Sinematografi (Terminologi)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN M.SUYANTO
Advertisements

Exel J. Permadi Teori Film dan Televisi
Persiapan Membuat Film
TEKNIK EDITING.
PENULISAN NASKAH.
Shooting Editing Sadino, S.Kom..
MENERAPKAN TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR PRODUKSI
MEMAHAMI KOMIK Fitriana Puspita D.
CAMERA SET-UP.
BROADCASTING TV REMIDIAL.
STRUKTUR FILM DAN UNSUR PEMBENTUK FILM
Teknik Pengambilan Gambar Produksi
MERANCANG NASKAH DAN STORYBOARD
Ridha Asrida Ramadani A XI Broadcasting Smk hutama
PERTEMUAN XII (DUA BELAS) MATA KULIAH : PENULISAN NASKAH SEMESTER : GANJIL DOSEN : BAMBANG SUDJATI TAHUN : 2011.
Continuity Arie Nugraha, M.Si.
MENGOPERASIKAN KAMERA
Pengertian Editing Editing adalah proses penyambungan gambar dari banyak shot tunggal sehingga menjadi kesatuan cerita yang utuh. Ibarat menulis sebuah.
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-6 M.SUYANTO
PERALATAN YANG MENDUKUNG
Teknik Kamera Elektronik Arie Nugraha, M.Si
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-4 M.SUYANTO
MENENTUKAN KRU FILM.
PERTEMUAN XI (SEBELAS)
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-4 M.SUYANTO
PRODUKSI.
Sinematografi (Terminologi 2)
ALUR PEMBUATAN VIDEO PEMBUATAN STORY BOARD PENGAMBILAN GAMBAR
Diyah Ayu Amalia Avina M.Si
Dasar-dasar Penyambungan
AUDIO VISUAL APLIKASI TOPIK 11 TAHAP PRODUKSI 2 (SHOOTING) LUAR STUDIO
Pengantar Teknik Animasi II Zaharuddin G.Djalle, 3D animation movie
Proses Rancangan Produksi
Storyboard.
OLEH: R. WISNU WIJAYA DEWOJATI
VIDEOGRAFI AGUS NURSAMSU.
Tahapan Produksi Film Pra Produksi (Pre Production)
KULIAH 6 Kerabat Kerja Produksi/Siaran Televisi
WRITING DRAMA SCRIPT MAKING SCENARIO.
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN M.SUYANTO
Storyboard Pengembangan Media Pembelajaran Matematika
CERITA SUMBER2 CERITA : Kisah Nyata, Novel, Khayalan, Kitab Suci, Lirik Lagu... FUNGSI CERITA : Sebagai bungkus pesan, pengikat unsur2 filmis lainnya,
SANGGAR SKENARIO Layar Lebar
Pendalaman Materi Produksi
[deskripsi] Elemen Naskah AUDIO VISUAL.
Muhammad Irawan Saputra, S.I.Kom., M.I.Kom
Pendalaman Materi Produksi
SEQUENTIAL ART.
KOMPOSISI MATERI KULIAH APPLIED MEDIA AESTHETICS OLEH:BUDIYANTO
Pendalaman Materi Produksi Pertemuan 6
SINEMATOGRAFI.
Kamera, Lighting, Sound & Art Materials
Teknik Produksi Kamera.
RISET – OBSERVASI Pertemuan 5
Tata Fotografi Elektronik Arie Nugraha, M.Si
TV COMMERCIAL D A N FILM PENDEK (lanjutan)
Tata Fotografi Elektronik Arie Nugraha, M.Si
Matakuliah : U0162/AUDIO VISUAL II
Pengenalan Produksi Film Maukuf Masykur
Proses Rancangan Produksi
FUNGSI TATA CAHAYA DAN SIFAT CAHAYA
TEKNIK EDITING, ANIMASI DAN MULTIMEDIA 8
“GARIS IMAJINER “ PEREKAMAN GAMBAR PART 3 XII BROADCAST
MATERI – 12 PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI
PROSES PENGAMBILAN GAMBAR
Analisis Dokumenter Yoki Yusanto.
STRUKTUR FILM Oleh Siti Khusnul K., M.A..
TAHAP PRA-PRODUKSI NADIA RIZKY N. S.Pd., Gr.. VISUALISASI KONSEP Manusia adalah makhluk bernalar dan bermoral, yang menyukai segala sesuai gagasan dalam.
Bagaimana menciptakan/membuat/menyusun segala bentuk dan warna didalam suatu frame, untuk mencapai/menghasilkan Look dan Mood tertentu.
DASAR MEMBUAT DAN MENGEDIT VIDEO
Transcript presentasi:

Sinematografi (Terminologi) Arie Nugraha, M.Si

Adegan dramatik yang menyentuh dalam sebuah film. Scene, Adegan dalam skenario, satu rangkaian adegan tidak tentu panjangnya, ada yang panjang ada yang pendek, tergantung dari konsep dramatik sang penulis skenario. Dramatic scene, Adegan dramatik yang menyentuh dalam sebuah film.

Dramatic Emotion : Emosi gambar secara dramatis Cut : Pemotongan gambar/perintah Sutradara pada Cameraman untuk berhenti mengambil gambar (shoot) Sequence : Sebuah rangkaian adegan.

Framing Batasan yang di inginkan dalam pengambilan gambar atau shot (baik batas atas/bawah maupun batas kiri dan kanan). Suatu gambar dari banyak gambar pada gulungan film yang telah diekspose, ukuran frame bervariasi sesuai format yang akan diambil gambarnya.

Subjek masuk ke dalam frame Out Frame, Subjek keluar dari frame . In Frame, Subjek masuk ke dalam frame Out Frame, Subjek keluar dari frame Headroom, Ruangan bagian atas suatu obyek dalam gambar dengan bagian atas frame.

Ada 4 (empat) bagian penting composition, Komposisi Pengambilan gambar dengan memperhatikan kiri/kanan, atas/bawah frame untuk kebutuhan gambar (artistik) Komposisi gambar yang terukur dapat menyajikan komunikasi visual secara filmis Ada 4 (empat) bagian penting composition, Framing (pembingkaian gambar) Illusion of depth (kedalaman dimensi gambar) Subject or object Colour (warna) .

Ext. : Eksterior. Bagian manapun dari film yang direkam di luar ruangan; jalanan kota, stadium, gurun, hutan, atau puncak gunung, beberapa lokasi dapat dibuat ulang di sounstage studio namun tetap dinamakan eksterior dalam naskah. Extras : Orang yang dipekerjakan sebagai pemain latar, misalnya sebagai salah satu orang dalam kerumunan dalam adegan di jalan. .

Int. : Interior. Bagian dari film yang diambil didalam ruangan Int. : Interior. Bagian dari film yang diambil didalam ruangan. Interior dapat berupa set yang dibentuk di studio atau diluar studio. Lebih dikenal sekarang ini sebagai location interiors. Intercut : Mengubah urutan tindakan dari belakang ke depan dari sebuah adegan ke adegan lain, biasanya dilakukan dengan kecepatan cukup tinggi. .