BENTUK-BENTUK GEOMETRI Dosen :Dewi Octaviani, S.T, M.C.s

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PROCEDURE Temu IX BANGHER.
Advertisements

ALGORITMA 3 April Pseudocode Flowchart #3 STIKOM.
Solusi Persamaan Diferensial Biasa (Bag. 1)
Vektor dalam R3 Pertemuan
Rekursi ALPROG II Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma & Pemrograman II 1.
Procedure pada Pascal ALPROG II
PROSEDUR DAN FUNCTION PROSEDUR
PERPOTONGAN GARIS DAN POLIGON
STRUKTUR PERULANGAN Statemen ini di gunakan untuk memproses statemen-statemen tertentu berulang kali. Struktur perulangan While … Do Jenis perulangan.
Array Dimensi Banyak Gerlan A. Manu, ST.,MKom
Grafika Komputer (TIZ10)
JENIS PERULANGAN For..To..Do
MODUL 11 PARAMETER DALAM FUNGSI 1
GESERAN ( TRANSLASI ) DALAM MEMBAHAS TRANSLASI DIPERLUKAN BEBERAPA SIFAT DAN PENGERTIAN VEKTOR VEKTOR ADALAH BESARAN YANG MEMPUNYAI BESAR DAN ARAH SECARA.
Pengantar Algoritma.
Grafika Komputer (TIZ10)
Algoritma dan Struktur Data
Algoritma Dasar Dalam membuat suatu program komputer, menyusun algoritma adalah langkah pertama yang harus dilakukan Dalam membuat algoritma dapat digunakan.
ALGORITHMA GARIS Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom.
Grafika Komputer (TIZ10)
PEMBANGKITAN CITRA GRAFIK Dosen :Dewi Octaviani, S.T, M.C.s
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (ROTASI DAN SHEARING)
Teknik Optimasi.
TRANSFORMASI.
D3 Manajemen Informatika S1 Sistem Informasi
JENIS PERULANGAN While.. Do Beda antara while..Do dengan repeat..Until
KOMPUTER GRAFIK Algoritma Garis Naïve dan DDA
Komputer Grafik Rudy Gunawan
S1 Teknik Informatika Disusun Oleh Dr. Lily Wulandari
Geometri Primitive (Lingkaran)
Pertemuan 11 STRUKTUR SEARCHING.
Clipping Edy Mulyanto.
Latihan Soal 1 Note : Perhatikan titik berikut pada gambar di samping:
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Pembentuk Grafik Grafik dapat terbentuk dengan berbagai pola : Titik
Geometri Primitive.
Transformasi Geometri Sederhana
Gambar ini menjelaskan prosedur untuk pengisian solid dari poligon Gambar ini menjelaskan prosedur untuk pengisian solid dari poligon. Titik potong.
Momentum Sudut (Bagian 1).
LINGKARAN Algoritma Pembentukan Lingkaran
Algoritma Garis DDA dan Bressenham
Dasar teori dan algoritma grafika komputer
Procedure dan Function
MINGGU I ALGORITMA & PEMROGRAMAN II
Materi 10 LOGIKA & ALGORITMA.
Pertemuan II – Grafika Komputer
Grafika Komputer Pengenalan Grafika Komputer &
TUGAS_1 tidak bisa di buka
Algoritma Garis Bressenham dan Mid Point
Algoritma Bentuk Primitif
D3 Manajemen Informatika S1 Sistem Informasi
Rekursif.
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (ROTASI DAN SHEARING)
MENGGAMBAR DENGAN PIXEL (KONVERSI SCAN)
ALGORITHMA GARIS Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom.
Pertemuan II – Grafika Komputer
Pembangkitan Citra Grafik Dosen :Dewi Octaviani, S.T, M.C.s
Algoritma dan Flowchart
Kumpulan Materi Kuliah. Algoritma Pembentuk Lingkaran Komputer Grafik.
TRANSFORMASI GRAFIK 2 DIMENSI
Ihr Logo Dasar teori dan algoritma grafika komputer.
D3 Manajemen Informatika S1 Sistem Informasi
Geometri Primitive (Lingkaran)
Chapter 5-2 : Perulangan (Repeatition)
Chapter 5 : Perulangan (Repeatition)
Chapter 5-1 : Perulangan (Repeatition)
D3 Manajemen Informatika S1 Sistem Informasi
Pengulangan Repeat – Until (lanjutan)
While – Do (Lanjutan) Temu 11.
Chapter 5 : Perulangan (Repeatition)
Transcript presentasi:

BENTUK-BENTUK GEOMETRI Dosen :Dewi Octaviani, S.T, M.C.s Grafika Komputer BENTUK-BENTUK GEOMETRI Dosen :Dewi Octaviani, S.T, M.C.s

Circle Secara umum prosedur pembentuk lingkaran dibuat dengan rumus dasar  x2+y2=R2. Terdapat beberapa cara  untuk membentuk suatu lingkaran namun tidak  efisien.  Lingkaran dapat dibuat dengan menggambarkan  seperempat lingkaran karena  bagian lain dapat dibuat  sebagai  bagian yang simetris. Grafika Komputer - STMIK Widya Cipta Dharma Dosen : Dewi Octaviani, S.T, M.C.s

Algoritma Simetris Delapan Titik Pada algoritma ini pembuatan lingkaran dilakukan dengan menentukan satu titik  awal. Bila titik awal pada lingkaran(x,y) maka terdapat tiga posisi lain, sehingga  dapat diperoleh delapan titik.  Dengan demikian sebenarnya hanya diperlukan  untuk  menghitung segmen 45’ dalam menentukan lingkaran  selengkapnya.   Dengan titik pusat lingkaran tertentu, delapan titik simetris dapat ditampilkan  dengan prosedur Circle Point Sebagai berikut: Grafika Komputer - STMIK Widya Cipta Dharma Dosen : Dewi Octaviani, S.T, M.C.s

Koordinat Simetri 8 Titik Grafika Komputer - STMIK Widya Cipta Dharma Dosen : Dewi Octaviani, S.T, M.C.s

Lingkaran Dengan 8 Oktan Grafika Komputer - STMIK Widya Cipta Dharma Dosen : Dewi Octaviani, S.T, M.C.s

Algoritma Simetris Delapan Titik procedure CirclePoints(x, y, value:integer); begin putPixel(x,y,value); putPixel(-x,y,value); putPixel(x,-y,value); putPixel(-x,-y,value); putPixel(y,x,value); putPixel(-y,x,value); putPixel(y,-x,value); putPixel(-y,-x,value); end; Grafika Komputer - STMIK Widya Cipta Dharma Dosen : Dewi Octaviani, S.T, M.C.s

Algoritma Lingkaran Midpoint Algoritma Lingkaran Midpoint juga disebut algoritma  lingkaran Bressenham. Bressenham mengembangkan  generator lingkaran yang cukup efisien.   Algoritma yang digunakan membentuk semua titik berdasarkan titik pusat dengan  penambahan semua jalur sekeliling lingkaran.   Dalam hal ini hanya diperhatikan bagian 45’ dari  suatu  lingkaran, yaitu oktan kedua dari x=0 ke x=R/Ö2, dan  menggunakan CirclePoints  untuk menampilkan titik dari  seluruh lingkaran. Grafika Komputer - STMIK Widya Cipta Dharma Dosen : Dewi Octaviani, S.T, M.C.s

Langkah langkah untuk membentuk lingkaran algoritma Circle Midpoint 1.Tentukan radius r dengan titk pusat lingkaran(xc,yc)  kemudian diperoleh (x0,y0)=(0,r) x=0 y=r 2.Hitung nilai dari parameter  Pk=1-r 3.Tentukan nilai awal k=0, untuk setiap posisi xk berlaku  sebagai berikut: - Bila Pk< 0, maka titik selanjutnya adalah (xk+1,yk))dan  Pk+1=Pk+2xk+1+1 - Bila tidak, maka selanjutnya adalah(xk+1,yk-1), Dan   Pk+1=Pk+2xk+1+1-2yk+1 Grafika Komputer - STMIK Widya Cipta Dharma Dosen : Dewi Octaviani, S.T, M.C.s

Tentukan titik simetris pada ketujuh oktan yang lain Gerakkan setiap posisi pixel(x,y) pada garis melingkar dari lingkaran  dengan  titik pusat (xc,yc) dan tentukan nilai koordinat: x=x+xcy=y+yc 6. Ulangi langkah ke3 sampai 5, sehingga x>=y Grafika Komputer - STMIK Widya Cipta Dharma Dosen : Dewi Octaviani, S.T, M.C.s

Contoh Algortima Midpoint Untuk menggambarkan algoritma Bressenham dalam pembentukan suatu lingkaran dengan titik pusat (0,0) dan radius 10, perhitungan berdasarkan pada oktan dari kuadran pertama di mana x=0 sampai x=y. Grafika Komputer - STMIK Widya Cipta Dharma Dosen : Dewi Octaviani, S.T, M.C.s

K Pk X y 10 -9 1 -6 2 -1 3 6 4 9 -3 5 8 7 Grafika Komputer - STMIK Widya Cipta Dharma Dosen : Dewi Octaviani, S.T, M.C.s

Grafika Komputer - STMIK Widya Cipta Dharma Dosen : Dewi Octaviani, S.T, M.C.s

Latihan Algortima Midpoint Untuk menggambarkan algoritma Bressenham dalam pembentukan suatu  lingkaran dengan titik pusat (0,0) dan radius 14, perhitungan berdasarkan pada oktan dari  kuadran pertama di mana x=0 sampai x=y. Nilai parameter dapat ditentukan dengan  Grafika Komputer - STMIK Widya Cipta Dharma Dosen : Dewi Octaviani, S.T, M.C.s

procedure circleMidPoint (xCenter,yCenter,radius:integer); var x,y,p:integer; begin x:=0; y:=radius; p:=1-radius; circlePlotpoints(xCenter,yCenter,x,y); while x<y do x:=x+1;; if p<0 then p:=p+(2*x+1) else y:=y-1; p:=p+(2*(x-y)+1); end; circlePlotPoints(xCenter,yCenter,x,y); Grafika Komputer - STMIK Widya Cipta Dharma Dosen : Dewi Octaviani, S.T, M.C.s