PENGHEGEMONI ALIRAN KRITIS

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENGANTAR PERKOPERASIAN
Advertisements

TELAAH KRITIS IDEOLOGI-IDEOLOGI
PERSPEKTIF DALAM EKONOMI POLITIK INTERNASIONAL
SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI
Ahmad Zainul “INUNG” Hamdi
«Sosiologi Komunikasi»
Asal-usul perkembangan Sosiologi Politik
JURGEN HABERMAS.
PERKEMBANGAN DIALEKTIKA
PERKEMBANGAN EPISTEMOLOGI
PENDIDIKAN DAN PEMBEBASAN DALAM PANDANGAN PAULO FREIRE
Pendidikan Kewarganegaraan
HERBERT MARCUSE PENGANTAR Lahir di berlin. Mjd prajurit yg ikut Perang Dunia I. Sesudah perang, menjadi anggota Partai Sosialis Demokrat.
SOSIALISME (MARXISME)
Kritik atas kapitalisme
MARXISME DAN STRUKTURALISME Kelompok 2 : Kumala Kurniawidi Susilo Nadia Agitaswari Muhammad Reza Wijaya Louis Embun Prastika Sabillina Mareta.
TEORI KRITIS DALAM HAZANAH SAINS MODERN
Pendidikan Kewarganegaraan
DISPOSISI DAN NILAI PEMIKIR YANG KRITIS
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA
PENGHEGEMONI ALIRAN KRITIS
Tokoh & aliran dalam Filsafat ilmu Pengetahuan
TEORI SOSIOLOGI KONFLIK KLASIK
MEKANISME PERUBAHAN SOSIAL
Sejarah Pemikiran Ekonomi
PEMBARUAN MARXISME Pentingnya Marxisme
PARADIGMA KRITIS.
PENGHEGEMONI ALIRAN KRITIS
liberalisme dan sosialisme
TEORI KOMUNIKASI KRITIS
PEMIKIRAN TOKOH – TOKOH DALAM ILMU SOSIAL
PENGHEGEMONI ALIRAN KRITIS
Teori Sosial Kritik Heru Nugroho
Teori Kritis & Critical Discourse Analysis (CDA)
Teori Kritis & Critical Discourse Analysis (CDA)
IDEOLOGI-IDEOLOGI DUNIA
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI DAN DASAR NEGARA
Aliran Kritis Generasi Pertama
Feminisme Marxis dan Sosialis
Mar’atul Makhmudah, S.IP, M.Si Mata Kuliah Politik Dan Gender
«Sosiologi Komunikasi»
Pancasila Sebagai Ideologi nasional (2)
Pancasila Sebagai Ideologi nasional (2)
Sosialisme dan Komunisme
Ideologi yang Berkembang di Dunia
KOMUNISME DAN DEMOKRASI DALAM TERMINOLOGI KOMUNIS
Pandangan Filsafat Sejarah Karl Marx
Marxism.
Kekuasaan Negara.
Mohammad Hatta (Juga) Bicara Marxis
TEORI KRITIS NAMA KELOMPOK : Yosef Aldi Suryo Hadi
Media critical theory M.RIFQI FADLY
PERSPEKTIF DALAM EKONOMI POLITIK INTERNASIONAL
PARADIGMA DAN TEORI SOSIAL
Gerakan sosial Priyayi Khusnul Ebilusman Ahmad Hasriandi KELOMPOK 8.
Sejarah Pemikiran Ekonomi
Etika Bisnis Konsep dan Kasus Manuel G Velasquez
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA
KOMUNISME.
STRUKTURAL KONFLIK KARL MARX SBG TOKOH PENCETUS UTAMA
BAB. XIV PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA
Pancasila Sebagai Ideologi
Pandangan Filsuf Tentang Birokrasi
Pertemuan XI Sosiologi Kritis
Karl Marx : Materialisme Sejarah, Negara Dan Agama
PANCASILA SBG IDEOLOGI TERBUKA PERANAN PERS DLM MASY. DEMOKRASI
IDEOLOGI KOMUNISME DICKY DWI SATRIA NOVIANTO
PERKEMBANGAN IDEOLOGI BESAR DUNIA
Pertemuan X Sosiologi Kritis
Bahan Dasar ETIKA ADMINISTRASI NEGARA SMT. 6
Transcript presentasi:

PENGHEGEMONI ALIRAN KRITIS KARL MARX

DASAR PEMIKIRAN Berasal dari pemikiran Marx Muda, yg sebelumnya ditolak pengikut Marxisme Ortodoks yg menganggap penafsir ajaran Marx Muda sebagai seseorang yg tdk ilmiah Ajaran Marxisme yg dijadikan ideologi membuat manusia tidak kritis lagi, karena terjebak saintisme. Anggapan bahwa kapitalisme akan runtuh dg sendirinya belum terbukti akibat perkembangan teknologi dan pemberian pesangon/bonus Maka itu, golongan revisionisme menolak pembekuan ajaran Marxisme-Leninisme (pasca revolusi) mjd ideologi baku tanpa boleh di otak-atik

Pilar penggerak revolusi bukan hanya kaum buruh karena yg menderita bukan hanya kaum buruh tetapi semua orang sudah teralienasi oleh sistem kapitalisme Ajaran Marx Muda oleh golongan revisionisme diterjemahkan sebagai penerus dialektika Hegel (Hegelian Kiri) Kritikan Marx kepada Hegel yaitu: sepakat terjadinya dialektika dalam masyarakat tetapi dialektika yang digambarkan Hegel masih menerawang dan belum membumi

Kritik dalam filsafat Hegel masih kabur dan membingungkan karena ia memahami sejarah secara abstrak Analisis Hegel masih dalam taraf ide atau gagasan dan belum ada pijakan gerak. Ide tidak selalu sesuai dengan realitas Sejarah bukanlah sejarah konkret dari manusia yang berdarah daging melainkan sejarah kesadaran atau sejarah rasio Artinya kehidupan sosial ekonomi (man social being) ditempatkan sbg perangkat yg mendasari kiprah kesadaran manusia (man social consciousness)

Marx mengakomodir idealisme Hegel mjd materialisme sejarah yg bersifat praktis emansipatoris dan bersamaan dengan itu konsep kritik diterapkan dlm sejarah yg konkret dlm kehidupan masyarakat yg nyata Pemikiran ini diadopsi Marx dg menemukan dasar kehidupan manusia adalah kerja Dengan asumsi tsb, marx mematerialkan dialektika dlm sejarah shg melahirkan materialisme historis. Kerja sangat tergantung pada alat-alat produksi shg alat-alat produksi dijadikan basis penggerak masyarakat

Di dalam masyarakat: alat-alat kerja, para pekerja dan pengalaman kerja merupakan kekuatan produksi masyarakat sedangkan hubungan-hubungan antar pekerja dalam proses produksi merupakan hubungan-hubungan produksi Asumsinya, jika kekuatan produksi berkembang maka hubungan produksi juga ikut berkembang

Dalam praktek, hub produksi adalah hub kekuasaan antara pemilik modal di satu pihak dan kaum buruh di pihak lainnnya yg bersifat konservatif dan ingin dipertahankan terus karena menguntungkan para pemilik modal Hal sebaliknya terjadi pada kekuatan produksi yg terus diperbaiki, dirasionalisasi, ditingkatkan efisiensi & efektivitasnya Karena perbedaan sifat tersebut, antara hub produksi konservatif & kekuatan produksi progresif maka di dlm masyarakat terjadi kontradiksi secara terus menerus yg mencerminkan pertentangan kepentingan kelas kapitalis dan kelas buruh (proletar)

Kelas kapitalis ingin melestarikan kekuasaannya dan kaum proletar ingin membebaskan diri dari penindasan dengan cara menghapus hak milik pribadi atas alat-alat produksi melalui revolusi sosial Pasca revolusi, sistem eknomi masyarakat berubah dan bersamaan itu bentuk-bentuk kesadaran sosial juga berubah sebab perubahan pada basis ekonomi menentukan prubahan pada superstruktur kesadaran Pandangan marx: pengetahuan atau rasio kita ditentukan oleh faktor-faktor ekonomis masyarakat dan kesadaran baru yang timbul hanya akibat langsung dari penataan baru atas proses produksi sosial Artinya bukanlah kesadaran manusia yang menentukan adanya mereka tetapi sebaliknya adalah penghidupan sosial atas mereka yang menentukan kesadaran

Menurut Teori Kritis, Kritik dalam materialisme sejarah berarti praxis revolusioner yang dilakukan kaum proletar atau perjuangan kelas Kritik berarti usaha-usaha mengemansipasi diri dari penindasan dan alienasi yang dihasilkan oleh hubungan-hubungan kekuasaan di dalam masyarakat Teori Marx membuka kesadaran akan adanya mekanisme obyektif hubungan penindasan dan pemecahannya (teori dengan tujuan emansipatoris)

Tetapi satu hal yang ditentang oleh orang-orang neo marxist (golongan revisionis) dari Karl Marx adalah deterministik ekonomi dalam teorinya supra dan infrastruktur. Menurut revisionis yang menentukan keadaan dunia bukan hanya alat-alat produksi (basis atau infrastruktur) namun ide, agama, politik (suprastruktur), juga saling menentukan realitas masyarakat