Interaksi Manusia dan Komputer Pertemuan 10 b

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Daisy Wheel Printer  Mencetak citra dengan kualitas tinggi karena karakter dibentuk dengan tekanan tunggal oleh roda cetak.  Sudah jarang diproduksi.
Advertisements

Pengantar Teknologi Informasi Fakultas Ekonomi UNPAR 1. Output Devices.
Peralatan Sistem Masukan (Input) dan Sistem Keluaran (Output)
IX INTERAKSI IX / 1 PIRANTI Interaksi Manusia & Komputer
INPUT & OUTPUT SISTEM AHMAD SON ARIF ( )
Pertemuan ke 3 Oleh : Muh. Ary Azali. Peralatan Input (Input Device) Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori.
Mouse jenis ini menggunakan bola yang dapat berputar ke segala arah. Kemudian putaran tersebut di deteksi oleh roda-roda sensor di dalam roda tersebut.
Interaksi Manusia dan Komputer – Slide 3
Kurniawan Teguh Martono, MT Kuliah 4 : Interaksi Manusia dan Komputer.
Pertemuan 7 Interaksi Manusia dan Komputer Viska Armalina, ST.,M.Eng
PERANGKAT KERAS KELUARAN
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3.
IMK-M3. Kata komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare yang artinya menghitung Menurut Hamacher, komputer adalah mesin penghitung elektronik.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Profil Komputer.
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
Piranti Interaktif INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER.
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
PERTEMUAN 6 PIRANTI INTERAKSI.
PIRANTI INTERAKSI.
Piranti Interaktif.
Interaksi Manusia dan Komputer
Pengantar Teknologi Informasi
Piranti Interaktif.
Perangkat Keras Multimedia
Output Devices.
Perangkat Input Dan Output
LOGO DEDED RAMAD KAMDA,S.KOM PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI.
KELOMPOK 2 SI-2 FAKULTAS ILMU KOMPUTER JURUSAN SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA”YPTK”PADANG 2011.
PIRANTI EKSTERNAL (OUTPUT DEVICES)
Pertemuan 5 Peralatan Output.
Pengantar Ilmu Komputer
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
H A R D W A R E K O M P U T E R.
JENIS-JENIS INPUT DEVICE
Pert 8 PIRANTI INTERAKTIF.
Memilih Perangkat Interaksi Yang Tepat Next About Us
Peranti interaktif Pertemuan 5.
PIRANTI INTERAKSI.
Piranti Interaktif.
ALAT OUTPUT (OUTPUT DEVICE)
Peranti interaktif Pertemuan 5.
SI122 Interaksi Manusia dan Komputer
PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI – A
PIRANTI MASUKAN DAN KELUARAN
INPUT dan OUTPUT INPUT(Masukan)
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
Pertemuan Keempat Komputer
PERALATAN INPUT (Input Device)
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3.
Interaksi Manusia dan Komputer
Piranti masukan data tekstual utama. Tata letak keyboard:
Definisi hardware input
Interaction Devices and Input-Output
Kinds Of Input/Interaction Devices
TUGAS PENGANTAR TEGNOLOGI INFORMASI tentang PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
KOMPONEN DAN FUNGSINYA
Peralatan Input (Input Device)
Piranti Interaktif.
Input & Output Devices Bab V.
Pengantar Teknologi Informasi (Peralatan Output)
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INPUT dan OUTPUT INPUT(Masukan)
Piranti Masukan Piranti masukan (input device) merupakan perangkat keras komputer yang memungkinkan pemasukan data ke dalam sistem komputer. Data masukan.
TEKNIK ANTARMUKA MULAI Ahmad Bahauddin Najah Nim
INPUT DEVICE.
Komponen Sistem Komputer
Piranti Interaktif.
Transcript presentasi:

Interaksi Manusia dan Komputer Pertemuan 10 b Piranti Interaksi Interaksi Manusia dan Komputer Pertemuan 10 b

Topik Bahasan Keyboard Piranti penunjuk (pointing devices) Pengenalan, digitisasi, dan penghasilan ucapan Tayangan gambar dan video Printer IMK Sesi 7

Keyboard Piranti masukan data tekstual utama. Tata letak keyboard: QWERTY layout Dvorak layout ABCDE layout Beberapa pad tombol selain huruf: Numeric keypad Function keys Tombol-tombol pergerakan kursor IMK Sesi 7

QWERTY Layout 1 3 2 4 5 6 8 7 9 Q E W R T Y I U O P A D S F G H K J L _ - + = Q E W R T Y I U O P A D S F G H K J L : ; " ' Z C X V B N < , M > . ? / IMK Sesi 7

QWERTY Layout (Lanj.) Diciptakan oleh Christopher Latham Sholes, 1870-an. Dirancang untuk memperlambat gerakan pemakai sehingga tombol mesin tik tidak menyangkut. Pasangan huruf yang sering digunakan ditempatkan berjauhan untuk meningkatkan jarak pergerakan jari. Standar keyboard bahasa Inggris. Kecepatan rata-rata: 150 kata per menit. IMK Sesi 7

Dvorak Layout 7 3 5 1 9 4 2 6 8 P Y F R G C L A E O U I D T H N S J Q 4 2 6 8 < > + = " ' . , P Y F R G C L ? / A E O U I D T H N S _ - : ; J Q K X B W M V Z IMK Sesi 7

Dvorak Layout (Lanj.) Diciptakan oleh August Dvorak dan Willian L. Dealey, 1936. Dirancang untuk mengurangi jarak pergerakan jari. Mempercepat ketikan hingga 200 ketikan per menit. Penerimaannya lambat karena pemakai tidak bersedia berusaha berpindah dari QWERTY. IMK Sesi 7

ABCDE Layout Tombol-tombol disusun menurut abjad. Tidak punya kelebihan dibanding tata letak lainnya, karena itu tidak banyak dipakai. IMK Sesi 7

Numeric Keypad 1 2 3 4 5 6 7 8 9 * # Telepon . Kalkulator IMK Sesi 7

Tombol-tombol Keyboard yang Baik Ukuran: 12 mm; jarak antartombol 6 mm. Agak cekung. Dibuat dengan bahan yang bersifat dof. Diaktifkan dengan gaya 40-125 gf. Jika ditekan masuk 3-5 mm. Tombol-tombol khusus lebih besar. Tanda bagi Caps Lock, Num Lock. Warna yang informatif. Label harus cukup besar untuk dibaca. Tombol F dan J pada tata letak QWERTY ditandai. IMK Sesi 7

Function Keys Untuk fungsi-fungsi khusus. Biasa diberi label F1 … F12 atau PF1 … PF24. Positif: mengurangi ketukan dan kesalahan. Negatif: letaknya jauh dari home position, fungsinya harus dihafal, beberapa sistem tidak konsisten. IMK Sesi 7

Tombol-tombol Pergerakan Kursor     (a) (b) (c) (d) (e) (f) (g) (h) IMK Sesi 7

Tombol-tombol Pergerakan Kursor (Lanj.) Tata letak yang terbaik adalah yang alami. Populer: T-terbalik (a). Biasa mempunyai typematic (auto-repeat). Pergerakan lainnya dengan tombol TAB, HOME, END, dsb. IMK Sesi 7

Piranti Penunjuk Piranti penunjuk (pointing devices) digunakan untuk menunjuk dan memilih di layar pada sistem manipulasi langsung. Kelebihan: Mengurangi kesalahan ketik pada keyboard. Dapat memusatkan perhatian pada tampilan. Ada dua kelompok piranti penunjuk: Direct pointing devices: kendali langsung di permukaan layar. Indirect pointing devices: kendali tak langsung, terpisah dari permukaan layar. IMK Sesi 7

Tugas Interaksi Piranti Penunjuk Select: memilih dari seperangkat item. Position: memindahkan titik pada ruang berdimensi satu, dua, tiga, atau lebih. Orient: memilih arah pada ruang berdimensi satu, dua, tiga, atau lebih. Path: serangkaian operasi position dan orient yang cepat untuk membentuk jalur atau kurva. Quantify: menentukan nilai numerik. Text: menandai lokasi penyisipan, penghapusan, perubahan teks. IMK Sesi 7

Macam-macam Direct Pointing Devices Light pen Touch screen Stylus IMK Sesi 7

Light Pen Menunjuk langsung ke layar dengan pena yang mempunyai sel sensitif cahaya. Kelemahan: Tangan menutupi layar; Tangan jauh dari keyboard; Light pen harus diangkat. IMK Sesi 7

Touch Screen Langsung menyentuh layar dengan jari. Kelemahan: Melelahkan; Tangan menutupi layar; Tangan jauh dari keyboard; Penunjukan tidak presisi; Layar bisa kotor. IMK Sesi 7

Stylus Alat yang digunakan untuk menyentuh touch screen pada palmtop. IMK Sesi 7

Macam-macam Indirect Pointing Devices Mouse Trackball Joystick Trackpoint (pointing stick) Graphics tablet Touchpad IMK Sesi 7

Mouse Kelebihan: Kelemahan: Posisi tangan nyaman; Tombolnya mudah ditekan; Pergerakan panjang cepat; Penempatan presisi. Kelemahan: Tangan harus pindah dari keyboard; Memakan tempat di meja; Kabelnya mengganggu; Harus diangkat dan diletakkan kembali untuk pergerakan panjang; Harus berlatih untuk bisa menguasainya. IMK Sesi 7

Trackball “Mouse terbalik”. Tidak memakan banyak tempat. Banyak digunakan pada laptop. IMK Sesi 7

Joystick Baik untuk tracking. Pergerakan sedikit, perpindahan arah mudah. IMK Sesi 7

Trackpoint (Pointing Stick) Joystick mini isometrik dari bahan karet yang diletakkan di antara tombol-tombol keyboard dan digerakkan jari tangan. IMK Sesi 7

Graphics Tablet Permukaan peka sentuh yang terpisah dari layar. Mendeteksi gerakan stylus atau puck. Keuntungan: Posisi tangan nyaman. Tidak perlu menunjuk layar. Permukaan luas. IMK Sesi 7

Touchpad Permukaan peka sentuh yang biasa digunakan pada laptop. Nyaman seperti touch screen namun tidak perlu langsung menyentuh layar. IMK Sesi 7

Hukum Fitts untuk Piranti Penunjuk Model pergerakan tangan dalam menggerakkan kursor di tampilan. Ditemukan oleh Paul Fitts (1954). Digunakan untuk memperkirakan waktu untuk memindahkan kursor dalam menunjuk target tertentu. IMK Sesi 7

Hukum Fitts (Lanj.) Bila D = jarak dan W = lebar target: Index of difficulty = 2log (2D/W) Time to point = C1 + C2 (IOD) detik C1 dan C2: konstanta tergantung piranti. Untuk presisi tinggi: Time for precision pointing = C1 + C2 (IOD) + C3 2log (C4/W) IMK Sesi 7

Hukum Fitts (Lanj.) Contoh: Target berukuran 1 cm, Jarak 8 cm IOD = 2log (2 × 8 / 1) = 4 Time to point = 0.2 + 0.1 (4) = 0.6 detik. IMK Sesi 7

Pengenalan, Digitisasi, dan Penghasilan Ucapan Pengenalan ucapan masih belum seperti yang digambarkan pada fiksi ilmiah: Lebih menuntut ingatan kerja pemakai. Derau latar belakang bermasalah. Variasi kinerja ucapan pemakai mempengaruhi keefektifan. IMK Sesi 7

Pengenalan, Digitisasi, dan Penghasilan Ucapan (Lanj.) Macam-macamnya: Discrete-word recognition Speech recognition Speech store and forward Speech generation Audio tones, audiolization, music IMK Sesi 7

Discrete-Word Recognition Mengenali kata yang diucapkan orang satu per satu. Kehandalan 90-98% untuk kosakata 20-200 kata. Berguna jika: Tangan pembicara sibuk. Mobilitas diperlukan. Mata pembicara sibuk. Kondisi yang keras (di bawah air, perang) atau terkungkung (dalam kokpit) yang tidak memungkinkan pemakaian keyboard. IMK Sesi 7

Speech Recognition Mengenali kata-kata yang diucapkan secara normal. Harapan: pendiktean dokumen, transkripsi rekaman suara. Contoh: Dragon NaturallySpeaking, IBM ViaVoice. IMK Sesi 7

Speech Store and Forward Penyimpanan dan pengiriman kembali pesan yang diucapkan. Voice mail bekerja handal, berbiaya rendah, dan disukai pemakai. IMK Sesi 7

Speech Generation Komputer menghasilkan ucapan. Disukai untuk keadaan tertentu. IMK Sesi 7

Audio Tones, Audiolization, Music Umpan balik berupa suara (bukan ucapan). Audio tone: nada sebagai output komputer. Audiolization: presentasi informasi yang lebih kompleks dengan kombinasi suara. IMK Sesi 7

Tayangan Gambar dan Video Visual Display Unit (VDU) adalah sumber umpan balik utama bagi pemakai dari komputer. IMK Sesi 7

Tayangan Gambar dan Video Visual Display Unit (VDU) adalah sumber umpan balik utama bagi pemakai dari komputer. Bentuknya: Monitor Fotografi digital: Download ke komputer mudah. Video digital: Videodisk, CD-ROM, DVD-ROM. Proyektor Heads-up displays: pada kaca mobil/pesawat. Helmet-mounted displays IMK Sesi 7

Teknologi Display Raster-scan cathode ray tube (CRT) Senapan elektron menyapukan pixel. Refresh rate yang lebih tinggi disukai. Liquid-crystal displays (LCD) Perubahan tegangan mempengaruhi polarisasi kapsul kristal cair. Plasma panel Gas neon dipendarkan oleh arus listrik. Light-emitting diodes (LED) Diode dinyalakan oleh arus listrik. IMK Sesi 7

Printer Dot-matrix printer Inkjet printer Thermal printer Menggunakan pita bertinta. Inkjet printer Tidak berisik, kualitas cetakan baik. Thermal printer Tidak berisik, murah. Menggunakan kertas khusus (berlilin) atau kertas biasa. Laser printer Hasil berkualitas tinggi. IMK Sesi 7

Printer (Lanj.) Plotter Photographic printer Menggunakan pena untuk menggambar di atas gulungan kertas. Photographic printer Menghasilkan slide dan cetakan foto. Newspaper/magazine-layout systems Hasil berkualitas produksi. IMK Sesi 7