Oleh: Adam Arif Budiman Animasi 3 Dimensi Oleh: Adam Arif Budiman Universitas Darma Persada-2012 Free Powerpoint Templates
Penilaian Tugas Individu Tugas Kelompok / Proyek Animasi Quiz UAS UTS
Apa yang dipelajari di kuliah ini? Sejarah, perkembangan, evolusi komputer grafik dan animasi 3D beserta teknologinya (sub materi: Pengenalan Blender) Polygon (sub materi: objek pada Blender) Nurbs (sub materi: Macam polygon dan operasinya pada Blender) Deforming (sub materi: deforming dan tekstur pada Blender ) Subdivision surface (sub materi: UV mapping) Prinsip animasi 3D (sub materi: animasi pada Blender) Rigging (sub materi: rigging pada Blender)
Apa yang dipelajari di kuliah ini? (lanj) 8. Dynamic animation (sub materi: dynamic dan effect pada Blender) 9. Light and ligthing effect 10. Render, environment 11. Editing 12. Praktikum Pengayaan 13. Praktikum Pengayaan
Apa yang dipelajari di kuliah ini? (Lanj) 14. Presentasi Proyek (proses pembuatan,hasil) 15 UTS 16. UAS 17. Say Good bye
Teknologi Komputer Animasi 3D shrek, the cars, avatar impian seorang penemu prinsip komputer charles Babbage Memimpikan mesin hitung yang akurat dan tepat
Mesin hitung charles babbage
Teknologi Komputer (lanj) ENIAC, komputer besar setara dengan kalkulator jaman sekarang Belum ada GUI Pemrogramannya menggunakan kartu plong/Punch Card
Teknologi Komputer (lanj) Computer graphics pertama bernama whirlwhind, untuk keperluan militer seperti osiloskop, untuk mengetahui posisi pesawat
Teknologi Komputer (lanj) Ivan sutherland dari MIT bapak komputer grafik Mengembangkan komputer grafik dengan Pena/mouse Pen SKETCHPAD Bisa menggambar kurva, garis bidang 2D/3D
Teknologi Komputer (lanj) Sutherland sedang menjalankan SKETCHPAD pada TX-2
Teknologi Komputer (lanj) Game grafik pertama space war Dibuat oleh steve russel, martin dan wayne Tampilan sederhana Objek 3D ditampilkan dengan wireframe/kerangka
Perkembangan objek 3D Algoritma shade bayangan permukaan bila objek disinari cahaya Algoritma Phong pencahayaan langsung pada objek Bui Tuong Phong Algoritma shader Phong lebih cepat Jim Blinn
Perkembangan objek 3D (lanj) Texture mapping Shadows Anti aliasing Facial animation dll
Perkembangan Objek 3D (lanj) Poci The UTAH, dengan Phong Shading
Perkembangan animasi 3D Ed Catmull animasi star trek II: the wrath of Kahn Special effect simulation, motion blur, particle effect Sutradara George Lucas Industrial Light and Magic Perpaduan teknologi dan entertainment
Perkembangan animasi 3D (lanj) Steve Job merekrut ed Catmull Pixar Studio Toy story, cars dll
Perkembangan animasi 3D (lanj) Penggabungan animasi 3D dengan model realistis Jurassic Park, Terminators Animasi 3D sebagai serial TV murah, cepat diproduksi babylon Five Final Fantasy : spirit with in full Computer Graphics Generate (CGI)
Perkembangan animasi 3D (lanj) Motion capture mempercepat proses pembuatan animasi secara halus Lord of the ring Pirate of Carribians Animasi wajah curious case of benjamin Button Avatar full animation dengan motion capture
Aplikasi animasi 3D Eric Graham 1986 membuat animasi 3D di komputer amiga animasi pesulap bola dengan durasi 24 fps Membuat sculpt 3D Aplikasi 3D pertama untuk pengguna rumahan
Aplikasi animasi 3D (lanj) Animasi pada computer Amiga dengan proses Ray Tracing render
Motion Capture Motion capture (MOCAP) adalah salah satu cara / tool yang efektif untuk meng capture gerakan manusia untuk keperluan animasi
Motion Capture (lanj) Rotoscoping
Motion Capture (lanj) Rotoscoping tracing
Motion Capture (lanj) Rotoscoping Post Processing
Tahapan MOCAP Calibration Capture 3D Position Reconstruction Fitting to the Skeleton Post Processing
Tahapan MOCAP Capture
Tahapan MOCAP calibration
Tahapan MOCAP - Recontruction
Tahapan MOCAP Marker Ringer, et al., 2002
Tahapan MOCAP Marker
Tahapan MOCAP fitting the skeleton
Tahapan MOCAP Post Processing Motion Editing Cut, Copy, Paste Motion Warping Speed up or Slow Down Rotate, Scale or Translate Motion Signal Processing Smoother Motions
Keterbatasan MOCAP Device Cost for Body capture (USD) Subjek kurang akurat mahal Device Cost for Body capture (USD) Mechanical $20’000 – $30’000 Electromagnetic $100’000 – $120’000 Optical $90’000 – $210’000
Keterbatasan MOCAP (lanj) Hanya gerakkan yang dapat di capture Tidak dapat menambah ekspresi Kurang detail
Masa depan MOCAP Markerless Lebih murah hollywoodjesus.com Bregler et al., 2002
Karir di bidang Animasi 3D Penggunaan animasi 3D di berbagai bidang hiburan animator film Advertising iklan Simulasi Edukasi Dan lain-lain
Karir di bidang animasi 3D (lanj) Perlukah spesialisasi? character animation Rigging animation Modelling Simulasi Special effect
Cara belajar Pendidikan formal (kursus, kuliah dll) Otodidak Komunitas Portofolio, demo
Pertanyaan??
referensi 3D Art Essentials: The Fundamentals of 3D Modeling Texturing and Animation, By Amy Chopin, 2011 Beginning Blender, By Lance Flevell, 2011 Blender Foundation, Roland Hess, 2010 Blender Magazine