Class, Inheritance, Encapsulation & Interface

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman Berorientasi Objek
Advertisements

Pemrograman Berorientasi Objek
Rully Yulian MF MCAD,MCPD,MCT,MVP VB.NET Independent IT Trainer - Application Developer
PBO - PERTEMUAN 1- CLASS.
Nur Hayatin, S.ST Jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang Sem Genap 2010.
Object Oriented Programming
Pemrograman Berbasis Objek
Pemrograman Lanjut Ratnokustiawan.wordpress.com.
Pemrograman Berorientasi Objek
di OBJECT ORIENTED PROGRAMMING [OOP] Oleh H. SUMIJAN, Ir, M.Sc
Membuat Class Sendiri Atribut Pertemuan : Object Oriented Programming.
Konsep Pemrograman Berorientasi Objek
Advanced Class Oleh : Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011.
Encapsulation, Inheritance, polymorphism, dan interface
MINGGU 5 Java Programming (MKB614C)
Pemrograman Berorientasi Objek
ABSTRACTION, ENCAPSULATION, INHERITANCE & POLYMORPHISM
Pemrograman Aplikasi Bergerak
Pemrograman Berorientasi Obyek Oleh Tita Karlita
OBJECT ORIENTED PROGRAMMING YANES HARDIANTO SUI Politeknik Manufaktur Astra 2011.
Pemrograman Berorientasi Obyek dengan JAVA Interface
07 Advanced Class Features
Teknik Pemrograman Terstruktur Linked lis & Inheritance 1/12 Pointer (Lanjutan…) Pemrograman Berorientasi Objek.
OOP pada pemrograman Web
CLASS, OBJECT METHOD, PROPERTIES Object Oriented Programming
Inheritance, polymorphism, dan interface
1 Pertemuan 9 Inheritance Matakuliah: T0044/Pemrograman Berorientasi Obyek Tahun: 2005 Versi: 1.0.
Class and Object Matakuliah : XXXX / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 2 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
INHERITANCE (Oleh : Nur Hayatin, S.ST)
OOP Java Minggu 2b Dasar OOP. Class (1) Deklarasi class : [ *] class { [ *] } Cat : [] = optional, * = repeat 0-N.
Pertemuan 6 PEWARISAN AND POLYMORPHISM
Perancangan dan Pemrograman Web
Firman Asharudin | Pemrograman Lanjut
Outline: Class Objek Konstruktor Destruktor Overloading dan Tipe value
Access Modifier.
Inheritance dan Kata Kunci static
Pemograman Berorientasi Objek
Objek-Oriented Programming (OOP)
Outline: Pewarisan/Inheritance Polymorphism
MODIFIER JAVA.
Pertemuan 4 Class, object & Variable
Enkapsulasi, Accessor Method, Mutator Method
MEMBUAT CLASS SENDIRI 2.
Pertemuan 9 Pemrograman Berbasikan Objek
Pemrograman Berorientasi Objek
Membuat Kelas.
Inheritance.
Object Oriented Programming
Encapsulation / Visibility, Getter Setter, Pewarisan, Overloading dan Overriding PBO.
Matakuliah : M0074/PROGRAMMING II Tahun : 2005 Versi : 1/0
Array, Class, Obyek, Method danConstructor.
Visibility, Getter Setter, Pewarisan, Overloading dan Overriding
Object Oriented Programming
Pemrograman Berorientasi Object
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Algoritma dan Struktur Data
Pemrograman Berorientasi Object
08 PEMOGRAMAN WEB ENTERPRISE Aplikasi web Module Hariesa B.P, ST, MM
ISTILAH-ISTILAH PENTING PEMROGRAMAN BERBASIS OBYEK
Encapsulation / Visibility, Getter Setter, Pewarisan, Overloading dan Overriding Pemrograman.
Pemrograman Berorientasi Obyek
Pemrograman Berbasis Objek
Array, Class, Obyek, Method danConstructor.
Pemrograman Berorientasi Objek
Encapsulation / Visibility, Getter Setter, Pewarisan, Overloading dan Overriding PBO.
DPH1C4 Pemrograman berorientasi Obyek
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #4 - 1
CLASS VS OBJECT INTRODUCTION OF CLASS. keyword class diikuti dengan nama class yang kita inginkan. Lebih baik digunakan kata yang diawali huruf.
Dasar Pemrograman Java H. Risdiandri Iskandar, SKom,MM 1.
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Transcript presentasi:

Class, Inheritance, Encapsulation & Interface Pertemuan 4 : OOP Class, Inheritance, Encapsulation & Interface

Getting Started C# adalah sebuah bahasa pemrograman yang object-oriented. Dengan menggunakan bahasa pemrograman yang object-oriented, dapat dibuat sebuah program dengan code yang berkualitas, mudah di-maintain dan code yang dapat di-reuse (dipakai di bagian lain dari program tanpa perlu anda menulis ulang baris-baris code tersebut).

Class

Object dan Class Object: Sebuah object adalah sebuah benda yang memiliki tujuan yang jelas. Sebuah object memiliki dua hal: kondisi (state) dan perilaku (behavior). Kondisi (state) dari suatu object sering dinyatakan melalui attribute dari object tersebut. Sedangkan perilaku (behavior) dinyatakan melalui operations dari object tersebut.

Object dan Class Class: Sebuah class adalah blueprint atau rancangan dari sebuah object. Class merupakan prototipe yang mendefinisikan state dan behaviour dari suatu object secara umum. Pada sisi lain, object merupakan instance atau bentuk nyata dari suatu class.

Object dan Class

Class Member Class member dibagi menjadi beberapa kategori: Konstanta Field Method Properties Event Indexer Operator Constructor Destructor

Konstanta Konstanta adalah anggota Class yang bernilai tetap. Nilai konstanta diperhitungkan pada saat kompilasi program. Tidak bisa dilakukan pengambilan nilai konstanta dengan keyword this. Jadi harus dipanggil nama classnya.

Field Dalam OOP field biasanya hanya dipakai untuk menyimpan data. Sedangkan data ini sifatnya disembunyikan. Static field merupakan milik class dari pada object.

Method

Constructor & Destructor

Inheritance

Base and Derived Classes <access-specifier> class <base_class> { ... } class <derived_class> : <base_class> { Dalam menulis code untuk derived class, digunakan tanda titik dua “:” sesudah nama class, kemudian diikuti dengan nama dari base class.

Di Kelas Rectangle terdapat Method Override..

Encapsulation

Access specifier public : semua objek boleh akses tanpa batas. private : hanya berlaku dalam Class. protected : hanya boleh diakses Class sendiri dan turunannya. protected : hanya boleh diakses Class-Class dalam satu assembly.

Public

Private

Internal

Interface

Interface Interface adalah komponen vital dan penting dalam dunia OOP. Interface merupakan semacam kontrak tentang apa yang bisa dilakukan di depannya. Deklarasi :

Interface : Contoh (..1)

Interface : Contoh (..2)

END