CHARISAH MILATILLAH, 2102405627 Watak Tokoh-tokoh dalam Kumpulan Crita Cekak Ajur Karya Akhir Lusono.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
DEVI DWI ASTITI, Kepribadian Tokoh dalam Novel Pawestri Tanpa Idhentiti Karya Suparto Brata.
Advertisements

SUWARSIH, Kriminalitas dalam Novel Kembang Kantil Karya Senggono.
MUHAMMAD ARDIANSYAH, Tokoh Joyo Dengkek dalam Novel Sirah Karya AY. Suharyono: Analisis Psikologi Sastra.
DIDIK AGUNAWAN, Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat dengan Teknik Skimming dan Scanning pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Rembang Tahun.
KRISTIANA EVA YULIANI, Tokoh Arjuna Sebagai Titik Temu Antara Wayang Gombal dan Carita Baratayuda.
RATIH BUDI NURANI, Cerita Jaka Setya Lan Jaka Sedya Karangan Mas Arjasuwita Dalam Kajian Greimas.
IMA ISTIANI, Tokoh Panji Dalam Serat Panji Balitar.
HERI ROHMADANI, Heroisme Dalam Serat Menak Dewi Soja.
GALIH WICAKSONO, Tindak Tutur Ekspresif pada Rubrik Gambang Suling di Majalah Jaya Baya.
RUDIANTO, NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM SERAT CEMPORET KARYA R. NG. RANGGAWARSITA.
SITI ROKHANA, Analisis Tokoh Utama dengan Teori Psikoanalisa Sigmund Freud pada Cerpen HANA Karya Akutagawa Ryunosuke.
SUWASTI RATRI ENI LESTARI, Semiotik Syair Lagu Karya Sujiwo Tejo Album Pada Suatu Ketika.
ZULNITA MUSFIANI, Intertekstual Wayang Gombal dalam Majalah Jaya Baya.
AHMAD SHOFFIANTO, SUMBANGAN POWER LENGAN DAN KELENTUKAN TOGOK TERHADAP HASIL JAUHNYA LEMPARAN KE DALAM PADA PEMAIN KLUB TALENTA SUKOREJO KABUPATEN.
WAHYU HANDAYANI, Serat Warawurcita dalam Kajian Struktural.
PUJIANIK, Novel Panglipur Wuyung Asmara Ing Bandjir Lusi Karya JA. Setia Kajian Stilistika.
M U K S A N, Efektifitas Pengelolaan Arsip Di Kantor Kecamatan Gunungpati, Semarang.
LAILY HAYUNING TYAS, Analisis Kelayakan Penyajian Materi Kompetensi Berbicara Pada Buku Teks Basaku Basamu Basa Jawa dan Marsudi Basa lan Sastra.
MUHAMMAD HERU WIBAWA, WATAK DAN PERILAKU TOKOH UTAMA NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA.
ANDIKA RAKA DIANJAYA, Skizofrenia sebagai Fenomena Psikologis dalam Cerpen Le Horla Karya Guy de Maupassant.
NOR HIDAYAH, CITRA DIRI WANITA CINA DALAM NOVEL PUTRI CINA KARYA SINDHUNATA.
ROMADHASARI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK SISWA KELAS VIIIC SMP NEGERI 3 REMBANG DENGAN MEDIA KARTU GAMBAR MELALUI.
NURUL BEKTI RUSILAWATI, Peningkatan Kemampuan Menulis Skenario Sandiwara pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Ngawen dengan Media Film Animasi.
TRIMIATI, Puitika Widodo Basuki Dalam Kumpulan Geguritan Layang Saka Paran.
YENNY NOOR AFIFA, KONFLIK BUDAYA TOKOH LELAKI DALAM NOVEL TIBA-TIBA MALAM KARYA PUTU WIJAYA.
SAINAH, Tokoh dan Fungsi Punakawan dalam Pertunjukan Wayang Orang Ngesti Pandawa di Semarang.
JOKO WURYANTO, Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Lakon Dewa Ruci Versi Ki Anom Suroto dan Kemungkinannya sebagai Bahan Ajar bagi Siswa.
SHOFIYATUN, KONFLIK PSIKOLOGIS TOKOH UTAMA DALAM NOVEL TUHAN, IZINKAN AKU MENJADI PELACUR KARYA MUHIDIN M. DAHLAN.
AWAN KURNIAWAN, ASPEK SOSIAL DALAM NOVEL BILA MALAM BERTAMBAH MALAM KARYA PUTU WIJAYA.
NOVIA FITRIANI, Kepahlawan Dalam Serat Pedhalangan Arjuna Wiwaha.
ENIK MURDIESTI, PENYIMPANGAN PERILAKU ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM KUMPULAN CERPEN CERITA PENDEK TENTANG CERITA CINTA PENDEK KARYA DJENAR MAESA.
FRANSISCUS XAVERIUS HARDANTO, Penokohan dalam Novel Pertemuan Dua Hati Karya N.H. Dini dan Kemungkinannya sebagai Bahn Ajar di SMA/ MA.
B.WIDIA HAYU SAMAPTA, Novel Ombak Sandyakalaning dalam Kajian A.J. Greimas.
NAILUL HUDA, Peningkatan Keterampilan Bermain Drama dengan Memanfaatkan Teknik Demonstrations-Performance dan Media VCD Bermain Drama Siswa.
DIDIK KUSUMA SAPUTRA, Fakta Cerita dan Tema Novel Purasani Karya Yasawidagda.
LUSIANA, PENGARUH PERLAKUAN MODEL PEMBELAJARAN BINCANG INTERAKTIF EVALUASI SEBAYA (BIES) DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA.
ANANG FEBRI PRIAMBADA, Bentuk dan Makna Leksikon Pembentuk Rumah Adat Kudus.
SUDIHARTI, Nilai Religius dalam Kumpulan Cerpen Derai-Derai Kamboja Karya Kusmawanti sebagai Alternatif Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMP.
FINNA DWI ESTIANINGRUM, Cerita Rakyat Ki Sondong Majeruk dan Ki Sondong Makerti Dalam Perspektif Greimas.
HENI PURWATI, Gaya Bahasa dalam Cerita Sambung Sang Fotografer Karya Ay. Suharyono.
SINTA DYANA SANTI, PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XII IPS SMA N 1 KARANG TENGAH KABUPATEN.
AULIA AHMAD RITAUDDINZ, SUDUT PANDANG DALAM NOVEL EDENSOR KARYA ANDREA HIRATA DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA.
ANITA RETNO PURNAMASARI, Kajian Filologis Naskah Pelayaran Ke Makkah.
MALIKA HAJAR NURU SOFWAN, PERSEPSI SISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN MEDIA FILM DOKUMENTER PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI.
PUJI MARYATI, Ekspresi Esmiet dalam Sembilan Crita Cekak di Majalah Panjebar Semangat.
MOH NUR AKHLIS, Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Teknik Ungkap Perasaan pada Siswa Kelas VII MTs Al Burhan Semarang Tahun Pelajaran.
WIWIT UJI SHARASWATI, Struktur Cerita Novel Kembang saka Persi Karya Soebagijo I.N.
NAUFAL ALIN, Perempuan Dalam Novel Dawet Aju Karya Widi Widajat.
MUHAMMAD ZAENUDIN, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI STRATEGI ATM DENGAN MEDIA CONTOH CERPEN SISWA KELAS X-8 SMAN 2 BAE KUDUS.
NOVITA LAELLY, Sinden Dalam Cerbung Tembang Katresnan Karya Atas S. Danusubroto.
BAGUS PRASETYO ADILUHUNG, Sirwenda Danurwenda Dalam Kajian Strukturalisme Greimas.
ZUHROTUN AFIYAH, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI KEINDAHAN ALAM DENGAN METODE EXAMPLES NON EXAMPLES SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SAYUNG.
DEWI MAFTUCHAH, Alur Novel Emprit Ambuntut Bedhug Karya Suparto Brata.
DEFIANA LUTFITASARI, Mitos Cerita Candi Gamelan Di Kabupaten Pekalongan.
DEDDY DWI WIJAYA, Struktur Cerita Misteri Alaming Lelembut pada Majalah Jawa Panjebar Semangat Tahun 2010.
ENDANG MURDININGSIH, NALURI DAN REAKSI TOKOH UTAMA PADA NOVEL MUKJIZAT CINTA KARYA MOHAMMAD MASYKUR A.R.SAID.
ODA SHYANTICA HANINGTYAS, DEIKSIS DALAMROMANVENDREDI OU LAVIE SAUVAGE KARYA MICHEL TOURNIER.
TJUT ITA ZAHARA, ANALISIS STRUKTUR CERITA PADA KUMPULAN CERPEN KACA PIRING KARYA DANARTO: KAJIAN KRITIK SASTRA STRUKTURAL DAN KEMUNGKINANNYA.
ARMI APRILIANINGSIH, Peningkatan Keterampilan Menulis Cerkak Siswa Kelas IX D SMP 3 Welahan Kabupaten Jepara dengan Pendekatan Keterampilan.
DWI INDAH YULFITA RACHMAWATI, KETIDAKEFEKTIVAN KALIMAT DALAM PENULISAN BERITA RADAR TEGAL.
DESIANA DWI PRAMESTI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PESAN SINGKAT (MEMO) MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN BERBASIS MULTIMEDIA.
TITAH FURI HADIYANTI, Analisis Tindak Kekerasan dalam Dongeng Le Petit Poucet Karya Charles Perault.
AMNAH FALESTINA, Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Sugesti- Imajinasi Media Lagu Siswa Kelas X MA Salafiyah Karang Tengah.
YUNITA ENDARWATI, Struktur Crita Cekak (Cerkak) Majalah ''Jaya Baya'' pada Tahun 90-an.
INDAH FITRIYA DWI SETYANINGSIH, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI ANAK MELALUI MEDIA GAMBAR DENGAN TEKNIK EVALUASI LANGSUNG SISWA KELAS V.
NOVIA DWI TRANWATI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI MELALUI MEDIA ANGKA SISWA KELAS X SMA DIAN KARTIKA.
Identitas Mahasiswa - NAMA : SHOFATUN NASIKHAH - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan Sastra.
ASTERIA MURBANDARI, Novel Luruh Kuncup sebelum Berbunga Karya Mira W dan Kemungkinannya sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMP.
Identitas Mahasiswa - NAMA : KUMAISAROH - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa)
Identitas Mahasiswa - NAMA : IMA WULANDHARI - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan Sastra.
Transcript presentasi:

CHARISAH MILATILLAH, Watak Tokoh-tokoh dalam Kumpulan Crita Cekak Ajur Karya Akhir Lusono

Identitas Mahasiswa - NAMA : CHARISAH MILATILLAH - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa) - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - charie_syah pada domain plasa.com - PEMBIMBING 1 : Drs. Sukadaryanto, M.Hum. - PEMBIMBING 2 : Sucipto Hadipurnomo, S.Pd., M.Hum. - TGL UJIAN :

Judul Watak Tokoh-tokoh dalam Kumpulan Crita Cekak Ajur Karya Akhir Lusono

Abstrak Karya sastra berupa crita cekak merupakan karya fiksi prosa yang dapat dijadikan bahan untuk mempelajari sifat manusia. Keberadaan crita cekak tidak hanya untuk dibaca sebagai hiburan, tetapi juga dipelajari karakter para pelakunya. Tokoh dalam cerita, seperti halnya manusia dalam kehidupan sehari-hari di sekitar kita, selalu memiliki watak-watak tertentu. Hal itu terlihat dari karakter dan perwatakan yang menunjuk pada penempatan tokohtokoh tertentu dengan watak tokoh-tokoh tertentu dalam sebuah cerita. Crita cekak akan hidup dengan hadirnya para tokoh lengkap dengan konflik yang dihadapi. Melalui kajian tokoh, akan diketahui peranan tokoh dalam crita cekak. Crita cekak sering menceritakan kehidupan tokoh yang sedang dihadapkan pada berbagai masalah. Masalah-masalah yang sedang dihadapi tokoh dalam crita cekak sering disebut konflik. Konflik tersebut sering kali tidak jauh dari kenyataan hidup manusia. Karena itu, dengan membaca crita cekak, pembaca bisa belajar mengatasi masalah yang sedang dihadapi lewat karakter para tokohnya. Berdasarkan latar belakang tersebut, permasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah watak tokoh-tokoh crita cekak dalam kumpulan crita cekak Ajur karya Akhir Lusono? Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan watak tokoh-tokoh crita cekak dalam kumpulan crita cekak Ajur karya Akhir Lusono. Penelitian ini menggunakan pendekatan objektif, yakni pendekatan yang memfokuskan pada karya sastra yang dikaji yakni crita cekak Ajur karya Akhir Lusono. Sasaran penelitian ini adalah watak tokoh-tokoh kumpulan crita cekak Ajur karya Akhir Lusono. Sumber data diperoleh dari kumpulan crita cekak Ajur karya Akhir Lusono yang diterbitkan oleh Gitanagari tahun Crita cekak ini terdiri atas 18 crita cekak yang dikemas ke dalam 151 halaman. Penelitian ini menunjukkan sebagaimana lazimnya crita cekak lain dalam Ajur karya Akhir Lusono, yakni terdapat tokoh utama dan tokoh tambahan. Selain itu ada juga tokoh protagonis dan tokoh antagonis. Tokoh utama tidak selalu berkarakter baik begitu juga sebaliknya tokoh tambahan tidak selalu berkarakter jahat. Adapun watak dari tokoh-tokoh yang baik adalah ceria, suka menolong, sopan, ramah, sregep, berbakti kepada orang tua, sabar, tanggung jawab, kagetan, bingungan, cengeng. Sedangkan watak tokohtokoh yang jahat adalah tidak syukur, mata kranjang, cerewet, egois, emosinanal. Dari watak-watak tersebut dapat diketahui tokoh yang berkarakter baik dan tokoh yang berkarakter jahat. Delapanbelas crita cekak tersebut v menceritakan kehidupan seorang tokoh yang sedang dihadapkan dengan berbagi masalah. Masalah-masalah dalam crita cekak ini merupakan gambaran kehidupan sehari-hari yang sering dialami manusia. Crita cekak ini sebagian besar isi cerita mengisahkan sebuah cerita yang tidak selalu diakhiri dengan kebahagiaan. Meskipun dalam kehidupannya terlalu berat menjalani problem yang selalu menimpanya, namun mereka tetap menghadapi dengan hati yang lapang, sabar, terbuka, lapang dada dan tabah. Berdasarkan temuan tersebut di atas, saran yang dapat diberikan yaitu agar penelitian ini dapat menambah sumbangan pengetahuan, pengalaman, serta dapat menganalisis watak tokoh-tokoh terhadap penelitian karya sastra jawa lainnya. Delapanbelas crita cekak tersebut hendaknya dapat digunakan sebagai bahan ajar apresiasi sastra di sekolah.

Kata Kunci watak tokoh - tokoh, crita cekak

Referensi Aminuddin Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru. Badrun Ahmad Pengantar Ilmu Sastra Surabaya: Usaha Nasional. Budiharjo, Paulus Mengenal Teori Kepribadian Mutakhir. Yogyakarta: Kanisius. Departemen Pendidikan dan Kebudayan Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Endraswara, S Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Widyatama. Gazali, M. A Ilmu Jiwa. Jakarta: Ganaco N. V. Haryati, Nas Apresiasi Prosa. Semarang. Universitas Semarang Press. Hartoko, Dick Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: PT Gramedia. Jabrohim (ed) Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha Widia. Jabrohim, Chairul Anwar dan Suminto A. Sayuti Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Kartono, Kartini Kepribadian dan Mental Higiene. Bandung: Alumni. Nurgiyantoro, Burhan Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Pradopo, Rachmat Djoko Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Jakarta: Gramedia. Rahmanto, B Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius. Sayuti, Suminto. A Apresiasi Prosa Fiksi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Semi, Atar Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya. Soetarno Peristiwa Sastra Indonesia Surakarta: Widya Duta. Suharianto, S Dasar-dasar Teori Sastra. Surakarta: Widya Duta. Sumardjo, Jacob Memahami Kesusastraan. Bandung: Alumni. Tarigan, Henry Guntur Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa. Taum, Yoseph Yapi Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Nusa Indah. Teeuw, A Membaca dan Menilai Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Terima Kasih