Sudji Munadi, Sunaryo Sunarto, Wagiran

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
INOVASI KURIKULUM Pertemuan ke 6.
Advertisements

MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMBELAJARAN
Sistem Pelaporan Penilaian Kinerja Guru Online (
Oleh : Tim Pengembang TIK BTKP Dinas Dikpora DIY PROSEDUR PENGEMBANGA BAHAN BELAJAR Berbasis Internet.
Belajar dan Pembelajaran DINAS PENDIDIKAN MENENGAH DAN TINGGI
KONSEP PENILAIAN AUTENTIK PADA PROSES DAN HASIL BELAJAR
PROJECT-BASED LEARNING
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
Konsep Pendekatan Sistem dalam Desain Instruksional
Perencanaan Pembelajaran
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI
STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN Oleh: Moh. Najid.
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
COMPUTER BASED INSTRUCTION
J Refleksi Pembelajaran dan Tindak Lanjutnya Melalui PTK
PENYUSUNAN BAHAN AJAR.
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PENGEMBANGAN BAHASA AJAR BERBASIS WEB
KEPEMPIMPINAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 9 HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
MODEL PEMBELAJARAN IPA
PENILAIAN KINERJA GURU
PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SD
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
PENULISAN BUKU AJAR (2.08) PELATIHAN APPLIED APPROACH (AA) KOPERTIS WILAYAH VI JAWA TENGAH M.Th. Sri Rejeki Retnaningdyastuti.
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
BIMBINGAN TEKNIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
RENCANA PEMBELAJARAN SD Dr. RATNAWATI SUSANTO., M.M., M.Pd
PEMBELAJARAN BERBASIS PAIKEM
Belajar dan Pembelajaran
Belajar dan Pembelajaran
PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
MEDIA PEMBELAJARAN By: Durinda Puspasari.
Workshop Pembuatan RPP
PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN
PEMBELAJARAN BERBASIS PAIKEM.
PANDUAN PENYUSUNAN RPP
PANDUAN PENYUSUNAN RPP
METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN
METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
17 Langkah Pengembangan Bahan Belajar Berbasis Web
KELOMPOK 2 PROFESIONALISME GURU MATA KULIAH : PROFESI KEPENDIDIKAN
17 Langkah Pengembangan Bahan Belajar Berbasis Web
KONSEP PENILAIAN AUTENTIK PADA PROSES DAN HASIL BELAJAR
Oleh : Septiani Zaroh BK 2010 B
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KEJURUAN
Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan
SILABUS SMK NEGERI I SINGKAWANG
STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI PADA AKTIVITAS SISWA (PBAS)
INSPIRASI PEMBELAJARAN MELALUI TAYANGAN VIDEO
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
‘.
PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
PEMILIHAN dan PERUMUSAN MASALAH serta PERUMUSAN TUJUAN PENELITIAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PENGEMBANGAN SILABUS dan RPP dalam Implementasi KTSP
NAMA : Joan Jamarsi Ginting NIM : FAKULTAS TEKNIK JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN 2019.
PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Desain Model Pengembangan Instruksional Dick & Carey Kel. 1: 1. Adventa Sinta Marito 2. Andi Tiardarma 3. Hijriati 4. Janeva Samosir 5. Tika Nurjannah.
Transcript presentasi:

Sudji Munadi, Sunaryo Sunarto, Wagiran PELATIHAN PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELJARAN BERBANTUAN KOMPUTER BAGI GURU SMK KELOMPOK TEKNOLOGI INDUSTRI Sudji Munadi, Sunaryo Sunarto, Wagiran Fakultas Teknik UNY Disampaikan dalam Seminar PPM Unggulan LPM UNY Tanggal 10 Juli 2008

Analisis Situasi Landasan Teori Identifikasi dan Perumusan Masalah PELATIHAN PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELJARAN BERBANTUAN KOMPUTER BAGI GURU SMK KELOMPOK TEKNOLOGI INDUSTRI Kerangka Pemecahan Masalah Metode Kegiatan

Situasi Permbelajaran (survey): Partisipasi dan keaktifan siswa rendah ANALISIS SITUASI Situasi Permbelajaran (survey): Partisipasi dan keaktifan siswa rendah Pembelajaran cenderung terpusat pada guru dan tidak mendorong pengembangan potensi diri siswa Guru kesulitan untuk menemukan suatu metode pembelajaran yang mampu mengoptimalkan potensi siswa Selain metode pembelajaran, media pendidikan memegang peran penting dalam proses pembelajaran Sebagian besar guru belum menguasai cara menyusun, mengelola maupun menggunakan media berbantuan komputer yang paling sederhana sekalipun

Paradigma pembelajaran abad pengetahuan dan informasi Pengajar sebagai transmiter ke fasilitator, pembimbing dan konsultan Pengajar sebagai sumber pengetauan menjadi kawan belajar Belajar diarahkan oleh kurikulum menjadi diarahkan oleh pebelajar sendiri Belajar dijadwal secara ketat menjadi terbuka, fleksibel sesuai keperluan Belajar berdasararkan fakta menuju berbasis masalah dan proyek Belajar berbasis teori menuju dunia dan tindakan nyata serta refleksi Kebiasaan pengulangan dan latihan menuju perancangan dan penyelidikan Taat aturan dan prosedur menjadi penemuan dan penciptaan

Paradigma pembelajaran abad pengetahuan dan informasi Kompetitif menuju kolaboratif Fokus kelas menuju fokus masyarakat Hasil yang ditentukan sebelumnya menuju hasil yang terbuka, Belajar mengikuti norma menjadi keanekaragaman yang kreatif Penggunaan komputer sebagai obyek belajar menuju penggunaan komputer sebagai alat belajar Presentasi media statis menuju interaksi multimedia yang dinamis Komunikasi sebatas ruang kelas menuju komunikasi yang tidak terbatas Penilaian hasil belajar secara normatif menuju pengukuran unjuk kerja yang komprehensif

Pembelajaran Berbantuan Komputer: LANDASAN TEORI Pembelajaran Berbantuan Komputer: Dirancang berdasarkan tujuan instruksional. Tujuan instruksional dibuat sangat jelas dan dapat diukur Dirancang sesuai dengan karakteristik siswa. Program pembelajaran berbantuan komputer efektif dalam memaksimalkan interaksi. Bersifat individual. Program ini memiliki potensi untuk mengatur kegiatan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa. Mampu memadukan berbagai jenis media, gambar bergerak selayaknya informasi yang tercetak.

Mampu mendekati siswa secara positif Efektif dalam menyiapkan bermacam-macam umpan balik Efektif karena cocok dengan lingkungan pembelajaran Efektif dalam menilai penampilan secara patut Efektif karena menggunakan sumber-sumber komputer secara makasimal Efektif karena dirancang berdasarkan prinsip desain pembelajaran Efektif karena seluruh program sudah dievaluasi

PEMBIMBINGAN PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA SELEKSI PESERTA REVISI UJI IMPLEMENTASI VALIDASI PELAPORAN PRODUK AKHIR EVALUASI PEMBIMBINGAN PEMANTAUAN EVALUASI DAN REFLEKSI SELESAI MULAI Lulus Tdk Lulus Tidak Layak

Penjabaran Kompetensi (penulisan Naskah) Identifikasi Kompetensi Pemrograman Dasar Pembuatan grafis Pembuatan animasi Digitasi Pemrograman Lengkap Evaluasi Ahli Ujicoba Revisi PRODUK AKHIR Identifikasi Kompetensi

PENGORGANISASIAN MATERI No INDIKATOR SUB INDIKATOR 1. MATERI Kesesuaian dengan kompetensi 2. Keseuaian dengan tingkat perkembangan peserta didik 3. Dorongan belajar mandiri 4. Pengorganisasian materi 5. Kelayakan assessment Jumlah 2. TAMPILAN 1. Kejelasan petunjuk 2. Daya tarik 3. Kejelasan tampilan 3. PENGORGANISASIAN MATERI 1. Konsistensi 2. Format 3. Organisasi 4. Bentuk dan ukuran huruf

TERIMAKASIH