Membangun Game 3D FPS “Destroyer” dengan Menggunakan C-Script

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pembuatan Interaksi di dalam Movie Flash (1)
Advertisements

User Account Dan Login Windows XP merupakan suatu sistem yang multiuser (berbagai pengguna) Dalam arti, user yang berbeda dapat melakukan log on ke Windows.
BORLAND DELPHI 1. Pengenalan Borland Delphi merupakan program aplikasi database yang berbasis Object Pascal dari Borland. Delphi juga memberikan fasilitas.
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
Pengenalan Action di dalam Movie Flash
Membuat file Portable Document Format (PDF)
Isikan Password untuk mengaktifkan program dengan huruf g kecil Klik di sini bila membuat Proyek Baru.
Workshop Project 2 Tic Tac Toe Game
Panduan Penggunaan dan Akses
SISTEM OPERASI WINDOWS
Membuat Game FPS ”The Mission” dengan Menggunakan C-Script
Data (Variable dan List)
Perkembangan Pemrograman Perkembangan dari VisualBasic
Macromedia Flash.
Pengenalan Geogebra.
MINGGU Ke Tigabelas Pemrograman Visual
Kelas XII/ 1 Oleh: Adhe Whisnu K.
PI. Jurusan Manajemen Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas PEMBUATAN GAME KETANGKASAN BOLA PANTUL for further detail, please visit
Pengenalan Powerpoint
“ MEMBUAT APLIKASI MOBILE MEDIA PLAYER MENGGUNAKAN Aristo Oktobrian,
PENGENALAN PEMROGRAMAN APLIKASI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH Pertemuan 1 D3 Manajemen Informatika Universitas Trunojoyo.
PEMBUATAN GAME ”FUN PUZZLE” DENGAN MENGGUNAKAN Ratih Handayani
L/O/G/O KECERDASAN BUATAN OLEH: 1. Niko Dwi Auliyantho( ) 2. Zulfa Izza Azzah-ra( )
SISTEM OPERASI WINDOWS
Area Kerja Macromedia Flash 8
Sekilas Impress Open Office.org.
Pengembangan game.
PROGRAM APLIKASI PERKANTORAN
Pengoperasian dan Troubleshooting Sistem Operasi Berbasis GUI (windows 7) By Taufik WN, S.Kom.
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER. – BPM Pustekkom – Next.
“PEMBUATAN GAME METEOR JATUH DENGAN MENGGUNAKAN Fajar Budi Mulia for further detail, please visit
Lingkungan MS Access Pertemuan 2
nama kelompok Eka Amilia Rahmawati Ratno Wijaya
Level Design.
Storyboard.
Desain Antar Muka (Interface)
Membuat Macro.
VISUAL BASIC.NET Apa Itu VB.NET ?
Louis Bertrand Secondra
KONSEP INTERFACE
Operating System Teknik Produksi dan Penyiaran Program Radio Kelompok Teknologi Informasi dan komunikasi Penyusun : Ahadiat,S.ST Dadang Abdurrakhman,S.Pd.
Algoritma & PEMROGRAMAN 2B (Visual basic)
User interface Bagaimana user berinteraksi dengan komputer
Brent Fox - Sugiyanto Planning Menu Flow.
Dasar Komputer & Pemrog. 2B
Membuat Aplikasi ( PHP + MySql )
Referensi Cepat untuk Suara
Curves dan NURBS Mail merge.
Introduction to Video Games
GAME PEMBUATAN for further detail, please visit
GAME PEMBUATAN for further detail, please visit
Macromedia Flash.
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Interaktivitas Katie Salen Unit 1 Chapter 6
Dasar Komputer & Pemrog. 2B
APLIKASI BELAJAR HURUF HIJAIYAH MENGGUNAKAN PERANGKAT TELEPON SELULER
PEMBUATAN GAME SPACE METEOR MENGGUNAKAN J2ME
PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP DOKUMENTASI
Macromedia Flash.
ADOBE FLASH CS3 PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI GAME FIGHTING DENGAN
#2 Animasi Sigit Pambudi, M.Eng
TUGAS REVIEW JURNAL GRAFIKA KOMPUTER
IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM
Macromedia Flash.
Brent Fox - Sugiyanto Planning Menu Flow.
Interface Design.
Interface Design.
RANCANGAN LAYAR Grafik User Interface OBJEK ORIENTED DISAIN.
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2B
MENGGUNAKAN SISTEM OPERASI ( OPERATING SYSTEM )
Transcript presentasi:

Membangun Game 3D FPS “Destroyer” dengan Menggunakan C-Script Nama NPM Jurusan Pembimbing : Saferus Arlin : 50406652 : Teknik Informatika : BRAHMANTYO HERUSETO, Dr.

Latar Belakang Masalah Game pada dasarnya adalah hiburan jenis game (genre) FPS banyak dimainkan semua orang cenderung menyukai permainan atau game pengembangan game di Indonesia yang sepi

Tujuan Membangun Game 3D bernama Destroyer yang ber-genre FPS agar dapat dimainkan sebagai hiburan atau sebagai salah satu contoh game yang dapat dikembangkan lebih lanjut .

Metode Pembuatan Mendatangi beberapa warnet sekitar rumah dan kampus Mencari bahan referensi, membaca dan menganalisa game-game yang ada sekarang berdasarkan referensi pustaka Perancangan game, penulisan coding program, peng-compile-an dan terakhir melakukan uji coba aplikasi

Game FPS Salah satu genre atau jenis dari game adalah FPS (First Person Shooter). Genre FPS atau First Person Shooter adalah jenis game yang mengutamakan kecepatan gerakan kita di dalam permainan. Banyak baku tembak dan kita harus bertahan selama mungkin. Disebut First Person Shooter karena pandangan pemain adalah pandangan orang pertama (first person). Kita melihat tampilan dilayar seperti kita melihat dari mata kita sendiri

Kecerdasan buatan pada Game FPS Pengertian suatu metode yang memberikan sebuah mesin kemampuan untuk membuat keputusan yang pantas Tujuan untuk membuat mesin tersebut berkelakukan sepintar-pintarnya

Konsep Kecerdasan Buatan Teori kotak hitam (black boxes theory) Keadaan awal dari sebuah mesin dianggap sebagai kotak hitam yang di dalamnya belum memiliki keadaan (state). Kotak hitam ini di isi state-state atau biasa disebut inner state (kumpulan state yang ada di dalam sebuah kotak) Diberikan suatu keadaan yang mempengaruhi penentuan state yang sesuai untuk kotak hitam tersebut atau biasa disebut state machine

Teknik Pemrograman Kecedasan Buatan FSM (Finite State Machine) Tujuan: memberikan suatu entitas tindakan yang dibatasi dengan beberapa cara. WAIT ESCAPE DIE DEAD ATTACK

Teknik Pemrograman Kecedasan Buatan (Cont) Keadaan yang mempengaruhi state State Player near Health>30 Health <=30 Health<=0 Dying finished WAIT ATTACK ESCAPE DIE DEAD

Logika Permainan Pemain akan memainkan seorang player (tokoh utama) yang memiliki misi untuk menemukan teleportasi dan menghancurkan teleportasi tersebut beserta base mereka lalu secepatnya tokoh utama kembali ke titik awal. Dalam menjalani misinya tersebut tokoh utama akan dihadang oleh musuh-musuh.

Pembuatan Model Entitas (Tokoh Utama) Digunakan software Model Editor (MED) dan File new Cube (kubus) ditambahkan Diperkecil 3x lebih kecil dari ukuran awal cube. Dilakukan beberapa perubahan verteks dalam mode triangle.

Pembuatan Area Permainan ( Ruangan Awal Tokoh Utama ) 1 Digunakan software World Editor (WED) File new Sebuah kubus ditambahkan (Object > Add Cube>Large) Kubus diperbesar Kubus diberikan efek hollow block (Edit>Hollow Block)

Pembuatan Area Permainan ( Ruangan Awal Tokoh Utama ) 2 Ditambahkan kubus Diberikan efek hollow

Pembuatan Area Permainan ( Ruangan Awal Tokoh Utama ) 3 Penambahan Objek Lampu Penambahan objek lampu ( object > add light) Pengaturan properties objek lampu

Pembuatan Area Permainan ( Ruangan Awal Tokoh Utama ) 4 Memasukkan Tokoh Utama ke Area Permainan File-file entitas harus ada di dalam folder work yang defaultnya ada di c:\Program Files\Gstudio\ File-file yang sudah ada di akses melalui menu object > add model > held1.mdl

Tampilan Area Permainan Hasil akhir ruangan awal tokoh utama memulai Posisi tokoh utama

Penambahan Script Pemrograman C-Script Membuat action script untuk tokoh utama : ACTION player_prog {MY.NARROW = ON; MY.TRIGGER_RANGE = 5; MY._MOVEMODE = _MODE_WALKING; MY._FORCE = 0.75; MY._BANKING = -0.1; MY.__STRAFE = ON; MY.__BOB = ON; MY.__TRIGGER = ON; player_walk(); player_fight(); drop_shadow();}

Output Program

Kuesioner Bagaimana pendapat anda mengenai efek suara yang digunakan . . . a. Kurang b. Cukup c. Baik   Bagaimana pendapat anda mengenai texture dan pencahayaan pada game ini . . . Bagaimana pendapat anda mengenai tingkat kesulitan misi dan musuh yang dimainkan . . . Bagaimana pendapat anda mengenai control pengaturan yang ada . . . a. Kurang b. Cukup c. Baik Bagaimana pendapat anda mengenai tampilan splass screen yang disajikan . . .  

Kuesioner (cont) Bagaimana pendapat anda mengenai tingkat AI musuh yang dilawan . . . a. Kurang b. Cukup c. Baik Bagaimana pendapat anda mengenai area permainan yang disajikan . . . Bagaimana tingkat kepuasan anda setelah bermain permainan ini . . . Bagaimana pendapat anda tentang tampilan menu yang disajikan, apakah sudah termasuk user friendly . . . Bagaimana pendapat anda tentang keseluruhan game destroyer ini . . . a. Kurang b. Cukup c. Baik

Kuesioner (cont)

Kesimpulan menjadi salah satu pilihan bagi seorang user (pengguna) yang ingin memainkan permainan yang menghibur di PC nya Fitur yang disediakan dalam game ini adalah mode single player mode single player dimana pemain akan menulusuri semua ruangan dan melawan semua musuh yang menghadang dalam misi mencari sebuah item.