REPRESENTASI PENGETAHUAN.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
REPRESENTASI PENGETAHUAN - 2
Advertisements

REPRESENTASI PENGETAHUAN – JARINGAN SEMANTIK DAN SKEMA
Referensi : Kusumadewi, Sri. Artificial Intelligence Teknik dan Aplikasinya, Yogayakarta, Graha Ilmu, 2003 Pandjaitan, Lanny. Dasar – Dasar Komputasi Cerdas,
REPRESENTASI PENGETAHUAN
Representasi Pengetahuan
Representasi Pengetahuan
Pengenalan Logika Informatika
PENARIKAN KESIMPULAN/ INFERENSI
REPRESENTASI PENGETAHUAN
REPRESENTASI PENGETAHUANI
Sistem Pakar.
REPRESENTASI PENGETAHUAN
METODE INFERENSI.
REPRESENTASI PENGETAHUAN
REPRESENTASI PENGETAHUAN
VISKA ARMALINA S.T.,M.ENG REPRESENTASI PENGETAHUAN-3.
Oleh : 1. Ike Dewi P ( ) 2. Masyitha ( ) 3. Nurtika Setiowati ( )
Representasi Pengetahuan
Knowledge Representation (lanjutan)
REPRESENTASI PENGETAHUAN
Representasi Pengetahuan
REPRESENTASI PENGETAHUAN
Representasi Pengetahuan (I)
REPRESENTASI PENGETAHUAN - LOGIKA
JARINGAN SEMANTIK PERTEMUAN MINGGU KE-7.
REPRESENTASI PENGETAHUAN
Model Representasi Pengetahuan
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN
REPRESENTASI PENGETAHUAN
Representasi Pengetahuan
Respresentasi Pengetahuan
REPRESENTASI PENGETAHUAN
REPRESENTASI PENGETAHUAN
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 6 dan 7.
Representasi Pengetahuan
Representasi Pengetahuan II.
REPRESENTASI PENGETAHUAN
Intelegensia Buatan Silabus Perkembangan AI
KNOWLEDGE REPRESENTATION
Pertemuan 4 Representasi Pengetahuan
Representasi Pengetahuan lanjut
Model Representasi Pengetahuan
REPRESENTASI PENGETAHUAN
REPRESENTASI PENGETAHUAN
REPRESENTASI PENGETAHUAN
KNOWLEDGE REPRESENTATION
Akuisisi dan Representasi Pengetahuan
Representasi Pengetahuan
REPRESENTASI PENGETAHUAN – JARINGAN SEMANTIK DAN SKEMA
Script 17/9/2015 Kode MK : MK :.
Representasi Pengetahuan
Rerepresentasi Pengetahuan
Pengembangan Sistem Pakar
Sistem Berbasis Pengetahuan
Sistem Berbasis Pengetahuan
LIST and TREE 17/9/2015 Kode MK : MK :.
Pertemuan 1 Logika.
REPRESENTASI PENGETAHUAN - LOGIKA
Representasi Pengetahuan
KNOWLEDGE REPRESENTATION
REPRESENTASI PENGETAHUAN dan Reasoning (Penalaran)
REPRESENTASI PENGETAHUAN I
Representasi Pengetahuan II
Rerepresentasi Pengetahuan
REPRESENTASI PENGETAHUAN
REPRESENTASI PENGETAHUAN
REPRESENTASI PENGETAHUAN
Representasi Pengetahuan
Kecerdasan Buatan Pertemuan 02 Reperentasi Pengetahuan.
Pertemuan 1 Logika.
Transcript presentasi:

REPRESENTASI PENGETAHUAN

REPRESENTASI PENGETAHUAN DEFINISI KNOWLEDGE KATEGORI KNOWLEDGE KNOWLEDGE PADA EXPERT SYSTEM (ES) HIRARKI KNOWLEDGE TEKNIK REPRESENTASI KNOWLEDGE

fakta atau kondisi sesuatu atau keadaan yang timbul karena suatu pengalaman

1. Procedural Knowledge Bagaimana melakukan sesuatu 2 1. Procedural Knowledge Bagaimana melakukan sesuatu 2. Declarative Knowledge Sesuatu itu benar atau salah 3. Tacit Knowledge Tidak dapat diungkapkan dengan bahasa

ALGORITMA + STRUKTUR DATA = PROGRAM Analogi dengan ekpresi klasik : ALGORITMA + STRUKTUR DATA = PROGRAM Knowledge pada ES : KNOWLEDGE + INFERENSI = ES(EXPERT SYSTEM

Noise : data yang masih kabur Data : hal yang paling potensial Informasi : data yang telah diproses Knowledge : informasi yang sangat khusus Meta knowledge : knowledge dan keahlian

Aturan Produksi Jaringan Semantik Script Frame and Scemata Logic

Pengetahuan dalam kaidah produksi direpresentasikan dalam bentuk JIKA [kondisi] MAKA [Aksi] JIKA [premis] MAKA [Konklusi] Aturan Produksi (kaidah produksi) adalah salah satu representasi pengetahuan yang menghubungkan premis dengan konklusi. Bentuknya: If Premis Then Konklusi Konklusi pada bagian then bernilai benar jika premis pada bagian if bernilai benar. Contoh: If hari ini hujan then saya tidak kuliah.

Dibangun oleh M.R.Quillian, sebagai model memori manusia. Representasi grafis dari informasi Propositional. Proposisi adalah pernyataan yang dapat bernilai benar atau salah. Disajikan dalam bentuk graf berarah Node merepresentasikan konsep, objek atau situasi : Label ditunjukkan melalui penamaan Node dapat berupa objek tunggal atau kelas Links merepresentasikan suatu hubungan (Links adalah struktur dasar untuk pengorganisasian pengetahuan)

Contoh Jaringan Semantik

OBJECT : dapat berupa fisik atau konsepsi Ada 3 hal yaitu OBJECT, ATTRIBUTE, VALUE (OAV) Triplet, yang sering digunakan untuk membangun jaringan semantic. OBJECT : dapat berupa fisik atau konsepsi ATTRIBUTE : karakteristik objek VALUE : ukuran spesifik dari atribut dalam situasi tertentu Objek Atribut Nilai Apel Warna Merah Tipe Mcintosh Jumlah 100 Anggur Seedless 500

Frame digunakan untuk merepresentasikan pengetahuan stereotype atau pengetahuan yang didasarkan kepada karakteristik yang sudah dikenal yang merupakan pengalaman masa lalu. Frame berupa kumpulan slot-slot (representasi entitas sebagai struktru objek) yang merupakan atribut untuk mendeskripsikan pengetahuan berupa kejadian, lokasi, situasi ataupun elemen-elemen lain. Frame digunakan untuk representasi pengetahuan deklaratif.

Contoh Deskripsi untuk kamar hotel

Script (Schank & Abelson, Yale univ) merupakan representasi terstruktur yang menggambarkan urutan stereotip dari kejadian-kejadian dalam sebuah konteks khusus. Script mirip dengan frame, perbedaannya : Frame menggambarkan objek, sedangkan Script menggambarkan urutan peristiwa. Dalam menggambarkan urutan peristiwa, script menggunakan serangkaian slot yang berisi informasi tentang orang, objek dan tindakantindakan yang terjadi dalam suatu peristiwa.

Contoh : Script pergi ke restoran SCRIPT Restoran Jalur (track) : fast food restoran Peran (roles) : tamu, pelayan Pendukung (prop): conter, baki, makanan, uang, serbet, garam, merica, kecap, sedotan, dll Kondisi masukan : tamu lapar –tamu punya uang Adegan (scene) 1 : Masuk Tamu parkir mobil Tamu masuk restoran Tamu antri Tamu baca menu di list menu dan mengambil keputusan tentang apa yang akan diminta. Adegan (scene) 2 : Pesanan Tamu memberikan pesanan pada pelayan Pelayan mengambil pesanan dan meletakkan makanan di atas baki Tamu membayar

Adegan (scene) 3 : Makan Tamu mengambil serbet, sedotan, garam, dll Tamu makan dengan cepat Adegan (scene) 4 : Pulang Tamu membersihkan meja Tamu membuang sampah Tamu meninggalkan restoran Tamu naik mobil dan pulang Hasil Tamu merasa kenyang Tamu senang Tamu kecewa Tamu sakit perut

Logika didefinisikan sebagai ilmu untuk berpikir dan menalar dengan benar sehingga didapatkan kesimpulan yang absah. Tujuan dari logika: memberikan aturan-aturan penalaran sehingga orang dapat menentukan apakah suatu kalimat bernilai benar atau salah.

Representasi Logika dibagi Menjadi 2: Proporsional Logic Predicate Logic

Suatu Proposisi merupakan suatu statemen atau pernyataan yang menyatakan benar (TRUE) atau salah (FALSE). Dalam Propositional Logic fakta dilambangkan dengan simbol misalnya P, Q dan R. Lambang-lambang tersebut dihubungkan dengan relasi-relasi logika dengan menggunakan operator logika: Tabel Kebenaran Logika

Pada logika predikat proposisi dibedakan menjadi argumen (obyek) dan predikat (keterangan). Secara umum penulisan proposisi dalam logika predikat dapat dinyatakan sebagai berikut : Contoh kalimat dasar : teman(george,allen) teman(ayah_dari(david),ayah_dari(andrew)) dimana : argument : ayah_dari(david) adalah george argument : ayah_dari(andrew) adalah allen predikat : teman