Albi Putra Widjaya 625110148 Ari Putera 625110104 Christian Leonardi 625110105 Micka Michael 625110113
PSIKOLOGI PERSEPSI
PEMBENTUKAN KONSEP
Aturan Pembentukan Konsep P : Sebuah Objek yang berwarna Merah adalah Konsep Q : Sebuah Objek yang Berberntuk Kotak adalah Konsep Afirmatif (ᵾP) : Konjungtif (P ^ Q) : Disjungtif (P v Q) : Kondisional (P→Q) : Jika sebuah objek berwarna merah maka harus kotak . Ini merupakan contoh konsep Bikondisional (P↔Q) : Jika Sebuah Objek berwarna merah dan hanya jika berbentuk kotak adalah konsep. Semua objek yang berwarna merah adalah konsep Sebuah objek yang berwarna merah dan berberntuk kotak adalah konsep Sebuah objek yang berwarna merah atau berbentuk Kotak adalahkonsep.
Suatu sistem formal untuk menghasilkan kesimpulan LOGIKA Suatu sistem formal untuk menghasilkan kesimpulan
Proses Logika PENALARAN DEDUKTIF Penalaran Deduktif adalah suatu proses berpikir yang menghasilkan informasi baru berdasarkan informasi lama (yang tersimpan di dalam ingatan). PENALARAN INDUKTIF Nisbett, Krantz,Jepson, dan Kunda (1983) beragumentasi bahwa penalaran induktif merupakan aktivitas manusia dalam pemecahan masalah yang memiliki arti sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan berada dimana-mana.
Contoh Penalaran Induktif Share the Joy With ! Bagian MIKA : Gambar tersebut merupakan contoh penalaran induktif karena pada kehidupan sehari-hari kita, minuman coca-cola sudah sangat familiar dalam kehidupan kita sehingga logika kita menilai bahwa ini adalah poster coca-cola padahal belum tentu karena penalaran tersebut muncul dari persepsi dan analisa kita
Contoh Penalaran Deduktif AW TKC CANTINA Bagian Christian : Contohnya adalah seorang mahasiswa ingin pergi ke TKC dari POSISI awal di AW, karena berdasarkan informasi yang dia punya yaitu informasi lama yang berarti dy uda kenal lokasi nya jadi dia melewati rute yang lebih dekat . . . .
Proses Pengambilan Keputusan YEAH ! Bagian Ari : Jadi spongebob akan mengambil keputusan kira” apa yang akan di minum . . . . Lalu proses pengambiilan keputusan pun berjalan . . .pertama spongebob mengkaji rasionalitas dari ketiga objek tersebut yaitu bensin (ga rasional klo minum bensin) dan es krim n juice jeruk rasional / wajar buat di minum . . . Lalu sisanya tinggal eskrim dan jus dan ada faktor - faktor yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan tersebut, dalam kasus ini contohnya yaitu ternyata spongebob itu sedang Flu jadi eskrim di hilangkan dari option jadi keputusan yang diambil adalah spongebob mengambil keputusan jus jeruk sebagai pilihannya.
Kesimpulan Aplikasi pada Desain Proses Pembentukan Konsep dan Logika: - Ketika kita di hadapkan pada sebuah project tentunya kita akan membuat konsep project itu terlebih dahulu dengan penalaran logika, contohnya : ketika ada project kita akan membuat konsep yang sesuai dengan target audiens kita (dewasa, anak2, remaja,dll). Proses Pengambilan Keputusan: - Setelah dihadapkan pada berbagai pilihan yang ada tentunya kita sebagai desainer akan membuat keputusan mengenai project yang akan kita buat, contohnya : Warna yang dipilih, Medianya dan lain-lain.
TERIMA KASIH