Aplikasi Instruksional

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Advertisements

Multimedia dan Hypermedia
Mendesain & Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis ICT
Materi 5 - Komputer Multimedia
PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
DESAIN DAN PENGEMBANGAN CALL 
Penerapan PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH dalam pembelajaran matematika
MEDIA E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN REPRODUKSI VIRUS
Pembelajaran Berbantuan Komputer
PROJECT-BASED LEARNING
INDIKATOR DALAM KOMPETENSI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS
Metode Penemuan Terbimbing
INSTRUCTIONAL SOFTWARE
Pembelajaran Berbasis Komputer
Komputer untuk Pendidikan
Benny A. Pribadi METODEPEMBELAJARAN Benny A. Pribadi
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
PENGANTAR STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
Pembelajaran Berazas Komputer 3 SKS Oleh : Riduan,SE.,S.Pd.,M.Pd Fakultas Keguaruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kutai Kartanegara Tahun Akademik 2014/2015.
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA
METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM STANDAR PROSES PENDIDIKAN
PENERAPAN APLIKASI TUTORIAL FISIKA UNTUK SLTP DAN Ibnu Sina,
Apl. Psi. Kognitif Sains dlm TI
INTEGRATED LEARNING SYSTEM
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MATERI SITEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL Lesly T. Sopaheluwakan.
KOMPUTER & MASYARAKAT Pertemuan 3.
 DI SEKOLAH KITA  DI KELAS KITA Disampaikan Oleh sugiman Di MGMP MATEMATIKA KAB. KULON PROGO MEI 2010.
Desain dan pengembangan call
COMPUTER BASED INSTRUCTION
PENGEMBANGAN BAHASA AJAR BERBASIS WEB
Definisi Penganjaran Berbantuan Komputer
PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI
PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
BIODATA Nama : Drs. Heri Setiyono N I P :
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
Pengajaran Berbantuan Komputer
Multimedia dan Pemanfaatannya dalam proses pendidikan
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
SD NEGERI SIDOREJO LOR 04 SALATIGA SEMESTER II TAHUN PELAJARAN
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
PENGEMBANGAN MEDIA SEDERHANA
Materi 3 - Komputer Multimedia
KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL
Nur zahara, syafaah farid, hamidah, ridwan
Materi 2 - Komputer Multimedia
Penelitian dan pengembangan
PENGGUNAAN ICT DALAM PEMBELAJARAN
DESAIN DAN PENGEMBANGAN CALL 
Penggunaan Komputer di Bidang Pendidikan
PENGGUNAAN ICT DALAM PEMBELAJARAN
Teknik Pembuatan Aplikasi CAI
PENGEMBANGAN MEDIA ICT
Langkah-langkah dalam Mengembangkan CALL
PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Kegiatan Pembelajaran
DESAIN DAN PENGEMBANGAN CALL 
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
Sbg Media Pembelajaran Matematika
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
Teknik Pembuatan Aplikasi CAI
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING)
MERANCANG DAN MENILAI PEMBELAJARAN ABAD KE 21 1 TUGAS MODUL 1 KEGIATAN BELAJAR 3 By KISWANTO.
Pendekatan Pembelajaran  Dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang seseorang terhadap suatu proses pembelajaran, yang merujuk pada.
Transcript presentasi:

Aplikasi Instruksional Pertemuan 2

Instructional Software (IS)? Software aplikasi yang dirancang secara khusus untuk menyampaikan atau mendukung instruksi-instruksi bagi siswa yang berkaitan dengan suatu topik. membantu siswa mencari dan mendalami topik dan membangkitkan pengetahuannya sendiri.

Drill and Practice Drill-and-practice software menyajikan latihan-latihan yang mana di dalamnya para siswa mengerjakan soal sesuai contoh-contohnya, biasanya hanya sekali dalam satu waktu pengerjaan, dan kemudian mendapatkan feedback (seberapa banyak jawaban yang benar)

Drill and Practice... Feedback dapat bervariasi mulai dari sekedar tulisan “OK” atau “Salah, coba lagi” hingga ditambahkan dengan efek animasi dan penjelasan seputar jawaban Ada juga program yang langsung memunculkan soal berikut tepat setelah jawaban dianggap benar

Tutorial Tutorial software merupakan suatu rangkaian instruksi yang mirip dengan instruksi di kelas oleh seorang guru kepada siswanya yang berkaitan dengan topik tertentu. Siswa seharusnya dapat mempelajari suatu topik tanpa bantuan atau tanpa materi apapun Tutorial umumnya ditujukan untuk siswa yang dapat membaca dengan cukup lancar dan biasanya untuk siswa usia remaja dan dewasa

Tutorial... Struktur program harus menyediakan serangkaian instruksi yang membangun konsep dan mencakup konten materi secara memadai.  sama bagusnya dengan serangkaian penjelasan ahli (guru) mengenai suatu topik.

Simulation Suatu metode pelatihan yang memperagakan suatu bentuk tiruan dengan keadaan sebenarnya Implementasi model menjadi program/software komputer atau rangkaian elektronik yang merupakan tiruan dari sebuah sistem/bentuk yang sebenarnya

Instructional Games Instructional Game mengelaborasikan : game dari sudut pandang instruksional dan hasil belajar. Pada model ini, terdapat proses integrasi antara instructional content dan game Konsep "learning while playing" Hasil sebuah penelitian menunjukkan hasil berupa adanya peningkatan kemampuan/skill dan pengetahuan.

Problem Solving Problem solving adalah suatu proses mental dan intelektual dalam menemukan masalah dan memecahkan berdasarkan data dan informasi yang akurat, sehingga dapat diambil kesimpulan yang tepat dan cermat (Hamalik, 1994)

Problem Solving Aplikasi yang dibangun berdasarkan penggabungan pemecahan masalah sebagai bagian dari lingkungan pembelajaran secara keseluruhan, (dan mungkin digabungkan dengan latihan, simulasi, dan tutorial semua dalam satu proses belajar) Pemecahan masalah membantu siswa belajar urutan peristiwa yang mengarah ke solusi (misal matematika)  meningkatkan minat subjek bagi siswa, tetapi seringkali sulit untuk mengukur efektivitas (namun kadang-kadang dapat menggagalkan siswa yang mengalami kesulitan mencapai solusi akhir)

Problem Statement Menurut anda, apakah instructional application atau software dapat membantu proses pembelajaran yang PAIKEM GEMBROT? Jelaskan analisa anda!

Minggu Depan Multimedia dan Hypermedia Pengertian multimedia dan hypermedia Tipe multimedia dan hypermedia dalam pembelajaran Penggunaan software presentasi Penggunaan software video Aplikasi virtual reality Prosedur pembuatan multimedia dan hypermedia