KBU)
TAQWA KEPADA ALLAH Hai jiwa yang tenang, Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai-Nya, Maka masuklah ke dalam golongan hamba-hamba-Ku,
PERTEMUAN KE-3 Rohmansyah, S.Th.I., M.Hum.
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
ESENSI PUASA DARI SUDUT PANDANG HADITS
KEBIJAKAN NASIONAL PENDIDIKAN KARAKTER 2011
Sumber Hukum Islam Al-Qur’an Al hadist Ijtihad. ALQURAN SEBAGAI SUMBER HUKUM PERTAMA ISLAM DAN SEJARAH PEMBUKUAN ALQURAN.
BERIMAN KEPADA RASUL ALLAH
Oleh: Rohmansyah, S.Th,I., M.Hum
Bila “Dia” memanggil mu lebih dahulu,
Materi I AQIDAH Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
PENILAIAN HARIAN IMAN KEPADA HARI AKHIR.
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
IKHLAS DALAM BERIBADAH
AKIBAT BURUK MENJAUHI DAN MENINGGALKAN AL-QUR’AN
Munasabah Al-Qur’an Present By : Kelompok 5.
Etos (motivasi) Kerja Unggulan
Amalan Setelah Melahirkan
Inilah Kunci Surga Surga, dengan segala kenikmatan yang belum pernah dilihat oleh mata, didengar oleh telinga dan terlintas dalam hati manusia, memiliki.
ANASIR HADIS SIAP UNTUK KULIAH??? SANAD / RAWI MATAN
MATA KULIAH TAUHID AKIDAH AKHLAK Dosen: Sarah Wulan, S.Ag, MPd
Al-Fath (Lari Dari Perang)
MEDIA PENDIDIKAN Disusun oleh : NUR AMIN : KLS : D/4
Menemani Rasulullah di Surga
KEUTAMAAN MEMBACA AL-QURAN
KODE D.11.2 TAFSIR SURAT ASY-SYU’ARA 214 OBJEK PENDIDIKAN
TITIS OCTARY SATRIO D4 TEKNIK INFORMATIKA A
Cinta yang membawa ke surga
STANDAR PERBUATAN.
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
AL-SUNNAH & AL-HADITS PENGERTIAN & FUNGSI
PENGERTIAN AL-QUR’AN Defenisi al-Qur’an adalah:
Agama !. Institusi khilafah dalam tradisis politik islam Khilafah (bahasa Arab: خلافة), adalah kepemimpinan, imamah, biasa juga disebut kekhalifahan.
Al-Fath (10) وَمَنْ لَمْ يُؤْمِنْ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ فَإِنَّا أَعْتَدْنَا لِلْكَافِرِينَ سَعِيرًا Dan barangsiapa yang tidak beriman kepada Allah dan.
MENGENAL ALLAH Melalui asmaul husna
Tazkiyah Nafs (Penyucian Jiwa)
Oleh : Dr. Octaria Saputra SABAR dan BERSYUKUR.
Cinta yang membawa ke surga
PENGERTIAN AL-QUR’AN Defenisi al-Qur’an adalah:
Tazkiyah Nafs (Penyucian Jiwa)
Cinta yang membawa ke surga
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM KAJIAN MENURUT SUDUT PANDANG AL-QUR’AN.
AQIDAH ISLAM Kelas VII Semester I. A. PENGERTIAN AKIDAH ISLAM 1.Pengertian Akidah Islam Menurut Bahasa Akidah adalah kata sifat dalam bahasa Arab yang.
Esensi Puasa dari sudut pandang Hadits Ust H. Abdurrahman Makatita, Lc MA Materi Kajian Islam Ramadhan (KISRA) Hari-2.
Esensi Puasa dari sudut pandang Hadits Ust H. Abdurrahman Makatita, Lc MA Materi Kajian Islam Ramadhan (KISRA) Hari-2.
حَـــــــــلاَوَةُ الإِيْمَـــــــــانِ
Makanan Halal يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوخُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ
Toleransi, Kerukunan dan Menghindari Tindak Kekerasan Kelompok 1.
presentasi hadits Tentang Iman
Transcript presentasi:

Hadis Ke-34 (40 Hadis Imam Khumaini)

عن أبي جعفر عليه السلام قال : لما أُسرِيَ بِالنبِي ­ عليه الصلاة و السلام قال : مَا حَالُ المُؤمِنِ عِنْدَكَ؟ قال : يَا محمد، من أهان لِي وَلِيا فقد بارزني بالمحاربة، وَ أنا أسرع شيئ إلى نصرة أوليائ و ما تَرَددْتُ أنا فاعله كَتَرَددِي في وفاة المؤمن يكره الموت وأكره مساءته. و إن من عبادي المؤمنين من لا يصلحه إلا الغنى و لو صرفته إلى غير ذلك لهلك. و إن من عبادي المؤمنين من لا يصلحه إلا الفقرَ و لو صرفته إلى غير ذلك لهلك. و ما يتقرب إلي عبد من عبادي بشيئ أحب إلي مما افترضت عليه، و إنه يتقرب إلي بالنافلة حتى أحبه فإذا أحببته كنت سمعه الذي يسمع به و بصره الذي يبصر به و لسانه الذي ينطق به و يده التي يبطش بها، إن دعاني أحببته، و إن سألني أعطيته.

Ketika Nabi di-isra-kan beliau bertanya, Tuhanku, bagaimana keadaan seorang mukmin disisi-Mu? Allah menjawab, Wahai Muhammad, barangsiapa yang meremehkan wali-Ku sungguh ia telah menyatakan secara terang-terangan untuk berperang melawanKu, dan Aku adalah Yang paling cepat untuk memberikan pertolongan kepada para wali-Ku, dan Aku tidak pernah enggan terhadap sesuatu seperti keenggananKu untuk mewafatkan seorang mukmin yang tidak menyukai kematian, dan Aku pun tidak suka menyakitinya. Di antara hamba-hamba-Ku yang mukmin terdapat orang yang tidak cocok baginya kecuali kekayaan, dan kalau Aku palingkan dia kepada keadaan yang lain dia pasti akan celaka.. Di antara hamba-hamba-Ku yang mukmin terdapat orang yang tidak cocok baginya kecuali kefakiran, dan kalau Aku palingkan dia kepada keadaan yang lain dia pasti akan celaka. Tidak ada sesuatu yang dilakukan oleh salah seorang di antara para hamba-Ku yang mendekatkan diri kepada-Kuyang lebih Aku sukai daripada (melaksanakan) apa yang telah Aku wajibkan kepadanya. Dia selalu mendekatkan diri kepada-Ku dengan melakukan ibadah nâfilah (sunnah) hingga Aku mencintainya. Dan jika Aku sudah mencintainya saat itu Aku akan menjadi telinganya yang dia pakai untuk mendengar, matanya yang dia pakai untuk melihat, lidahnya yang dia pakai untuk berkata-kata, dan tangannya yang dia pakai untuk memegang. Jika dia memanggil-Ku Akupun makin mencintainya, dan bila ia meminta-Ku Akupun akan memberinya”.

Point-Point Penting Dalam Hadis Tuhanku, bagaimana keadaan seorang mukmin disisi-Mu? Allah menjawab, Wahai Muhammad, barangsiapa yang meremehkan wali-Ku sungguh ia telah menyatakan secara terang-terangan untuk berperang melawanKu, dan Aku adalah Yang paling cepat untuk memberikan pertolongan kepada para wali-Ku, dan Aku tidak pernah enggan terhadap sesuatu seperti keenggananKu untuk mewafatkan seorang mukmin yang tidak menyukai kematian, dan Aku pun tidak suka menyakitinya. Di antara hamba-hamba-Ku yang mukmin terdapat orang yang tidak cocok baginya kecuali kekayaan, dan kalau Aku palingkan dia kepada keadaan yang lain dia pasti akan celaka.. Di antara hamba-hamba-Ku yang mukmin terdapat orang yang tidak cocok baginya kecuali kefakiran, dan kalau Aku palingkan dia kepada keadaan yang lain dia pasti akan celaka.

Point-Point Penting Dalam Hadis Tidak ada sesuatu yang dilakukan oleh salah seorang di antara para hamba-Ku yang mendekatkan diri kepada-Kuyang lebih Aku sukai daripada (melaksanakan) apa yang telah Aku wajibkan kepadanya. Dia selalu mendekatkan diri kepada-Ku dengan melakukan ibadah nâfilah (sunnah) hingga Aku mencintainya. Dan jika Aku sudah mencintainya saat itu Aku akan menjadi telinganya yang dia pakai untuk mendengar, matanya yang dia pakai untuk melihat, lidahnya yang dia pakai untuk berkata-kata, dan tangannya yang dia pakai untuk memegang. Jika dia memanggil-Ku Akupun makin mencintainya, dan bila ia meminta-Ku Akupun akan memberinya ”.

عَالِمُ الْغَيْبِ فَلَا يُظْهِرُ عَلَى غَيْبِهِ أَحَداً ﴿٢٦﴾ إِلَّا مَنِ ارْتَضَى مِن رَّسُولٍ فَإِنَّهُ يَسْلُكُ مِن بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ رَصَداً ﴿الجن : ٢٧﴾ 026. (Dia adalah Tuhan Yang Mengetahui yang gaib) mengetahui semua hal yang gaib di mata hamba-hamba-Nya (maka Dia tidak memperlihatkan) tidak menampakkan (kepada seorang pun tentang yang gaib itu) di antara manusia ini (Kecuali kepada rasul yang diridai-Nya, maka sesungguhnya Dia) di samping Dia memperhatikan hal yang gaib kepada Rasul-Nya sesuai dengan apa yang dikehendaki-Nya sebagai mukjizat bagi rasul itu (mengadakan) menjadikan dan memberlakukan (di muka) rasul itu (dan di belakangnya penjaga-penjaga) yang terdiri dari malaikat-malaikat untuk menjaganya, hingga rasul itu dapat menyampaikan hal tersebut, di antara sejumlah wahyu-wahyu-Nya kepada manusia.

Mengapa Para Nabi, Imam dan Wali termasuk tidak disebut dalam pengecualian tersebut ? Para Nabi, Imam, dan para wali (kekasih Allah) termasuk man (i) rtadlâ, tetapi penyebutan rasul dalam ayat di atas lebih layak, karena penyebutan rasul di atas merupakan mewakili bagi yang lain yang termasuk man (i) rtadlâ. Para wali mendapatkan keistimewaan ini disebabkan 1) Pencapaian mereka pada derajat ke-Nabi-an, dan 2) Amal mereka yang didasarkan pada kejujuran dalam mengikuti (sitq al-mutâba’ah) pada sang rasul. Jadi hadis di atas merupakan penjelasan lebih lanjut dari QS. Al-Jinn : 26-27)

Teori Kesadaran, Kerinduan dan Kedekatan 1. Kesadaran bahwa jarak antara al-Khalq dan al-Muta’âli terpisahkan oleh ego atau bait al-nafs al-mudzlam (rumah jiwa yang gelap. Pada waktu itu, ia akan melewati al-manâzil yang bertingkat-tingkat, dari al- marâtib al-afâqiyyah, al-anfusiyyah hingga tahapan akhir sampai kepada al-Haqq al-Muta’âli. Proses perjalanan dialami dengan berlangsungnya proses al-fanâ’ dan al-Baqâ. 2. Kerinduan, setiap manzil rûhâniyyah akan memberikan kepada yang menapakinya penampakan-penambakan (ta’ayyunât). Penampakan- penampakan ini merupakan bagian dari lutf Allah yang menarik kepada al-Khalq untuk makin dekat dengan al-Haqq. 3. Kedekatan, dan ini merupakan dari tarikan kerinduan dan cintanya kepada al-Haqq.

Wassalam Umar Ibrahim