PERENCANAAN PROYEK PERANGKAT LUNAK

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Manajemen Proyek Perangkat Lunak
Advertisements

REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Aturan dan Tanggung Jawab Tim Pilihan-pilihan berikut dapat diambil untuk menerapkan sumber daya manusia kepada sebuah proyek yang akan membutuhkan n manusia.
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK I
BRAINWARE ( Manusia / User )
Pengembangan perangkat lunak
Aktifitas Pengembangan & Pemeliharaan Sistem
PENGETAHUAN PERANGKAT LUNAK & REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Perencanaan Rekayasa Perangkat Lunak
SESI 3. KONSEP MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK
Membangun Sistem Informasi ERP
1 Pendahuluan Pertemuan 12 Matakuliah: H0062/Teori Sistem Tahun: 2006.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
10 documentation.
Rekayasa Perangkat Lunak Perencanaan Proyek Perangkat Lunak
Pengelolaan Sistem Informasi
FASE PERENCANAAN MPSI – sesi 4.
KONSEP SISTEM INFORMASI KORPORASI
Pengelolaan Proyek Sistem Informasi
PriNciples That Guide Practice
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Perencanaan Proyek Perangkat Lunak
2 The Software Product.
Pendhahuluan Software engineering BY: Y. PALOPAK S.Si., MT.
Manajemen Proyek Perangkat Lunak
Rekayasa perangkat lunak (rpl)
Professional documents
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
FASE PERENCANAAN MPSI – sesi 4.
PIHAK-PIHAK YANG TERLIBAT DALAM PROYEK
Oleh : Dewi Sartika, S.Kom
Manajemen Proyek.
Pengelolaan Instalasi Komputer
System Development Life Cycle (SDLC)
Sistem Informasi Manajemen
Rekayasa Perangkat Lunak Pendahuluan
Rekayasa Perangkat Lunak Dosen : Citra Noviyasari, S.Si, MT
Analisa Perancangan Sistem
Pengembangan dan Pengadaan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi
Rekayasa Perangkat Lunak
PERENCANAAN (PROYEK) PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak Dosen : Citra Noviyasari, S.Si, MT
SOFTWARE ENGINEERING (cont.)
2 The Software Product.
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
3 Pengembangan Sistem Penunjang Keputusan (Decission Support System)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Membangun Sistem Informasi ERP
Membangun Sistem Informasi ERP
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Tujuan pembelajaran Mendefinisikan batasan manajemen proyek perangkat lunak (MPPL) Membedakan pengembangan proyek perangkat lunak dengan lainnya Memahami.
Sesi -2 Perencanaan proyek
Manajemen Proyek TI /Perangkat Lunak (MPPL)
Siklus Hidup System.
PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENDUKUNG SISTEM INFORMASI
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
SOFTWARE ENGGINERING Software LIFE CYCLE
ANALISA & PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
Pengenalan Perangkat lunaK
PIHAK-PIHAK YANG TERLIBAT DALAM PROYEK
PERENCANAAN PROJEK PERANGKAT LUNAK
SOFTWARE ENGINEERING (cont.)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK PROGRAM STUDI D3
2 The Software Product.
OLEH : MUH.ADAM.A P PROGRAM STUDI ILMU DAN TEKNOLOGI PANGAN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS HASANUDDIN.
Pengantar Perangkat Lunak
Analisa Perancangan Sistem
Transcript presentasi:

PERENCANAAN PROYEK PERANGKAT LUNAK PERTEMUAN 2 DAN 3 PERENCANAAN PROYEK PERANGKAT LUNAK

PENDAHULUAN Unrtuk keberhasilan proyek atau pengerjaan pengembangan maupun pembuatan perangkat lunak, beberapa hal yang harus dimengerti oleh pemimpin proyek antara lain: Batasan dari pekerjaan yang akan dikerjakan,pada point ini pemimpin proyek harus dapat mengenali permasalahan yang akan dikerjakan tujuanya adalah untuk menentukan batasan permasalahan yang akan dikerjakan. Sumber daya ditentukan, setelah pemimpin proyek dapat menentukan batasan permasalahan, berikutnya menentukan sumber daya yang diperlukan. Kendala dan batasan, pemimpin proyek harus mampu meramalkan kendala dan batasan yang mungkin timbul pada tahab pekerjaan permasalan dan cara untuk mengatasinya. Biaya dan jadwal keja, hal yang terakhir adalah kemampuan untuk menentukan perkiraan biaya yang akan dihabisksn atau diperlukan dan jadwal kerja pengejaan.

Definisi Rekayasa Perangkat Lunak ·   Menurut Timothy dalam bukunya Object Oriented Software Engineering, Rekayasa Perangkat Lunak adalah proses menyelesaikan masalah dengan membangun secara sistematik dan evolusi dari sistem perangkat lunak berkualitas dengan memperhitungkan biaya, waktu dan batasan-batasan lain. ·    IEEE* : Aplikasi yang sistematik, teratur pendekatan kuantitatif dalam membangun, mengoperasikan dan perawatan dari sebuah perangkat lunak *) Institute of Electrical and Electronics Engineers ·     Canadian Standard Association : Aktifitas sistematik yang melibatkan desain, implementasi dan testing dari perangkat lunak untuk memaksimalkan produksi dan dukungannya.

Karakteristik Perangkt lunak Untuk dapat mengerti secara jelas mengenai perangkat lunak, kita perlu mengetahui beberapa karakteristik yang terdapat pada perangkat lunak tersebut. Karakteristik tersebut adalah : Pembuatan perangkat lunak berdasarkan logika. Ini menyebabkan pembuatan perangkat lunak berbeda satu programmer dengan programmer lainnya. Perangkat lunak dikembangkan bukan dibuat oleh pabrik-pabrik tertentu. Hal ini berarti bahwa perangkat lunak tidak dibuat secara masaal, karena dalam pembuatan perangkat lunak memerlukan perancangan yang baik. Perangkat lunak tidak akan pernah usang karena selalu diperbaharui

Aplikasi Perangkat Lunak System software Merupakan kumpulan program yang ditulis untuk menunjang pemakaian atau pembuatan suatau program Contoh: Compiler, Editor Real Time Sofware Adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengukur atau menganalisis atau mengontrol proses pemasukan data dari lingkungan luar sampai menghasilkan laporan yang sesuai dengan keinginnan. Bussines Software Engineering and Scientific Software Embedded Sofware Perangkat lunak yang digunakan untuk mengontrol suatu proses atau sistem Personal Computer Software Diigunakan untuk aplikasi mikro Artificial Intelligence Software

Katagori Ukuran Proyek Trivial Proyek (Proyek Sederhana) Small Proyek Medium Proyek Large Proyek Very Large Proyek 6. Extremely large proyek

Perencanaan Sumber DAya perencanaan sumber daya meliputi 3 kriteria: Perencanaan sumber daya manusia Perencanaan sumber daya perangkat keras Perncanaan sumber daya perangkat lunak

Penentu Keberhasilan Proyek Untuk membuat suatu proyek perangkat lunak efektif maka diperlukan 3 hal berikut (3P) yaitu: : People Problem Process

Perbedaan RPL dengan rekayasa lain Rekayasa Perangkat Lunak berbeda dengan jenis rekayasa lain karena manajemen perangkat lunak sangat sulit. Perbedaan tersebut a.l : 1.  Produk perangkat lunak tidak berwujud 2. Tidak ada proses perangkat lunak standard 3.  Proyek perangkat lunak yang besar seringkali merupakan proyek ‘one-off’

Stakeholder (pengguna) yang memanfaatkan hasil rekayasa perangkat lunak ·        USER Pihak yang akan memanfaatkan perangkat lunak, ·        CUSTOMER (sering disebut client) Adalah bagian yang membuat keputusan akan memesan atau membeli suatu perangkat lunak. Bisa sebagai user bisa juga bukan. Tujuannya untuk meningkatkan profit atau menjalankan bisnis lebih efektif. Customer berapresiasi pada perangkat lunak yang membantu organisasi mereke ·        SOFTWARE DEVELOPMENT Adalah bagian yang membangun dan mengelola perangkat lunak beberapa atau semuanya. Seringkali disebut perekayasa perangkat lunak. Dalam bentuk tim biasanya terdiri dari berbagai macam spesialis, seperti : analisis, database, programmer dll.  ·        DEVELOPMENT MANAGER Pihak yang mengendalikan organisasi pembangun perangkat lunak. Tujuannya menjual sebanyak mungkin perangkat lunak. Biasanya tidak terlibat secara detail dalam proyek perangkat lunak.

Kegiatan-Kegiatan Manajemen Penulisan proposal Tujuan proyek Bagaimana pelaksanaannya. Perkiraan biaya dan jadwal Perencanaan dan penjadwalan proyek Identifikasi kegiatan Patokan Apa yang harus dihasilkan proyek Sebagai panduan pengembangan ke arah tujuan proyek Pembiayaan proyek Perkiraan sumber daya yang dibutuhkan untuk melaksanakan rencana Pemantauan dan peninjauan proyek Kegiatan proyek berkesinambungan Membandingkan kemajuan dan biaya yang dikeluarkan dengan biaya yang direncanakan

Kegiatan-Kegiatan Manajemen (cont...) Pemilihan dan evaluasi personel Ideal : Staf ahli dengan pengalaman sesuai Kurang ideal, karena : Anggaran proyek mungkin tidak memenuhi penggunaan staf yang harus dibayar mahal .Staf dengan pengalaman yang sesuai mungkin tidak tersedia .Organisasi mungkin ingin mengembangkan keahlian karyawan dengan menempatkan staf yang tidak berpengalaman untuk belajar dan memperoleh pengalaman Penulisan laporan dan presentasi Manajer proyek bertanggung jawab melaporkan proyek pada klien dan organisasi Manajer proyek harus menulis dokumen yang ringkas dan logis dan megemukakan laporan Manajer proyek harus mempunyai kemampuan berkomunikasi lisan dan tertulis yang efektif.