حَدَّثَنَا أَحْمَدُ قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ قَالَ أَخْبَرَنِي يُونُسُ بْنُ يَزِيدَ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ حَدَّثَنِي.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Ta’awun.
Advertisements

HADIS TENTANG MENUNTUT ILMU
PUNCAK FITNAH: AD-DAJJAL
Do’a untuk Mayit Para ulama Ahlus-Sunnah sepakat mengatakan bahwa, “Orang yang telah meninggal dapat bermanfaat dari orang yang hidup”, dengan dua sebab:
PERIODISASI UMMAT ISLAM DI AKHIR ZAMAN
Metode Dakwah TANPA KEKERASAN
Gun Gun Gumilar, S.Ag KAJIAN UTAMA PengantarBiografi Penulis BIOGRAFI ABU DAWUD Referensi
BAB 4 BERPERILAKU TERPUJI
Hj. Ifa Faizah Rohmah, M.Pd.
Selamat Datang Wahai Tamu Yang Mulia
MENGGAPAI KEBERKAHAN RAMADHAN
Husen Zenal Muttaqin Lc. M.Pd.I Mudir Ma’had Ali Baiturrahman
AL QUR’AN Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang etos kerja
Seminar Mahasiswa ‘Peran Mahasiswa Dalam Membentuk Peradaban Islam’
MUQADDIMAH: MEWASPADAI FITNAH AD-DAJJAL
Taman-taman Orang-orang Yang Soleh. عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا بَيْنَ بَيْتِي وَمِنْبَرِي رَوْضَةٌ مِنْ رِيَاضِ الْجَنَّةِ
Amanah dalam Perspektif Sunnah
BAB V Oleh: Muhamad Fatoni,M.Pd.I. PUASA ITU MILIK ALLAH حَدَّثَنَا الأَعْمَشُ عَنْ أَبِى صَالِحٍ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى.
BAB VI Oleh: Muhamad Fatoni,M.Pd.I. KEWAJIBAN ZAKAT عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعَثَ
Kendala dan Penyakit di jalan dakwah. عن ثَوْبَانَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم -: يُوشِكُ الأُمَمُ أَنْ تَدَاعَى عَلَيْكُمْ كَمَا.
STRATEGI SUKSES MEMULAI BISNIS SESUAI SYARIAH
Oleh Hatib Rachmawan, S.Pd., S.Th.I.. Analisis Film berikut. Bagaimana persepsi guru berikut ini terhadap siswanya? [klik di sini] [klik di sini]
وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan ke luar (65:2)
Adapun Hak Allah atas hambanya ialah agar mereka menyembahnya dan tidak menyekutukannya dengan sesuatu apa pun.
Akhlak Terpuji.
Qur’anic Campus. Mengapa Qur’anic Campus? Andalan Untuk Membangun Peradaban Keselamatan Dunia dan Akhirat.
Dahsyatnya Silaturrahim
Sejarah pertumbuhan dan perkembangan ilmu hadits pada masa Nabi dan Sahabat ikhrom.
بَادِرُوا فِتَنًا كَقِطَعِ اللَّيْلِ الْمُظْلِمِ
PENGANTAR ILMU HADIS Oleh: Syakir Jamaluddin
PENGEMBANGAN MODEL KOMUNIKASI PENDIDIKAN ISLAM
ULUMUL QUR’AN MATERI 2 H. Anas Alhifni, S.EI
Pentingnya shalat sunnah
SHALAT DI MASJID DENGAN KUBURAN DIBELAKANGNYA, DAN APA YANG DIMAKSUD DENGAN SUTUR/SITRAH.
OLEH: MUHAMAD FATONI,M.Pd.I BAB III. Allah Menilai Hati Manusia عن أبي هريرة قال : قال رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم : ' إن الله لا ينظر إلى صوركم.
Menyongsong Momen Pergantian. Momen Pergantian  Apa yang dilakukan di saat ada momen pergantian?  Pergantian itu bisa pergantian kepemimpinan, pergantian.
MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Dana Talangan Ibadah Haji
Hak Ibu.
ZAKAT, INFAQ, DAN SHADAQAH
لِيَغْفِرَ لَكَ اللَّهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ وَيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكَ وَيَهْدِيَكَ صِرَاطاً مُسْتَقِيماً Supaya Allah memberi.
A GAMA I SLAM DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I.
Seputar Hukum Zakat Fitrah
SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG
Akhlaq Kepada Allah.
KURIKULUM PENDIDIKAN AKHLAK DALAM HADITS-HADITS NABAWI
AKTUALISASI AJARAN DAN NILAI-NILAI AHLU AL-SUNNAH WA AL-JAMA’AH DALAM MEMBENTUK MASYARAKAT MADANI Oleh: Muhammad Fathurrohman, M.Pd.I.
BERSAMA TATE QOMARUDDIN SUATU IRONI SETIAP ORANG YANG AKAN “MEMASUKI DUNIA BARU” SELALU MENDAPAT PELATIHAN BAGAIMANA DENGAN ORANG YANG MAU MEMASUKI (DUNIA.
Empat kenikamatan Mencakup kebahagian Dunia/Akhirat
Bagaimana Islam Menginspirasi Sains? c) Sarana menanamkan akhlak Islami قُلْ هُوَ الَّذِي أَنشَأَكُمْ وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالْأَبْصَارَ
HUKUM TRANSFER (BADAL) PAHALA HAJI DAN UMRAH
Model Pengelolaan Kekayaan Alam dan Energi Dalam Islam
Sebab Mengumbar Pandangan
TRANSFORMASI GERAKAN ISLAM. اَلْإسْلاَمُ اَلْإسْلاَمُ اَلْإسْلاَمُ نِظَامٌ شَامِلٌ يَتَنَاوَلُ مَظَاهِرَ الْحَيَاةِ جَمِيْعًا فَهُوَ دَوْلَةٌ وَ طَنٌ
حَـــــــــلاَوَةُ الإِيْمَـــــــــانِ
MENELADANI RASUL.
Kompetensi Inti : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianut.
Oleh MR Kurnia Hizbut Tahrir Indonesia
TALAK DALAM KEADAAN EMOSI
Workshop Penulisan Makalah
KEWAJIBAN MENGEMBAN IDEOLOGI (DAKWAH)
Memperkokoh silaturahmi dan saling memaafkan
Oleh : Ronny Mugara, S.Pd., M.Pd
MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIBI
Kajian Islam Komprehensif
Konsep Kebudayaan Dalam Islam
ISLAM SEBAGAI IDEOLOGI
BAB 3 KEILMUAN & PENDIDIKAN.
MODEL PENGURUSAN ISLAM.
HUBUNGAN HUKUM ISLAM DG AGAMA ISLAM. Pendahuluan Sebelum masuknya hukum Islam, rakyat Indonesia menganut hukum adat yang bermacam-macam sistemnya dan.
Transcript presentasi:

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ قَالَ أَخْبَرَنِي يُونُسُ بْنُ يَزِيدَ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ حَدَّثَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّ كَعْبَ بْنَ مَالِكٍ أَخْبَرَهُ أَنَّهُ تَقَاضَى ابْنَ أَبِي حَدْرَدٍ دَيْنًا لَهُ عَلَيْهِ فِي عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْمَسْجِدِ فَارْتَفَعَتْ أَصْوَاتُهُمَا حَتَّى سَمِعَهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ فِي بَيْتِهِ فَخَرَجَ إِلَيْهِمَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَتَّى كَشَفَ سِجْفَ حُجْرَتِهِ وَنَادَى كَعْبَ بْنَ مَالِكٍ قَالَ يَا كَعْبُ قَالَ لَبَّيْكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ فَأَشَارَ بِيَدِهِ أَنْ ضَعْ الشَّطْرَ مِنْ دَيْنِكَ قَالَ كَعْبٌ قَدْ فَعَلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قُمْ فَاقْضِهِ ( رواه البخاري )

حَدَّثَنَا أَصْبَغُ أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ عَنْ يُونُسَ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ قَالَ أَخْبَرَنِي أَبُو سَلَمَةَ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ جَابِرٍ أَنَّ رَجُلًا مِنْ أَسْلَمَ أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ فِي الْمَسْجِدِ فَقَالَ إِنَّهُ قَدْ زَنَى فَأَعْرَضَ عَنْهُ فَتَنَحَّى لِشِقِّهِ الَّذِي أَعْرَضَ فَشَهِدَ عَلَى نَفْسِهِ أَرْبَعَ شَهَادَاتٍ فَدَعَاهُ فَقَالَ هَلْ بِكَ جُنُونٌ هَلْ أَحْصَنْتَ قَالَ نَعَمْ فَأَمَرَ بِهِ أَنْ يُرْجَمَ بِالْمُصَلَّى فَلَمَّا أَذْلَقَتْهُ الْحِجَارَةُ جَمَزَ حَتَّى أُدْرِكَ بِالْحَرَّةِ فَقُتِلَ ( رواه البخاري )

 Mayoritas masjid baru sekedar dijadikan sebagai sentra pelaksanaan ibadah-ibadah mahdhah belaka, seperti sholat jama’ah, i’tiqaf, pengumpulan dan distribusi zakat.  Aktivitas pendidikan (ta’lim) di masjid, sebagian besar, menyajikan pendidikan Islam yang masih parsial (membahas aspek-aspek tauhid, ibadah & akhlak belaka), namun belum menyajikan pendidikan Islam yang utuh dan menyeluruh sehingga terbentuk “Syahshiyah Islamiyah” yang kaffah.  Mayoritas masjid telah terkooptasi oleh sistem demokrasi-sekuler, bahkan ada yang menjadi corong para penguasa yang tidak Islami untuk mensosialisasikan pemikiran, kebijakan, dan aturan-aturan kufur.  Ada di antara masjid yang justru menghalang-halangi dan melarang seruan-seruan yang dianggap bersifat politik terlebih masalah penegakkan syariah dan Khilafah.  Ada yang terjebak dalam fanatisme kelompok dan madzhab yang kurang proporsional.  Keterbatasan tersedianya Pengurus Masjid yang memiliki kompetensi di bidang ‘aqidah, syariah dan manajemen.

 Pembinaan Islam intensif dan berkelanjutan bagi DKM Se-Jabodetabek.  Setiap Masjid membuat program-program pembinaan intensif dan rutin bagi jama’ah Masjid dan masyarakat sekitar masjid untuk membangun kesadaran yang benar terhadap Islam.  Meningkatkan peran politik Masjid sebagai sentra perubahan dan muhasabah lil hukkam. “Masjid Dziror”  Menjaga Masjid kita agar tidak menjadi seperti “Masjid Dziror”