ANALISA NETWORK
Konsep : Suatu perusahaan jasa konsultan membutuhkan penyusunan network karena perlu koordinasi dan pengurutan kegiatan pabrik yg kompleks, yg saling berhubungan dan tergantung satu sama lain. Perlakuannya dg sistematis utk efisiensi kerja.
Ada 2 metode/prosedur yg digunakan utk analisa Network,yaitu : 1. PERT (program Evaluation and Review Technique) 2. CPM (Critical Path Method) Secara umum perbedaannya CPM utk mengoptimumkan biaya proyek total (total project Cost) bila jangka waktu proyek diperpendek.
Manfaat Analisa Network : Pembangunan Rumah, jalan / jembatan Kegiatan penelitian Perbaikan, pembongkaran dan pemasangan mesin pabrik Kegiatan2x advertensi Pembuatan kapal, kapal terbang Kegiatan2x penataran, dsb
Pembuatan Network: Events (kejadian2x) yaitu permulaan atau akhir dr suatu kegiatan, Simbol nya lingkaran. Activities (kegiatan2x) yaitu pekerjaan/tugas yg diselesaikan dlm waktu/periode, biaya serta fasilitas tertentu, simbol nya anak panah. 1 2 Hubungan antara event dg activity.
Contoh1 : Pekerjaan mengecat pintu. Event pertama adl pintu masih kotor blm di cat, kemudian lakukan kegiatan pengecatan, dan akhirnya setelah kegiatan pengecatan selesai diperoleh event kedua yaitu pintu telah di cat.
Contoh 2 : Pekerjaan membangun Rumah. -Membangun pondasi -Membuat bagian atap (atas) -Meratakan tanah -Membangun tembok dan finishing
Jangka waktu pengerjaan Tabel 1. Kegiatan Keterangan Kegiatan mendahului Jangka waktu pengerjaan (1-2) (1-3) (2-3) (2-4) (3-4) Membuat pondasi Membuat atap Membangun tembok Meratakan tanah Finishing - (1-3),(2-3) 2 minggu 4 minggu 3 minggu 5 minggu Hubungan pekrjaan2x tsb ditunjukkan dg network berikut: 2 2 5 Network Pembuatan Rumah. 1 3 4 4 3 5
Hal yg perlu diperhatikan dlm analisa network Sblm kegiatan dimulai, semua kegiatan yg mendahuluinya hrs sdh selesai dikerjakan. Gambar anak panah hanya menunjukkan urutan2x pengerjaannya.Panjang anak panah dan arahnya tdk menunjukkan letak dr pekerjaan. Nodes (lingkaran) diberi nomor shg tdk terdpt nodes bernomor sama. Utk mghindari anak panah yg berulang2x(circularity), biasanya nomor yg lebih kecil diletakkan pd awal anak panah, dan akhor anak panah diberi nomor yg lebih besar. 2 1 2 3 1 3 Circularity Nomor Nodes yg benar
d. Dua buah kejadian hanya bs dihubungkan oleh satu kegiatan (anak panah). e. Network hanya dimulai dr satu kejadian awal yg sebelumnya tdk ada pekerjaan yg mendahuluinya, dan network diakhiri oleh satu kejadian saja.
Dummy Activities : Adl kegiatan2x semu {bukan kegiatan yg semestinya} dan kejadian2x semu {bukan kejadian yg semestinya}. 2 a a b b 1 4 1 2 c c 3 Dua event dihub oleh 3 kegiatan Network menggunakan dummy activities.
Note: setiap 2 kejadian hanya dihubung kan oleh satu kegiatan; network hrs dimulai oleh satu kejadian dan diakhiri oleh satu kejadian. Contoh : Membuat sepatu dimulai dr membuat bagian atas (a) dan membuat bagian bawah (b), kemudian dirakit(c) menjadi sepatu. 1 a b c 1 1 1 Kegiatan2x semu dan kejasdian semu pd awal network pembuatan sepatu
a c a c X d b b d Penggunaan kegiatan semu utk menghindari hubungan yg salah Deskripsi: ada 4 kegiatan yaitu a,b,c, dan d. Kegiatan a mendahului c (a<c), dan kegiatan b mendahului c dan kegiatan b mendahului d. Gambar kiri diatas menunjukkan hubungan yg salah,seolah2x d hrs didahului a shg digunakan kegiatan semu X.Gambar kanan diatas adl hubungan yg benar.
Jalur Kritis Jalur adl satu rangkaian kegiatan yg menghubungkan secara kontinu permulaan sampai akhir proyek. Jalur Kritis adl jalur yg jml jangka waktu penyelesaian kegiatan2xnya terbesar. Dari gambar misal ada 3 jalur yaitu 1,2,3,4 dg jml waktu 10 minggu, jalur 1,2,3 dg jml waktu 7 minggu dan jalur 1,3,4 dg jml waktu 9 minggu. 2 2 5 Network Pembuatan Rumah. 1 3 4 4 3 5
Shg jalur kritisnya adl jalur 1,2,3,4 krn jml waktu terbesar Shg jalur kritisnya adl jalur 1,2,3,4 krn jml waktu terbesar. Dan jalur terpanjang.meski ada bebrp jalur krg dr 10 minggu, tetapi proyek tdk dpt selesai dlm waktu kurang dr 10 minggu,krn ada kegiatan yg mendahuluinya blm selesai scr berurutan.
Istilah-istilah dlm Analisa Network Earliest Start Time (ES) waktu tercpt utk bs memulai kegiatan dg waktu normal,tanpa mengganggu kegiatan yg lain. Earliest Finish Time (EF) waktu paling cpt utk dpt menyelesaikan suatu kgiatan dg waktu normal,tanpa mengganggu kegiatan yg lain. c. Latest Start Time (LS) waktu paling lambat utk bs memulai kegiatan dlm waktu normal, tanp menggganggu kelancaran kgiatan lain. d. Latest Finish Time (LS) waktu paling lambat utk mnyelesaikan kgiatan dg waktu normal,tanpa mengganggu kgiatan lain.
Contoh : ES (1-2) =0, tdk ada kgiatan mendahuluinya. Network Pembuatan Rumah. Penentuan ES dan EF 2 2 5 1 3 4 4 3 5 ES (1-2) =0, tdk ada kgiatan mendahuluinya. ES (2-3)= 3,dpt dimulai stelah (1-2) selesai dlm 3 minggu. ES (3-4)=5, meski (1-3) selesai dlm 4 minggu,tetapi utk memulai (3-4) hrs menunggu (1-2) dan (2-3) selesai dahulu selama 5 minggu.
2 2 5 Network Pembuatan Rumah. 1 3 4 4 3 5 EF (1-2)=2 minggu, EF (2-3)=5 minggu, EF (1-3)=4 minggu dan EF (3-4)=10 minggu, krn utk mulai (3-4) hrs selesai dahulu (1-2-3) dlm 5 minggu.
2 2 Network Pembuatan Rumah. Penentuan LS dan LF 2 5 1 3 4 10 4 3 5 5 Jalur kritis nya (1-2-3) dlm waktu 10 minggu. (2-4) selesai dlm 5 minggu,krn itu kegiatan itu msh bs selesai pd akhir minggu ke-10 {paling lambat stelah 5 minggu yaitu 10-5=5 minggu}.Jd LS (2-4)= 5 minggu.
2 LS = 10-5=5 2 2 5 Network Pembuatan Rumah. 1 3 4 10 4 LF = 5 3 5 5 LF (1-3) =5 minggu, jk tdk selesai pd akhir minggu ke-5 mk kegiatan berikut akan tertunda.
Analisa Network dg Metode Algoritma Metode ini digunakan bila proyek dan networknya kompleks. Algoritma ES dan EF Bila suatu kegiatan didahului 2 kgiatan lain,mk ES dicari dr LS dr salah satu rangkaian kgiatan yg mendahului dan terpanjang.
Contoh : 3 (b,2) (c,8) (a,10) (g,5) 1 2 6 7 (d,4) (f,1) 4 5 (e,3) Network dari pekerjaan pembuatan barang X, prasyarat f adl b dan e; dummy nya adl kegiatan 3
Pesan material utk rangka Membuat rangka Finishing rangka Kegiatan2x dan kegiatan2x yg mendahului serta waktu utk mmbuat barang X Kegiatan Keterangan Kgiatan yg mendahului Waktu (minggu) a b c d e f g Merencanakan Memesan mesin Menyesuaikan mesin Pesan material utk rangka Membuat rangka Finishing rangka Pasang mesin pd rangka dan stel - b,e c,f 10 2 8 4 3 1 5
Tentukan EF dg cara : Tuliskan waktu mulai tercepat (ES) disbelah kiri dan waktu slesai tercpt (EF) disebelah krn msg2x kgiatan, dan (a,10) yaitu kegiatan a selesai 10 minggu. Stlh a selesai lanjutkan kegiatn b atau d. Kerjakan b,c. ES b adla EF a yaitu mgg ke-10. b dkerjkn 2 mgg, EF b mgg ke-12.EF b adl ES c.EF c adl mgg ke-12 tambah lama c(=8mgg) yaitu 20 mgg. Lalu shrsnya lanjut ke-g,tp f blm slsai mk ke d,e,f dahulu.
4. Dg cara yg sama hitung ES d yaitu mgg ke-10 dan EF d mgg ke-14 4. Dg cara yg sama hitung ES d yaitu mgg ke-10 dan EF d mgg ke-14. lalu ES e mgg ke-14 dan EF nya mgg ke-17, & ES f mgg ke-17, EF f mgg ke-18. 5. Utk g, ES nya EF c atau EF dr kegiatan yg terpanjang. ES g yaitu mgg ke-20. g memerlukan waktu 5 mgg, shg EF g adl mgg ke-25. 6. kesimpulan: proyek akan selesai dlm 25 mgg, atau panjg jalur kritis 25 mgg. Jalur kritisnya a,b,c,g; atau lingkaran 1,2,3,6,7. EF proyek selesai pd mgg ke-25.
a,10 10 10 b,2 12 d,4 10 14 e,3 12 c,8 20 14 17 f,1 17 18 g,5 20 25 Algoritma EF
Algoritma LS dan LF Pertama2x LS ditentkn “kapan proyek selesai”. LS dan LF dihitung dr belakang, sampai tercapai kegiatan pertama. Dr contoh sebelumnya,Waktu selesai tdk dpt dbawah 25 minggu,krn bila selesai sblm mgg ke-25 mk ES pertama negatif (sblm awal mgg pertama).hanya ditmbh LS dan LF dbwh ES dan EF. LF g =25 mgg,LF c=(25-5)=20 mgg,LF f=20 mgg,LF e=(20-1)=19 mgg, dst….
Slack & Float (waktu longgar) Slack adl perbedaan lastest dan earliest event time (perbedaan LS dg ES/ LF dg EF).Slack dgunkan bila network dsusun bdsrkan event, ttpi bila bdsrkan kegiatan dgunkan Float .dr conthoh sblmnya f punya float 1 mgg, d & e msg2x 1 mgg. Sbnrnya d bisa ditunda 2 mgg, shg mulai mgg ke-12 tanpa menunda proyek slesai. Kelonggaran waktu 2 mgg dsebut total slack .e & f msg2x punya slack 2 mgg. Bila d dtunda 2 mgg, mk e & f tdk punya slack.
a,10 10 d,4 10 b,2 12 10 14 Slack 10 12 12 16 e,3 14 17 Slack 12 c,8 20 16 19 12 20 f,1 17 18 Slack 19 20 g,5 20 25 20 25 …. ES EF LS LF
Metode Matriks Buat tabel. Cari EF & LF. 3 (b,2) (c,8) (a,10) (g,5) 1 2 6 7 (d,4) (f,1) 4 5 (e,3) Network dari pekerjaan pembuatan barang X, prasyarat f adl b dan e; dummy nya adl kegiatan 3 Buat tabel. Cari EF & LF. Tentukan jalur kritis dg cara EF=LF.
EF 2 3 4 5 6 7 1 10 12 8 14 17 20 25 Ke Dari 1 2 3 4 5 6 7 LF 10 12 16 19 20 25 Tabel Kegiatan EF & LF
Langkah-langkah : Algoritma EF memakai matriks disusun dr depan dg cara: 1. Buat tabel, event/nodes asal pd kol ke-2 (dr event 1,2 & dst) dan nodes tujuan di brs pertama (ke event 2,3,4, & dst). 2. Tuliskan waktu tiap2x kegiatan,yaitu pertemuan brs asal dg kol tujuan. 3. Kol paling kiri tulis EF, EF event 1 adl 0,tdk ada kgiatan mendahuluinya.
4. EF event 2 adl 10 mgg, dr 0 (EF event 1) dtambah 10 mgg (waktu kgiatan 1-2). 5. EF event 3 adl 10 mgg, (EF event 2) dtambah 2 mgg (waktu kgiatan 2-3) yaitu 12 mgg. 6. EF event 4 adl 10 mgg, (EF event 2) dtambah 4 mgg (waktu kgiatan 2-4) yaitu 14 mgg, dst (EF 5,6,7 yaitu 17 mgg,20 mgg,25 mgg)
b. Algoritma LF memakai matriks disusun dr belakang dg cara: Letakkan LF pd brs paling bawah Selesaikan proyek 25 mgg LF event 6=20 mgg, 25-5 (lama kgiatan 6-7). LF event 5=19 mgg, 20-1 (lama kgiatan 5-6). Dst, LF kgiatan 4,3,2,& 1 yaitu 16 mgg, 12 mgg, 10 mgg & 0.
c. Menentukan jalur kritis Jalur kritis adl jalur yg punya EF = LF. Jalur kritisnya adl 1,2,3,6,7.
SELESAI DEH……..