Pertemuan 4 Bahasa Perintah.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Penunjang dan Panduan Perancangan Restyandito, S.Kom, MSIS.
Advertisements

MODUL 1 DOS dan WINDOWS SI – Program Keahlian.
VIII DAN BAHASA ALAMI VIII / 1 Interaksi Manusia & Komputer
Materi Pertemuan Ke-4 Bahasa Perintah.
RAGAM DIALOG.
Desain Web R0312 – Grafik Komputer.
PERANCANGAN ANTARMUKA - 2
BAB V KONGRUENSI.
Bahasa Perintah dan Bahasa Alami
Bahasa Perintah dan Bahasa Alami
To insert your company logo on this slide From the Insert Menu Select “Picture” Locate your logo file Click OK To resize the logo Click anywhere inside.
Pertemuan 5 Manipulasi langsung.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Soal Diskusi Pada tab Home terdiri dari lima Group yaitu, Clipboard, Font, Paragraph, Styles dan editing. Tuliskan beberapa fungsi yang ada pada group-group.
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Pemilihan Menu dan Pengisian Formulir
Bahasa Perintah Pertemuan Ke-4.
Bahasa Perintah dan Bahasa Alami
MEMAHAMI RAGAM DIALOG.
Teori, Prinsip, dan Pedoman
MEMBACA KRITIS A. SYUKUR GHAZALI.
PEMROGRAMAN WEB DASAR Humisar Hasugian, S.Kom.
Teori , Prinsip, dan Pedoman
MENGATUR FORMAT PRESENTASI
Bina Sarana Informatika
Pengetahuan Auditor untuk Interface & Dialog
Perangkat Lunak Jaringan I SHELL SCRIPT. Perangkat Lunak Jaringan I PENDAHULUAN Shell script adalah suatu file yang berisi perintah-perintah yang harus.
PERINTAH INTERNAL DOS.
Interaksi Manusia Dan Komputer (Interaksi)
Pengetahuan Auditor untuk Interface & Dialog
Interaksi Manusia dengan Komputer
Bahasa Perintah. Tujuan dasar perancangan bahasa  Presisi  Kekompakan  Kemudahan dalam penulisan dan pembacaan  Mudah dipelajari  Sederhana, mengurangi.
Pemilihan Menu dan Pengisian Formulir
1 Penyuntingan Obyek Sederhana Pertemuan 10 Matakuliah: R0364/Komputasi Desain Arsitektur I Tahun: 2006.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Bahasa Perintah danBahasa Alami
komponen antarmuka pengguna
Flow Chart & Storyboard
KONSEP USER INTERFACE.
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Pertemuan 2 Dani Hamdani, S.Kom..
Interaksi Manusia & Komputer Ragam Dialog
KONSEP INTERFACE
Membangun Menu Sistem dan Skema Navigasi
Human Computer Interaction (3)
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
TAHAPAN PENULISAN (BUKU TEKS)
Teori, Prinsip dan Pedoman
DIALOG.
Dasar Komputer & Pemrog. 2B
UMAR MUHAMMAD,ST.,MT PERTEMUAN I
Bahasa Perintah dan Bahasa Alami
USER INTERFACE.
Persentasi Kelompok REKAYASA PIRANTI LUNAK
Designing the User Interface:
Human-Computer Dialogue
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Microsoft Power Point 2007.
MODEL DAN TEKNIK INTERAKSI
Bahasa Perintah dan Bahasa Alami
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
Bahasa Perintah dan Bahasa Alami
Bahasa Perintah dan Bahasa Alami
Bahasa Perintah dan Bahasa Alami
Bahasa Perintah dan Bahasa Alami
MEMBACA KRITIS A. SYUKUR GHAZALI. PERINGKAT MEMBACA MEMBACA PERINGKAT RENDAH MENGENAL BENTUK HURUF MENGENAL UNSUR KEBAHASAAN (KATA, FRASE, KALIMAT, DLL.
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
Dialogue Notation & Design Part-2
Modul 5 Kegiatan Belajar 4: DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF Kelompok 4: Nur Awaludin Warjito Totok Hermawan.
Transcript presentasi:

Pertemuan 4 Bahasa Perintah

Strategi Organisasi Perintah Simple command list (daftar perintah sederhana) Setiap perintah dipilih untuk melaksanakan tugas (task) tunggal, dan jumlah perintah sama dengan jumlah tugas Untuk jumlah tugas yang sedikit , dapat menghasilkan sistem yang mudah dipelajari dan dipergunakan Contoh :

Command plus arguments (perintah tambah argumen) Lanjutan… Command plus arguments (perintah tambah argumen) Setiap perintah diikuti satu atau lebih argumen Contoh :

Bagi beberapa pemakai, label keyword atau argumen dapat membantu. Lanjutan… Perintah dipisahkan dari argumen oleh spasi atau pemisah lainnya, dan argumen dapat berisi spasi atau pemisah di antaranya Bagi beberapa pemakai, label keyword atau argumen dapat membantu. Contoh : COPY FROM=FILEA TO=FILEB Argumen

Command plus options and arguments (perintah tambah option dan argumen) Perintah dapat mengandung option untuk menunjukkan keadaan khusus Contoh: C:\ DIR \ W A:\ FORMAT C:\S Tingkat kesalahan dan kebutuhan akan pelatihan ekstensif meningkat dengan option yang banyak option

Hierarchical command structure (struktur perintah hierarkis) Perangkat penuh perintah diatur menjadi struktur tree, seperti pada menu Action Object Destination CREATE File DISPLAY Process Local printer REMOVE Directory Screen COPY Laser printer MOVE

Hierarchical command structure Dengan hanya lima perintah dapat dilakukan 5x3x4 = 60 tugas Pendekatan ini dapat dikembangkan untuk membantu pemakai pemula atau intermittent, seperti pada Lotus 1-2-3.

Keuntungan struktur Proses belajar, pemecahan masalah, dan ingatan manusia dipermudah oleh struktur yang bermakna Baik untuk task concept, computer concepts, dan rincian sintaktik bahasa perintah.

Struktur hierarkis dan kongruensi lebih mudah diingat Simbol atau keywords Struktur perintah mempengaruhi kinerja Penggunaan perintah dengan keyword lebih mudah daripada simbol Struktur hierarkis dan kongruensi Kongruensi : pasangan lawan kata yang selaras (simetris) Struktur hierarkis dan kongruensi lebih mudah diingat

Konsistensi, kongruensi, dan mnemonicity Dengan demikian disimpulkan bahwa sumber struktur yang baik dan berguna meliputi : Konsistensi posisi Konsistensi tatabahasa Pasangan kongruen Bentuk hierarkis

Strategi Penyingkatan Nama Perintah Pemotongan sederhana Gunakan huruf pertama, kedua, ketiga, dst. Dari perintah, asalkan perintah dapat dibedakan dengan huruf-huruf awal Contoh : Buang huruf hidup dengan pemotongan sederhana Buang huruf hidup dan gunakan beberapa yang tersisa Jika huruf pertama huruf hidup, tidak boleh dibuang

Huruf pertama dan huruf terakhir Lanjutan… Huruf pertama dan huruf terakhir Huruf pertama dan terakhir mudah terlihat Contoh : Huruf awal setiap kata dalam frase Membuat akronim

Singkatan standar dari konteks lain Lanjutan… Singkatan standar dari konteks lain Gunakan singkatan yang sudah dikenal Contoh: QUANTITY  QTY, TRANSFER  XFER, BACKUP  BAK Fonik (cara pelafalan/pengucapan) Fokuskan perhatian pada suara Contoh : execute  XQT, I seek you  ICQ

Penggunaan Bahasa Alami Natural language interaction (interaksi dengan bahasa alami) Natural language queries (permintaan dengan bahasa alami) Text-database searching (pencarian database teks) Natural language text generation (penyusunan teks dengan bahasa alami) Adventure and educational games (permainan petualangan dan pendidikan)