Seni Sakral: Tari Rejang

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
RANCANGAN PERMENDAGRI TENTANG PELANTIKAN PEJABAT STRUKTURAL DAN FUNGSIONAL DI LINGKUNGAN KEMENDAGRI DAN PEMERINTAH DAERAH DR. Drs. A. Fatoni, M.Si. Disampaikan.
Advertisements

APRESIASI NILAI-NILAI BUDAYA INDONESIA
Tugas ilmu budaya dasar
OLEH : TETI KUSWATI, BA., S.Sos., M.M
KISAH CINTA Pelajaran 12 untuk 24 Maret 2012.
BAB II. corak busana pengantin yogyakarta
SEJARAH DAN PERIODISASI TARI DI INDONESIA
MEMBUAT POLA MOTIF HIASAN BUSANA DAN LENAN RUMAH TANGGA
Edisi Uji Coba PENGGALANG SYARAT – SYARAT KECAKAPAN UMUM (S K U )
BUDAYA HINDU Mamahami Seni Keagamaan Hindu.
B A L I.
B. MAKNA DAN PERANAN TEATER DALAM KONTEKS BUDAYA DAERAH.
TAHTA KEALLAHAN, KEEMPAT MAKHLUK, DAN 24 TUA-TUA
Upacara Ngaben Satu lagi kekayaan budaya Indonesia. Di Bali yang kita kenal juga dengan sebutan ‘Pulau Seribu Pura’ dan tidak pernah surut dengan kunjungan.
SENI TARI SMA NEGERI 1 PURWOREJO Tahun ajaran 2013/2014.
PENDIDIKAN AGAMA HINDU UNIVERSITAS INDONUSA ESA UNGGUL
Kesenian Jaran Kepang Sepanjang Pulau Jawa mulai dari Jawa Barat, Jawa Tengah, sampai Jawa Timur dikenal tari Jathilan sebagai tari tontonan barangan dengan.
Gamelan Gambang Dalam Upacara Dewa Yadnya
Inkulturasi By: Madeline 6B.
Disusun Sebagai Tugas Individu Oleh : Idris Masudi
Pengantar Apresiasi Seni
Kelompok 3 ( Jawa Timur) 1. Nancy Syafa S 2. Fadiyah Hilsan A 3. Tiara Intan N 4. Syifa Azahra 5. Winda Windira 6. Siti Hana K.
I Putu Gede Ardi Suandana ( )
SEJARAH INDONESIA.
SENI PERTUNJUKAN INDONESIA
MKI TUGAS AKHIR.
BUDAYA LOKAL 2017.
TARI TRADISIONAL NUSANTARA
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
Belajar dari Filosofi Bambu Suci di Bali
OM SWASTYASTU Galungan dan Kuningan OLEH I KADEK SUPARTA.
Upacara Perkawinan Adat Banjar
Makalah Acara Agama Hindu
Legenda Gunung Semeru Menurut kepercayaan masyarakat Jawa yang ditulis pada kitab kuno abad 15, Pulau Jawa pada suatu saat mengambang di lautan luas, dipermainkan.
GEREJA: BERBAGAI UPACARA DAN RITUAL
UPACARA PEMBAKARAN MAYAT
OM SWASTIASTU.
SEJARAH PERADABAN ISLAM 2
TUGAS TEKKOM “SENI TARI SALAH SATU BAGIAN DARI KEBUDAYAAN INDONESIA”
Blangkon Blangkon adalah tutup kepala yang digunakan oleh kaum pria sebagai bagian dari pakaian tradisional Jawa. Blangkon sebenarnya bentuk praktis dari.
MANAJEMEN PROYEK PELATIHAN PEMBUATAN KERAJINAN KAIN ENDEK DI DESA KALIANGET KEC. SERIRIT, KAB. BULELENG UNTUK PENGANGGURAN GUNA MENYONGSONG MEA 2016.
KEBUDAYAAN KALIMANTAN SELATAN “TARI RADAP RAHAYU”
PERGESERAN MAKNA SENI TARI PRAJURITAN DESA TEGALREJO KECAMATAN ARGOMULYO Dwiyan Novriawan Drs. Tri Widiarto, M.Pd.
APRESIASI KARYA SENI TARI
Mozaik Apollo Berusia 2000 Tahun Ditemukan
PAKAIAN ADAT.
KELAS X Standar Komptensi Memahami prinsip dasar ilmu sejarah Kompetensi Dasar Mendeskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara.
Pertemuan keempat Bon Odori ( 盆踊り)
Nama Kelompok : - - Kelas : Mata Pelajaran :
Deskripsi tentang pulau bali
Robiatul adawiyah XI IPS 2.
SENI BUDAYA XI MIA 1 NAMA ANGGOTA : Annisa Kusuma W.
Ijuk Sebagai Material Sustainable
Simbolisme dalam Agama Drs. H. Nur Syahid, MPdI
ASSALAMU’ALAIKUM Wr.Wb.
MENGAPRESIASI KARYA TARI PUSPITA DISAJIKAN OLEH Mastri Wardani Dwi Siwi Spd dalam rangka Pembelajaran Mata Pelajaran Seni Tari Sekolah Menengah Atas.
Oleh : Joni Ahmad Mughni, S.EI., M.E.Sy
BUDAYA HINDU Mamahami Seni Keagamaan Hindu.
Kelompok VI: Masjoko ( ) Very Neno Tahin ( ) Anisetus B. Ole ( )
SEJARAH MODE TATA RIAS MALUKU.
Tari Pendet.
KAIN TAPIS LAMPUNG OLEH : KELOMPOK 16 KORTEN : Ahmad Salsabila.
Pengertian agama kata agama berasal dari bahasa sansekerta dari kata a berarti tidak dan gama berarti kacau. Kedua kata itu jika dihubungkan berarti sesuatu.
Sejarah tari sajojo Asal usul Tari Sajojo ini masih belum bisa diketahui secara pasti. Namun beberapa sumber banyak yang menyebutkan ba hwa tarian ini.
Silahkan tebak: Apakah aku ini?
UMAT ALLAH YANG DIMETERAIKAN
Pembahas (Putu Gatot yogiawan)
“AKU MENJADIKAN SEGALA SESUATU BARU”
K ELOMPOK 6 NAMA : 1.DIYAN RISKA PERTIWI ( PRESENTATOR ). 2.DUWI IRA ELFIANA( MODERATOR ). 3.ERLINA PUTRI M ( OPERATOR ). 4.LUTFIA SAPUTRI ( PENULIS ).
Transcript presentasi:

Seni Sakral: Tari Rejang HOW WE EXPRESS OURSELVES Oleh: Kadek Dara Larasati/6B

Perlengkapan

Hiasan Muka Hiasan muka penari Rejang ini sangat sederhana. Pada mulanya Tari Rejang tersebut tidak pernah menggunakan make up untuk menghiasi mukanya. Mereka hanya menggunakan “boreh miyik” dari air kayu cendana yang baunya harum sekali, memakai bedak “atal” (bedak telur). Hal ini disebabkan karena pertunjukan Tari Rejang ini merupakan pertunjukan ritual (pertunjukan dalam upacara), dimana pada umumnya hiasan muka tidak begitu diperlukannya.

Hiasan Kepala Hiasan kepala adalah hiasan-hiasan yang dikenakan di kepala para penari yang biasanya berupa gelungan, bunga-bunga, udeng-udengan dan lain-lainnya. Hiasan kepala Tari Rejang ini adalah terdiri dari bunga-bunga yang diatur rapi pada kepala penari masing-masing. Dipergunakan warna-warna putih kuning  karena warna-warna tersebut merupakan lambang kesucian.

Hiasan Badan Hiasan badan merupakan perlengkapan pakaian yang dikenakan oleh penarinya. Adapun hiasan yang dipergunakan oleh penari Rejang Dewa ini terdiri dari : -          Kain yang berwana putih -          Sabuk / setagen yang berwarna putih -          Selendang berwarna kuning Dipergunakan warna-warna putih kuning  karena warna-warna tersebut merupakan lambang kesucian. Cara pemakaian hiasan badan penari Rejang tersebut adalah : kain putih dililitkan dipinggang seperti memakai kain biasa kemudian setagen dililitkan sampai diketiak dan terakhir selendang diselempangkan dibahu kanan menyilang kepinggang kiri kemudian diikat.

Sejarah Tari Rejang Tari Rejang adalah tarian untuk upacara keagamaan dari masyarakat Bali yang diperkirakan berasal dari zaman pra-Hindu. Tarian ini merupakan persembahan suci untuk menyambut kedatangan dan menghibur para Dewa yang turun dari Kahyangan bumi. Tari Rejang di pentaskan dalam pelaksanaan upacara Dewa Yadnya seperti odalan di pura-pura dalam kalangan masyarakat Hindu dari Bali. Tari Rejang adalah persembahan suci untuk para Dewa-Dewa. Pada waktu upacara odalan di pura-pura, melalui puja mantra dan sesaji para Dewa diundang untuk turun dari Kahyangan dan bersemayam pada benda-benda suci seperti Pratima. Tari rejang adalah sebuah tarian prosesi upacara yang ditari dengan penari wanita yang masih anak-anak. Tarian tersebut biasanya dilakukan di tempat suci atau pelinggih, dimana pertima-pertima itu ditempatkan.

Makna Tari Rejang Tari Wali pada hakekatnya adalah tari persembahan umat Hindu terhadap Tuhan Yang Maha Esa, para devata dan roh suci leluhur, yang selalu dipentaskan dalam rangkaian upacara Panca Yajna. Tari Rejang umumnya pada saat upacara Dewa Yajna. Tari rejang adalah simbol widyadara dan widyadari yang menuntun Bhatara turun kedunia dan di pentaskan hanya pada waktu upacara Dewa Yadnya.

Alasan Tari Rejang Tari rejang masuk dalam seni sakral karena tari tersebut tidak pernah diupah atau disewa/dipertunjukkan hanya dalam hubungannya pelaksanaan upacara keagamaan, berfungsi sebagai pelaksana atau “pemuput”.

Sumber-Sumber/Bibliography Murti, Yogi, makna Busana Tari rejang, [Online] Available : http://wowi4views.blogspot.com/2013/05/makna-tari-rejang-dewa_22.html 25th February 2014 Penyusun, Tim, Buku Pelajaran Agama Hindu Untuk SMU Kelas XII, Denpasar: WIDYA DHARMA 2012 Google Images: “Tari Rejang” “Tari Rejang kostum”