Pengenalan Pemrograman Berbasis Obyek Nana Ramadijanti Laboratorium Computer Vision Politeknik Elekltronika Negeri Surabaya PENS-ITS 2009.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman Berorientasi Objek (Project)
Advertisements

Bekerja dengan Java class library
OOP berputar pada konsep dari obyek yang merupakan elemen dasar dari program Anda. Ketika kita membandingkan dengan dunia nyata, kita dapat menemukan.
Java Progamming Operasi I/O
Elemen Dasar C++.
Oleh : Tim Hibah Pengajaran Mata Kuliah Teknologi Informasi Jurusan Matematika Pertemuan 4.
KONSEP OBJECT ORIENTED PROGRAMING (OOP)
Review Struktur Dasar Program
OOP Java 04 Array & String.
INSTRUKSI MASUKAN DAN KELUARAN
Method.
Praktikum OOP Pengenalan Java Nana Ramadijanti Laboratorium Computer Vision Politeknik Elekltronika Negeri Surabaya PENS-ITS 2009.
Overriding, Overloading, Polymorphism
Pengolahan Citra Berwarna
Array Nana Ramadijanti Laboratorium Computer Vision Politeknik Elekltronika Negeri Surabaya PENS-ITS 2009.
Object Array Nana Ramadijanti Laboratorium Computer Vision Politeknik Elekltronika Negeri Surabaya PENS-ITS 2008.
Flow Control Nana Ramadijanti Laboratorium Computer Vision Politeknik Elekltronika Negeri Surabaya PENS-ITS 2008.
Variabel, Method & Constructor Oleh : Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011.
Struktur Kode Aplikasi Java (1)
Pengenalan Pemrograman Berbasis Obyek
Pemrograman Berorientasi Obyek Oleh Tita Karlita
Class String dan StringBuffer
INHERITANCE Perbankan Nana Ramadijanti Laboratorium Computer Vision Politeknik Elekltronika Negeri Surabaya PENS-ITS 2009.
Identifier, Tipe Data dan Variabel Yusuf Nurrachman.
Dasar Pemrograman Java Nana Ramadijanti Laboratorium Computer Vision Politeknik Elekltronika Negeri Surabaya PENS-ITS 2008.
Sistem Pengolahan Data Komputer
Sistem Bilangan.
Flow Control & Looping Pertemuan 4 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita.
Pemrograman Berorientasi Objek 1
Dasar Pemrograman Java Nana Ramadijanti Laboratorium Computer Vision Politeknik Elekltronika Negeri Surabaya PENS-ITS 2008.
Dasar Pemrograman Java Nana Ramadijanti Laboratorium Computer Vision Politeknik Elekltronika Negeri Surabaya PENS-ITS 2008.
Inheritance Nana Ramadijanti Laboratorium Computer Vision Politeknik Elekltronika Negeri Surabaya PENS-ITS 2009.
Sistem Bilangan Dan Pengkodean
Praktikum OOP Dasar Pemrograman Java Nana Ramadijanti Laboratorium Computer Vision Politeknik Elekltronika Negeri Surabaya PENS-ITS 2009.
Bekerja dengan Java class library
Algoritma & Pemrograman 1
Argumen Command-line Sebuah aplikasi Java dapat menerima sejumlah argumen dari command-line. Argumen dari command line memberikan kesempatan bagi.
Sistem Bilangan Dasar pemrograman mikroprosesor Tipe : Biner Oktal
Dasar pemrograman.
Chayadi Oktomy Noto Susanto, S.T, M.Eng. 2 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Melakukan proses konversi untuk.
Konsep Pemrograman Politeknik Elektronika Negeri Surabaya 2006
Renni Angreni, M.Kom. Pertemuan 7. Representasi Data dan Sistem Bilangan Pada dasarnya, komputer baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir.
Basic Class Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 3 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
03 Elemen Dasar Bahasa Java
Pemrograman berbasis obyek
Pada Bab sebelumnya, kita telah mendiskusikan bagaimana cara pendeklarasian berbagai macam variabel dengan menggunakan tipe data primitif. Dalam pendeklarasian.
Dosen: TIM PENGAJAR PTIK
ARCHITECTURE COMPUTER
Pengenalan Pemrograman Java
Pertemuan 3.
Tipe Data , Variabel, Operator
PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI – A
Sistem Bilangan dan Kode
Kelas-kelas Dasar di Java
Defri Kurniawan, M.Kom STRUKTUR DATA Defri Kurniawan, M.Kom
Algoritma &Pemrograman 1
Advanced Class Features 1
Algoritma &Pemrograman 1
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK PENDAHULUAN
SISTEM BILANGAN.
Dasar-dasar Pemrograman Objek dg Java
PERTEMUAN KE – 3 SISTEM BILANGAN.
Variabel dan Tipe Data.
Sistem Bilangan Temu 2.
Konsep Bahasa Pemrograman I Konsep OOP
Sistem Bilangan Temu 2.
Dasar-dasar Pemrograman Berbasis Obyek. kelas Kelas pada java didefinisikan dengan menggunakan kata kunci class.
Konversi Bilangan Lanjutan
Sistem Bilangan Dan Pengkodean
Pada Bab sebelumnya, kita telah mendiskusikan bagaimana cara pendeklarasian berbagai macam variabel dengan menggunakan tipe data primitif. Dalam pendeklarasian.
Transcript presentasi:

Pengenalan Pemrograman Berbasis Obyek Nana Ramadijanti Laboratorium Computer Vision Politeknik Elekltronika Negeri Surabaya PENS-ITS 2009

Laboratorium Computer Vision Politeknik Elektronika Negeri Surabaya PENS-ITS Tujuan dari Class Wrapper Class wrapper pada Java API mempunyai dua tujuan: –Menyediakan mekanisme untuk membungkus (wrap) nilai dengan tipe data primitif menjadi sebuah object, sehingga nilai primitif tadi bisa digunakan dalam kegiatan yang berhubungan dengan object, seperti menambahkan ke Collection, kembalian dari method berupa object. Di JDK 1.5 operasi wrapping dilakukan secara otomatis. –Untuk menyediakan fungsi-fungsi untuk mendukung tipe data primitif. Sebagian besar fungsi-fungsi ini berkaitan dengan berbagai konversi: konversi primitif ke dan dari objek String, dan mengkonversi primitif dan obyek String ke dan dari basis yang berbeda (atau radix), seperti biner, oktal, dan heksadesimal.

Laboratorium Computer Vision Politeknik Elektronika Negeri Surabaya PENS-ITS Class Wrapper

Laboratorium Computer Vision Politeknik Elektronika Negeri Surabaya PENS-ITS Membuat Object Wrapper Semua class wrapper kecuali Character menyediakan dua constructor. Argument berupa String dan nilai primitif Pada Java 5 object Boolean dapat digunakan pada kondisi, karena kompiler secara otomatis “un-box” (membuka) Boolean menjadi boolean.

Laboratorium Computer Vision Politeknik Elektronika Negeri Surabaya PENS-ITS Class Wrapper Method valueOf() Terdapat dua fungsi static valueOf() Fungsi 1 menerima argument String dengan tipe primitif. Fungsi 2 argument kedua berupa int radix yang menyatakan base dari argument pertama (binary, octal, atau hexadecimal)

Laboratorium Computer Vision Politeknik Elektronika Negeri Surabaya PENS-ITS Class Wrapper xxxValue() Digunakan untuk mengubah object dari class wrapper (object ini mempunyai nilai) menjadi nilai numerik

Laboratorium Computer Vision Politeknik Elektronika Negeri Surabaya PENS-ITS Class Wrapper - xxxValue()

Laboratorium Computer Vision Politeknik Elektronika Negeri Surabaya PENS-ITS Class Wrapper - xxxValue()

Laboratorium Computer Vision Politeknik Elektronika Negeri Surabaya PENS-ITS Class Wrapper parseXxx() and valueOf() ? Fungsi parseXxx() dan valueOf(), argument berupa String dan melempar NumberFormatException(NFE) jika argument tidak sesuai. Perbedaan: parseXxx() mengembalikan nilai primitif. valueOf() mengembalikan object dari class wrapper

Laboratorium Computer Vision Politeknik Elektronika Negeri Surabaya PENS-ITS Class Wrapper

Laboratorium Computer Vision Politeknik Elektronika Negeri Surabaya PENS-ITS Class Wrapper toString() untuk memungkinkan mendapatkan representasi yang bermakna dari object tertentu.

Laboratorium Computer Vision Politeknik Elektronika Negeri Surabaya PENS-ITS Class Wrapper toXxxString() (Binary, Hexadecimal, Octal) Fungsi tsb untuk mengubah bilangan dengan basis 10 menjadi basis lainnya Contoh:

Laboratorium Computer Vision Politeknik Elektronika Negeri Surabaya PENS-ITS Class Wrapper Autoboxing Pada Java 5, dikenal istilah autoboxing, auto-unboxing, boxing, and unboxing.

Laboratorium Computer Vision Politeknik Elektronika Negeri Surabaya PENS-ITS Class Wrapper Autoboxing

Laboratorium Computer Vision Politeknik Elektronika Negeri Surabaya PENS-ITS Class Wrapper Autoboxing Mengapa object x dan y tidak mengacu pada alamat yang sama ? –Karena object dari class Wrapper bersifat immutable artinya kekal. Sekali object dicreate maka isi objek tidak bisa diubah. –Jika isi objek diubah maka objek harus mengacu ke alamat yang berbeda.

Laboratorium Computer Vision Politeknik Elektronika Negeri Surabaya PENS-ITS Class Wrapper Boxing, ==, and Equals() Mengapa i1 and i2 dikatakan object yang berbeda, sedangkan i3 and i4 dikatakan object yang sama ? –Untuk menghemat memory, dua object dari class wrapper selalu == pada saat nilai primitif: Boolean Byte Character from \u0000 to \u007f (7f is 127 in decimal) Short and Integer from -128 to 127

Laboratorium Computer Vision Politeknik Elektronika Negeri Surabaya PENS-ITS Class Wrapper Boxing