Pemrograman Aplikasi Java (TF4361) Rencana Kegiatan Belajar Mengajar (RKBM) & Ringkasan SAP
Pemrograman Aplikasi Java (TF4361) 3 SKS Kuliah & Proyek Tujuan: Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang teknik bahasa pemrograman JAVA serta dapat menerapkannya dalam implementasi program aplikasi
Pemrograman Aplikasi Java (TF4361) Pokok Bahasan (Gasal 2013/2014): Minggu Pokok Bahasan Detail 1 Introduksi, Struktur JAVA, variabel dan operator JAVA Platform dan kelebihan bahasa pemrograman JAVA Konsep PBO untuk JAVA JAVA Structure Deklarasi variabel dan tipe-tipe data. Cakupan variabel dan variabel final. Operator Aritmatika, Logical (Bitwise) dan Shift Operator Relational dan Conditional.
Pemrograman Aplikasi Java (TF4361) Pokok Bahasan (Gasal 2013/2014): Minggu Pokok Bahasan Detail 2 Expression dan Statement Expression Statement dan Block Control Flow Statement: If/Else, Switch, For, While, Do-While, Break, Continue 3 Array Definisi Array Deklarasi dan pembuatan variabel array Inisialisasi array Array of Object dan Array of Array Mengkopi array
Pemrograman Aplikasi Java (TF4361) Pokok Bahasan (Gasal 2013/2014): Minggu Pokok Bahasan Detail 4 Module (Method) Definisi tentang Method Promosi Argumen Scope Rule Method Rekursi vs Iterasi Method Overloading 5 JAVA Graphics (Basic) Konsep graphics dalam JAVA Method Paint dan class Color Class Font dan method – method didalamnya Class Graphics dan method-method untuk menggambar line, rectangle, oval, arc dan polygon
Pemrograman Aplikasi Java (TF4361) Pokok Bahasan (Gasal 2013/2014): Minggu Pokok Bahasan Detail 6 Class Definisi Class Abstract Data Type Constructor Class Scope Set dan Get Method Overloading Constructor Static Class Member Inheritance & Polymorphism Superclasses & Subclasses Protected Member
Pemrograman Aplikasi Java (TF4361) Pokok Bahasan (Gasal 2013/2014): Minggu Pokok Bahasan Detail 7 Event Handling, Mouse dan Keyboard Event Handling dan Event Listener Adapter Classes Mouse Event Handling dan Event Listener Keyboard Event Handling dan Event Listener 8 Graphical User Interface (GUI) Basic dan Exception Handling Komponen dasar GUI: JLabel, JButton, JTextfield, JPasswordfield Exception Handling (Error Handling), try, throw, catch. JCheckBox, JRadioButton, JcomboBox, JSlider.
Pemrograman Aplikasi Java (TF4361) Pokok Bahasan (Gasal 2013/2014): Minggu Pokok Bahasan Detail 9 Graphical User Interface (GUI) pendukungnya Panels JList JTable More Exception Handling Menu & Toolbar 10 Database Java Database: Driver, Connection, Statement, Query 11 Java Graphics2D Class (Advance 2D Graphics) dan Animasi Class Graphics2D dan method – method didalamnya Translasi, Rotasi, Skala. Timer Animasi
Pemrograman Aplikasi Java (TF4361) Pokok Bahasan (Gasal 2013/2014): Minggu Pokok Bahasan Detail 12 Custom Panel, Pane, Internal Frame & Simple Image Processing JTabbedPane JSplitPane JDesktopPane, JInternalPane dan External Frame. Simple Image Processing Open & Save Image Low Pass Filter, Sharpening, Grayscaling 13 Operasi File, Java Applet dan Multithreading Operasi File: Open , Save Java Applet: Japplet, Grafik dalam Applet, GUI dalam Applet Thread: Class Thread, Runnable Interface
Pemrograman Aplikasi Java (TF4361) Pokok Bahasan (Gasal 2013/2014): Minggu Pokok Bahasan Detail 14 s/d 16 Diskusi Kelompok tentang penggunaan macam-macam komponen JAVA (Bentuk: Tutorial Singkat) Memahami tentang penggunaan komponen – komponen Java yang ada seperti Java3D, JOGL, Java Mobile, Java Networking, Multimedia, 3rd-Party GUI, dll.
Pemrograman Aplikasi Java (TF4361) Cara Penilaian: 4 Macam Nilai Nilai 1 (25%): Total Nilai Latihan Harian 1: Materi Dasar (1 s/d 7) (P) Nilai 2 (25%): Total Nilai Latihan Harian 2: Materi Lanjutan (8 s/d 13) (P) Nilai 3 (25%): Nilai Tutorial & Diskusi (K) Nilai 4 (25%): Nilai Proyek Akhir (K) (Kelebihan Nilai 1 ditambahkan ke Nilai 3, Nilai 2 ditambahkan ke Nilai 4) Proyek Akhir: Buat Aplikasi Java yang bermanfaat bagi dunia nyata (Real World Java Applications). Deskripsi utk Proyek Akhir: Harus bermanfaat!!! Semakin banyak memakai materi – materi yang diajarkan di kelas semakin baik nilainya. Harus memanfaatkan paling tidak 1 macam komponen yang ditugaskan pada Tutorial Kelompok. Semakin banyak memanfaatkan komponen-komponen tersebut semakin baik nilainya. Boleh digabung dengan Proyek Akhir MK. Lain, bila disertai dengan ijin tertulis dari dosen pengajar MK. bersangkutan. (Kecuali utk MK – MK lain yg saya ajar, cukup dengan ijin lisan)
Pemrograman Aplikasi Java (TF4361) Daftar Pustaka: Deitel, Harvey M. and Paul J. Deitel, 2005, Java: How to Program, 6/E, Prentice Hall Inc. Deitel, Harvey M. and Paul J. Deitel, 2004, Simply Java Programming: An Application Driven Tutorial Approach, Prentice Hall Inc. Deitel, Harvey M., Paul J. Deitel and Sean E. Santry, 2002, Advanced Java 2 Platform: How to Program, Prentice Hall Inc. Sun Java Team, 2001, Programmer’s Guide to the Java 2D™ API, Sun Microsystems, Inc. Business. Mulholland, Andrew & Glen Murphy, 2003, Java 1.4 Game Programming, Wordware Publishing, Inc.