Wibisono Sukmo Wardhono, ST, MT Any question ?

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Wibisono Sukmo Wardhono, ST, MT anyquestion?
Advertisements

Wibisono Sukmo Wardhono, ST, MT أبو عبد الله محمد بن موسى الخوارزميّ ( 780 – 850 M ) الكتاب المختصر في حساب الجبر.
TIF 4216 Matematika Diskrit.
Wibisono Sukmo Wardhono, ST, MT Program Teknologi Informasi & Ilmu Komputer – UB TIF 4102 calculus.
Any question?.
Wibisono Sukmo Wardhono, ST, MT all numbers have a pattern.
Bapak/ibu Bergabung Di Materi
PERANCANGAN ANTARMUKA - 2
Kurniawan Teguh Martono, ST, MT Jurusan Sistem Komputer
Internet dan Infrastruktur
FAKTOR MANUSIA.
DEFINISI TEKNOLOGI PENDIDIKAN Suatu cara yang sistematis dalam mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi proses keseluruhan dari belajar dan pembelajaran.
Teknologi Informasi Multimedia
SAINS & TEKNOLOGI INFORMASI DALAM KONTEKS PENDIDIKAN SEJARAH Hansiswany Kamarga.
Pertemuan 5 Manipulasi langsung.
Pertemuan 1 Pengenalan Organisasi Komputer
PEMBUATAN WEBSITE PROMOSI PENYEWAAN PERALATAN Reiny Prianahatin, for further detail, please visit
First, don't ask my name ^.^
KEGIATAN AWAL KEGIATAN AWAL PANCA INDERA.
Pertemuan 5 Manipulasi langsung.
Wibisono Sukmo Wardhono, ST, MT Any question ?
ONLINE MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL APLIKASI PEMBUATAN FORUM KOMUNITAS SEPEDA GUNUNG for further detail, please visit
PENILAIAN INDRAWI (Sensory Evaluation) Disusun oleh Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA Departemen IKK-FEMA IPB 2007.
Wibisono Sukmo Wardhono, ST, MT Any question ?
Wahyu Herlambang ( ) Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar 2012 Wahyu Herlambang ( ) Pendidikan Teknik.
Menggunakan Macromedia Flash MX Pembuatan CD Interaktif Untuk Mengenal
DIAGRAM ALIRAN DATA FISIK
Wibisono Sukmo Wardhono, ST, MT Any question ?
V O I P (Voice Over Internet Protocol)
Bilangan yang tidak memiliki pecahan desimal
Materi Pertemuan 5 Manipulasi langsung. Perasaan positif yang timbul pada user yg puas dengan sistem interaktif :  Penguasaan atas sistem  Kompetensi.
Siklus Pengembangan Media
1. Tulang Tengkorak 2. Rangka Badan A. Kelainan dan penyakit pada Rangka.
ARSITEKTUR DAN PEMODELAN APLIKASI
Perkembangan Komputer
SI122 – Interaksi Manusia dan Komputer
Perancangan Sistem Interaksi Manusia Komputer
SIM Rumah Sakit Materi Kuliah PERTEMUAN 6.
Interaksi Manusia & Komputer Audio dan Agent
Pengenalan ERP (Enterprise Resource Planning)
BAB PERSEPSI DAN ATRIBUSI
TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol)
Bagian 1-Apa itu Multimedia?
MEDIA PEMBELAJARAN Dan Perkembangannya.
DAYA SERAP PESERTA PELATIHAN
MERUBAH PROSES MANAJEMEN.
Analisa dan Perancangan Sistem
OM SWASTYASTU.
1.
Mobile Device User Interface
”Pembuatan User Interface E-Learning Fisika Mekanika menggunakan CSS” Muhammad Ilham Syafaat, for further detail, please visit
Harapan matematik (ekspektasi)
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Perancangan Sistem Interaksi Manusia Komputer
Kontrak Kuliah.
Olivia Tjandra Waluya M. Si., Psi Fakultas Desain dan Industri Kreatif
BAB 10 : Industrial Design
Grafika komputer 1.
Virtual Reality (Law).
Perancangan Sistem Interaksi Manusia Komputer
Memahami Etimologi Multimedia
Database Server & Terdistribusi
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 7.
Teknologi Informasi Teknologi Informasi  Teknologi Komputer dan
BAB PERSEPSI DAN ATRIBUSI
Bapak/ibu Bergabung Di Materi
Database Server & Terdistribusi
Any question ? Wibisono Sukmo Wardhono, ST, MT
Kalkulus Aturan Rantai Wibisono Sukmo Wardhono, ST, MT
Media Digital Komunikasi Massa Pertemuan 5.
Transcript presentasi:

Wibisono Sukmo Wardhono, ST, MT Any question ?

Wibisono Sukmo Wardhono, ST, MT IFK15003 mixedreality

Wibisono Sukmo Wardhono, ST, MT humaninteraction

Wibisono Sukmo Wardhono, ST, MT Law of Virtuality Penentu besarnya pengaruh media dan teknologi > Jenis kelamin > Usia > Status sosial > Besarnya pendapatan

Wibisono Sukmo Wardhono, ST, MT Law of Virtuality Munculnya resiko dan kekhawatiran yang disebabkan oleh tidak meratanya distribusi media baru dan teknologi secara sosial

Wibisono Sukmo Wardhono, ST, MT Law of Virtuality Kemajuan dalam suplemen media dan teknologi tidak akan menggantikan aktivitas-aktivitas yang telah berjalan di lingkungan nyata.

Wibisono Sukmo Wardhono, ST, MT Law of Virtuality Media baru dan teknologi cenderung membuat jenis baru dari lokalisme daripada melanjutkan globalisasi.

Wibisono Sukmo Wardhono, ST, MT

Wibisono Sukmo Wardhono, ST, MT

Wibisono Sukmo Wardhono, ST, MT Input Processor Rendering Processor World Database Simulation Processor Visual Auditor y Haptic Touch Position & Orientation

Wibisono Sukmo Wardhono, ST, MT Pusat dan Obyek Kendali 1 penglihatan (mata) 2 pendengaran (telinga) 3 perasa (kulit). 4 pengecap (lidah) 5 penciuman (hidung)

Wibisono Sukmo Wardhono, ST, MT Distributed VR (DVR) Melibatkan beberapa komputer yang berjalan lewat Internet. Menggabungkan ciri-ciri VR dengan karakteristik-karakteristik dari Internet: 1. platform terbuka 2. aksesibilitas 3. fleksibilitas

Wibisono Sukmo Wardhono, ST, MT KRITERIA 1. NAVIGASI/PENGEMUDIAN 2. PENGGUNA 3. KEBEBASAN PENGGUNAAN 4. EKSPEKTASI (PENGHARAPAN) 5. LATENSI (KELAMBATAN)

Wibisono Sukmo Wardhono, ST, MT PILIHAN SISTEM VR

Wibisono Sukmo Wardhono, ST, MT COMMAND AND CONTROL VR Contoh: simulator penerbangan. Keuntungan: Memberikan sense of reality kualitas tertinggi Kelemahan: 1. Biaya mahal 2. Teknologi yang digunakan tidak dapat dengan mudah ditransfer untuk memodelkan VR lain.

Wibisono Sukmo Wardhono, ST, MT

Wibisono Sukmo Wardhono, ST, MT IMMERSIVE VR Menggunakan visual, audio, dan gerakan pengguna untuk membangkitkan VR Contoh: visualisasi struktur molekul Keuntungan: Untuk media pembelajaran Kelemahan:  Mahal  sense of reality kurang

Wibisono Sukmo Wardhono, ST, MT

Wibisono Sukmo Wardhono, ST, MT Desktop VR Interaksi obyek 3D pada desktop → distributed VR Platform WWW / Internet

Wibisono Sukmo Wardhono, ST, MT

Wibisono Sukmo Wardhono, ST, MT Implementasi Architecture Training Medicine Engineering and Design E-Commerce Entertainment Manufacturing