Kesenian Tradisional Ketoprak

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Memahami prinsip dasar ilmu sejarah
Advertisements

Assalamualaikum Wr.Wb. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم.
WAYANG DALAM PENDIDIKAN FORMAL
Apresiasi Wayang Orang
SENI PERTUNJUKAN KENTRUNG DAN KETOPRAK
SENI TEATER.
B. MAKNA DAN PERANAN TEATER DALAM KONTEKS BUDAYA DAERAH.
Introducing music genre
DIV Komputer Multimedia, STIKOM Surabaya
PERKEMBANGAN MASYARAKAT INDONESIA
Musik Nusantara DKI Jakarta.
MEMBUDAYAKAN KESENIAN DAERAH BANJAR
By : Anggraeni Sari (8.3/04) Benedicta Alvina K (8.3/06)
Pengampu : Terry Irenewaty M.hum Fakultas Ilmu Ekonomi dan Sosial Universitas Negeri Yogyakarta 2011.
MEMBERDAYAKAN POTENSI SEKOLAH DAN MASYARAKAT MELALUI RINTISAN DESA WISATA BERBASIS SENI SUNDA RITA MILYARTINI.
 Daerah Istimewa Yogyakarta adalah sebuah provinsi yang berdasarkan wilayah Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan.
PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI PETANI KELENGKENG DI DESA KLEPU KECAMATAN PRINGSURAT KABUPATEN TEMANGGUNG Oleh Aan Pambudi ( )
Membudayakan Seni Budaya Daerah Banjar
Sulawesi Ciri-ciri Provinsi.
Apa yang kalian ketahui tentang gambar berikut?
GLOBALISASI Pengertian Dampak positif Dampak negatif.
KOPERASI DI ERA GLOBAL.
Seni Klasik di Peradaban Modern
APRESIASI KARYA SENI TEATER
Sejarah Batik Indonesia yang Mendunia
POTENSI WISATA PROPINSI D.I.YOGYAKARTA
AKULTURASI BUDAYA LOKAL,HINDU-BUDDHA DAN ISLAM
ASSALAMU’ALAIKUM WR……WB. Pendidikan agama islam OLEH : KELOMPOK: 4 (EMPAT) KELAS: 1 A NAMA: ALIP MARYONO DWI PAJAR B IRAWATI RISTIANINGSIH SATITI HANING.
Pengantar Apresiasi Seni
TEKS DISKUSI PENGERTIAN : Secara singkat, teks diskusi adalah sebuah teks yang memberikan dua pendapat berbeda mengenai suatu hal (satu "pro" dan satu.
Sastra Korea dapat dibagi menjadi :
Musik Krumpyung Seperti sudah garis nasib, yang namanya seni musik tradisional cenderung makin menipis peminatnya. Musik krumpyung yang mengandalkan instrumen.
Pengantar Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, atas apa yang telah diberikan kepada kita. Shalawat serta salam kita tujukan kepada Nabi Muhammad.
KANTOR PERWAKILAN DAERAH DIY 2017
SENI TEATER.
UNSUR-UNSUR SEBUAH RESENSI
TUGAS PENDIDIKAN KARAKTER “BANGGA BERBANGSA INDONESIA” OLEH :
DAMPAK PEMBANGUNAN PARIWISATA
TIPOLOGI PERDESAAN NUR ENDAH JANUARTI.
Ragam Kesenian Tradisional JOGJA
Menjelaskan mengenai kesenian mamanda
Introducing music genre
Forum SKPD Sekretariat Parampara Praja
PENGETAHUAN TRADISIONAL DAN EKSPRESI BUDAYA TRADISIONAL (PT-EBT)
Cerita & Figur Panji Cerita Panji adalah harta karun terpendam yang dimiliki Jawa Timur. Lahir di Kediri, berkembang sejak zaman Majapahit, kemudian menyebar.
Budaya yang diminati wisatawan, budaya yang
ILMU BUDAYA DASAR Yanti Trianita S.I.Kom.
Tarian Tradisional: Tari Piring
Tari Bagandut Raka Abyantara XI-IPA.
TUGAS TEKKOM “SENI TARI SALAH SATU BAGIAN DARI KEBUDAYAAN INDONESIA”
BELAJAR MEMAHAMI DRAMA
KOMUNIKASI MASSA Pertemuan 11
Dakon Permainan dakon adalah salah satu permainan tradisional masyarakat Jawa. Di luar Jawa, permainan ini lebih dikenal dengan nama congklak. Di Lampung.
PERGESERAN MAKNA SENI TARI PRAJURITAN DESA TEGALREJO KECAMATAN ARGOMULYO Dwiyan Novriawan Drs. Tri Widiarto, M.Pd.
SISTEM KOMUNIKASI DI PEDESAAN
Wisata Pesisir: Rumah Si Pitung Hampir Punah
KELAS X Standar Komptensi Memahami prinsip dasar ilmu sejarah Kompetensi Dasar Mendeskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara.
Menulis karangan Pengembangan karangan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pengembangan paragraf. a. deduktif b. Induktif.
WISATA ALAM & SEJARAH DAERAH ISTIMEWA
Nama Kelompok : - - Kelas : Mata Pelajaran :
Robiatul adawiyah XI IPS 2.
PERENCANAAN PRODUK PARIWISATA
SERI PRESENTASI JURNALISTIK OLAHRAGA 2015 Dr. Made Pramono, M.Hum.
Aditya Prihartono Utomo
Sejarah tari sajojo Asal usul Tari Sajojo ini masih belum bisa diketahui secara pasti. Namun beberapa sumber banyak yang menyebutkan ba hwa tarian ini.
AGUNG KUSWANDONO DEPUTI BIDANG KOORDINASI SUMBER DAYA ALAM DAN JASA
PPKD KABUPATEN TABANAN
KLHS RDTR KASIHAN-SEWON
The Power of PowerPoint | thepopp.com 1 SEMINAR, MK LOCAL GOVERNMENT OTODA PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA BERBASIS KEARIFAN/BUDAYA LOKAL Tri Yudi Siswantoro.
KEBUDAYAAN KLATEN Deka Erestio MAKANAN KHAS  Gudangan makanan yang terdiri dari aneka sayuran yang direbus dan disajikan dengan sambal kelapa.
Transcript presentasi:

Kesenian Tradisional Ketoprak Ketoprak (bahasa Jawa: kethoprak) adalah sejenis seni pentas yang berasal dari Jawa Tengah. Dalam pentasan ketoprak, terdiri dari sandiwara yang diselingi dengan lagu-lagu Jawa, yang diiringi dengan gamelan. Ketoprak merupakan kesenian tradisional yang mengangkat cerita tentang babad Tanah Jawa. Sejarah yang dijadikan landasan cerita sering dibumbui dengan berbagai pemanis sehingga menjadi cerita yang enak dinikmati.Tema cerita dalam sebuah pertunjukan ketoprak bermacam-macam. Biasanya diambil dari cerita legenda atau sejarah Jawa. Banyak pula diambil cerita dari luar negeri. Tetapi tema cerita tidak pernah diambil dari repertoar cerita epos (wiracarita): Ramayana dan Mahabharata. Sebab nanti pertunjukan bukan ketoprak lagi melainkan menjadi pertunjukan wayang orang. Dulu ketoprak sering dipentaskan di kraton saja. Seiring meningkatnya waktu kesenian ini sering dimainkan oleh rakyat. Pada tahun 1942 tidak boleh dipentaskan karena waktu itu di zaman Jepang menjajah. Setelah Jepang pergi barulah ketoprak dipentaskan lagi atas jasa KRT Wongsonegoro yang pernah menjadi gubernur Jateng. Kini ketoprak hampir punah. Selain kekurangan dana, ternyata regenerasinya hampir punah. Ketoprak, Kesenian Daerah yang Mulai Redup Perkembangan kesenian tradisional dewasa ini mulai mengalami pasang surut, terutama kesenian tradisional ketoprak ini. Berbagai problem terus mewarnai eksistensi kesenian tradisional yang menjadi aset masyarakat dalam menumpahkan segala kreativitasnya yang dimiliki. Padahal, kesenian tradisional merupakan warisan budaya lokal yang dirintis oleh nenek moyang kita pada masa lampau, sehingga sampai saat ini masih berkembang dan mewarnai berbagai kesenian tradisional yang ada di Indonesia. Namun, seiring dengan perkembangan kesenian modern yang lebih mapan dan menjanjikan, kesenian tradisional mulai redup dari permukaan bahkan tidak menutup kemungkinan aset budaya lokal tersebut akan sirna diterpa badai kepunahan. Lebih parah lagi, bila minat dan hasrat kaum muda semakin terbuai oleh arus modernisasi yang mengusung kebudayaan global sehingga perlahan-lahan bisa mengancam warisan monomental nenek moyang kita. Pertunjukan ketoprak di wilayah DI Yogyakarta kian meredup. Pemanggungan rutin ketoprak semakin jarang digelar. Seniman ketoprak yang bertebaran di wilayah pelosok pedesaan pun akhirnya memilih beralih ke profesi lain. Menurut Sutradara Ketoprak Bondan Nusantara , kelompok-kelompok ketoprak di DIY memang semakin surut. Pergelaran rutin ketoprak kini hanya ditemui di Radio Republik Indonesia DIY dengan pemanggungan tiap satu bulan satu kali. Beberapa stasiun radio lainnya seperti Retjo Buntung, Arma, dan Kanca Tani tak lagi menggelar pentas ketoprak. Problem Kesenian Ketoprak Fenomena ketoprak yang banyak disorot, tentu memiliki faktor pemicu. Salah satunya adalah pelaku kesenian ketoprak dinilai tidak mampu mengelola para penontonnya agar tetap bertahan dan menikmati pertunjukan yang disuguhkan dalam ketoprak itu sendiri. Tidak heran bila masyarakat sekarang sudah mulai meninggalkan kesenian ini dan beralih pada kesenian modern yang lebih menantang dan menawarkan nuansa baru yang mencerahkan. Sebagai generasi muda yang memiliki kepedulian terhadap kesenian tradisional, kita dituntut untuk melakukan pengkajian terkait dengan meredupnya ketoprak di tengah-tengah masyarakat. Ada dua hal utama yang menjadikan ketoprak tidak berkembang dan sepi dari minat penonton. Pertama, sebagian besar masyarakat sekarang sudah menganggap bahwa ketoprak tidak lagi relevan dengan perkembangan zaman dan tidak memiliki harapan untuk bersaing dengan kesenian modern yang lebih menjanjikan. Alasan inilah yang barangkali membuat masyarakat tidak tertarik lagi untuk menonton ketoprak, karena dianggap tidak menampilkan kesan atraktif dan kreatif, sehingga masyarakat beralih pada media lain yang lebih dinamis dan memberikan alternatif hiburan yang informatif dan inovatif, semisal televisi, radion, film dan lain sebagainya. Kedua, sepinya penonton yang memadati pertunjukan ketoprak. Ketika minat penonton ketoprak sudah tidak ada, maka implikasi adalah bermuara pada terancamnya pelestarian kesenian tradisional ini. Kita dapat mengambil contoh berbagai kelompok ketoprak di Yogyakarta sendiri yang benar-benar kembang kempis untuk mempertahankan eksistensinya. Apabila mengadakan pertunjukan, setiap pentas mereka hanya ditonton segelintir orang. Sungguh sangat ironis, akan tetapi inilah kenyataan pahit yang harus diterima dengan penuh kebesaran jiwa sehingga kita menunggu keseriusan banyak pihak untuk tetap membuat ketoprak tetap lestari.