Nama Permainan : petani dan pencuri Dosen : Drs. Mujiyana, M.Si Nama : Umi Setiyawati NPM : 20090720170
Anak-anak membentuk lingkaran dan seorang anak yang ditunjuk sebagai pencuri disuruh keluar.
Selagi ia di luar, seorang anak ditunjuk sebagai petani Selagi ia di luar, seorang anak ditunjuk sebagai petani. Sebuah benda ditaruh di tengah lingkaran. Keren kan baju aku??!!!
Pencuri tadi datang dan berjalan diluar lingkaran Pencuri tadi datang dan berjalan diluar lingkaran. Ia boleh memasuki lingkaran dari mana saja dan mencuri benda itu. Cihuiiiii…. Aku dapat apel banyak????!!!! Bisa buat kado pacar aku nih””hihi”
duuuuhhh…sial,, tertangkap… malam minggu gagal nih!! Siaaallllll! Petani harus menangkapnya pada saat pencuri menyentuh benda tersebut. Pencuri itu harus lari keluar dari lingkaran lewat jalan masuk tadi dan ia selamat bila ia dapat keluar tanpa tertangkap. Bila ia tidak tertangkap, maka petani itu harus jadi pencuri dan dipilih petani baru. duuuuhhh…sial,, tertangkap… malam minggu gagal nih!! Siaaallllll! Prak.. Hahaha.. Mau kemana kamu!!!!!
Nama Permainan : mengenali teman Dosen : Drs. Mujiyana, M.Si Nama : Umi Setiyawati NPM : 20090720170
Ayo semuanya ditulis lengkap ya!!!! Pemimpin membagikan kertas kosong kepada semua peserta. Seluruh peserta lalu menulis data pribadi mereka (nama lengkap, data keluarga, status, sekolah/pekerjaan, hobi, alamat, dan sebagainya) . Ayo semuanya ditulis lengkap ya!!!! Em??? Hobi aku apa iah???
Kalian hafalin loh biodata teman kalian!!!! Setelah itu kertas yang sudah terisi dikembalikan kepada pemimpin. Lalu pemimpin memberikan lagi secara acak kepada peserta. Pemimpin memberikan waktu 2-3 menit kepada para peserta untuk menghafal data pribadi kawannya itu. (Serentak) BAIK PAK!!! Kalian hafalin loh biodata teman kalian!!!!
Nama Permainan : perkenalan rahasia Dosen : Drs. Mujiyana, M.Si Nama : Umi Setiyawati NPM : 20090720170
Peserta dibagi dalam 2 kelompok. Kedua regu saling berhadap-hadapan Peserta dibagi dalam 2 kelompok. Kedua regu saling berhadap-hadapan. Tetapi diantara kedua regu itu dibentangkan kain yang lebar, sehingga kedua regu tidak dapat saling melihat.
Itu sepatu nia apa pipit ya???? Em????(berfikir) Permainannya ialah setiap regu menentukan wakilnya untuk menebak wakil kelompok lain tetapi juga ditebak. Wakil kedua kelompok berlutut berhadapan. Agar supaya lebih seru para pemain ini boleh saling memperlihatkan kaki atau sepatu. Itu sepatu nia apa pipit ya???? Em????(berfikir)
Pemimpin menghitung sampai 3 dan pada hitungan ketiga itu kain diturunkan tiba-tiba. Kedua wakil itu harus adu cepat untuk menebak siapa wakil lawannya. Wakil regu yang cepat menebak dengan tepat, mendapatkan angka untuk regunya.
Nama Permainan : dalam kolam Dosen : Drs. Mujiyana, M.Si Nama : Umi Setiyawati NPM : 20090720170
Anak-anak berdiri membentuk lingkaran dan di depan mereka digambar garis dengan kapur. Tiap anak harus menyentuh garis tersebut. Bila ada perintah “di air”, maka tiap orang melompat dengan kedua kakinya bersama-sama, masuk ke garis lingkaran.
Bila ada perintah “di air”, maka tiap orang melompat dengan kedua kakinya bersama-sama, masuk ke garis lingkaran. Bila perintahnya “di darat”, maka tiap anak melompat mundur. Perintah yang diberikan harus bervariasi, “di air, di darat, di air, di air”. Satu atau dua orang anak akan melompat dan jelas mereka akan dikeluarkan. Permainan ini cukup popular dan menyenangkan
Nama Permainan : rebut dan rampas Dosen : Drs. Mujiyana, M.Si Nama : Umi Setiyawati NPM : 20090720170
Semua anak membentuk lingkaran dengan jarak kira-kira 1 meter Semua anak membentuk lingkaran dengan jarak kira-kira 1 meter. Semakin ahli, jaraknya dapat semakin jauh. Tiap anak memegang tongkatnya hingga berdiri tegak di lantai. .
Bila ada perintah “ya” tiap anak harus melepaskan tongkatnya dan cepat-cepat menangkap tongkat teman di sebelah kanannya. Bila tongkat itu sudah keburu jatuh, maka ia dikeluarkan. Permainan ini sangat menyenangkan dan dapat bervariasi. Jarak antar anak dapat diperbesar bila anak-anak sudah mampu, perintah dapat berupa “kiri” atau “kanan”. Bila ingin permainan lebih lama, maka setelah jatuh 3 kali baru dikeluarkan