Pembelajaran Berazas Komputer 3 SKS Oleh : Riduan,SE.,S.Pd.,M.Pd Fakultas Keguaruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kutai Kartanegara Tahun Akademik 2014/2015.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Mendesain & Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis ICT
Advertisements

Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMBELAJARAN
Materi 5 - Komputer Multimedia
E-LEARNING E-LEARNING KELOMPOK III HEDI SUSANTO HERY WAHYUDI HUSMADIA
Kesimpulan Presentasi IV, V, VI, VI
PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Best Practice ini telah didesiminasikan di hadapan para Peserta Rapat Koordinasi I FKKG 1 Sumedang, Rabu 25 Januari 2012.
DESAIN DAN PENGEMBANGAN CALL 
Pembelajaran Berbantuan Komputer
PENGEMBANGAN RPS DAN SAP
Apa itu Media Materi 6 - PMBTIK. Multimedia Apakah media itu? media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai perantara terjadinya.
INSTRUCTIONAL SOFTWARE
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
Pembelajaran Berbasis Komputer
Komputer untuk Pendidikan
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PEMBENTUKAN SIKAP SECARA KOGNITIF BERDASARKAN APA YANG DIKETAHUI (TAHU ATAU TIDAK TAHU) APA YANG DIPERCAYA (BENAR ATAU SALAH)
Aplikasi Instruksional
MULTIMEDIA INTERAKTIF
Komputer dan Pendidikan
PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER Kelompok II Meirisda Risholatia Putri Tiurma Tampubolon Risda Agustina Talitha Iswanto Fatin
MATERI KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Taktik Pembelajaran Dr. Bambang Ismanto, M.Si. Adela Istanto PROGRAM STUDI.
Apl. Psi. Kognitif Sains dlm TI
copyright: dit.akademik.ditjen dikti
T EKNOLOGI, M EDIA, & B AHAN AJAR __untuk Pembelajaran bahasa Arab Wawasan JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB LPTK Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan.
KOMPUTER & MASYARAKAT Pertemuan 3.
1 PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM KURIKULUM 2013 KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN.
Pembaruan dalam Pembelajaran di SD oleh Ngadi Marsinah
COMPUTER BASED INSTRUCTION
Nina Widyaningsih, S.Pd., M. Hum PBSI UPY
PENYUSUNAN BAHAN AJAR.
Komputer dan Pendidikan
Definisi Penganjaran Berbantuan Komputer
PEMBELAJAAN BAHASA ARAB BEBASIS KOMPUTER Rizka Anis Mubdiurrohmah
copyright: dit.akademik.ditjen dikti
copyright: dit.akademik.ditjen dikti
Tuliskan Nama Mapel HOME Mata Pelajaran Kelas : Tulis Kelas
SD NEGERI SIDOREJO LOR 04 SALATIGA SEMESTER II TAHUN PELAJARAN
PENGEMBANGAN MEDIA SEDERHANA
Materi 3 - Komputer Multimedia
APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF Gatot Kurniawan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
SCIENTIFIC DAN MODEL PEMBELAJARAN
PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN
Nur zahara, syafaah farid, hamidah, ridwan
MENGHARGAI DAN MENAATI KEPUTUSAN BERSAMA
KEDUDUKAN DAN FUNGSI BUKU GURU DAN BUKU SISWA
STRATEGI PEMBELAJARAN
READING AND WRITING STORIES
STRUKTUR BUKU GURU PPT – 3.2.
PENGGUNAAN ICT DALAM PEMBELAJARAN
DESAIN DAN PENGEMBANGAN CALL 
KONSEP DASAR PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER
Penggunaan Komputer di Bidang Pendidikan
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
PENGGUNAAN ICT DALAM PEMBELAJARAN
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR.
Remedial Dan Pengayaan
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KEJURUAN
PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS NEGERI PADANG
DESAIN DAN PENGEMBANGAN CALL 
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
STRATEGI PEMBELAJARAN
PEMANFAATAN KOMPUTER DALAM BERBAGAI BIDANG
MERANCANG DAN MENILAI PEMBELAJARAN ABAD KE 21 1 TUGAS MODUL 1 KEGIATAN BELAJAR 3 By KISWANTO.
2019 Pembelajaran Tuntas SD Notre Dame PROSES PEMBELAJARAN  KKM (LULUS) PENGAYAAN < KKM REMEDIAL LULUS KD berikutnya BISA PORTOFOLIO T U N T.
Transcript presentasi:

Pembelajaran Berazas Komputer 3 SKS Oleh : Riduan,SE.,S.Pd.,M.Pd Fakultas Keguaruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kutai Kartanegara Tahun Akademik 2014/2015.

Definisi dan Konsep PBK PBK= dengan istilah (CAI, CAL, CBL). CAI= computer asisted instruction CAL= computer assisted learning CBL= computer based learning Konsep PBK= Bentuk penyajian bahan-bahan pembelajaran dan keahlian atau keterampilan dalam satuan unit-unit kecil, sehingga mudah dipelajari dan dipahami oleh siswa. (Dr. Ruman,M.Pd dkk;2011:98)

Prinsip PBK 1. Berorientasi pada tujuan Pembelajaran 2. Berorientasi pada Pembelajaran Individual 3. Berorientasi pada Pembelajaran Mandiri 4. Berorientasi pada Pembelajaran Tuntas Kita tidak perlu belajar banyak buku yang harus dibaca, cukup dengan desain pembelajaran PBK maka akan memudahkan dalam belajar

Berorientasi pada tujuan Pembelajaran (Harus berorientasi pada Standar kompetensi/KI/KD, dan indikator yang dicapai baik dalam model drill, tutorial, simulasi, maupun game) Berorientasi pada Pembelajaran Individual ( Model pembelajaran yang dituntut harus dilakukan oleh siswa secara individual, baik dalam kelas, lab.komputer sehingga fokus dalam memahami konten pembelajaran)

Berorientasi pada Pembelajaran Mandiri Berorientasi pada Pembelajaran Tuntas Pembelajaran yang menuntut siswa belajar secara mandiri, dimana peran guru hanya sebagai fasilitator. Semua Pengalaman Belajar dikemas dalam program pembelajaran Dimana siswa siswa harus cepat dan lugas dalam menyelesaikan semua pengalaman belajar yang dikemas dalam program pembelajaran baik materi, tugas, atau evaluasi, jika siswa salah maka komputer akan memberikan feedback (pengayaan kembali)

Sasaran PBK Mampu mengaplikasikan Model Drill anda Practice Mampu mengaplikasikan Model Tutorial Mampu mengaplikasikan Model Simulasi Mampu Mengaplikasikan Model Instruksional Game(Model Permainan) Mampu mengaplikasikan Model E-Learning (Pembelajaran Berbasis Elektronik / Website)