KOMPUTER MASYARAKAT SESI KE 4

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
OLEH: NI KOMANG DEPI LESTARI
Advertisements

Pemanfaatan Komputer - 1
Konsep e-Learning Oleh Dwi Susanto 1 1.
FUNGSI DAN LAYANAN INTERNET
Materi 5 - Komputer Multimedia
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI
E-LEARNING E-LEARNING KELOMPOK III HEDI SUSANTO HERY WAHYUDI HUSMADIA
SELAMAT DATANG DI PRESENTASI HJ.RENIH WIARSIH
Pengantar Teknologi Komputer & Informatika
Kegunaan Web Bagi Pendidikan
Pembelajaran Berbantuan Komputer
Pemahaman Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran
Banyak pakar pendidikan memberikan defenisi mengenai E- Learning, seperti yang dipaparkan oleh Siahaan (2004) dalam ”Penerapan E-Learning Dalam Pembelajaran”
Penerapan komputer di bidang pendididkan oleh : nurul ayni
Komputer untuk Pendidikan
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
KOMPUTER DAN PENDIDIKAN
SOSIALISASI e-LEARNING DI PERGURUAN TINGGI
Pembelajaran Berazas Komputer 3 SKS Oleh : Riduan,SE.,S.Pd.,M.Pd Fakultas Keguaruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kutai Kartanegara Tahun Akademik 2014/2015.
Collaborative Computing Technologies: Group Support Systems (GSS)
SAINS & TEKNOLOGI INFORMASI DALAM KONTEKS PENDIDIKAN SEJARAH Hansiswany Kamarga.
Komputer dan Pendidikan
Kelompok 3 Pipih Resti Rohaeni
E-Learning by : AIRA 2009.
KOMPUTER & MASYARAKAT Pertemuan 3.
MUSDALIFAH DJ PTIK-A Blended Learning Versus E-Learning.
WELCOME Loading ….
Komputer dan Pendidikan
SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN
Pengantar Teknologi Komputer & Informatika
Definisi Penganjaran Berbantuan Komputer
TEKNOLOGI PEMBELAJARAN BERBASISKOMPUTER
Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi & Komunikasi
Pengenalan Internet Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
PERKEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS ICT TERKINI
1.
Komponen E-Learning
PENGGUNAAN TIK DALAM BIDANG PENDIDIKAN
Pemanfaatan TIK Dalam Pembelajaran
PERANAN TIK Bidang Pendidikan
SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN
Linda Fitri Andriyani ( K )
Blended Learning Versus E-Learning
E-Learning dan Strategi Implementasinya
BERBAGAI JENIS MEDIA PEMBELAJARAN
Peserta Diklat Departemen Agama
Komputer Dan Pendidikan
NETWORKING By Pakar TIK Gandusari.
JANIS – JENIS PEMBELAJARAN BERBASIS IT
Nur zahara, syafaah farid, hamidah, ridwan
Materi 2 - Komputer Multimedia
Mendesain Pembelajaran yang Inovatif untuk Suatu Program Pelatihan
PENGALAMAN PENGELOLAAN MATA AJAR dengan E-Learning Di SCELE
RAGAM MEDIA PEMBELAJARAN PERBASIS TIK
KELOMPOK 2.
Model Pembelajaran Berbasis Komputer
Media Pembelajaran Perbasis IT
Penggunaan Komputer di Bidang Pendidikan
C a l l omputer ssisted anguage earning Dipresentasikan oleh :
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KEJURUAN
Sistem Belajar Jarak Jauh: Penerapannya di Universitas Terbuka
PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS NEGERI PADANG
KOMPUTER DALAM BIDANG PENDIDIKAN & PEMBELAJARAN
Komunikasi di Era Informasi
KOMPUTER DAN PENDIDIKAN
PEMANFAATAN KOMPUTER DALAM BERBAGAI BIDANG
SISTEM PENDIDIKAN JARAK JAUH MELALUI INTERNET
Pengantar Teknologi Komputer & Informatika
IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING
KOMPUTER DAN PENDIDIKAN
Transcript presentasi:

KOMPUTER MASYARAKAT SESI KE 4 PERANAN TEKNOLOGI DAN KOMPUTER DALAM PENDIDIKAN EVOLUSI PEMANFAATAN TEKNOLOGI KOMPUTER DAN INTERNET UNTUK PENDIDIKAN

Perkembangan Peranan Teknologi Dalam Bidang Pendidikan Alat yang digunakan : Awal permulaan dari bahan alami (batu, daun dan sejenisnya) Abad ke-9 muncul kertas sebagai alat dalam proses belajar (buku-buku) Kemudian muncul papan tulis (black Board dan White Board) Awal abad ke-20 radio sebagai alat proses belajar dilanjutkan dengan Video Selanjutnya Televisi digunakan sebagai alat untuk belajar mengajar, yang dapat menghilangkan batas waktu dan jarak. Akhirnya komputer sebagai teknologi modern masuk dalam dunia pendidikan. Internet, E- Learning, E- Education

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Teknologi Kuno Sumber daya tidak terbatas Murah, mudah diperoleh dan praktis Kerugian : Sulit untuk didokumentasikan Pesan (isi tulisan) terbatas

Dokumentasi lebih mudah dilakukan Kertas Keuntungan : Dokumentasi lebih mudah dilakukan Pesan (isi tulisan lebih banyak di banding batu, daun) Kualitas tulisan lebih jelas, nampak rapi Kerugian : Perlu biaya (proses produksi) Relatif mahal Bahan cepat habis

Pesan (Isi tulisan) mudah di hapus (pemakaian berulang-ulang) Blackboard/Whiteboard Keuntungan : Pesan (Isi tulisan) mudah di hapus (pemakaian berulang-ulang) Pemakain bersama Kerugian : Perlu Biaya (Proses produksi)

Radio (Audio) : Efektif (Dapat dipakai bersama terutama untuk jarak yang jauh) dan Efisien Praktis (waktu dan tempat belajar bisa dilakukan di berbagai tempat) Materi tidak terbatas Dapat interaktif dengan menggunakan telepon Kerugian : Biaya pemerolehannya mahal Kualitas suara tidak terjamin (noise) Pesan (Isi materi) sulit dibayangkan Timbal ballik (feed back) sulit (lambat)

Televisi (Audio Visual) Keuntungan : Materi (pesan) dapat divisualisasikan dan dapat berulang-ulang Praktis Efektif dan Efisien Kerugian : Relatif mahal (Perlu biaya) Kualitas tergantung noise Respon / Timbal balik (feed back) lambat (kecuali interaktif)

Video Keuntungan : Materi dapat berulang-ulang Visualisasi lebih jelas dan terfokus (kualitas) Praktis (dapat diarahkan) Efisien dan Efektif Kerugian : Biaya (relatif mahal) Feed Back sangat minim (tidak ada)

Komputer Keuntungan : Visualisasi lebih jelas dan bervariasi (multimedia) (teks, suara dan gambar) Tutorial Materi dapat diprogram (modular)/terencana dan berulang-ulang Efektif dan Efisien Praktis Lebih Menyenangkan (Menghibur) dalam bentuk permainan Simulasi Isi materi lebih banyak (tergantung kapasitas penyimpanan) Kerugian : Relatif mahal (modern) (Saat ini cenderung semakin murah) Feed Back bisa lambat/cepat bahkan tidak ada tergantung program Perlu keahlian / keterampilan mengoperasikan komputer

Perubahan Pendidikan Konvensional Dengan komputer -Lebih manusiawi (ada dosen untuk memotivasi) -Tidak dapat memenuhi kebutuhan Perorangan Bahan ajaran tetap -Hanya tergantung pada siswa -Tidak tergantung waktu -Penyiapan materi lama

Perubahan Pendidikan Era Industri Era Informasi Buku sebagai sarana belajar Keterampilan membaca dan menulis, penting Pengajar sebagai sumber dominan (mentor in center) Teknologi canggih sebagai sarana belajar Keterampilan komunikasi penting Pengajar sebagai fasilitator (guide in the side)

Beda Pendidikan & Pelatihan 1.Materi belum jelas dan dapat dikembangkan 2. Faktor yang ingin ditingkatkan: - Pengetahuan (Knowledge) - Sikap (Attitude) 1. Materi jelas dan baku - Keterampilan (Skill) Pengetahuan : Teoritis, melatih otak Keterampilan : Aplikatif, melatih fisik

Penggunaan Komputer Computer Aided Instruction (CAI) Computer Aided Learning (CAL) Computer Managed Instruction (CMI) Computer Based Education (CBE) 􀂄 CAI : meningkatkan keterampilan 􀂄 CAL : meningkatkan pengetahuan

Aplikasi Non Pengajaran CMI (Computer Managed Instruction) Belajar dengan dikelola komputer Contoh : perencanaan kuliah, belajar, ujian. Komputer langsung memantau kegiatan dan prestasi mahasiswa.

CAT (Computer Assisted Testing) : Ujian berbantuan komputer Contoh : komputer digunakan sebagai penganti kertas ujian komputer dimanfaatkan untuk menggali kemampuan melalui tanya jawab secara aktif CAG (Computer Assisted Guidance) Pengarahan berbantuan komputer membantu pemakai dalam pengambilan keputusan - penggunaan INTERNET

Aplikasi Pengajaran CAI (Computer Assisted Instruction) Jenis Aplikasi CAI : Latih dan Praktek (Drill and Practice) Menguji tingkat pengetahuan siswa. Penjelasan (tutorial) Untuk materi ajaran baru, siswa dapat berinteraksi dengan komputer. Simulasi Digunakan untuk mengkaji permasalahan yang rumit. Pemainan (game) Agar bisa mendapat pengetahuan dengan santai.

Aplikasi Program Komputer Pendidikan - cd interaktif (materi pelajaran dilengkapi dengan bank soal) - cd interaktif (kamus bahasa) - cd interaktif (games/permainan pendidikan - cd interaktif grafis pendidikan - cd tutorial pemrograman

Sistem CAI – PLATO - Dibuat di Illinois Univ. & Central Data Corp. Tujuan : memotong jalur pendidikan formal dan langsung belajar di rumah berupa latih, praktek, penjelasan dan simulasi. - Menggunakan bahasa pemrograman TUTOR untuk : bhs prancis, Jerman, spanyol & Aritmatika dasar serta Fisika u/: SLTA, pelatihan pegawai baru di UNITED AIRLINES - Digunakan di IBM, Apple II plus, ATARI 800 dan Texas instrument TI 99/4A

INTERNET Definisi : Merupakan jaringan global yang menghubungkan beribu bahkan berjuta jaringan komputer yang memungkinkan setiap komputer yang terhubung bisa melakukan komunikasi satu sama lain (Brace, 1997). Awal Internet : Untuk pertahanan militer Amerika. 1969 lahir Avanced Research Project Agency dari Departemen Pertahanan Amerika dengan nama jaringan ARPANet, untuk mendukung keperluan riset kalangan militer Sekanjutnya dipakai keperluan riset perguruan tinggi yang dimulai dengan University of California, Stanford Research Institute dan University of Utah. Fasilitas Internet yang dipakai untuk dunia pendidikan : E-Mail (Surat Elektronik) : one to one communication Mailing List (milis), perluasan penggunaan E-Mail : one to many communication File Transfer Protocol (FTP), digunakan untuk mencari dan mengambil arsif (file) di suatu server News Group, untuk melakukan komunikasi secara serempak dalam waktu yang sama (real time) lazim disebut konferensi dengan menggunakan fasilitas alat video conferencing : komunikasi verbal dan non verbal.

Syarat Internet Pendidikan Agar pemanfaatan internet untuk pendidikan dapat berhasil, harus memenuhi syarat dalam hal : - Faktor Lingkungan yang meliputi institusi/penyelenggara pendidikan dan masyarakat (tekad, kesiapan, kebijakan dan manajemen) - Peserta didik meliputi usia, latar belakang, budaya, penguasan bahasa dan berbagai gaya belajar. Pendidik meliputi latar belakang, usia, gaya mengajar, pengalaman dan personality-nya (sebagai pengembang) Faktor Teknologi, meliputi komputer, perangkat lunak, jaringan, koneksi ke internet dan berbagai kemampuan yang dibutuhkan berkaitan dengan penerapan internet.

Keberhasilan pendidikan berbasis komputer/internet sangat ditentukan oleh karakteristik pengajar yang terlibat, untuk itu : Pendidik perlu diberi pemahaman berbagai keuntungan, termasuk kelebihan dan kelemahan penggunaan internet, sehingga memiliki motivasi dan komitmen yang tinggi Pendidik harus dibekali dengan kesadaran, wawasan, pengetahuan dan keterampilan tentang internet, krn nantinya ia akan berperan sebagai pengembang dan pengguna Pendidik harus memiliki pengelaman dan kemampuan mengajar yang cukup

Bentuk Pemanfaatan Ada 3 bentuk sistem pemanfaatan pendidikan melalui Internet : Web Course, ialah penggunaan internet untuk keperluan pembelajaran, dimana seluruh bahan ajar, diskusi, konsultasi, penugasan dan latihan serta ujian sepenuhnya disampaikan melalui Internet. Bentuk ini tidak memerlukan tatap muka, semua proses belajar sepenuhnya melalui fasilitas Internet, dan dilengkapi berbagai sumber belajar digital. Web Centric Course, sebagian bahan ajar, diskusi, konsultasi, penugasan dan latihan disampaikan melalui Internet, sedangkan ujian dan sebagian konsultasi dilakukan secara tatap muka, berupa tutorial,namun persentase tatap muka lebih kecil. Web Enhanced Course, yaitu pemanfaatan internet untuk pendidikan agar menunjang kualitas kegiatan belajar mengajar. Kegiatan belajarnya masih didominasi dengan tatap muka di kelas.

Terminologi Learning (Menurut TELKOM) Distance Learning, merupakan seluruh bentuk pembelajaran (pendidikan dan pelatihan) jarak jauh, baik yang berbasis korespondensi (modul tercetak) maupan yang berbasis teknologi E- Learning, merupakan bentuk pembelajaran jarak jauh yang menggunakan teknologi (synchronous dan asynchronous) On line learning, memanfaatkan teknologi internet yang dikenal dengan web based learning Computer based learning, memanfaatkan komputer sebagai terminal akses ke proses belajar (CD-ROM leraning) Distance-learning E-learning Online CBL

Definisi : E-learning adalah upaya menghubungkan peserta didik dengan sumber belajarnya yang secara fisik terpisah atau bahkan berjauhan. Manfaat E-learning bagi organisasi : Peningkatan produktivitas Menciptakan nilai bisnis, identik dengan aset organisasi Efisiensi ; proses pembanngunan kompetensi dapat dilakukan dalam waktu singkat Fleksibel dan Interaktif

INTERNET (E-Learning)/ E- Education Keuntungan : 1. Peranan komputer lebih luas (jaringan dunia, waktu dan tempat tidak terbatas) Informasi lebih luas 2. Siswa (Mahasiswa) sebagai subyek (ebih demokratis) (obyek versi metode belajar konvensional) 3. Basis materi (kurikulum) mendukung kompetensi 4. Daya kreasi lebih tinggi 5. Interaktif (chating, sms, video/camera) 6. Praktis, efektif dan efisien 7. Menghibur (menyenangkan) 8. Visualisasi sangat menarik karena powerfull multimedia (meningkatkan minat belajar) dan dinamis Kerugian : Relatif mahal (biaya koneksi dan peralatan jaringan tambahan) Kemanan data / informasi sangat rentan Gangguan oleh virus lebih rentan

Aplikasi E-Learning Pendidikan Menengah menerapkan program ICT(Information and Communication Technology) dalam bentuk situs/web : Edukasi.Net (prog.pemerintah/Pustekkom) EduTech.Net SMUNSabogor SMUN1Gres. Com SMUN1JKT.Com Universitas Terbuka Pelita harapan (mobile education)

PENDIDIKAN TINGGI Terciptanya virtual campus, berbagai PT telah menerapkan e-learning, syarat : Fasilitas hardware+jaringan lengkap Materi Kuliah, Absensi, Ujian dan Diskusi interaktif harus tercover melalui situs / web dinamis Biaya Tinggi harus tersedia (maintenance) Kemanan jaringan harus dapat diandalkan

Isyu dan Masalah Apakah benar komputer meningkatkan kemampuan belajar? Apakah komputer akan mendorong manusia untuk mengabaikan lingkup sosialnya?

Sekian Terima Kasih