SEKILAS TENTANG KARAWITAN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MENGAJARKAN ANAK TENTANG SUARA
Advertisements

Musik Nusa Tenggara Barat
Musik Nanggroe Aceh Darussalam
Musik Nusantara (Papua)
FELICIA 8.5 – 09 NI PUTU RADEYASHINTA
MUSIK NUSANTARA By Sabina Arlien.
ASSALAMMUALAIKUM WR.WB
Permusikan di Daerah Jawa Timur
Seni Budaya Musik dan Unsur-unsurnya
JENIS-JENIS ALAT MUSIK KOMPETENSI Mahasiswa mampu menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis alat musik.
Alat Musik Tradisional: Kolintang
‘MUSIK TRADISIONAL NUSANTARA’
MUSIK TRADISIONAL NUSANTARA
MUSIK DAERAH SETEMPAT.
Musik Nusantara DKI Jakarta.
Seni musik SMA Kelas XI Semester 1. Jurusan : IPA/IPS
Alat musik tradisional sunda
Seni budaya musik dan unsur-unsurnya
DRS. CIPTO BUDY HANDOYO, M.PD.
By : Anggraeni Sari (8.3/04) Benedicta Alvina K (8.3/06)
TANGGA NADA DIATONIS & PENTATONIS
Alat Musik Tradisional
MUSIK NUSANTARA “KALIMANTAN”
Tugas seni musik daerah aceh
Seni Budaya Musik Nusantara Jawa Tengah
Gamelan Gambang Dalam Upacara Dewa Yadnya
Presentasi Musik (Sulawesi Utara)
Keunikan Lagu Nusantara
PENGERTIAN SENI MUSIK DAN UNSUR-UNSURNYA
Instrumen Musik Daerah
Tugas Kelompok : Seni Musik
TUGAS MUSIK.
Sulawesi Ciri-ciri Provinsi.
Performed by Jason (12) Gerald (9) Elsen (7) Hengky (11) Samuel (24)
.musik..
ALAT MUSIK.
Seni Musik Daerah Jawa Barat.
Dahulu, orang hanya berkomunikasi melalui mulut Namun...Tapi... Beberapa kelompok ingin lebih mencurahkan isi hatinya Mereka kemudian mencari... Pikiran.
ALAT MUSIK JAWA TENGAH.
Musik Krumpyung Seperti sudah garis nasib, yang namanya seni musik tradisional cenderung makin menipis peminatnya. Musik krumpyung yang mengandalkan instrumen.
Sejarah MUSIK INDONESIA
Memainkan reportoar Gendhing Bentuk Ketawang
Introducing music genre
Playing Gendhing Lancaran.
SENI MUSIK.
Angklung Adalah Warisan Dunia
MEMAINKAN RICIKAN INDIVIDU GENDER 1
PRAKTIK KARAWITAN BERSAMA (PKB)
MEMAINKAN RICIKAN INDIVIDU KENDHANG 1
Musik Tradisi Indonesia
MENGAPRESIASIKAN KARYA SENI MUSIK
Karinding: Permainan Rakyat Sunda
SBK (seni budaya dan keterampilan) SENI MUSIK KELAS IV SRI NURITA.
KK 27 Memainkan Karawitan Bersama dengan Struktur Lagu Gendhing bentuk Ladrang Garap Kendhang kalih irama wiled Memainkan reportoar Gendhing Bentuk Ladrang.
4. Playing Individual Ricikan of Kendhang
MEMAINKAN RICIKAN INDIVIDU GENDER 5
KK.8 Memainkan Karawitan Bersama dengan Struktur Lagu Gendhing bentuk Ladrang garap kendhang kalih dan kendhang setunggal irama tanggung dan dadi Memainkan.
Teknik Instrument Modern
Teknik Instrument Modern
KK 39 Memainkan Karawitan Bersama dengan Struktur Lagu Gendhing bentuk Kethuk 2 Kerep Minggah 4, garap kendhang kosek alus Memainkan reportoar.
Playing repertoar Gendhing Ladrang garap kendhang ciblon irama dadi
KK.9 Memainkan Karawitan Bersama dengan Struktur Lagu Gendhing bentuk Ladrang garap kendhang ciblon irama dadi Memainkan reportoar Gendhing Bentuk Ladrang.
KK 15 Memainkan Karawitan Bersama dengan Struktur Lagu Gendhing bentuk Ketawang Gendhing Kt 2 Kr Minggah Ldr. Memainkan Gendhing bentuk Ketawang Gendhing.
BALI.
ARDILAWATI Xi ips 2.
SENI MUSIK (Musik Diatonis dan Lagu Wajib/Lagu Nasional)
ALAT MUZIK TRADISIONAL
PENGERTIAN SENI MUSIK DAN UNSUR-UNSURNYA KOMPETENSI Mahasiswa mampu menjelaskan definisi seni musik, dan menyebutkan serta menjelaskan unsur-unsur seni.
PENGERTIAN SENI MUSIK DAN UNSUR-UNSURNYA KOMPETENSI Siswa mampu menjelaskan definisi seni musik, dan menyebutkan serta menjelaskan unsur-unsur seni musik.
SENI MUSIK BY REJOICE SHARONNE KARUNDENG. PENDAHULUAN siapa yang tidak mengenal musik. pastinya kebanyakan dari anda setiap hari mendengarkan lantunan.
Transcript presentasi:

SEKILAS TENTANG KARAWITAN DRS. CIPTO BUDY HANDOYO, M.PD. email : ciptobudyhandoyo@uny.ac.id

Gamelan adalah alat musik yang biasanya digunakan dalam pertunjukan wayang, tapi dapat juga sebagai satu kesatuan pertunjukan gamelan itu sendiri. Kelengkapan gamelan terdiri dari : 1. Kendang 2. Bonang 3. Demung 4. Saron 5. Kenong 6. Slenthem 7. Gender 8. Gong 9. Gambang 10. Rebab 11. Siter 12. Suling email : ciptobudyhandoyo@uny.ac.id

Bonang Bonang ada tiga macam, yakni Bonang Barung, Bonang Penerus dan Bonang Panembung. Akan tetapi yang sering digunakan didalam karawitan yakni Bonang Barung dan Bonang Penerus. - Bonang Panerus memainkan irama tercepat di Bonang, yaitu memainkan dua kali kecepatan Bonang Barung email : ciptobudyhandoyo@uny.ac.id

KENDHANG Kendhang, atau gendang adalah instrumen dalam gamelan jawa tengah yang salah satu fungsi utamanya mengatur irama. Cara memainkan Instrument ini dibunyikan dengan tangan, tanpa alat bantu.Jenis kendang yang kecil disebut ketipung, yang menengah disebut kendang ciblon/kebar. Pasangan ketipung ada satu lagi bernama kendang gedhe biasa disebut kendang kalih. Kendang kalih dimainkan pada lagu atau gendhing yang berkarakter halus seperti ketawang, gendhing kethuk kalih, dan ladrang irama dadi. Bisa juga dimainkan cepat pada pembukaan lagu jenis lancaran ,ladrang irama tanggung. Untuk wayangan ada satu lagi kendhang yang khas yaitu kendhang kosek. - Kendang kebanyakan di mainkan sesuai naluri pengendang, sehingga bila dimainkan oleh satu orang dengan orang lain maka akan berbeda nuansanya. email : ciptobudyhandoyo@uny.ac.id

Demung Dalam satu set gamelan biasanya terdapat 2 demung, keduanya memiliki versi pelog dan slendro. Cara menabuhnya ada yang biasa sesuai nada, nada yang imbal, atau menabuh bergantian antara demung 1 dan demung 2, menghasilkan jalinan nada yang bervariasi namun mengikuti pola tertentu. Cepat lambatnya dan keras lemahnya penabuhan tergantung pada komando dari kendang dan jenis gendhingnya. Pada gendhing Gangsaran yang menggambarkan kondisi peperangan misalnya, demung ditabuh dengan keras dan cepat. Pada gendhing Gati yang bernuansa militer, demung ditabuh lambat namun keras. Ketika mengiringi lagu ditabuh pelan. Ketika sedang dalam kondisi imbal, maka ditabuh cepat dan keras. Dalam memainkan demung, tangan kanan memukul wilahan / lembaran logam dengan tabuh, lalu tangan kiri memencet wilahan yang dipukul sebelumnya untuk menghilangkan dengungan yang tersisa dari pemukulan nada sebelumnya. Teknik ini disebut memathet (kata dasar: pathet = pencet) email : ciptobudyhandoyo@uny.ac.id

Saron Dalam satu set gamelan biasanya punya 4 saron, dan kesemuanya memiliki versi pelog dan slendro. Saron menghasilkan nada satu oktaf lebih tinggi daripada demung, dengan ukuran fisik yang lebih kecil. Tabuh saron biasanya terbuat dari kayu, dengan bentuk seperti palu. Cara menabuhnya ada yang biasa sesuai nada, nada yang imbal, atau menabuh bergantian antara saron 1 dan saron 2. Cepat lambatnya dan keras lemahnya penabuhan tergantung pada komando dari kendang dan jenis gendhingnya. Pada gendhing Gangsaran yang menggambarkan kondisi peperangan misalnya, ricik ditabuh dengan keras dan cepat. Pada gendhing Gati yang bernuansa militer, ricik ditabuh lambat namun keras. Ketika mengiringi lagu ditabuh pelan. email : ciptobudyhandoyo@uny.ac.id

Slenthem Cara menabuh slenthem sama seperti menabuh balungan, ricik, ataupun saron. Tangan kanan mengayunkan pemukulnya dan tangan kiri melakukan "patet", yaitu menahan getaran yang terjadi pada lembaran logam. Dalam menabuh slenthem lebih dibutuhkan naluri atau perasaan si penabuh untuk menghasilkan gema ataupun bentuk dengungan yang baik. Pada notasi C, D, E, G misalnya, gema yang dihasilkan saat menabuh nada C harus hilang tepat saat nada D ditabuh, dan begitu seterusnya. Untuk tempo penabuhan, cara yang digunakan sama seperti halnya bila menggunakan balungan, ricik, dan saron. Namun untuk keadaan tertentu misalnya demung imbal, maka slenthem dimainkan untuk mengisi kekosongan antara nada balungan yang ditabuh lambat dengan menabuh dua kali lipat ketukan balungan. Atau bisa juga pada kondisi slenthem harus menabuh setengah kali ada balungan karena balungan sedang ditabuh cepat, misalnya ketika gendhing Gangsaran pada adegan perangan. email : ciptobudyhandoyo@uny.ac.id

Gender Alat ini memiliki 10 sampai 14 bilah logam (kuningan) bernada yang digantungkan pada berkas, di atas resonator dari bambu atau seng, dan diketuk dengan pemukul berbetuk bundaran berbilah dari kayu (Bali) atau kayu berlapis kain (Jawa). Nadanya berbeda-beda, tergantung Tangga nada yang dipakai. Pada gamelan Jawa yang lengkap terdapat tiga gender: slendro, pelog, pathet nem dan lima, dan pelog pathet barang. Bentuk gender menyerupai gangsa pada gamelan Bali dan slenthem pada gamelan Jawa. email : ciptobudyhandoyo@uny.ac.id

Gong biasanya ditabuh akhir bagian komposisi. Gong dan Kempul Bentuk Gong dan Kempul sama. Yg beda adalah ukurannya; Gong lebih besar daripada Kempul. Gong biasanya ditabuh akhir bagian komposisi. Cara memegang gong menggunakan lima jari ini memiliki kegunaan khusus, karena satu jari (telunjuk) bisa digunakan untuk meredam getaran gong dan mengurangi volume suara yang dihasilkan. email : ciptobudyhandoyo@uny.ac.id

Rebab Alat musik yang menggunakan penggesek dan mempunyai tiga atau dua senar dari dawai logam (tembaga) ini badannya menggunakan kayu nangka dan berongga di bagian dalam ditutup dengan kulit lembu yang dikeringkan sebagai pengeras suara. Rebab dimainkan dengan cara digesek dengan tangan kanan, sedangkan tangan kiri memencet dawai untuk mengatur nada seperti layaknya gitar. email : ciptobudyhandoyo@uny.ac.id

Siter Nama "siter" berasal dari Bahasa Belanda "citer", yang juga berhubungan dengan Bahasa Inggris "zither". Senar siter dimainkan dengan ibu jari, sedangkan jari lain digunakan untuk menahan getaran ketika senar lain dipetik, ini biasanya merupakan ciri khas instrumen gamelan. Jari kedua tangan digunakan untuk menahan, dengan jari tangan kanan berada di bawah senar sedangkan jari tangan kiri berada di atas senar. email : ciptobudyhandoyo@uny.ac.id

Suling Adalah alat musik dari keluarga alat musik tiup kayu. Suara suling berciri lembut dan dapat dipadukan dengan alat musik lainnya dengan baik. Cara memainkan suling yaitu ujung suling ditiup untuk mendapatkan hembusan angin yang akan menghasilkan suara, sedangkan kedua tangan berfungsi menghasilkan nada yang diinginkan dengan cara menutup lubang-lubang nada yang tersedia email : ciptobudyhandoyo@uny.ac.id