Interaksi Manusia dan Komputer

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MODEL PROSES PERANGKAT LUNAK SPIRAL MODEL & COMPONENT ASSEMBLY
Advertisements

Perencanaan Perangkat Lunak
Perancangan Perangkat Lunak lanjutan Kuliah - 7
Interaksi Manusia dan Komputer
Software Process Model
Sasaran Menjelaskan apa yang dimaksud model proses
PROSES-PROSES PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (Software Engineering) Eka Ismantohadi
Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
PROTOTYPING.
Rekayasa Perangkat Lunak
PROTOTYPING Analisa Desain Sistem Informasi. Pendahuluan Prototipe merupakan simulasi atau animasi dari bakal sistem. Prototipe merupakan suatu metode.
Interaksi Manusia dan komputer
Protyping IMK-M5.
PERENCANAAN PROSES PERANGKAT LUNAK
Interaksi Manusia dan Komputer – Part 1
Prototyping Aplikasi Teknologi Informasi
Perancangan Perangkat Lunak
Methods for Software Engineering
Tugas soal UTS soal 6-10 Yuli Chandra.
Nama : Shadrach Jabonir / Matthew Marcelinus / Leonardus Handoko / Hendry Sunardi / Carles/ OVERVIEW OF SOFTWARE PROCESS MODEL.
Kelompok 1 Mochammad. Nasir Mochammad. Nasir Isommuddin Isommuddin T. Yusak D
 Communication  Planning  Modeling  Contruction  Deployment.
PROTOTYPING.
Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak
Metode rpl BY: Y. PALOPAK S.Si., MT..
Proses Dari Desain Interaksi
Pengembangan Siklus Hidup Sistem
Materi Sesi ke 8 Pengembangan Sistem Informasi Manajemen
Interaksi Manusia Dan Komputer
Analisa Desain Sistem Informasi
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN ORGANISASI (ODSS)
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Latihan Ujian UTS dan UAS
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Prototyping
Rekayasa Perangkat Lunak
Siklus Hidup Perangkat Lunak
Manajemen Konfigurasi Perangkat Lunak
Proses Design Interface (Perancangan Tampilan)
PROSES DESAIN by Dwi S..
PROSES REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Materi Habis Uts IMK Prototyping
ANALISIS & DESAIN SISTEM
Proses Dari Desain Interaksi
METODE PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
Interaksi Manusia dan Komputer
SDLC (System Development Life Cycle)
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
Pertemuan Kedua Pendahuluan
Interaksi Manusia dan Komputer (Proses Desain)
ANALISIS DAN PEMODELAN
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
REKAYASA WEB Development Process
Interaksi Manusia dan Komputer
PUTRI ISMA OKTAWIANI ( )
MODEL PROSES PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
Analisa Desain Sistem Informasi
Pertemuan Kedelapan Proses desain
Interaksi Manusia dan Komputer (Proses Desain)
Prototyping Deskripsi Desain  Bagaimana kita menyatakan dengan cepat gagasan-gagasan desain ?  Tidak ada koding.
Interface Design.
MODEL PROSES PERANGKAT LUNAK
Interface Design.
Transcript presentasi:

Interaksi Manusia dan Komputer 7 Interaksi Manusia dan Komputer By : Andi Latifa Nabone

Pendahuluan Daya guna suatu sistem merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena daya guna merupakan kelayak-pakaian suatu produk oleh konsumen. Rekayasa Perangkat Lunak adalah suatu disiplin ilmu yang digunakan untuk memahami proses desain atau siklus hidup desain.

Siklus Hidup Perangkat Lunak Pada dasarnya siklus hidup perangkat lunak merupakan suatu proses desain atas program yang akan dibangun guna mendapatkan hasil yang workable. Berikut contoh model desain perangkat lunak, yaitu : Model air terjun, dimana model ini merupakan model klasik yang sistematis dan urut.

Model Evaluasi Proses Software Model ini bersifat iteratif atau mengandung perulangan. Berikut ada dua model dalam evolutionary software process model, yaitu : Incremental Model : Mengkombinasikan elemen-elemen dari waterfall dengan sifat iterasi (perulangan) Spiral Model : Setiap loop yang mewakili suatu fase dari proses software. Loop paling dalam berfokus pada kelayakan sistem, loop selanjutnya tentang definisi kebutuhan, loop berikutnya lagi berkaitan dengan desain sistem dan seterusnya.

Menggunakan Aturan Desain Aturan desain menyarankan bagaimana meningkatkan daya guna. Dan ada 2 pertanyaan pada aturan desain, yaitu : Authority : Apa selalu diikuti atau Cuma sebagai saran? Generality : Aturan yang digunakan untuk banyak situasi atau hanya pada kasus tertentu?

Dasar Pemikiran Desain Dasar pemikiran desain adalah suatu informasi yang menjelaskan mengapa suatu sistem komputer seperti itu adanya. Berikut beberapa keuntungan dari dasar pemikiran desain, yaitu : Komunikasi melalui siklus hidup. Penggunaan kembali pengetahuan desain melintasi produk-produk. Pelaksanaan disiplin desain. Menangkap informasi kontekstual.

Prototipe Untuk meningkatkan kompleksitasnya perlu dilakukan hal-hal berikut : Verbal prototipe : deskripsi tekstual dengan aneka pilihan dan hasil. Paper mock-ups : sketsa screen design dan printout screen design. Interaktif sketsa : penyusunan sketsa interaktif dengan tulisan tangan. Working prototipe : interaktif, implementasi kerangka.

Skenario Skenario adalah suatu uraian interaksi manusia dengan mesin. Skenario disini membantu proses desain yang fokus pada keperluan user yang berbeda secara teknis. Skenario yang dihubungkan dengan kasus penggunaan yang dijelaskan dengan tingkat teknis interaksi.

Desain Antarmuka Seorang designer program selalu berpikir bagaimana membuat suatu interface yang baik agar program yang telah dibuatnya bisa berjalan dengan baik dan mudah dalam penggunaannya. Interface merupakan suatu bit program yang terdiri dari menu, tombol yang saling berhubungan satu dengan yang lain yang bisa dilihat di layar monitor jika program dijalankan.

TERIMA KASIH