BARIK / TEKSTUR Revisi (Tgl) : 0 (22 Des 2007).

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Lanjutan faktor penyebab dari s/ akibat : Contoh utk pendapat Profesor Van Bemmelen : “X melukai tangan Y dengan menggunakan sebilah pisau. Beberapa orang.
Advertisements

KONSEP ELEMEN PEMBENTUK RUANG Pertemuan 15 – 16
RUFAIDA NUR ROSTIKA, ST, MT
Menggambar Bentuk.
Oleh: Lilis Munfarida, S.Pd.T
DASAR-DASAR SENI RUPA.
DASAR-DASAR SENI RUPA.
BAHAN 9 PENGUJIAN SUBSTANTIF & PENGEMBANGAN TEMUAN
PENUANGAN (CASTING) PENGERJAAN DINGIN (COLD WORKING) ELECTROFORMING
Diferensiasi Pengertian:
KECENGKAHAN/KONTRAS Revisi (Tgl) : 0 (22 Des 2007)
Kata desain digunakan dg cara yg berbeda dg makna yg berbeda dg bidang yg berbeda kepentingan. Dlm percakapan sehari2 dpt digunakan sbg istilah umum yg.
KELAINAN Revisi (Tgl) : 0 (22 Des 2007).
CABANG-CABANG SENI RUPA MENURUT FUNGSI
BAB. 3 & 4 Formulir & jurnal.
TEORI LINKAGE Hubungan sebuah tempat dengan yg lain
Revisi (Tgl) : 0 (22 Des 2007) PANCARAN. Pancaran / pola memusat Pancaran dpt dipandang sbg jenis perulangan khusus. Gatra yg berulang atau bagian racana.
Money Forensic.
Mata Pelajaran:Seni Budaya
Struktur KAYU.
Dilema pendekatan thd perancangan kota
"Metode Penugasan".
Revisi (Tgl) : 0 (22 Des 2007) KERAPATAN. Kerapatan ialah cara gatra menyebar, yg dpt berkerumun rapat2 disuatu daerah atau bertebaran jarang2 di daerah.
Kaca pada interior Pengetahuan bahan bangunan II –week 2
RANGKA LANJAR Meragang dg bidang
Prisma dan Tabung Prisma dasar dan ragamnya
TRIMATRA (TIGA DIMENSI)
1. Caturtira (4 sisi) Gb. 204, Caturtira mempunyai 4 bidang, 4 sudut & 6 sisi Setiap bidang berbentuk trikona (segitiga sama sisi) bila caturtira terletak.
RACANA DINDING KUBUS, TONGGAK, DINDING
BIDANG BERSAF/DERET Sejumlah titik membentuk garis
PEMANTULAN CAHAYA Peserta didik dapat: 1.Memahami jenis pemantulan 2.Menyebutkan hukum pemantulan cahaya 3.Melukiskan peristiwa pemantulan cahaya 4.Contoh.
UNSUR DAN PRINSIP PERANCANGAN TAMAN
Sanuka T.D // KKN-PPL UNY 2013
UNSUR DASAR PERANCANGAN PERCOBAAN, KERAGAMAN, MODEL PERCOBAAN
POSTER Definisi 1: Poster adalah media yang merupakan karya seni atau desain grafis yg memuat komposisi gambar dan huruf diatas kertas, kain dll berukuran.
UNSUR UNSUR DESAIN BUSANA
EMBROIDERY.
BAGIAN-BAGIN RUMAH YG PERLU DIPERHATIKAN A. LANTAI
POSTER Definisi 1: Poster adalah media yang merupakan karya seni atau desain grafis yg memuat komposisi gambar dan huruf diatas kertas, kain dll berukuran.
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
Produk Kerajinan Tekstil
Bab 5 PERULANGAN Revisi (Tgl) : 0 (22 Des 2007).
RACANA DINDING KUBUS, TONGGAK, DINDING
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
Prisma dan Tabung Prisma dasar dan ragamnya
1. Caturtira (4 sisi) Gb. 204, Caturtira mempunyai 4 bidang, 4 sudut & 6 sisi Setiap bidang berbentuk trikona (segitiga sama sisi) bila caturtira terletak.
TRIMATRA (TIGA DIMENSI)
RANGKA LANJAR Meragang dg bidang
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
TEORI FIGURE/GROUND Teori2 figure/ground dipahami dr tata kota sbg hubungan tekstural antara bentuk yg dibangun (building mass) dan ruang terbuka (open.
GARIS HUBUNG Revisi (Tgl) : 0 (22 Des 2007).
Kekuasaan, Wewenang dan Kepemimpinan.
PENYEBAB KERUSAKAN KAYU
Matakuliah : R0044/Metode Perencanaan dan Perancangan Arsitektur
Seni rupa 2 dimensi.
LAPISAN LANJAR Menumpuk lapisan lanjar Gb.319. bab sebelumnya
Galeri Kolase.
Sedia untuk salin dan mendengar arahan dan penerangan guru
Kekuasaan, Wewenang dan Kepemimpinan Materi Kuliah PS.
Pengudaraan / Penghawaan
Kepala Sprinkler (sprinkler head)
Seni Lukis Kolase, Mozaik, dan Montase
RANCANGAN ACAK KELOMPOK (RAK)
OVERVIEW  Pendahuluan  Bahan dan Bentuk Kemasan  Desain Kemasan  Inovasi Kemasan.
Standar proporsi yang dianggap ideal secara sistematis yaitu :
CAHAYA, WARNA, DAN PENGLIHATAN
LAPISAN LANJAR Menumpuk lapisan lanjar Gb.319. bab sebelumnya
Materi Kuliah PS Kekuasaan, Wewenang Meti Mediyastuti, S.Sos, M.AP.
PPG DALAM JABATAN Mengidentifikasi Unsur-unsur Visual Nirmana : UKURAN DAN TEKSTUR.
Materi 1 dan 2 Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi (2D) dan Tiga Dimensi (3D) Rohani A., S.AN SMK PUSTEK Serpong Kelas X Ada yang pernah mengunjungi pameran?
Transcript presentasi:

BARIK / TEKSTUR Revisi (Tgl) : 0 (22 Des 2007)

Klik di sini untuk melanjutkan Barik adalah sifat khas permukaan sebuah raut. Setiap raut memiliki permukaan dan setiap permukaan memiliki sifat khasnya, mis: licin atau kasar, polos atau bercorak, kusam atau mengkilap, lunak atau keras dll. Walaupun umumnya permukaan yg dicat rata tdk dikatakan berbarik, sesungguhnya kerataan cat itu pun sejenis barik dan bahan yg dibuat raut itu pun memiliki barik. Alam kaya akan barik, mis: setiap jenis batu atau kayu memiliki bariknya sendiri, yg dimanfaatkan oleh arsitek atau perancang interior utk tujuan tertentu. Sebongkah batu atau kayu mungkin juga dirampungkan dg berbagai cara utk memperoleh aneka ragam kesan barik. Barik dpt dikelompokkan dlm 2 gol penting: Barik lihat Barik raba Barik yg dipakai dg cocok akan memperkaya rancang. Klik di sini untuk melanjutkan

Klik di sini untuk melanjutkan Barik Lihat Barik lihat selalu dwimatra/2 dimensi. Barik ini jenis yg diserap oleh penglihatan walaupun dpt pula membangkitkan penginderaan raba. Ada 3 macam barik lihat: 1.Barik hias (gb.67a) 2.Barikk semerta (gb.67b) 3.Barik mekanis (gb.67c) Klik di sini untuk melanjutkan

Klik di sini untuk melanjutkan Membuat Barik Lihat BArik lihat dpt dibuat dg berbagai cara. Beberapa teknik yg umum adalah sbb: menggambar, melukis (gb.68a) Mencetak, memindahkan, menggosok (gb.68b) Menyemburkan, memercikkan, menumpahkan (gb.68c) Melabur, mencelup (gb.68d) Mengasapi, membakar (gb.68e) Mengeruk, menggarut (gb.68f) Proses fotografi (gb.68g) Klik di sini untuk melanjutkan

Klik di sini untuk melanjutkan Kolase Penggunaan barik lihat secara langsung dlm rancang adalah pd kolase, yaitu proses merekat atau menempel2 kertas, kain atau bahan pipih yg lain pd sebuah permukaan. Bahan spt itu dpt dikelompokkan dlm 3 gol berdasarkan ada atau penting tidaknya image padanya. Istilah image disini menyatakan bentuk atau gambar yg tercetak, difoto, dilukis atau terjadi dg sengaja atau kebetulan pd permukaan sebuah bahan. Klik di sini untuk melanjutkan

Klik di sini untuk melanjutkan Bahan tanpa image (gb.69a) Bahan berimage (gb.69b) Bahan berimage tetap (gb.69c) Barik Raba Adalah sejenis barik yg tdk saja dpt dilihat tetapi juga dpt dirasakan dg rabaan tangan. Barik raba timbul diatas permukaan rancang dwimatra/ dua dimensi dan mendekati gambar yg timbul spt 3 dimensi. Barik raba dpt dikatakan terdpt di segala jenis permukaan krn kita dpt merasakannya. Klik di sini untuk melanjutkan

Klik di sini untuk melanjutkan Ada 3 jenis barik raba sbb Barik alami seadanya :berupa kertas, kain, ranting, daun, pasir, benang dst dipotong, disobek, atau digunakan sebagaimana adanya, lalu direkat ata ditempel pd sebuah permukaan. Tdk ada usaha utk menyembunyikan keaslian bahan tsb. Barik alami terubah: bahan diubah shg tdk lagi spt aslinya. Mis: kertas tdk ditempel scr papar melainkan kisut atau dpt pula diberi titik2, digarut, dicetak timbul. Selembar logam dpt dilipat, dipukuli dg palu, atau dilubangi kecil2. Sepotong kayu diukir. Bhan diubah sedikit tanpa menghilangkan keasliannya (gb.70a) Klik di sini untuk melanjutkan

Klik di sini untuk melanjutkan 3. Barik tersusun: bahan biasanya berupa serpihan kecil2 disusun dlm sebuah pola yg membentuk permukaan baru. Satuan barik dpt digunakan sebagaimana adanya atau diubah, tetapi hrs berukuran kecil2 atau dipotong menjadi serpihan. Contoh: biji tanaman, butir pasir, serpih kayu, kertas yg dipuntir menjadi bola2 kecil, peniti, manik2, kancing, benang dll. Bahan kadang2 masih dpt dikenal, tetapi kesan permukaan yg baru lebih menonjol (gb.70b) Klik di sini untuk melanjutkan

Cahaya dan warna pd barik raba Permainan cahaya pd barik raba dpt sangat menarik. Beberapa jenis bahan memantulkan atau membiaskan cahaya dg hasil yg mempesona. Sifat raba permukaan kasar biasanya dipertegas oleh cahaya kuat dr samping. Beberapa rancangan dpt dilihat krn perubahan cahaya sbg unsur yg tetap. Warna juga dpt memainkan peranan yg menarik pd barik raba. Warna alam dr bahan dpt dipertahankan, tetapi lapisan warna pd permukaan dpt membangkitkan perasaaan yg berbeda, sekurang2nya membuat bahan itu tak langsung dpt dikenal dab lebih memperlihatkan barik alami yg terubah ketimbang barik alami seadanya. Aneka bahan pd permukaan dpt serupa jika semuanya dilapisi warna yg sama. Klik di sini untuk melanjutkan